Sabtu, 10 Desember 2022

Breaking News

  • Penetapan UMK Tiga Daerah di Riau Sempat Dikoreksi sebelum Diteken Gubri   ●   
  • Polresta Pekanbaru Raih Predikat Pertama Terbaik se-Indonesia   ●   
  • Bapenda Riau Pastikan Tak Ada Pemutihan Denda Pajak Tahun Ini   ●   
  • Jelang Natal dan Tahun Baru, Muflihun Sebut Harga Sembako Masih Stabil   ●   
  • Masih Jauh dari Target, Retribusi Sampah di Pekanbaru Baru Rp 3,8 Miliar   ●   
  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023
Yamaha 7-12 Desember 2022

CAKAP RAKYAT
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Tentang Pengarusutamaan Gender (PUG) Di Provinsi Riau telah disampaikan dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Riau. Keinginan mendasari Ranperda yang diinisiasi Komisi 5 ini bukan sekedar basa-basi atas pentingnya jaminan kesetaraan, keadilan dan bebas dari perlakuan diskriminatif. Namun lebih dari itu demi mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender sebagai dasar pijakan dalam rangka memperkuat pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Berangkat dari paradigma tadi, maka perlu disusun strategi untuk mengintegrasikan PUG dalam proses pembangunan daerah. Apalagi secara aturan sudah ada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Di Daerah yang telah diubah beberapa kali, yang mengatur kewajiban Pemerintah Daerah (Pemda) menyusun kebijakan, program, dan sub kegiatan pembangunan responsif gender yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Rencana Strategis Perangkat Daerah dan Rencana Kerja Perangkat Daerah.

Sedikit mengulas ke belakang, saat rapat kerja perumusan masalah kesenjangan gender, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Riau bersama sejumlah perangkat Pemda terkait menemukan fenomena di berbagai sektor seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi (khususnya partisipasi angkatan kerja). Ternyata banyak ditemui persoalan menghambat pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Indeks Pembangunan Gender (IPG) di Provinsi Riau.

Mengutip Badan Pusat Statistik (BPS), IPG adalah sejumlah indikator yang melihat usia dan kesehatan berupa Angka Harapan Hidup, Lama Sekolah dan kehidupan yang layak dari segi pendapatan baik itu laki-laki dan perempuan. Meski angka IPG nasional di atas 90, namun masih ada gap antara IPM perempuan dengan laki-laki. Contoh dalam pendidikan, untuk angka lama sekolah menunjukkan bahwa rata-rata perempuan sampai kelas 8 atau setara SMP kelas 2, sementara laki-laki hingga kelas 9.

Serupa di Riau, kesenjangan IPM laki-laki dan perempuan 10 tahun terakhir mengundang kekhawatiran. Begitujuga IPG Riau menurut data BPS Provinsi Riau tahun 2021 untuk perempuan 68.46 sedangkan laki-laki 77.46. Di seluruh kabupaten/kota Riau, angka IPG perempuan terpaut signifikan dari laki-laki. Kesenjangan jelas tak bisa dianggap sepele. Terlebih jumlah penduduk Riau berdasarkan BPS 2019, perempuan sebanyak 3.396.803 jiwa dan laki-laki 3.574.942 jiwa. Jumlah yang besar dan sangat berpengaruh bagi jalan pembangunan daerah. Sangat disayangkan kalau peran perempuan tidak optimal.

Tantangan Riau atasi kesenjangan agak berat sebab perspektif gender belum sepenuhnya terintegrasi dengan kebijakan daerah. Kendati sudah ada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 18 tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Provinsi Riau, namun Gender Analysis Pathway (GAP) dan Budget Statement (GBS) belum paripurna diterapkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Imbasnya tidak terimplementasi dalam proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pemantauan serta evaluasi program dan kegiatan pembangunan di Riau.

Dari segi alokasi dan komposisi belanja urusan sektoral PUG di APBD Provinsi Riau pun kecil. Kasarnya, prasyarat PUG belum terpenuhi di berbagai lini mulai lingkup Pemda, swasta hingga masyarakat. Keadaan ini membuat pengaturan, jangkauan, sasaran dan arah PUG tidak berjalan sebagaimana mestinya. Sebenarnya Pergub sudah memberi ruang. Diantaranya mengamanatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Riau koordinator PUG. Namun capaian masih jauh dari ideal. Itulah kenapa perlu Perda.

Bermodal regulasi di tingkat daerah, ke depan seluruh OPD diminta menyiapkan dokumen menyertakan komitmen kebijakan kelembagaan, SDM, dana, data, alat analisis dan sebagainya. Semua tertuang dalam rencana kerja dan rencana aksi daerah guna mempromosikan dan memfasilitasi pengarusutamaan gender di masing-masing OPD serta melaksanakan sosialisasi dan advokasi kepada kelurahan dan desa serta memperkuat partisipasi masyarakat.

Solusi

Seperti telah disinggung sebelumnya, kehendak atas Raperda ini bukan sekedar teori. Paling esensial dapat mengurai dan menjawab berbagai problematika berkembang di tengah masyarakat dengan solusi sistematis dan terintegrasi. Strategi mencapai kesetaraan dan keadilan gender juga jangan latah copas pandangan budaya luar. Perda PUG mesti sejalan dengan kearifan lokal dan mencermati variabel yang mempengaruhi. Teristimewa Riau patut membanggakan kultur Melayu dan nilai historisnya. Tertulis dalam tinta emas permaisuri Sultan Syarif Kasim II, Syarifah Latifah merupakan salah satu tokoh perempuan sangat menginspirasi dalam sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa. Beliau mendirikan sekolah khusus untuk perempuan pertama di Riau, diberi nama Latifah School yang diresmikan pada 1926.

Begitu juga ditarik ke ajaran Islam basis budaya Melayu juga sudah lebih dulu memperkenalkan penguatan peran perempuan. Saat peradaban barat masih dalam kegelapan dan membatasi peran perempuan dalam politik dan publik, para perempuan justru memainkan peran begitu sentral dalam sejarah Islam. Kisah fenomenal tersaji mulai Khadijah istri Nabi Muhammad SAW yang mana sosok pengusaha disegani hingga pendiri universitas pertama di dunia di Maroko, Al Qarawiyyin yakni seorang putri saudagar kaya bernama Fatima al-Fihri.

Disamping nilai kultur, pembahasan Raperda juga menuntut kajian komprehensif. Misal, bagaimana arah Raperda bisa memperkuat ketahanan rumah tangga atau keluarga sebagai pondasi utama mewujudkan ketahanan nasional. Sebab isu barusan sangat sentral dan berkaitkelindan dengan PUG. Terkhusus Riau makin urgen sehubungan data BPS mencatat di tahun 2021 Provinsi Riau menduduki peringkat sembilan nasional tingkat perceraian tertinggi di Indonesia, sebanyak 12.722 kasus.

Menariknya, penyebab kasus perceraian mayoritas diajukan istri atau cerai gugat. Penyebab perselisihan didominasi faktor ekonomi. Adapun faktor hukum atau kekerasan berada di bawahnya. Berkaca ke kondisi, strategi PUG tak bisa jalan sendiri tanpa upaya peningkatan kesejahteraan keluarga yang kerap memicu permasalahan perceraian, stunting dan kekerasan anak. Kebijakan dan program PUG mesti jadi sarana menggalang pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki.

Kemudian digodok dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas seluruh kebijakan dan program. Pelaksanaannya juga perlu direfleksikan dalam proses penyusunan kebijakan, yang nantinya menjadi acuan atau pedoman perencanaan dan penganggaran program dan kegiatan sebagai syarat utama menghasilkan anggaran responsif gender.

Demikian sedikit penyampaian perihal Raperda Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah. Kami sangat berharap semoga Raperda ini dapat memberi manfaat bagi kehidupan lebih baik ke depan. Mengingat kesetaraan modal berharga membangun daerah dan bangsa. Tujuan dimaksud tentu tidak akan pernah tercapai tanpa keterlibatan berbagai pihak dan pemangku kepentingan khususnya kalangan masyarakat. Dan ini dimulai sejak proses menghasilkan pedoman aturan berkualitas dan mampu menjawab permasalahan.

Kritikan dan saran perlu disampaikan secara langsung atau tidak langsung; resmi atau tidak resmi supaya materi Raperda dapat memenuhi asa bersama. Kami selaku Komisi 5 selaku inisiator dan Bapemperda juga berharap pihak Panitia Khusus yang akan dibentuk nantinya dapat membuka seluas-luasnya partisipasi dari masyarakat yang mewakili suara dan aspirasi kalangan perempuan dan pemangku kepentingan lainnya.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V Dan BAPEMPERDA DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 09 Desember 2022
DPRD Riau Godok Ranperda PKK, Ini Tujuannya
Jumat, 09 Desember 2022
Kapolres Bengkalis Arahkan Personel Tingkatkan Program "Curahan Hati Masyarakat"
Jumat, 09 Desember 2022
DPD KNPI Riau Apresiasi Polresta Pekanbaru dan Polda Riau Terima Penghargaan dari Kompolnas
Jumat, 09 Desember 2022
IKA FH Unri Gelar Rapat Perdana, Ini yang Dibahas

Serantau lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Siak sudah Mulai Transformasi Keuangan ke Sistem Digital
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 09 Desember 2022
Fikom UIR dan Universitas Putra Malaysia Sepakat Lakukan Kolaborasi Akademik Selangor
Jumat, 09 Desember 2022
BEM FH Unilak Adakan Seminar Hukum Bertemakan Tantangan Praperadilan di Era Digitalisasi
Kamis, 08 Desember 2022
Menko PMK Launching PMB Umri, Target Terima 3.000 Mahasiswa Baru
Selasa, 06 Desember 2022
Rektor Unri Resmikan Stasiun Meteorologi Pertanian Khusus Fakultas Pertanian

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Khas Hotel November 2022
Terpopuler
DPRD Riau 2022 1
Foto
Diskes Rohul Agustus 2022
DPRD Riau 2022 2
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung

Selebriti lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Indeks Berita
DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www