Jumat, 07 Oktober 2022

Breaking News

  • DPRD Pekanbaru Persilakan Pemko Serahkan Pembangunan Pasar Cik Puan ke Pihak Ketiga   ●   
  • Sempat Pamer Harta di Sosmed, Polisi Tangkap 3 Terduga Pembunuhan Ibu dan Anak di Kuansing   ●   
  • Sempat Kabur Usai Viral, Wanita Penelantar Kucing di Pekanbaru Akhirnya Ditangkap   ●   
  • Tak Perlu Rekomendasi Walikota, UMK 2023 Langsung Ditentukan Gubernur   ●   
  • Demokrat Pastikan Kemenangan 90 Persen di Riau Kalau Anies-AHY Berpasangan di Pilpres   ●   
  • Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 Dimulai, 840 Personel Gabungan Dikerahkan   ●   
  • Nasdem Umumkan Anies Baswedan Sebagai Capres 2024   ●   
  • Bandara SSK II Pekanbaru Tambah Rute Penerbangan ke Kuala Lumpur   ●   
  • Partai Ummat Riau akan Berjuang untuk Anies Baswedan   ●   
  • Pemprov Riau Bakal Beli 13 Unit Kendaraan Operasional Toyota Alphard dan Fortuner,
Yamaha 5-10 Oktober 2022

Kegagalan Syamsuar Disebut Hambat Kemenangan di Pemilu 2024, Golkar Riau: Dasarnya Apa?
Kamis, 18 Agustus 2022 14:43 WIB
Kegagalan Syamsuar Disebut Hambat Kemenangan di Pemilu 2024, Golkar Riau: Dasarnya Apa?
Syamsuar.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Beberapa catatan kegagalan Gubernur Riau Syamsuar diprediksi menjadi masalah untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 mendatang. Meskipun mantan Bupati Siak itu saat ini merupakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Riau.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Provinsi Riau Ikhsan ST MIP saat dikonfirmasi mengatakan, sesuai dengan apa yang diamanahkan, keinginan partai Golkar adalah menang di Pileg, Pilkada dan Pilpres. Oleh karena itu, salah satu upaya partai berlambang pohon beringin itu adalah melakukan konsolidasi organisasi, sampai ke tingkat desa dan kelurahan, sampai ke tingkat paling bawah.

"Kemudian juga Insya Allah nanti di awal Bulan September, kita melakukan pencalegan dini untuk persiapan Pileg 2024. Nanti insya Allah awal September. Walau pun kita sudah dapat dari beberapa teman-teman, tinggal lanjutkan secara resminya. Itu di awal September kita lakukan pencalegan dini," kata dia.

Golkar juga mendeklarasikan Airlangga sebagai calon presiden. Selain itu, Golkar juga merekomendasikan Syamsuar sebagai Gubernur. Soal hambatan Syamsuar maju Pilgubri 2024 lantaran ada sejumlah kegagalan Syamsuar, Ikhsan tidak terlalu memikirkan.

"Namanya pengamat. Dia kan mengamat sesuai dengan amatan dia. Namanya pengamat itu. Dasarnya apa? Menyampaikan itu, kan harus pakai data kita. Kita kan harus ada dalilnya. Kalau dalam Bahasa akademis itu kan ada data, ada faktanya. Kan gitu," kata dia.

"Bagi kami diperintahkan oleh Pak Syamsuar, sebagai kader Golkar ya bekerja. Pileg aja belum. Jadi Pileg dulu kita fokus. Setelah Pileg baru Pilkada. Kami sekarang fokus Pileg. Soal kinerja, biar masyarakat yang menilai. Sekarang kita fokus Pileg dulu. Indikator maju, mencalonkan itu hasil Pileg 2024," tambah dia.

Sebelumnya, Pengamat politik dari Universitas Islam Riau Panca Setyo Prihatin menyebut, dinamika politik baik di pusat maupun di daerah selalu mengalami perubahan mengikuti situasi dan kondisi aktual yang terjadi. Partai politik (Parpol) masih sentralistik, dan masih mengacu pada keputusan parpol di pusat.

"Hal inilah yang menjadi sumber masalah parpol di tingkat daerah provinsi sampai ke akar rumput lantaran hanya bisa menyampaikan aspirasi atau keinginan dan keputusan untuk mendukung calon kepala daerah tetap di tangan dewan pimpinan pusat partai politik (preogratif ketua umum parpol)," kata Panca, beberapa waktu lalu.

Menurut Panca, Parpol yang cerdas adalah Parpol yang mau secara jujur membuka diri bagi elit atau calon kepala daerah yang memang memiliki elektabilitas dan integritas yang tinggi. Tapi realitasnya banyak parpol justru memaksa kehendak, misalnya memaksa ketua umumnya untuk maju sebagai calon presiden atau di daerah sebagai calon kepala daerah.

"Kita patut mengapresiasi cara partai Nasdem melakukan seleksi terbuka terhadap calon presiden dan mendapatkan figur-figur yang memang memiliki kualifikasi yang teruji dan tidak secara egois memaksa ketumnya untuk maju," kata dia.

Melihat peta politik di Riau menyongsong agenda politik 2024, Panca melihat parpol kehilangan fungsinya antara lain fungsi seleksi kepemimpinan dan fungsi pendidikan politik serta fungsi artikulasi kepentingan. Ini terjadi akibat edukasi politik yang diajarkan oleh pusat, sehingga atraksi politik yang muncul hanya soal wacana perebutan kursi ketua partai.

Kata Panca, salah satu dinamika yang menarik adalah dengan selesainya Rusli Zainal menjalani masa hukumannya. Ini juga menjadi salah satu indikator berubahnya peta politik di Riau. Memang, secara formal RZ bukan pemegang kendali partai tapi magnet dan legacy yang ditinggalkan menjadi kerinduan masyarakat Riau untuk melihat RZ tampil kembali di panggung politik.

"Hal ini terjadi karena dalam konteks politik sumber kekuasaan yang berpengaruh tidak hanya sumber kekuasaan formal seperti jabatan gubernur atau ketua partai. Tapi bisa bersumber dari, misalnya keturunan, kekayaan dan kharisma," kata dia.

Terkait dengan petahana gubri yang saat ini juga sebagai ketua partai Golkar, menurut Panca secara politik memang sangat diuntungkan. Karena sebagai gubernur memiliki kewenangan luas dalam merespon kebutuhan publik melalui APBD dan sebagai ketua partai mendapat skala prioritas untuk direkomendasikan menjadi calon kepala daerah.

"Tapi jangan lupa bahwa dalam politik semua bisa terjadi. Apalagi agenda politik 2024 masih 2 tahun lagi sementara akhir masa jabatan gubernur akan selesai tahun 2023. Kekosongan jabatan formal ini sangat berpotensi terjadinya upaya pengambil alihan teraju parpol andai kata konsolidasi dan soliditas parpol di kabupaten kota diabaikan," kata dia.

Menurut dia, realitas disharmonisasi gubernur dengan ketua DPRD Riau juga semakin terbuka dengan banyaknya penolakan yang dilakukan oleh legislator terkait dengan rekomendasi gubernur terkait jabatan sekwan tanpa melalui konsultasi dan komunikasi.

Beberapa catatan lain misalnya gagalnya Golkar memenangkan pilkada serentak susulan 2020 di 9 kabupaten kota juga menjadi catatan tersendiri dimana dampak politiknya sangat dirasakan karena Golkar di kabupaten kota sudah banyak yang tidak menjadi kepala daerah lagi sehingga akan menyulitkan untuk melakukan konsolidasi politik.

Termasuk adanya pembangkangan kebijakan gubernur yang dilakukan secara diam-diam dan melakukan kerja politik sendiri oleh beberapa 'anak buahnya' dengan ending keluarnya penetapan PJ Bupati Kampar dan Walikota Pekanbaru di luar rekomendasi gubernur.

"Semua catatan ini hanya indikator, dan dalam politik indikator ini menjadi sinyal yang harus disikapi secara bijaksana oleh partai. Bukan harga mati juga bahwa Syamsuar akan tetap eksis meneruskan masa jabatan gubernurnya untuk periode kedua dengan catatan semua catatan minor itu secara atraktif dan sungguh sungguh dapat diselesaikan dengan konsolidasi dan komunikasi politik yang intens dan membumi," paparnya.

"Apapun akrobat politik yang publik saksikan hari ini jangan lupa bahwa perang memperebutkan jabatan politik ini adalah bentuk pernyataan bagi siapapun yang akan maju memimpin negeri ini untuk berkomitmen mensejahterakan rakyatnya," tambah dia.

Penulis : Delvi Adri
Editor : Yusni
Kategori : Politik, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Minggu, 02 Oktober 2022 09:42 WIB
Pilkada: Penguatan Pemerintahan Daerah
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 07 Oktober 2022
Serahkan Wakaf Alquran, Gubri Motivasi Siswa MAN 1 Pekanbaru Belajar Alquran
Jumat, 07 Oktober 2022
Dukung Sepakbola, Bupati Rohil Bagikan Hadiah Pembinaan Klub
Jumat, 07 Oktober 2022
PPP Riau Gelar ToT Pendidikan Politik Perempuan, Fokus Bangun Militansi Kader
Kamis, 06 Oktober 2022
Kualitas Pengisian Jabatan PTP Kategori Baik, Pemprov Riau Terima Penghargaan dari KASN

Serantau lainnya ...
Rabu, 05 Oktober 2022
Viral Video Guru Dinyanyikan Murid 'Gajinya Kecil', Warganet: Dia Tahu Derita Gurunya
Minggu, 02 Oktober 2022
Hadir dengan 30 Brand Ternama, FCL Jadi Surga Belanja Muslimah Pekanbaru
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Kamis, 06 Oktober 2022
Ilmuwan Jadikan Nyamuk Alat Pengirim Vaksin ke Manusia
Rabu, 05 Oktober 2022
Peneliti Ungkap Fakta Mengerikan! Kota Suku Maya ternyata Diselimuti Racun Merkuri Mematikan
Rabu, 05 Oktober 2022
Dorong Digitalisasi UMKM Lokal dan Pedagang Pasar Tradisional, Pemko Pekanbaru Dukung Program Kota Masa Depan
Senin, 03 Oktober 2022
Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Vivo Y33T

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 26 September 2022
Yayasan SIKLUS Melayani Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 06 Oktober 2022
Umri Jajaki Pembaruan Kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia
Rabu, 05 Oktober 2022
UMRI Gelar Workshop Bagi Peraih Hibah P2MW
Sabtu, 01 Oktober 2022
Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Kamis, 29 September 2022
Umri Puncaki Ranking LL DIKTI Wilayah X Versi UniRank Edisi 2022

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

Khas 1 September 2022
Terpopuler
Pegadaian Oktober 2022
Foto
Pertamina
Diskes Rohul Agustus 2022
Jumat, 07 Oktober 2022
Stop KDRT! SCTV Tangguhkan Penghargaan 'Gorgeous Dad' Rizky Billar
Kamis, 06 Oktober 2022
Agnez Mo Jadi Orang Indonesia ke-5 yang Dibuatkan Patung Lilin oleh Museum Madam Tussauds
Kamis, 06 Oktober 2022
NCT 127 Jadi Grup Kpop Pertama yang Diundang ke The Jennifer Hudson Show
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Jumat, 07 Oktober 2022
Tradisi Unik Masyarakat Tanah Air Rayakan Maulid Nabi
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru

Religi lainnya ...
HUT RI 77 - APRIL RAPP
Indeks Berita
www www