Rabu, 07 Desember 2022

Breaking News

  • Bapenda Riau Pastikan Tak Ada Pemutihan Denda Pajak Tahun Ini   ●   
  • Jelang Natal dan Tahun Baru, Muflihun Sebut Harga Sembako Masih Stabil   ●   
  • Masih Jauh dari Target, Retribusi Sampah di Pekanbaru Baru Rp 3,8 Miliar   ●   
  • Kades di Meranti Berharap Perseteruan Bupati dan Gubri Tidak Berlanjut   ●   
  • Wamendes: Kemajuan Desa Mandiri di Riau Melejit   ●   
  • Riau Tetapkan Status Siaga Banjir dan Longsor 2022 sampai Akhir Desember   ●   
  • Kasus Covid-19 Menanjak, Gubri Perintahkan Gesa Vaksinasi Booster   ●   
  • Paling Lambat 3 Desember, Pemprov Riau Ingatkan 8 Daerah segera Usulkan Draf APBD 2023   ●   
  • Kapolda Pertama yang Turun Langsung ke Lokasi Gempa Cianjur, Irjen Iqbal Bawa 9 Truk Sembako   ●   
  • Sensus Terkini, Pertumbuhan Islam di Inggris Meroket
Yamaha 27-30 November 2022

CAKAP RAKYAT
BRK Syariah: Lembar Baru, Semangat Baru
Kamis, 25 Agustus 2022 10:07 WIB
BRK Syariah: Lembar Baru, Semangat Baru
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Pekan ini merupakan momen berharga bagi Bank Riau Kepri (BRK) setelah proses panjang dan intens menuntaskan tahapan konversi ke syariah. Izin konversi dari konvensional ke syariah didasarkan atas Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor KEP-93/D.03/2022 tanggal 04 Juli 2022.

Berbekal SK tersebut, nama PT Bank Pembangunan Daerah Riau-Kepulauan Riau (Kepri) berubah menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri Syariah (Perseroda) disingkat PT Bank Riau Kepri Syariah (BRK Syariah/BRKS). Secara operasional, terhitung sejak Senin (22/8/2022), secara sistem BRK sudah resmi beralih. Seluruh transaksi dan sistem perbankan yang dijalankan sudah berbasis syariah.

Adapun seremonialnya, hari ini Kamis (25/8) dilangsungkan acara peluncuran yang dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin di Menara Dang Merdu BRK Syariah, Jalan Sudirman Pekanbaru. Terlepas bila ada kekurangan dan cela, dalam kesempatan ini Kami sangat mengapresiasi pihak direksi beserta jajaran BRKS yang kabarnya sampai lembur guna memastikan semua sistem berjalan baik. Spirit inilah keinginan kita bersama atas BRKS. Namun bukan semata demi acara launching berjalan mulus, tapi seterusnya.

Seperti kami singgung dalam tulisan yang telah dimuat di kolom Cakaplah sebelumnya, bahwa tuntasnya konversi hanya permulaan. Ujian dan tantangan sesungguhnya adalah bagaimana direksi beserta manajemen mampu memberi kesan terbaik, terutama fase awal berjalannya sistem syariah. Bak kata iklan, kesan pertama begitu menggoda. Tahun-tahun pertama paska konversi pastilah fase ujian terberat. Banyak aral dan rintangan.

Tapi percayalah, setiap tantangan ibarat batu asah yang dapat mempertajam sebilah pisau. Gagal atau sukses bergantung seberapa besar gain management dari segenap insan BRKS. Untuk meminimalisir ekses negatif, jelas butuh siasat jitu. Di fase awal, pihak BRKS diharapkan dapat berupaya semaksimal mungkin jangan sampai dalam proses migrasi atau perubahan sistem ada downgrade dari segi pelayanan. Baik itu berupa fitur layanan dan lainnnya yang selama ini sudah memberi kenyamanan atau dirasa nyaman oleh nasabah berikut meminimkan dampak perubahan.

Oleh karena itu, supaya proses migrasi sukses, BRKS diminta meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat Riau umumnya dan nasabah khususnya secara berkelanjutan. Sehingga mereka dapat menerima update informasi secara utuh dan paling utama mencegah munculnya sentimen negatif.

BRKS juga dituntut harus bisa beradaptasi secara cepat mulai dari mengadopsi perubahan regulasi dan tuntutan zaman yang mengendaki kreasi dan Inovasi. Jangan sampai konversi ke syariah ditafsirkan sekedar pelarian dari persaingan perbankan konvensional. Begitujuga dalam konteks perbankan syariah, persaingan sekarang justru semakin sengit. Harapan masyarakat Riau terhadap BRKS amat besar. Tak sekadar meramaikan dunia perbankan syariah nasional, tapi juga dapat mewarnai bahkan tampil terdepan. Asa ini terwakili dari tagline baru BRKS yakni "Berkah Untuk Semua".

Direktur Utama (Dirut) BRKS Andi Buchari mengatakan bahwa dorongan dibalik tagline dimaksud adalah BRKS dapat berperan menjadi motor penggerak, yakni pemicu sekaligus pemacu ekosistem syariah. Dilanjutkan ke aspek simbolik lainnya, logo BRKS juga ikut berubah menjadi nuansa warna merah, kuning dan hijau sesuai ciri khas Melayu dengan filosofi Tanjak dan Perahu Lancang Kuning. Untuk disebut terakhir, sebagaimana sejarah kebesaran kerajaan melayu tempo dulu yang berhasil menaklukkan lautan samudera, dikenal slogan “sekali layar terkembang surut kita berpantang”. Insan BRKS mesti memiliki motivasi serupa.

Gerak Sistematis

Kunci terlaksananya komitmen sebuah perusahaan terletak pada kesepakatan dan jalankan peran. Kedua saling berkait kelindan. BRKS akan berhasil capai cita-cita selagi berpedoman ke paradigma dimaksud. Berbagai kekurangan selama berseragam konvensional cukup jadikan pelajaran dan jangan diteruskan. Bak hijrah dari masa kejahiliyahan ke hidup mengejar keberkahan. Ajaran syariah sangat menekankan ketelitian dan kecermatan dalam mengelola setiap hal. Inilah bagian terpenting menghantarkan Islam ke puncak peradaban masa dulu. Banyak model administrasi era kejayaan Islam diakui dan jadi referensi negara-negara maju. Mengacu ke hal tadi, ekonomi syariah bukan jualan label agama.

Kembali ke BRKS, untuk optimalisasi sangat penting menuangkan prinsip utama dalam buku manual kebijakan (corporate policy manual) yang disetujui manajemen. Sehingga siapapun komisaris dan direksi, ketika menjalankan kebijakan perusahaan tetap akan mengacu ke yang telah disepakati dan dituangkan dalam pedoman perusahaan. Dengan begitu, pengelolaan BRKS bukan ala perusahaan keluarga atau sesuka hati. Disini tergambar urgensi corporate culture. Sebab budaya perusahaan yang bagus akan menghasilkan SDM berkualitas dan berkompeten. Sementara untuk mencegah terulang kasus tilap dana nasabah dan kejahatan perbankan lain, BRKS bisa menjalin kemitraan strategis penanganan masalah hukum dengan aparat penegak hukum. Seperti Bank NTB Syariah bikin MoU dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB yang mana penandatangan kesepakatan melibatkan Branch Manager se-NTB.

Selain menuntut komitmen internal BRKS terhadap pelaksanaan dan perubahan paradigma ke syariah, kunci keberhasilan turut ditentukan keterlibatan dan partisipasi aktif pemangku kepentingan. Mulai Pemerintah Daerah (Pemda), lembaga keagamaan, lembaga pendidikan, pengusaha dan segenap masyarakat Riau. Untuk mensinergikan dan menkolaborasikan lintas pihak maka komunikasi harus berjalan dua arah, baik dari pihak BRKS dan sebaliknya. Walau BRKS sudah konversi bukan berarti bisa ditinggal. Segenap pihak dan kepentingan hendaknya terlibat dan memaksimalkan transaksi perbankan syariah di BRKS.

Di sisi lain BRKS juga dituntut untuk dapat berimprovisasi, mengembangkan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar dan lincah memanfaatkan peluang serta secara konstan dan proaktif meningkatkan literasi transaksi keuangan syariah kepada khalayak luas. Tak kalah penting dalam bisnis keuangan adalah transformasi digital. Fokus bukan pada canggihnya teknologi tapi bagaimana sebuah layanan atau sebuah bisnis dapat menawarkan nilai faedah dan memudahkan pengguna layanan.

Terakhir, jangan lupa pula peran sebagai BUMD. Disamping bisnis juga mendukung sepenuhnya program pembangunan daerah. Termasuk paling riil menyentuh sektor pertanian dan perkebunan serta peternakan, yang mana beberapa tahun belakangan memperlihatkan grafik pertumbuhan cukup menjanjikan.

Prospek sektor ini ke depan juga sangat signifikan bagi kepentingan daerah dalam rangka memperkuat ketahanan pangan, pemerataan ekonomi dan inklusi keuangan serta bersentuhan langsung dengan UMKM dan kesejahteraan di tingkat akar rumput. Semisal sektor peternakan bisa menggandeng peternak lewat program KUR dan sebagainya. Jadi jangan mau main aman dan nyaman saja.

Demikian sejumput asa yang dianggap perlu disampaikan. Kami selaku anggota Pansus konversi BRKS yang telah menunaikan tugas dan kita selaku masyarakat Riau berharap, semoga BRKS dapat lebih baik lagi di masa mendatang. Menjadi bank syariah kebanggaan Riau di lingkup nasional dan bukan tak mungkin merambah ke lingkup lebih luas lagi yakni global. Begitujuga BRKS dapat menjaga amanah dari masyarakat Riau dan tentunya menunaikan amanah syariat dengan sebaik-baiknya.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Pansus Konversi BRK Syariah DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Kamis, 01 Desember 2022 08:16 WIB
Kebijakan dan Strategi Pengelolaan Keuangan Desa
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Cerita Petugas Padat Karya di Pelalawan Berhenti Bekerja Lantaran Temukan Sarang Ular
Selasa, 06 Desember 2022
Bupati Rohil Pimpin Rakor Forkopimda tentang Antisipasi Banjir dan Persiapan Nataru
Selasa, 06 Desember 2022
Jajaran Polres Bengkalis dan TNI Bersinergi Bantu Masyarakat Kurang Mampu
Selasa, 06 Desember 2022
Sambut Hari HAM se-Dunia, Imigrasi Siak Buka Pekan Layanan Ramah Hak Asasi Manusia

Serantau lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru
Rabu, 30 November 2022
Resep Martabak Telur Roti Tawar, Simpel dan Enak ala Chef Devina Hermawan
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Siak sudah Mulai Transformasi Keuangan ke Sistem Digital
Kamis, 01 Desember 2022
Kuau Raja, Si Burung Bermata Seratus dari Sumbar yang Terancam Punah
Rabu, 30 November 2022
Mengenal Ubur-ubur Kotak, Makhluk Laut Paling Berbisa di Dunia
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 06 Desember 2022
Rektor Unri Resmikan Stasiun Meteorologi Pertanian Khusus Fakultas Pertanian
Senin, 05 Desember 2022
Pererat Silaturahmi Antar Mahasiswa Kampar di Yogyakarta, IPRY-KK Gelar Malam Keakraban
Jumat, 02 Desember 2022
5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Disesali setelah Lulus, Kamu Bagaimana?
Kamis, 01 Desember 2022
Penggunaan Gedung SMK Revolusi 4.0 SMK Abdurrab Pekanbaru Diresmikan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

04

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www