Kamis, 06 Oktober 2022

Breaking News

  • Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 Dimulai, 840 Personel Gabungan Dikerahkan   ●   
  • Nasdem Umumkan Anies Baswedan Sebagai Capres 2024   ●   
  • Bandara SSK II Pekanbaru Tambah Rute Penerbangan ke Kuala Lumpur   ●   
  • Partai Ummat Riau akan Berjuang untuk Anies Baswedan   ●   
  • Pemprov Riau Bakal Beli 13 Unit Kendaraan Operasional Toyota Alphard dan Fortuner,   ●   
  • DBH Migas dan PBB Provinsi Riau 2023 Turun hingga Rp613 Miliar   ●   
  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi
Yamaha 5-10 Oktober 2022

Investasi Hijau dan Transisi Energi Bukti Komitmen RAPP Wujudkan Net Zero Emission
Senin, 12 September 2022 14:17 WIB
Investasi Hijau dan Transisi Energi Bukti Komitmen RAPP Wujudkan Net Zero Emission

BALI (CAKAPLAH) - Indonesia mempunyai target menurunkan 29 persen emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 dan mencapai Net Zero Emission pada tahun 2060, atau lebih cepat.

Tuntutan dan tekanan untuk mencapai target itu sangat besar. Maka, pemerintah mengupayakan agar tercapai dengan usaha sendiri, maupun bantuan dari internasional.

Terlebih, Indonesia yang tengah memegang presidensi Group of Twenty (G20) saat ini, harus menjadi pemimpin dan bisa menunjukkan ke negara lain dan dunia, pengerahan upaya maksimal untuk mewujudkannya. Sebab, isu pengendalian perubahan iklim adalah salah satu prioritas dalam G20. Indonesia harus bisa mencegah kenaikan suhu rata-rata permukaan bumi secara global tidak lebih dari 1,5 derajat celcius.

Namun, pemerintah akan menghadapi kesukaran yang besar bila berjuang sendiri. Peran serta pihak swasta di tanah air akan mendorong lebih cepat tercapainya target itu. Investasi hijau dan transisi energi adalah dua hal yang sangat mendukung percepatan tujuan tersebut.

Salah satu perusahaan yang berkomitmen kuat membantu upaya pemerintah ini adalah PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), yang merupakan bagian dari Asia Pacific Resources International Limited (APRIL) Group.

Dalam menjalankan aktivitas pabriknya di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, perusahaan penghasil pulp, serat, dan kertas ini menggunakan energi terbarukan hingga 87 persen.

Pencapaian itu diraih RAPP setelah 2 tahun menjalankan APRIL2030, komitmen APRIL Group yang berkelanjutan dan transformatif yang berisi serangkaian aksi nyata yang akan berkontribusi positif terhadap iklim, alam, dan pengembangan masyarakat.

APRIL group mendukung target Net Zero Emission pemerintah melalui komitmen di tahun 2030 mendatang.

“Hingga hari ini, 87 persen konsumsi energi di pabrik di Riau berasal dari energi terbarukan,” ungkap Direktur Utama PT RAPP, Sihol Aritonang, dalam sesi panel Think20 (T20) Summit Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (5/8/2022) baru-baru ini.

T20 adalah lembaga resmi bagian dari Presidensi G20 yang menjadi wadah pemikiran dan riset isu-isu terkini dari banyak pakar dan peneliti di seluruh dunia.

Diungkapkan Lead Co-Chair T20 Indonesia Bambang Brodjonegoro, peran T20 semakin penting di tengah pemulihan ekonomi yang tidak merata dan isu lainnya.

“Posisi T20 sangat penting dalam memastikan masalah yang ingin diselesaikan para pemimpin G20. Kebijakan yang direkomendasikan T20 bisa jadi bekal untuk pemahaman isu-isu penting, karena ditopang analisis akademis yang kuat,” jelasnya.

Mantan Menteri Ristek/Dikti ini juga menyebutkan ada 5 rekomendasi yang dihasilkan T20 Indonesia. Yakni mendorong pemulihan dan ketahahan, mempercepat kemajuan menuju net zero emission, mengatur transformasi menuju masyarakat digital. Selanjutnya, menjadikan ekonomi lebih inklusif dan berpusat kepada rakyat. Yang terakhir, menghidupkan kembali tata kelola global.

Katanya lagi, isu global seperti pandemi Covid-19, perubahan iklim, dan transformasi digital membutuhkan tindakan kolektif. Selain itu, perlu dipastikan komitmen dari semua pemerintah dan pemangku kepentingan.

PT RAPP menjadi bagian dari proses itu. Yakni upaya banyak pihak untuk penguatan peran G20 dalam menavigasi dinamika global yang terjadi saat ini.

Sebagaimana dijelaskan Sihol sebelumnya, PT RAPP sebenarnya sudah sejak jauh-jauh hari bergerak melakukan apa yang baik untuk lingkungan dan iklim. Termasuk upaya menggunakan energi terbarukan dalam operasionalnya.

Pada Tahun 2025 mendatang, RAPP akan merampungkan pemasangan 20 megawatt solar panel di pabriknya itu. Dalam langkah transisi energi ini, PT RAPP tidak main-main. Di setiap instalasi 1 megawatt solar panel, RAPP menginvestasikan 100.000 dolar AS atau sekitar Rp1,4 miliar. Akan tetapi nilai ini diproyeksikan akan berkurang seiring dengan efisiensi solar panel yang terpasang.

"Bisa jadi tercapai lebih cepat karena cost-nya relatif turun karena penggunaannya semakin efisien. Satuan tenaga listrik matahari menghasilkan lebih banyak listrik," kata Sihol menambahkan.

RAPP juga mengoperasikan dua bus listrik, yang merupakan karya anak bangsa, untuk memenuhi kebutuhan operasional pabrik.

Pada kuartal I tahun 2023 mendatang, kata Sihol, RAPP akan menambah unitnya menjadi 6 bus. Untuk satu bus saja, RAPP menggelontorkan sekitar Rp5,3 miliar.

RAPP juga berinvestasi dengan jumlah fantastis demi menjaga keberlangsungan lingkungan hayati dan mencegah terjadinya perubahan iklim.

Di tahun 2015, RAPP berkomitmen menginvestasikan 100 juta dolar AS atau sekitar Rp148 miliar untuk membiayai kegiatan konservasi hutan alam dalam 10 tahun pertama.

“Dua tahun lalu kami memperbaharui komitmen ini dengan memberikan 1 dolar AS untuk setiap ton kayu yang masuk ke operasional manufaktur kami. Jadi ini akan membantu kami membiayai aksi iklim secara aktif,” kata Sihol.

Sejak tahun itu pula, RAPP telah berkomitmen untuk tidak melakukan pembukaan lahan baru, melainkan mengintensifkan produksi dengan menerapkan precision forestry. Ini adalah deretan langkah yang diambil RAPP guna mempercepat tercapainya penurunan emisi gas rumah kaca.

RAPP juga menginisiasi Program Restorasi Ekosistem Riau (RER) untuk menjaga dan melindugi lahan gambut di Semenanjung Kampar. Saat ini, RER telah mencapai luasan hingga 150 ribu hektare hutan gambut di Riau. Menjadi rumah bagi 800 spesies flora dan fauna.

Tak sampai di situ, kekinian, RAPP juga menggelontorkan investasi tak tanggung-tanggung untuk membantu menyelamatkan lingkungan dan mencegah emisi karbon. Rp33 triliun dialokasikan RAPP untuk memproduksi karton pembungkus dari serat yang berasal dari perkebunan RAPP yang dikelola secara berkelanjutan.

“Ini tentunya akan menjadi faktor kunci sekarang. Karena di tengah pandemi sekalipun, kita melihat konsumsi tisu dan kertas kemasan semakin meningkat,” kata Sihol lagi.

Katanya, investasi ini adalah yang terbesar yang pernah dilakukan APRIL Group dan merupakan tahap baru dalam perkembangan usaha, sekaligus bukti komitmen RAPP melanjutkan investasi jangka panjang di Riau.

Investasi hijau besar-besaran ini menuai pujian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Ailangga Hartanto. Dia berharap dan yakin industri pulp and paper akan berperan dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca.

“Dengan cara menerapkan standar-standar industri hijau, dengan tetap menjaga keamanan bagi konsumen,” kata Airlangga saat meresmikan groundbreaking investasi produk kemasan berkelanjutan PT RAPP, akhir Maret lalu.

Penulis : Yusni
Editor : Yusni
Kategori : Nasional, Ekonomi, Lingkungan
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 27 September 2022 21:37 WIB
Sampaikan Ilmu kepada Sesama Guru
Sabtu, 25 Desember 2021 23:25 WIB
Program Desa Bebas Api, Jaga-jaga Berhadiah
Kamis, 19 Mei 2022 12:35 WIB
SMP Binaan RAPP Jalankan Program SDGs
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 05 Oktober 2022
Kejar Rekor Muri, Golkar Kampar akan Gelar Jalan Sehat Berhadiah Sepeda Motor
Rabu, 05 Oktober 2022
Selain Pekanbaru, BPBD Riau Belum Terima Laporan Daerah Lain Alami Banjir Serius
Rabu, 05 Oktober 2022
Hadiri Perayaan HUT TNI di Meranti, Wabup Asmar Minta Jaga Kekompakan
Rabu, 05 Oktober 2022
HUT ke-77 TNI, Kapolda Riau Berikan Kejutan kepada Danrem 031/Wira Bima

Serantau lainnya ...
Rabu, 05 Oktober 2022
Viral Video Guru Dinyanyikan Murid 'Gajinya Kecil', Warganet: Dia Tahu Derita Gurunya
Minggu, 02 Oktober 2022
Hadir dengan 30 Brand Ternama, FCL Jadi Surga Belanja Muslimah Pekanbaru
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Rabu, 05 Oktober 2022
Peneliti Ungkap Fakta Mengerikan! Kota Suku Maya ternyata Diselimuti Racun Merkuri Mematikan
Rabu, 05 Oktober 2022
Dorong Digitalisasi UMKM Lokal dan Pedagang Pasar Tradisional, Pemko Pekanbaru Dukung Program Kota Masa Depan
Senin, 03 Oktober 2022
Spesifikasi, Kelebihan, dan Kekurangan Vivo Y33T
Jumat, 30 September 2022
Wujud Dukungan “Green Energy”, DPR Siapkan 55 Mobil Listrik di Acara P20

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 26 September 2022
Yayasan SIKLUS Melayani Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Napza
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 05 Oktober 2022
UMRI Gelar Workshop Bagi Peraih Hibah P2MW
Sabtu, 01 Oktober 2022
Melestarikan Budaya dan Kearifan Lokal melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Kamis, 29 September 2022
Umri Puncaki Ranking LL DIKTI Wilayah X Versi UniRank Edisi 2022
Rabu, 28 September 2022
Unilak Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru hingga 1 Oktober 2022

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

Khas 1 September 2022
Terpopuler
Pegadaian Oktober 2022
Foto
Pertamina
Diskes Rohul Agustus 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT RI 77 - APRIL RAPP
Indeks Berita
www www