Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

CAKAP RAKYAT
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
Minggu, 18 September 2022 08:16 WIB
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

16-17 September punya arti cukup penting dalam dunia kesehatan. Hari tersebut diperingati sebagai Hari Keselamatan Pasien Sedunia. Tak tahu pasti tanggal berapa tepatnya peringatan berlangsung. Dari berbagai sumber memang menyajikan dua versi, 16 dan 17 September. Namun itu bukan perkara inti. Esensi di balik peringatan jauh lebih penting untuk diangkat dan mendapat perhatian bersama. Terlebih menyinggung nyawa manusia.

Momentum Hari Keselamatan Pasien Sedunia bertujuan untuk meningkatkan solidaritas global dan tindakan bersama demi keselamatan pasien. Setiap tahun tema peringatan berubah untuk menyoroti area prioritas keselamatan pasien. Supaya ada aksi nyata dibutuhkan untuk mengurangi risiko yang dapat dihindari dalam perawatan kesehatan.

Adapun di tahun 2022, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusung tema meminimalisir risiko kesalahan pengobatan atau bahaya terkait pengobatan. Meski begitu, pembahasan tak akan terbatas pada tema itu saja. Karena banyak aspek dan problematika urgen untuk diangkat. Dengan paradigma: keselamatan pasien pada dasarnya mencegah atau mengurangi risiko, kesalahan dan bahaya.

Di ranah realita, sistem perawatan kesehatan masih dihantui kerumitan. Ujungnya memicu persoalan dan kasus-kasus, tidak hanya merugikan pasien tapi juga imej RS. Sebagian terungkap, sebagian mengendap dan Sebagian dapat ditanggulangi. Kami selaku anggota DPRD Provinsi Komisi V yang membidangi kesehatan sering dapat keluh kesah dan aduan warga.

Diskusi dalam upaya pembenahan rutin digelar bersama mitra kerja. Namun problem kayak benang kusut. Selevel RSUD saja tak luput apatah lagi fasilitas kesehatan di bawahnya. Pertengahan tahun 2022 sempat viral pemberitaan seorang warga Pekanbaru menderita kanker stadium 4 berobat ke RSUD Arifin Achmad (AA) Riau. Kala itu pasien dinyatakan pihak RSUD dalam kondisi bagus. Pasien diberi obat dan diminta pulang.

Beberapa waktu kemudian kondisi pasien kembali memprihatikan dan dibawa ke RS lain. Setelah memperoleh perawatan intensif, tak lama pasien meninggal. Peristiwa menyita perhatian luas. Sampai-sampai sejumlah elemen gelar unjuk rasa di depan kantor Gubernur, menilai kejadian tadi ulah kelalaian pihak RSUD AA. Tuntutannya tak main-main, meminta Gubernur Riau (Gubri) mencopot Direktur RSUD.

Walaupun kejadian telah berlalu dan pihak RSUD sudah memberi penjelasan, kasus di atas mesti jadi pelajaran. Tulisan ini bukan menghakimi para tenaga kesehatan, yang mana mereka layak diberi penghargaan setinggi-tingginya atas ikhtiar dan dedikasi. Namun dalam lingkup penyelenggaraan kesehatan, secara global sudah mengakui bahwa kelalaian merupakan ancaman nyata terhadap nyawa pasien dan salah satu penyebab utama kematian pasien di seluruh dunia.

Banyak komplikasi terjadi semisal medical error tenaga medis seperti penggunaan obat oleh masyarakat atau tenaga kesehatan implikasi minimnya pengetahuan dan informasi penggunaan obat secara benar serta jenis tindakan berupa diagnosis dan lainnya. Efeknya jelas fatal, dapat mengakibatkan cedera parah pada pasien, kecacatan dan kematian.

Berangkat dari situasi dan kondisi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah merumuskan strategi dalam upaya meningkatkan keselamatan pasien dan mendorong terbitnya aturan tentang keselamatan pasien. Ditindaklanjuti pembentukan Komite Nasional Keselamatan Pasien (KNKP) sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menkes Nomor 503 Tahun 2020. Materi keselamatan pasien juga jadi agenda rutin RS dan Puskesmas dikemas dalam berbagai bentuk pelatihan, seminar dan workshop.

Tantangan

Keselamatan pasien memang bukan capaian mudah. Akar masalah juga sangat kompleks. Paling ketara belum terpenuhinya unsur pokok: sarana dan prasarana berikut peralatan dan penanganan. Bicara sarana, kita sama-sama paham. Jangankan peralatan, fasilitas kesehatan milik pemerintah masih berkutat masalah klasik yang umum ditemukan di negara-negara berkembang.

Kondisi bangunan kurang layak, pintu dan jendela tak berfungsi baik, listrik dan air tak lancar dan seterusnya. Perihal peralatan kesehatan terhambat keterbatasan dana, buruknya manajemen pemeliharaan bikin peralatan tak berfungsi atau rusak meski diantaranya tergolong baru, proses pengadaan dan distribusi peralatan medis oleh perangkat daerah juga masih lemah sehingga menyebabkan keterlambatan, kurang mencermati waktu kadaluarsa obat-obatan dan sebagainya. Cela barusan jelas riskan bagi pasien.

Menyoal pengadaan kebutuhan medis kayak obat, tahun ini pernah kejadian pihak keluarga dan pasien penderita kanker paru-paru mengeluhkan kosongnya stok obat di RSUD Arifin Achmad. Padahal obat tak boleh putus dikonsumsi oleh pasien kanker paru-paru. Mengenai penanganan, selain pengetahuan, hak Tenaga kesehatan (Nakes) juga sangat menentukan. Sebab mempengaruhi kinerja dan fokus mereka. Riau punya pengalaman buruk kala insentif Covid-19 untuk Nakes belum dibayarkan bahkan ada sampai 7 bulan.

Disamping problem di atas, sudah rahasia umum urusan administrasi penyumbang utama lambatnya penanganan pasien. Mulai pengurusan jaminan kesehatan, pendaftaran dan antrian. Dalam diskusi dan sosialisasi pelayanan BPJS Kesehatan yang digelar Forum Riau Cerdas di salah satu Hotel di Kota Pekanbaru tahun 2022, laporan Ombudsman RI menyebut penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) program paling banyak dikeluhkan masyarakat ke mereka. Harapan kita sederhana, bagaimana setiap proses tunggu pasien untuk mendapatkan layanan kesehatan di RS dapat disiasati seefisien mungkin.

Lambatnya penanganan bisa mengancam jiwa. Transformasi digital dipandang solusi ampuh. Mulai administrasi pendaftaran hingga rekam medis. Terkait rekam medis, baru-baru ini Kemenkes sudah menerbitkan PMK Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis, yang mewajibkan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) menerapkan rekam medis elektronik. Proses transisi dilakukan paling lambat 31 Desember 2023. Kemenkes pun akan melakukan pemetaan terhadap Fasyankes berupa Indeks Kematangan Digital untuk mengetahui mana yang siap atau belum siap. Kita berharap RS terutama di bawah kewenangan Pemda bisa secepatnya beradaptasi dengan misi transformasi layanan kesehatan tadi lewat berbagai inovasi dan terobosan.

Beratnya tantangan bisa ditaklukan asal ada komitmen bersama. Kunci keselamatan pasien tergantung konsistensi pihak terkait. Apalagi sudah ada PMK Nomor 11 tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Tinggal diselaraskan dengan tuntutan perkembangan terkini kebutuhan pelayanan di Fasyankes. Ini menuntut koordinasi apik pemerintah pusat dan daerah; rumah sakit negeri dan swasta. Paling penting bagaimana meningkatkan kualitas pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP).

Banyak langkah bisa ditempuh, seperti membekali modul atau panduan pelaporan bagi SDM kesehatan melaporkan IKP berikut melindungi identitas pelapor, memberi reward bagi SDM kesehatan yang mampu menjalankan manajemen dan assesment risiko terhadap pasien dan kemampuan belajar dari insiden disertai tindak lanjut. Laporan IKP yang valid dan akurat sangat menentukan evaluasi program dan pelayanan kesehatan berbasis keselamatan serta mendasari perbaikan dan pencegahan terulangnya insiden sama. Sekedar informasi, per tahun 2019, dari 2.877 rumah sakit di Indonesia hanya 12% yang melaporkan insiden keselamatan pasien.

Terakhir, keselamatan pasien tak bisa dianggap sepele. Masing-masing kita sudah merasakan betapa genting keadaan saat sakit. Pasrah dan berharap dapat pengobatan segera. Jika Al Qur’an menyatakan barangsiapa membunuh seseorang tanpa alasan maka itu sama seperti membunuh semua manusia (al Maidah: 32), maka sebaliknya menyelamatkan satu nyawa tentu sama berharga nilainya.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www