Jumat, 29 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Agung Nugroho - Ramadan 2024M

ToT School Improvement PT RAPP Sukses Digelar
Sampaikan Ilmu kepada Sesama Guru
Selasa, 27 September 2022 21:37 WIB
Sampaikan Ilmu kepada Sesama Guru

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Seluruh peserta Training of Trainers (ToT) Modul I mengenai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan proses Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk Fasilitas Daerah (Fasda) tiga kabupaten yakni Kampar, Kuansing dan juga Kepulauan Meranti yang digelar oleh PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) diharapkan bisa menyampaikan ilmu yang didapat kepada rekan guru yang ada di wailayahnya masing-masing.

"Alhamdulillah kegiatan kita yang digelar selama 4 hari yakni dari tanggal 24-27 September berlangsung lancar dan sukses," ujar Syaifuddin salah seorang Fasilitator pada kegiatan ini, Selasa (27/9/2022).

Ia mengatakan pelatihan yang digelar selama 4 hari ini diharapkan memberikan kontribusi yang baik terhadap peningkatan mutu pendidikan khususnya yang ada di Riau terutama di kabupaten dan sekolah masing-masing.

"Makanya kita ingatkan kepada seluruh peserta yang ikut, sepulangnya dari pelatihan ini mereka bisa memberikan ilmu yang sama dengan rekan-rekan guru yang ada di kabupaten dan sekolahnya masing-masing," cakapnya.

Ia mengatakan ada banyak materi yang diberikan dalam kegiatan ToT School Improvement PT RAPP ini. Yang pertama adalah soal pembelajaran aktif, yang kedua soal pengelolaan lingkungan yang aktif, ketiga mengembangkan pertanyaan produktif, imajinatif dan terbuka.

Selanjutnya adalah mengaktifkan Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan juga praktek mengajar.

Untuk praktek mengajar ini ada tiga. Yang pertama adalah persiapan praktik mengajar sehari sebelum praktik mengajar, yang kedua adalah praktik mengajar yang dilakukan di SD 18 dan 20 Pekanbaru serta yang selanjutnya adalah refleksi yang dilakukan setelah peserta pulang daripada praktek mengajar.

"Selain itu, ada juga materi untuk mengembangkan budaya baca, menjadi fasilitator yang baik, mengembangkan budaya baca di sekolah, rencana dan tindak lanjut. Setelah itu juga ada pendampingan yang efektif dan merekomendasikan praktik baik," sebutnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan dalam prakteknya nanti di sekolah masing-masing, hendaknya mereka dapat memfasilitasi ini dengan menggunakan pendekatan yang sesuai dengan daerah mereka masing-masing.

"Seandainya untuk metode yang diajarkan itu bisa dilakukan disini tapi tak bisa dilakukan di daerah, maka kami berharap mereka bisa mencari alternatif lain yang seusai dengan daerah masing-masing. Agar ilmu ini bisa tersampaikan dengan baik dan guru-guru juga tidak merasa tertekan atau bisa melaksanakan praktik di sekolah masing-masing," jelasnya.

Namun dikatakan Syaifuddin, untuk metode yang disampaikan dalam ToT ini menggunakan metode pendekatan aktif dan untuk metodenya tisak menyimpang dari kurikulum yang disediakan oleh pemerintah. Artinya berjalan harmonis.

"Jadi metode ini menunjang untuk pencapaian indikator yang dilakukan yang diharapkan pemerintah dalam mencapai kemampuan dalam kurikulum yang sudah disediakan pemerintah," terbangnya.

Untuk kurikulum di Riau yang saat ini dipakai ada 2, yaitu Kurikulum 2013 (K13) dan juga kurikulum Merdeka Belajar.

"Dengan pembelajaran ini kami berharap mereka bisa memfasilitasi dari dua kurikulum yang berbeda ini untuk memasukkan pembelajaran aktif ini. Karena metode pembelajaran aktif ini tidak bertentangan dengan kurikulum merdeka ataupun K13," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui PT RAPP sebagai bagian dari APRIL Group ini telah menggelar kegiatan Training of Trainers (ToT) Modul I mengenai Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan proses Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk Fasilitas Daerah (Fasda) tiga Kabupaten yakni Kampar, Kuansing dan juga Kepulauan Meranti di Hotel Mutiara Merdeka. Kegiatan digelar dari tanggal 24-27 September 2022.

Maralis selaku Kasi Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Kuansing menyampaikan ucapan terimakasih kepada perusahaan bagian dari grup APRIL ini yang telah menaja program Training of Trainers (ToT).

"Selama ini dalam pengamatan kami sekolah di bawah bimbingan RAPP itu nampak progresnya, jadi bagus pembelajarannya. Ada perkembangannya lah, beda dengan sekolah yang tidak dibimbing," ujar Maralis Sabtu (24/9/2022).

Ia mengatakan dengan adanya ToT modul 1 ini nantinya guru-guru akan mendapatkan bahan dan pengetahuan yang diyakini itu sesuai dengan program pemerintah yakni Program Merdeka Belajar.

"Kita akui di Pemerintahan memang tidak ada anggaran untuk hal-hal yang seperti ini. Jadi dengan adanya ToT dari RAPP ini kami sangat bangga dan sangat menghargai itu. Yang diharapkan mutu pembelajaran kita itu lebih baik ke depannya," cakapnya.

Dikatakan Maralis, sebelumnya ada sekitar 15 sekolah yang ada dibawah binaan RAPP dan kini kembali bertambah lagi 15, sehingga total ada 30 sekolah.

"Nantinya guru-guru yang dibimbing oleh Fasda masing-masing sekolahnya, mereka itu akan mendapatkan yang terbaru, dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terutama. Kalau sebelumnya kan itu kurikulumnya 2013 (K13). Dengan ini nantinya guru-guru kita itu dapat yang terbaru tentang IKM itu sendiri, baik pengetahuan, keterampilan sehingga pembelajaran itu semakin berkualitas seperti yang diharapkan," ungkapnya.

"Kami harap untuk sekolah yang dibina akan semakin banyak, bahkan kami sudah usulkan juga untuk jenjangnya ditambah, jangan SD saja tapi juga SMP juga," imbuhnya.

Head of CD RAPP Hasto Teguh Kuncoro mengatakan Partnership model itu adalah salah satu cara pengembangan peningkatan kualitas sekolah di RAPP.

"Karena RAPP ini mendampingi 60 sekolah sekarang dan itu akan bertambah 112, itu dua kali lipat pada tahun depan. Jadi tahun depan itu akan menjadi 172 sekolah. Jadi ketika ada penambahan jumlah pendampingan sekolah, sedangkan SDM nya RAPP hanya sedikit, maka yang bisa dilakukan adalah melatih guru, melatih Kepsek dan juga pengawas sekolah, agar kualitas sekolahnya naik," ujar Hasto.

Dijelaskan Hasto, untuk target dari kegiatan ini kedepan ada tiga. Pertama kemampuan membaca anak meningkat, kedua kemampuan numerasi matematikanya anak didik meningkat dan yang ketiga adalah anak-anak persiapan untuk pengukuran Programme for International Student Assessment (PISA) untuk tahun selanjutnya jauh lebih baik.

"Jadi caranya kalau ingin menjadi cepat itu harus ada perpanjangan tangan atau berpartner atau berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas sekolah. Jadi targetnya lebih ke arah situ," sebutnya.

Dijelaskan Hasto dulu di kelas itu guru pusat segalanya. Namun sekarang pada School Improvement itu murid dan guru adalah dua objek yang saling dua arah komunikasi. Dulu orang menyebutnya adalah Pedagogi sekarang disebutnya menjadi Andragogi.

"Jadi sekarang itu adalah pembelajaran komunikasi dua arah, jadi anak dan guru itu saling berdiskusi untuk jauh lebih baik," ucapnya.

Lanjut Hasto, di tahun ini, kegiatan ToT modul I ini adalah untuk yang terakhir kalinya.

"Sebelumnya sudah dilakukan untuk Fasda dari Pelalawan dan Siak dan sekarang ini adalah untuk Kampar, Kuansing dan juga Meranti. Ini yang terakhir untuk tahun ini," pungkasnya.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Yusni
Kategori : Pendidikan, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
Jelang Pilkada, Subdit Politik Dir Intelkam Polda Riau Silaturahmi dengan Pengurus Partai Gelora Rohul
Kamis, 28 Maret 2024
HIPMI Pekanbaru Gelar Buka Puasa Bersama dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Pemprov bersama Masjid Annur Riau Serahkan Santunan ke 150 Anak Yatim
Kamis, 28 Maret 2024
Ketua Komisi Kejaksaan Apresiasi Kerja Kejagung Usut Mega Korupsi Tambang Timah

Serantau lainnya ...
Kamis, 28 Maret 2024
RAFI 2024, Telkomsel Berbagi Harapan dan Perkuat Semangat Kebersamaan
Rabu, 27 Maret 2024
Kick Off Riau Sharia Week 2024, BI Gelar Capacity Building Nazhir Wakaf Produktif
Kamis, 21 Maret 2024
Eka Hospital Pekanbaru Beri Kiat Olahraga Saat Puasa
Senin, 18 Maret 2024
Jalan-jalan dengan Nyaman Bersama Sinar Jaya: Layanan dan Pemesanan Online

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i
Jumat, 08 Maret 2024
Semarakkan Ramadan 1445 H, Umri Undang UAS hingga Santuni Seribu Dhuafa

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www