Selasa, 31 Januari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

CAKAP RAKYAT
BOS Optimal, SDM Handal
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Berdasarkan pemaparan Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II DJPb Riau, pagu dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Provinsi Riau tahun 2022 Rp1,49 T lebih untuk 13 Pemda. Adapun yang sudah disalurkan semester I tahun 2022 mencapai Rp893,7 M untuk 2.383.856 peserta didik atau 59,82 persen. Lebih detail teruntuk pagu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah terealisasi 62,54% yang disalurkan ke 1.522 sekolah terdiri dari 521.351 siswa. Mengacu ke realisasi, belum optimalnya penyaluran dana BOS mengundang kekhawatiran. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan 197/2021, realisasi penyaluran akan berdampak terhadap pengalokasian berikutnya. Misal, anggaplah tahun ini dapat 200 juta tapi di akhir tahun masih tersisa 20 juta, maka tahun berikut alokasi tidak lagi 200 juta tapi hanya 180 juta, karena segitu dinilai kemampuan serapannya. Menyoal dana BOS tahun 2022 memang dilematis. Apalagi ada keterlambatan pembayaran dari Pemerintah Pusat akibat anjloknya realisasi dana alokasi khusus atau DAK non fisik. Masalahnya, salah satu komponen utama DAK non fisik adalah anggaran pendidikan. Sehingga, anjloknya realisasi berimbas keterlambatan berbagai program termasuk anggaran pendidikan yang membuat pencairan BOS turut terdampak. Selain itu, keterlambatan penyampaian rekomendasi penyaluran dana BOS dari Pemerintah Daerah (Pemda) masih menunggu proses verifikasi nilai sisa tahun anggaran 2020 dan 2021. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah berulang kali mengingatkan Pemda agar masalah tersebut segera diatasi. Sekali lagi, turunnya realisasi anggaran akan membuat alokasi TKD tahun depan berkurang. Jadi optimalisasi penyaluran dana BOS signifikan guna memutus siklus.

Optimalisasi dan pembenahan diperlukan agar manfaat dana BOS dirasakan secara maksimal oleh pendidik dan peserta didik. Alasan ini mendorong Pemerintah Pusat menyalurkan dana BOS langsung ke sekolah penerima. Bahkan saat ini skema sudah sangat rinci mencakup nama, alamat dan rekening sekolah. Penyederhanaan birokrasi sejalan dengan program Merdeka Belajar yang mengusung spirit perbaikan kebijakan, prosedur dan pendanaan serta otonomi lebih besar bagi satuan pendidikan mereformasi anggaran di sekolah. Di tahun 2022 pula, perencanaan dan pelaporan BOS memakai Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) sebagai aplikasi tunggal. Selama ini sistem pengelolaan anggaran sekolah masih terpisah dari sistem pengelolaan keuangan daerah. Untuk menyederhanakan sistem, ARKAS diintegrasikan dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Jadi satuan pendidikan atau sekolah mengisi di satu aplikasi saja. Kemendagri dalam hal ini pihak yang mengatur payung regulasi integrasi penggunaan ARKAS. Optimalisasi BOS juga kunci atasi bermacam problematika. Sebut saja kesenjangan akses dunia pendidikan, fenomena banyaknya anak putus sekolah dan lain-lain. Pada prinsipnya, pencetusan BOS tertuju ke sana. Khususnya menyasar siswa dari keluarga kurang mampu memperoleh pendidikan berkualitas dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun. BOS sangat membantu kurangi beban, dimana faktor ekonomi seringkali jadi penghalang nomor wahid. Sayangnya di lapangan, penggunaan BOS belum berbicara banyak. Contoh dalam upaya antisipasi kasus putus sekolah kayak di Riau yang angkanya tinggi se-Indonesia. Stimulus dana BOS bisa berupa biaya transportasi bagi siswa miskin hingga menghilangkan berbagai pungutan yang kerap didapati saat penerimaan murid dengan berbagai alasan seperti renovasi gedung, pembelian peralatan pendidikan, perbaikan pagar dan lain-lain.

Disamping pengentasan masalah pendidikan, semakin luas dan luwesnya penggunaan dana BOS membawa multiplier effect. Di awal pandemi dana BOS termasuk dalam aspek belanja negara. Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 memberi ruang fleksibilitas penggunaan. Pemanfaatan dana BOS bertransformasi dari semula dari kegiatan operasional pendidikan menjadi satu bagian pendukung dalam pemulihan ekonomi. Perombakan skema membuat penyaluran dana BOS diarahkan kepada pertumbuhan ekonomi dan menstimulus konsumsi masyarakat, serta mampu menjangkau banyak pihak di bidang pendidikan. Dengan adanya fleksibilitas dana BOS untuk membeli pulsa internet maka dapat mengurangi pengeluaran orang tua. Terutama bagi orang tua siswa yang terkena PHK akibat pandemi. Dana BOS juga telah dipergunakan untuk membeli berbagai kebutuhan pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah semisal cairan pembersih tangan, disinfektan, masker dan penunjang kebersihan lainnya. Itulah kenapa APBN dan APBD dianggap cara paling efektif, efisien dan paling cepat merangsang aktivitas ekonomi. Pembelian barang dan alat-alat disebut tadi secara langsung dan tidak langsung akan menciptakan transaksi.

Peran Kolektif

Berkaca dari pemaparan, optimalisasi dana BOS tuntutan kekinian. Untuk mencapainya, kinerja Pemda menentukan. Dalam rumpun urusan Pemda Riau meliputi percepatan penetapan dan pengusulan rekening satuan pendidikan dalam penyaluran dana BOS, BOP PAUD dan BOP Kesetaraan; memastikan implementasi, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan sistem ARKAS berjalan baik; memfasilitasi Disdik kabupaten/kota dan mendorong satuan pendidikan menerapkan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan penggunaan dana BOS menggunakan ARKAS. Di luar aspek administratif Pemda, ada juga peran bersama mewujudkan optimalisasi dana BOS transparan dan tepat guna. Bagi Riau makin urgen berhubung sejumlah preseden. Seperti pengunduran diri 64 Kepala Sekolah (Kepsek) SMP di Kabupaten Inhu yang mengaku sering diperas oknum penegak hukum. Mengutip pernyataan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) PGRI Riau, modusnya oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diduga bekerjasama dengan oknum penegak hukum, sengaja mencari kesalahan Kepsek dalam mengelola dana BOS untuk kemudian dilaporkan. Selain itu ada juga kasus Kepsek di Riau jenjang SMA/SMK resah atas adanya program titipan oknum pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau. Dari curhat sejumlah Kepsek dan pemberitaan media, kegiatan dimaksud dijalankan oleh SMA/SMK dengan sumber dana BOS/BOSDA. Salah satu program ditolak adalah digitalisasi pendidikan yang menurut Disdik Provinsi Riau program andalan dengan menggunakan vendor/pihak ketiga. Kepala Disdik Provinsi Riau saat itu menyatakan tak pernah rekomendasikan apalagi mewajibkan. Hal-hal macam tadi seakan sudah rahasia umum. Menkeu saja mengamini banyak oknum coba membancak BOS. Meski dana sudah ditransfer ke sekolah, Menkeu bilang masih saja diakali banyak oknum dengan mengancam Kepsek.

Wajar apabila para Kepsek dan pihak sekolah sering dihantui ketakutan. Meski tak sedikit pula oknum sekolah ikut “bermain”. Pada dasarnya solusinya bagaimana menjamin informasi penggunaan dana dapat berlangsung transparan. Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sudah bagus, yang mewajibkan Kepsek memajang penggunaan dana BOS. Dengan begitu semua pihak mulai orang tua dan elemen masyarakat dapat menyaksikan. Tirulah pengelolaan keuangan di masjid, yang disajikan di papan pengumuman dan disampaikan secara regular dalam momen tertentu. Langkah ini diyakini dapat mengantisipasi tindakan pemerasan dilakukan oknum-oknum kepada Kepsek. Kami selaku Komisi V DPRD Provinsi Riau juga mengajak baik itu aparat penegak hukum dan lembaga masyarakat dapat sama-sama mengawasi. Tapi tujuan bukan untuk mencari kesalahan. Namun dalam upaya menjamin penggunaan dana BOS dapat lebih optimal dan lebih baik. Seiring pengelolaannya semakin baik maka hasilnya pun baik pula bagi kepentingan bangsa.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Jum'at, 13 Januari 2023 08:59 WIB
Sensus Pertanian di Tengah Ancaman Krisis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Sabtu, 10 Desember 2022 08:59 WIB
HAM Dan Masa Depan Bangsa
Rabu, 04 Januari 2023 08:02 WIB
Ketika Tongkat Membawa Rebah
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 14 Desember 2022 13:18 WIB
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Sabtu, 17 Desember 2022 15:49 WIB
Menanti Kehadiran Negara
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Gubri Minta UNRI Siapkan SDM untuk RS Jantung dan Otak
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar dan Saleh Djasit Komitmen Bangun Pendidikan di Riau
Selasa, 31 Januari 2023
Silahturrahmi dengan Gubernur Syamsuar, IKBR Dukung Program Pemprov Riau
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Didaulat Jadi Ketua Dewan Pertimbangan Universitas Riau

Serantau lainnya ...
Senin, 30 Januari 2023
Berdesain Unik, Pojok Baca RSUD Tengku Rafian Siak Juara 1 Lomba Perpustakaan
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI
Rabu, 18 Januari 2023
Royal Century Purwodadi Menjawab Hunian Impian Setiap Orang

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023
Senin, 02 Januari 2023
Pemkab Meranti Kini Miliki Command Center yang Himpun Semua Data

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan
Minggu, 01 Januari 2023
Gubri Ajak Orang Tua Awasi Anak dari Bahaya Narkoba

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB
Selasa, 17 Januari 2023
Mahasiswa IPB Goes to School ke 80 Sekolah di Riau
Sabtu, 14 Januari 2023
Sekolah Pascasarjana Unilak Gelar Seminar Nasional, Angkat Tema Hukum, Manajemen dan Lingkungan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
BUMD 2023
Foto
PCR 2023
Khas Hotel November 2022
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan

Selebriti lainnya ...
Nataru 2022 April.RAPP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www