Jumat, 19 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
BOS Optimal, SDM Handal
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Berdasarkan pemaparan Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II DJPb Riau, pagu dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Provinsi Riau tahun 2022 Rp1,49 T lebih untuk 13 Pemda. Adapun yang sudah disalurkan semester I tahun 2022 mencapai Rp893,7 M untuk 2.383.856 peserta didik atau 59,82 persen. Lebih detail teruntuk pagu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah terealisasi 62,54% yang disalurkan ke 1.522 sekolah terdiri dari 521.351 siswa. Mengacu ke realisasi, belum optimalnya penyaluran dana BOS mengundang kekhawatiran. Sesuai Peraturan Menteri Keuangan 197/2021, realisasi penyaluran akan berdampak terhadap pengalokasian berikutnya. Misal, anggaplah tahun ini dapat 200 juta tapi di akhir tahun masih tersisa 20 juta, maka tahun berikut alokasi tidak lagi 200 juta tapi hanya 180 juta, karena segitu dinilai kemampuan serapannya. Menyoal dana BOS tahun 2022 memang dilematis. Apalagi ada keterlambatan pembayaran dari Pemerintah Pusat akibat anjloknya realisasi dana alokasi khusus atau DAK non fisik. Masalahnya, salah satu komponen utama DAK non fisik adalah anggaran pendidikan. Sehingga, anjloknya realisasi berimbas keterlambatan berbagai program termasuk anggaran pendidikan yang membuat pencairan BOS turut terdampak. Selain itu, keterlambatan penyampaian rekomendasi penyaluran dana BOS dari Pemerintah Daerah (Pemda) masih menunggu proses verifikasi nilai sisa tahun anggaran 2020 dan 2021. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah berulang kali mengingatkan Pemda agar masalah tersebut segera diatasi. Sekali lagi, turunnya realisasi anggaran akan membuat alokasi TKD tahun depan berkurang. Jadi optimalisasi penyaluran dana BOS signifikan guna memutus siklus.

Optimalisasi dan pembenahan diperlukan agar manfaat dana BOS dirasakan secara maksimal oleh pendidik dan peserta didik. Alasan ini mendorong Pemerintah Pusat menyalurkan dana BOS langsung ke sekolah penerima. Bahkan saat ini skema sudah sangat rinci mencakup nama, alamat dan rekening sekolah. Penyederhanaan birokrasi sejalan dengan program Merdeka Belajar yang mengusung spirit perbaikan kebijakan, prosedur dan pendanaan serta otonomi lebih besar bagi satuan pendidikan mereformasi anggaran di sekolah. Di tahun 2022 pula, perencanaan dan pelaporan BOS memakai Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) sebagai aplikasi tunggal. Selama ini sistem pengelolaan anggaran sekolah masih terpisah dari sistem pengelolaan keuangan daerah. Untuk menyederhanakan sistem, ARKAS diintegrasikan dengan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Jadi satuan pendidikan atau sekolah mengisi di satu aplikasi saja. Kemendagri dalam hal ini pihak yang mengatur payung regulasi integrasi penggunaan ARKAS. Optimalisasi BOS juga kunci atasi bermacam problematika. Sebut saja kesenjangan akses dunia pendidikan, fenomena banyaknya anak putus sekolah dan lain-lain. Pada prinsipnya, pencetusan BOS tertuju ke sana. Khususnya menyasar siswa dari keluarga kurang mampu memperoleh pendidikan berkualitas dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun. BOS sangat membantu kurangi beban, dimana faktor ekonomi seringkali jadi penghalang nomor wahid. Sayangnya di lapangan, penggunaan BOS belum berbicara banyak. Contoh dalam upaya antisipasi kasus putus sekolah kayak di Riau yang angkanya tinggi se-Indonesia. Stimulus dana BOS bisa berupa biaya transportasi bagi siswa miskin hingga menghilangkan berbagai pungutan yang kerap didapati saat penerimaan murid dengan berbagai alasan seperti renovasi gedung, pembelian peralatan pendidikan, perbaikan pagar dan lain-lain.

Disamping pengentasan masalah pendidikan, semakin luas dan luwesnya penggunaan dana BOS membawa multiplier effect. Di awal pandemi dana BOS termasuk dalam aspek belanja negara. Terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 memberi ruang fleksibilitas penggunaan. Pemanfaatan dana BOS bertransformasi dari semula dari kegiatan operasional pendidikan menjadi satu bagian pendukung dalam pemulihan ekonomi. Perombakan skema membuat penyaluran dana BOS diarahkan kepada pertumbuhan ekonomi dan menstimulus konsumsi masyarakat, serta mampu menjangkau banyak pihak di bidang pendidikan. Dengan adanya fleksibilitas dana BOS untuk membeli pulsa internet maka dapat mengurangi pengeluaran orang tua. Terutama bagi orang tua siswa yang terkena PHK akibat pandemi. Dana BOS juga telah dipergunakan untuk membeli berbagai kebutuhan pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah semisal cairan pembersih tangan, disinfektan, masker dan penunjang kebersihan lainnya. Itulah kenapa APBN dan APBD dianggap cara paling efektif, efisien dan paling cepat merangsang aktivitas ekonomi. Pembelian barang dan alat-alat disebut tadi secara langsung dan tidak langsung akan menciptakan transaksi.

Peran Kolektif

Berkaca dari pemaparan, optimalisasi dana BOS tuntutan kekinian. Untuk mencapainya, kinerja Pemda menentukan. Dalam rumpun urusan Pemda Riau meliputi percepatan penetapan dan pengusulan rekening satuan pendidikan dalam penyaluran dana BOS, BOP PAUD dan BOP Kesetaraan; memastikan implementasi, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan sistem ARKAS berjalan baik; memfasilitasi Disdik kabupaten/kota dan mendorong satuan pendidikan menerapkan penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan penggunaan dana BOS menggunakan ARKAS. Di luar aspek administratif Pemda, ada juga peran bersama mewujudkan optimalisasi dana BOS transparan dan tepat guna. Bagi Riau makin urgen berhubung sejumlah preseden. Seperti pengunduran diri 64 Kepala Sekolah (Kepsek) SMP di Kabupaten Inhu yang mengaku sering diperas oknum penegak hukum. Mengutip pernyataan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LKBH) PGRI Riau, modusnya oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) diduga bekerjasama dengan oknum penegak hukum, sengaja mencari kesalahan Kepsek dalam mengelola dana BOS untuk kemudian dilaporkan. Selain itu ada juga kasus Kepsek di Riau jenjang SMA/SMK resah atas adanya program titipan oknum pejabat Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau. Dari curhat sejumlah Kepsek dan pemberitaan media, kegiatan dimaksud dijalankan oleh SMA/SMK dengan sumber dana BOS/BOSDA. Salah satu program ditolak adalah digitalisasi pendidikan yang menurut Disdik Provinsi Riau program andalan dengan menggunakan vendor/pihak ketiga. Kepala Disdik Provinsi Riau saat itu menyatakan tak pernah rekomendasikan apalagi mewajibkan. Hal-hal macam tadi seakan sudah rahasia umum. Menkeu saja mengamini banyak oknum coba membancak BOS. Meski dana sudah ditransfer ke sekolah, Menkeu bilang masih saja diakali banyak oknum dengan mengancam Kepsek.

Wajar apabila para Kepsek dan pihak sekolah sering dihantui ketakutan. Meski tak sedikit pula oknum sekolah ikut “bermain”. Pada dasarnya solusinya bagaimana menjamin informasi penggunaan dana dapat berlangsung transparan. Instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sudah bagus, yang mewajibkan Kepsek memajang penggunaan dana BOS. Dengan begitu semua pihak mulai orang tua dan elemen masyarakat dapat menyaksikan. Tirulah pengelolaan keuangan di masjid, yang disajikan di papan pengumuman dan disampaikan secara regular dalam momen tertentu. Langkah ini diyakini dapat mengantisipasi tindakan pemerasan dilakukan oknum-oknum kepada Kepsek. Kami selaku Komisi V DPRD Provinsi Riau juga mengajak baik itu aparat penegak hukum dan lembaga masyarakat dapat sama-sama mengawasi. Tapi tujuan bukan untuk mencari kesalahan. Namun dalam upaya menjamin penggunaan dana BOS dapat lebih optimal dan lebih baik. Seiring pengelolaannya semakin baik maka hasilnya pun baik pula bagi kepentingan bangsa.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www