Rabu, 30 November 2022

Breaking News

  • Pemprov Riau Akui Gubri Batal ke Meranti, Erisman: Katanya Ada Penolakan Bupati Tapi Alasannya Kita Tak Tahu   ●   
  • Setubuhi Wanita Terbelakang Mental, Pria di Bengkalis Ditangkap Polisi   ●   
  • Pimpinan MPR Pastikan Pilkada 2024 Tetap Dipilih Rakyat Langsung   ●   
  • Arab Saudi Percepat Proses Visa Umrah, Hanya Perlu 24 Jam   ●   
  • Jumpai Sekdako Pekanbaru, REI Riau Keluhkan Lambatnya Penerbitan Izin
Yamaha 27-30 November 2022

CAKAP RAKYAT
Pariwisata Memperkuat Budaya
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Penyelenggaraan Pariwisata Berbudaya Melayu sedang bergulir di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau. Kami selaku anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) berharap pembahasan tingkat Panitia Khusus (Pansus) membuka ruang seluas-luasnya bagi pemangku kepentingan dan pihak terkait guna memperoleh masukan berharga. Mengingat manfaat dan implikasi Ranperda sangat besar bagi kepentingan daerah.

Meski judul menyinggung sektor pariwisata, namun punya multiplier effect yang masif. Meliputi dimensi sosial, budaya dan tentunya ekonomi daerah. Urusan menata pariwisata juga cukup kompleks. Bukan sekedar memilih tagline atau memperindah tampilan fisik untuk memancing minat orang-orang berkunjung. Akan tetapi butuh pendekatan terintegrasi, komprehensif dan sistematis. Apalagi Raperda yang dibahas menyoal pariwisata berbasis budaya. Artinya memanfaatkan unsur kebudayaan sebagai objek wisata. Di destinasi wisata, wisatawan akan merasakan dan mempelajari kebudayaan setempat. Budaya sebagai daya tarik wisata tak bisa dianggap sepele. Memang keindahan alam seringkali magnit utama kunjungan wisatawan. Tapi siapa sangka hal paling mengundang minat turis mancanegara justru budaya orang Indonesia.

Satu survei tentang perilaku pasar industri pariwisata di Indonesia menunjukkan bahwa 60 persen wisatawan datang ke Indonesia untuk mempelajari budaya atau melihat industri berbalut budaya. Sedangkan 35 persen menikmati alam dan sisanya kepentingan bisnis dan lain-lain. Daya tarik Indonesia di mata wisatawan mancanegara berupa atraksi atau pertunjukan kesenian, arsitektur bangunan dan tata kehidupan masyarakat adat yang masih terjaga di era modernisasi. Kalau kita bandingkan dengan negara menonjolkan destinasi keindahan alam kayak Maldives, memang hari pertama turis dimanjakan pemandangan perairan nan indah, tapi hari berikutnya bingung cari kegiatan apa.

Beda di Indonesia, selain menonton seni tradisional, wisatawan bisa belanja kerajinan hingga paling diincar semarak kulineran. Aspek lain yang krusial dibalik pariwisata berbasis budaya yakni kegiatan pelestarian. Nilai jual warisan budaya sangat bergantung kepada seberapa besar upaya melestarikannya. Di sisi lain, kegiatan pariwisata juga harus ditata agar tak merusak dan membawa dampak negatif terhadap warisan budaya. Maka, edukasi sadar wisata tak hanya tertuju ke warga lokal. Wisatawan perlu mendapat pengetahuan sama. Selama ini kecenderungan di banyak destinasi wisata, tak sedikit kasus wisatawan luar berperilaku tanpa mengindahkan budaya lokal.

Pekerjaan Rumah

Tantangan Riau wujudkan pariwisata berbasis budaya boleh dibilang cukup berat. Kendati secara regulasi perlu diapresiasi terbitnya Perda dan Peraturan Kepala Daerah (Pergub) sebagai itikad baik membangun pariwisata daerah, namun sayang orientasi dan eksekusi belum jelas dan padu. Ranperda Rencana Induk Kepariwisataan di Provinsi Riau Tahun 2022-2035 yang menjadi pedoman menjalankan agenda pembangunan pariwisata masih menunggu bentuk Perda berikut aturan turunan. Sementara beleid tadi media kohesi untuk menyatukan visi dan misi lintas sektor di daerah. Percepatan agenda pembangunan pariwisata di Riau bakal mendorong pemerataan pembangunan di Riau. Sekaligus meningkatkan kualitas masyarakat mulai pembinaan kesadaran dan pengetahuan akan wisata hingga memperkuat identitas budaya melayu. Untuk disebut terakhir, sudah ada Pergub No 45 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Budaya Melayu Riau, Pergub No 46 Tahun 2018 tentang Penerapan Muatan Budaya Melayu Riau Di Ruang Umum dan Pergub No 18 Tahun 2019 tentang Pariwisata Halal.

Aturan-aturan tadi instrumen membangun pariwisata berbasis budaya melayu. Sekali lagi disampaikan, pariwisata budaya bukan cuma jualan unsur dan simbol tampak di mata. Menengok kata “melayu” di judul Ranperda, maka pekerjaan rumah bagaimana mengintegrasikan budaya melayu sebagai bagian tak terpisahkan dalam kehidupan penduduk di bumi lancang kuning ini. Meski tingkat heterogenitas penduduk Riau termasuk tinggi, itu bukan halangan. Belajar ke negeri jiran Malaysia. Di sana beda etnis dan suku bangsa dapat berbaur jadi satu. Malah disitu daya tariknya. Bahasa dan logat melayu jadi identitas. Keinginan kita sama: melembagakan sikap dan perilaku yang mengadopsi dan beradaptasi dengan budaya melayu. Terutama internalisasi penggunaan bahasa melayu Riau. Sehingga ketika orang luar berkunjung ke Riau terasa nuansa khas nan beda.

Selain tantangan di atas, rintangan terberat berikutnya berkaitan unsur penyusun budaya itu sendiri yaitu sejarah. Disamping khazanah kemelayuan, Riau punya keunggulan dalam konteks sejarah yang turut memperkuat identitas melayu. Mirisnya, banyak benda cagar budaya Riau berada dalam kondisi memprihatinkan dan mengkhawatirkan. Tahun 2017 pernah insiden hilang tujuh benda kuno dari koleksi Museum Daerah Sang Nila Utama yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Waktu itu pengamanan museum bersejarah dipertanyakan. Sebab tanpa CCTV sejak tahun 2010 sampai peristiwa pencurian terjadi, lemari dan pintu museum juga tak dikunci. Di Riau pula sedikitnya tercatat puluhan kerajaan pernah eksis. Bahkan ada pusat kerajaan pertama di Indonesia. Namun secara dokumen tak satupun utuh dan komplit. Cagar budaya dan benda bersejarah juga banyak terbengkalai dan tak tahu rimbanya akibat minim perhatian Pemda. Sebut peninggalan Kerajaan Sangar di Semenanjung Kampar, Kabupaten Pelalawan. Ada kajian sejarah memperkirakan kerajaan tersebut usianya lebih tua dibanding Kerajaan Pelalawan yang terkenal di abadnya. Selain terbengkalai, lebih menyesakkan lagi maraknya kitab melayu kuno khususnya di daerah pesisir Riau diperjualbelikan ke luar negeri. Bahkan LAM Riau pernah mengemukakan kitab itu tersimpan di museum di Malaysia.

Selain lalai menjaga, ada pula cagar budaya dan peninggalan sejarah kehilangan nilai karena keteledoran Pemda. Makam panjang di kawasan Jondul sudah jadi perumahan. Masjid Menara Condong di Kecamatan Sail berganti bangunan sekolah negeri. Paling fatal cagar budaya Mesjid Raya Senapelan dicabut statusnya oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya sejak 2016. Padahal ikon kebanggaan. Mengutip informasi dari berbagai sumber, Masjid Raya Senapelan Pekanbaru merupakan mesjid tertua dibangun di masa Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah sebagai Sultan Siak ke-4 berlanjut di masa Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai Sultan Siak ke-5.

Ahli sejarah menuding Pemprov Riau bertanggungjawab. Penyebabnya, pemugaran yang dilakukan sudah merubah struktur bangunan yang mana melanggar sejumlah aturan terkait bangunan gedung situs budaya. Peristiwa tadi preseden bagi Pemda, kiranya kalau ingin memugar cagar budaya harus ada kajian matang dan disinkronkan dengan kepentingan lebih besar yakni menjaga warisan daerah. Dari pemaparan kasus-kasus menimpa cagar budaya dan situs sejarah di Riau, mustahil mau mengoptimalkan pariwisata berbasis budaya tanpa diiringi perhatian terhadap unsur budaya. Walau sudah terlambat, pembenahan harus dilakukan sungguh-sungguh. Kelalaian menjaga warisan budaya sama saja membiarkan melayu perlahan hilang di bumi. Kerugian bukan hanya bagi daerah, tapi bagi bangsa Indonesia. Karena budaya kunci peradaban bangsa.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM, Anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Rabu, 16 November 2022 11:43 WIB
Memupuk Sikap Toleransi
Kamis, 10 November 2022 13:13 WIB
Hari Pahlawan Dan Pentingnya Pendidikan Karakter
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 26 Oktober 2022 22:08 WIB
BOS Optimal, SDM Handal
Kamis, 10 November 2022 18:00 WIB
Meneladani Nilai-Nilai Kepahlawanan
Kamis, 20 Oktober 2022 08:20 WIB
Pentingnya Integrasi Ke Sektor Pendidikan
Jum'at, 02 September 2022 14:49 WIB
One Command Center Solusi Kegawatdaruratan di Riau
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Jum'at, 18 November 2022 08:22 WIB
G20 Dalam Angka, Riau Dimana?
Sabtu, 08 Oktober 2022 20:34 WIB
Menjaga Warisan Nabi
Jum'at, 28 Oktober 2022 22:33 WIB
Melestarikan Warisan Sumpah Pemuda
Jum'at, 09 September 2022 14:10 WIB
Gotong Royong Perkuat Daya Saing SDM
Kamis, 20 Oktober 2022 09:59 WIB
Regsosek dan Semangat Sumpah Pemuda
Sabtu, 01 Oktober 2022 15:35 WIB
Belajar Setia Dari Sejarah
Senin, 15 Agustus 2022 19:21 WIB
Kesetaraan Kunci Bangun Bangsa
Rabu, 17 Agustus 2022 12:35 WIB
Mari Jaga Warisan Kemerdekaan
Minggu, 16 Oktober 2022 20:11 WIB
Stunting Dan Ancaman Daya Saing
Jum'at, 28 Oktober 2022 08:20 WIB
Pemuda, Tetaplah Optimis
Selasa, 30 Agustus 2022 11:48 WIB
Pendidikan Ruh Pembangunan
Kamis, 22 September 2022 08:16 WIB
Meneroka RUU Sisdiknas
Minggu, 18 September 2022 08:16 WIB
Karena Satu Nyawa Begitu Berharga
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Tingkatkan Mutu Pelayanan Bibit, BPDAS Inrok Kunjungi Persemaian Rumpin
Selasa, 29 November 2022
Ujian CAT PPK Digelar di Dua Kecamatan
Selasa, 29 November 2022
Masuk Lima Inovasi Unggulan Pemko, Tim Penilai Inovasi Kemendagri Tinjau Layanan Bus Vaksinasi Keliling RSD Madani
Selasa, 29 November 2022
Terpilih sebagai Ketua, Adri Hidayat Putra Siap Majukan Porpi Pekanbaru

Serantau lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Forum Maxi Pekanbaru Peduli Gempa Cianjur
Selasa, 29 November 2022
Rinaldi dan Chandra Resmi Pimpin Nmax Owner Communitas Periode 2022 - 2024
Rabu, 23 November 2022
Kenali PHA: Kandungan Skincare untuk Kulit Sensitif
Rabu, 23 November 2022
Lima Tempat Suci di Dunia, Salah Satunya Jadi Kota Suci Tiga Agama

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Rabu, 23 November 2022
Walau Bersayap, 7 Burung Ini Tidak Bisa Terbang
Senin, 21 November 2022
Kemenkominfo Gelar Literasi Digital, "Tips Digital: WhatsApp For Business"
Jumat, 18 November 2022
PDS Mudahkan Konsumen Lakukan Transaksi, hanya Lewat Genggaman
Senin, 07 November 2022
Fenomena Gerhana Bulan Total Terjadi Besok, Ini Daftar Wilayah yang Bisa Melihatnya

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 30 November 2022
Sambiloto: Si Raja Pahit yang Kaya Manfaat bagi Kesehatan
Senin, 28 November 2022
Dinas P3AP2-KB Riau Luncurkan Aplikasi Perlindungan Perempuan dan Anak
Senin, 21 November 2022
Aksesoris Travelling Yang Wajib Anda Bawa Saat Hujan
Jumat, 18 November 2022
Cegah Sakit di Musim Hujan dengan Mengonsumsi 7 Makanan Mengandung Vitamin B6

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 28 November 2022
Hendriko Dikukuhkan sebagai Guru Besar Pertama di Politeknik Caltex Riau
Jumat, 25 November 2022
Pemko Pekanbaru Ajak Hima Persis Beri Kontribusi Nyata Bangun Pekanbaru
Rabu, 23 November 2022
Gelaran Puncak Acara Big Event Predatech 2022 Sukses Dilaksanakan Predatech dan LPI
Selasa, 22 November 2022
Diperkuat Unilak, Riau Tambah Medali dari Sepak Takraw di Pomnas 17 Padang

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

Pegadaian Oktober 2022
Terpopuler

02

Khas Hotel November 2022
Foto
DPRD Riau 2022 1
Diskes Rohul Agustus 2022
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku
Sabtu, 19 November 2022
DDV dan Aksa Bumi Langit Gelar Nonton Bersama untuk Anak-anak Kurang Beruntung
Sabtu, 19 November 2022
Nia Ramadhani Ungkap Terjerat Narkoba Bukan Akhir Dunia

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 2022 2
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
BSP - HUT Siak 12 Oktober 2022
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi
Jumat, 28 Oktober 2022
Niat Awal untuk Pendidikan, Alina Kini Mencintai Islam
Selasa, 25 Oktober 2022
Ustaz Yurnalis di Hadapan Warga Binaan: Jika Ingin Jadi Insan Hebat, Lapangkan Hati

Religi lainnya ...
DPRD Riau Hari Kesehatan Nasional 2022
Indeks Berita
DPRD Riau HUT BRIMOB 2022DPRD Riau HGN 2022HUT RI 77 - APRIL RAPPPertaminaHUT Riau 2022 - PT SPR
www www