Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Penguatan Peran "Fungsional" Guru, Tantangan di Tengah Krisis
Kamis, 24 November 2022 10:44 WIB
Penguatan Peran Fungsional Guru, Tantangan di Tengah Krisis
Muji Basuki

25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional atau HGN. Tanggal ini diperingati sebagai hari guru untuk mengenang Kongres Guru Indonesia pertama yang diselenggarakan pada 24-25 November 1945. Sejarah penetapan Hari Guru Nasional ini sebenarnya sudah bermula pada tahun 1912. Pada saat itu, salah satu anggota Pengurus Besar Budi Utomo Raden Mas Ngabehi Dwidjosewojo membentuk organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Seiring dengan pergolakan perjuangan kemerdekaan, organisasi ini kemudian berubah nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) melalui kongres pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 1994 Tentang Hari Guru Nasional, Presiden Soeharto kemudian menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Guru, Variabel Penting Dalam Keberhasilan Pendidikan

Para pakar pendidikan menyebutkan ada 3 variabel penting dalam keberhasilan pendidikan selain dari peserta didik itu sendiri, yaitu lingkungan, kurikulum dan guru. Lingkungan adalah mileu yang mengelilingi peserta didik, baik yang bersifat fisik, psikologis maupun sosiologis.  Kurikulum adalah kumpulan materi pengajaran yang sudah di set-up sedemikian rupa agar sesuai dengan tingkat usia dan daya nalar peserta didik. Sementara guru adalah sosok manusia yang mendampingi peserta didik dalam proses belajar mengajar. 

Ketiga variabel tersebut semuanya tentu memegang peranan penting dalam keberhasilan sebuah pendidikan, akan tetapi variabel guru memiliki peranan yang sangat sentral dalam proses pendidikan, karena sebenarnya guru lah yang akan mentransformasi variabel pendidikan lainnya kepada para peserta didiknya. Guru lah yang sejatinya mendampingi peserta didik untuk  menyikapi beragam dinamika lingkungan yang mengitarinya. Juga guru lah sejatinya yang menyusun strategi terbaik untuk mentransfer kurikulum untuk peserta didiknya.

Guru, di Tengah Krisis dan Dunia Pendidikan Yang Masih Problematik

Di tengah peran sentral guru dalam proses pendidikan, mereka masih dihadapkan kepada begitu banyak problematika dunia pendidikan, baik yang langsung terkait dengan mereka sebagai tenaga pendidik, maupun problematika lain yang secara tidak langsung juga berdampak terhadap kinerja mereka. 

Berdasarkan data Kemendikbud, pada Tahun 2020 terdapat 72.976 guru pensiun. Jumlah tersebut menyumbang kekurangan guru yang angkanya mencapai 1.020.921 orang. Angka itu kemudian naik pada 2021. Kekurangan guru diprediksi mencapai 1.090.678 orang dan jumlah yang pensiun 69.757 orang. Tahun 2022 kekurangan guru menjadi 1.167.802 orang, dengan jumlah yang pensiun 77.124 orang. Hingga 2024, kekurangan guru diprediksi mencapai angka 1.312.759 orang. Sampai 2020 jumlah guru non-PNS di Indonesia mencapai 937.228 orang. Dari jumlah tersebut, 728.461 di antaranya berstatus guru honorer sekolah.

Selain permasalahan kecukupan jumlah yang tentu berimplikasi terhadap beban mengajar, guru juga dihadapkan pada problematika lainnya, seperti masalah sarana dan prasarana mengajar misalnya. Menurut buku publikasi Statistik Pendidikan Indonesia 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik, rasio rombel (rombongan belajar) dengan jumlah kelas memang sudah mendekati 1 untuk semua jenjang pendidikan, yang berarti jumlah ruang kelas yang tersedia lebih besar daripada jumlah rombel. Kondisi ini menggambarkan bahwa kelas yang tersedia masih mencukupi untuk menampung jumlah peserta didik yang ada, dengan memperhatikan kewajaran daya tampung peserta didik per kelas. Akan tetapi jika dilihat secara lebih dalam, pada Tahun Ajaran 2020/2021 kondisi ruang kelas yang masuk kategori baik hanya sebesar 42,86 persen untuk jenjang SD, 49,43 persen untuk jenjang SMP, 57,13 persen untuk jenjang SMA dan 57,04 persen untuk jenjang SMK. Artinya, untuk semua jenjang pendidikan, kondisi ruang kelas dengan kondisi rusak ringan/sedang/berat persentasenya masih cukup besar. 

Ada permasalahan sarana prasarana penunjang lain yang sebenarnya juga cukup penting bagi optimalisasi kinerja guru dalam mengajar, yaitu permasalahan sanitasi sekolah. Menurut konsep yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada 3 kategori sanitasi sekolah, yaitu sanitasi dasar dimana sekolah memiliki toilet yang layak dan terpisah antara laki-laki dan perempuan dengan kondisi yang baik atau rusak ringan, kemudian kategori sanitasi terbatas dimana sekolah memiliki toilet layak tetapi tidak terpisah laki-laki perempuan dan kondisi rusak berat, dan kategori tidak ada sanitasi dimana sekolah tidak memiliki toilet atau toilet tidak layak. Pada Tahun 2020, pada jenjang pendidikan SD hanya 40,80 persen yang masuk kategori sanitasi dasar, sementara pada jenjang pendidikan SMP hanya 52,50 persen yang masuk kategori sanitasi dasar, di jenjang pendidikan SMA hanya 59,54 persen yang masuk kategori sanitasi dasar, dan pada jenjang pendidikan SMK hanya 57,80 persen yang masuk kategori sanitasi dasar. Artinya, untuk semua jenjang pendidikan, kondisi sanitasi sekolah dengan kondisi tidak layak atau rusak berat persentasenya masih cukup besar. 

Persoalan lain juga terlihat dari dukungan sarana perpustakaan yang fungsinya cukup sentral terhadap kinerja seorang guru. Pada Tahun Ajaran 2020/2021, rasio perpustakaan terhadap jumlah sekolah sebesar 93,20 persen, artinya masih ada sekitar 6-7 persen sekolah yang belum memiliki perpustakaan, baik pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. 

Belum lagi kondisi perekonomian nasional yang masih fluktuatif menyebabkan sebagian peserta didik harus membagi waktu antara sekolah dan bekerja. Tercatat menurut hasil Susenas Maret 2021 ada 6,91 persen peserta didik umur 10-24 tahun yang bekerja dalam seminggu terakhir. Kondisi ini tentu menyebabkan peserta didik ini menjadi tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. 

Problematika, Tantangan Para Guru Untuk Terus Berkembang

"Hidup pada hakikatnya adalah ujian, hidup pada hakikatnya adalah kumpulan permasalahan". Begitulah kalimat hikmah yang sering kita dengar. Pada profesi apapun, problematika dan permasalahan adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Yang menjadi persoalan bukanlah pada problematika dan atau permasalahan itu sendiri, akan tetapi bagaimana skala sikap dan mental yang hadir pada diri seseorang dalam menghadapi problematika tersebut, itulah hakikat persoalannya. Sebuah persoalan akan menjadi peluang ketika dihadapi seseorang sebagai momentum untuk mematangkan dirinya. Sebaliknya, sebuah persoalan akan semakin membesar pada saat dihadapi seseorang dengan skala sikap dan mental yang negatif. 

Mengacu kepada sejarah Kongres Guru Pertama pada Tahun 1945, tentu para guru pada waktu itu dihadapkan pada situasi bangsa yang jauh dari tingkatan mapan dan stabil, karena Indonesia baru saja bebas dari cengkraman penjajah. Bahkan pada bulan yang sama dengan pelaksanaan Kongres Guru tersebut, beberapa hari sebelumnya baru saja pecah perang besar di Surabaya yang kelak diperingati sebagai Hari Pahlawan 10 November. Akan tetapi para guru saat itu menampilkan sikap dan mental yang luar biasa menghadapi situasi bangsa yang masih "start up", sampai akhirnya mereka bisa terus mengkonsolidasi organisasi mereka untuk menjadi salah satu pilar penting pembangunan nasional.

Dalam konteks kekinian, ditengah krisis multidimensi dan dunia pendidikan nasional yang masih problematik, tentu menjadi tantangan bagi para guru untuk menjadikan krisis dan problematika ini sebagai peluang menguatkan perannya dalam kerangka pembangunan nasional. 

Penguatan Peran "Fungsional" Guru, Tanggung Jawab Semua

Secara umum, terminologi guru mengacu kepada 2 dimensi, ada dimensi struktural dan dimensi fungsional. Guru dalam dimensi struktural maknanya adalah setiap orang yang bergelut dengan pekerjaan guru sebagai profesinya. Guru dalam dimensi fungsional maknanya adalah setiap orang yang membangun karakter dan mental guru di dalam dirinya, pada profesi apapun dia bekerja. Guru secara fungsional bisa ditinjau salah satunya melalui sudut pandang teologis. Guru secara fungsional maknanya adalah penyampai pesan. Penyampai pesan atau dalam dalam terminologi Bahasa Inggris disebut The Messenger digambarkan oleh kitab suci memiliki karakter dasar egaliter (min anfusikum), peduli (azizun ‘alaihi maa anittum), dan empatik (harisun ‘alaikum). Karakter dasar tersebut diperkuat secara terus menerus untuk mencapai target transformasi ilmu (yatluu ‘alaihim) dan transformasi akhlak (wayuzzakkiihim).

Apabila setiap penduduk negeri yang bekerja dalam profesi guru, maupun penduduk negeri yang bekerja dalam profesi non-guru, seluruhnya berikhtiar tanpa henti untuk memperkuat peran fungsional guru di dalam dirinya, maka kemajuan bangsa yang berperadaban hanya tinggal menunggu waktu.

Selamat Hari Guru Nasional..
Guru maju, Indonesia maju...

Penulis : Muji Basuki (Statistisi di BPS Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI Pimpin Rapat Anev dan Sampaikan Pesan Atensi Kapolda Riau
Rabu, 24 April 2024
Seminar Bersama Pandu Digital Madya, Memahami Literasi Digital Sektor Pendidikan
Selasa, 23 April 2024
Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Riau Diikuti Puluhan Insan Ekraf
Selasa, 23 April 2024
Bahas Cooling System Pemilu, Korum PPI Riau Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www