Minggu, 03 Desember 2023

Breaking News

  • BMKG: El Nino Tingkatkan Risiko Karhutla   ●   
  • Harga Pinang Kering di Riau Turun Pekan Ini   ●   
  • UIR Kukuhkan Prof Anas Puri Jadi Guru Besar Ke - 14 Bidang Teknik Sipil   ●   
  • Heboh Air Sikumbang di Kampar Kandung Bakteri Caliform, Ternyata Ini Sumbernya   ●   
  • Dokter dan Bidan Jarang Masuk, Pj Walikota Pekanbaru Ingatkan Puskesmas Jangan Persulit Warga   ●   
  • Annas Maamun Siap Maju Pilgub Riau 2024 Bersama Andi Rachman, Jika...
Honda November 2023

CAKAP RAKYAT
Penguatan Peran "Fungsional" Guru, Tantangan di Tengah Krisis
Kamis, 24 November 2022 10:44 WIB
Penguatan Peran Fungsional Guru, Tantangan di Tengah Krisis
Muji Basuki

25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional atau HGN. Tanggal ini diperingati sebagai hari guru untuk mengenang Kongres Guru Indonesia pertama yang diselenggarakan pada 24-25 November 1945. Sejarah penetapan Hari Guru Nasional ini sebenarnya sudah bermula pada tahun 1912. Pada saat itu, salah satu anggota Pengurus Besar Budi Utomo Raden Mas Ngabehi Dwidjosewojo membentuk organisasi Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Seiring dengan pergolakan perjuangan kemerdekaan, organisasi ini kemudian berubah nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) melalui kongres pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 1994 Tentang Hari Guru Nasional, Presiden Soeharto kemudian menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Guru, Variabel Penting Dalam Keberhasilan Pendidikan

Para pakar pendidikan menyebutkan ada 3 variabel penting dalam keberhasilan pendidikan selain dari peserta didik itu sendiri, yaitu lingkungan, kurikulum dan guru. Lingkungan adalah mileu yang mengelilingi peserta didik, baik yang bersifat fisik, psikologis maupun sosiologis.  Kurikulum adalah kumpulan materi pengajaran yang sudah di set-up sedemikian rupa agar sesuai dengan tingkat usia dan daya nalar peserta didik. Sementara guru adalah sosok manusia yang mendampingi peserta didik dalam proses belajar mengajar. 

Ketiga variabel tersebut semuanya tentu memegang peranan penting dalam keberhasilan sebuah pendidikan, akan tetapi variabel guru memiliki peranan yang sangat sentral dalam proses pendidikan, karena sebenarnya guru lah yang akan mentransformasi variabel pendidikan lainnya kepada para peserta didiknya. Guru lah yang sejatinya mendampingi peserta didik untuk  menyikapi beragam dinamika lingkungan yang mengitarinya. Juga guru lah sejatinya yang menyusun strategi terbaik untuk mentransfer kurikulum untuk peserta didiknya.

Guru, di Tengah Krisis dan Dunia Pendidikan Yang Masih Problematik

Di tengah peran sentral guru dalam proses pendidikan, mereka masih dihadapkan kepada begitu banyak problematika dunia pendidikan, baik yang langsung terkait dengan mereka sebagai tenaga pendidik, maupun problematika lain yang secara tidak langsung juga berdampak terhadap kinerja mereka. 

Berdasarkan data Kemendikbud, pada Tahun 2020 terdapat 72.976 guru pensiun. Jumlah tersebut menyumbang kekurangan guru yang angkanya mencapai 1.020.921 orang. Angka itu kemudian naik pada 2021. Kekurangan guru diprediksi mencapai 1.090.678 orang dan jumlah yang pensiun 69.757 orang. Tahun 2022 kekurangan guru menjadi 1.167.802 orang, dengan jumlah yang pensiun 77.124 orang. Hingga 2024, kekurangan guru diprediksi mencapai angka 1.312.759 orang. Sampai 2020 jumlah guru non-PNS di Indonesia mencapai 937.228 orang. Dari jumlah tersebut, 728.461 di antaranya berstatus guru honorer sekolah.

Selain permasalahan kecukupan jumlah yang tentu berimplikasi terhadap beban mengajar, guru juga dihadapkan pada problematika lainnya, seperti masalah sarana dan prasarana mengajar misalnya. Menurut buku publikasi Statistik Pendidikan Indonesia 2021 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik, rasio rombel (rombongan belajar) dengan jumlah kelas memang sudah mendekati 1 untuk semua jenjang pendidikan, yang berarti jumlah ruang kelas yang tersedia lebih besar daripada jumlah rombel. Kondisi ini menggambarkan bahwa kelas yang tersedia masih mencukupi untuk menampung jumlah peserta didik yang ada, dengan memperhatikan kewajaran daya tampung peserta didik per kelas. Akan tetapi jika dilihat secara lebih dalam, pada Tahun Ajaran 2020/2021 kondisi ruang kelas yang masuk kategori baik hanya sebesar 42,86 persen untuk jenjang SD, 49,43 persen untuk jenjang SMP, 57,13 persen untuk jenjang SMA dan 57,04 persen untuk jenjang SMK. Artinya, untuk semua jenjang pendidikan, kondisi ruang kelas dengan kondisi rusak ringan/sedang/berat persentasenya masih cukup besar. 

Ada permasalahan sarana prasarana penunjang lain yang sebenarnya juga cukup penting bagi optimalisasi kinerja guru dalam mengajar, yaitu permasalahan sanitasi sekolah. Menurut konsep yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ada 3 kategori sanitasi sekolah, yaitu sanitasi dasar dimana sekolah memiliki toilet yang layak dan terpisah antara laki-laki dan perempuan dengan kondisi yang baik atau rusak ringan, kemudian kategori sanitasi terbatas dimana sekolah memiliki toilet layak tetapi tidak terpisah laki-laki perempuan dan kondisi rusak berat, dan kategori tidak ada sanitasi dimana sekolah tidak memiliki toilet atau toilet tidak layak. Pada Tahun 2020, pada jenjang pendidikan SD hanya 40,80 persen yang masuk kategori sanitasi dasar, sementara pada jenjang pendidikan SMP hanya 52,50 persen yang masuk kategori sanitasi dasar, di jenjang pendidikan SMA hanya 59,54 persen yang masuk kategori sanitasi dasar, dan pada jenjang pendidikan SMK hanya 57,80 persen yang masuk kategori sanitasi dasar. Artinya, untuk semua jenjang pendidikan, kondisi sanitasi sekolah dengan kondisi tidak layak atau rusak berat persentasenya masih cukup besar. 

Persoalan lain juga terlihat dari dukungan sarana perpustakaan yang fungsinya cukup sentral terhadap kinerja seorang guru. Pada Tahun Ajaran 2020/2021, rasio perpustakaan terhadap jumlah sekolah sebesar 93,20 persen, artinya masih ada sekitar 6-7 persen sekolah yang belum memiliki perpustakaan, baik pada jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. 

Belum lagi kondisi perekonomian nasional yang masih fluktuatif menyebabkan sebagian peserta didik harus membagi waktu antara sekolah dan bekerja. Tercatat menurut hasil Susenas Maret 2021 ada 6,91 persen peserta didik umur 10-24 tahun yang bekerja dalam seminggu terakhir. Kondisi ini tentu menyebabkan peserta didik ini menjadi tidak fokus dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah. 

Problematika, Tantangan Para Guru Untuk Terus Berkembang

"Hidup pada hakikatnya adalah ujian, hidup pada hakikatnya adalah kumpulan permasalahan". Begitulah kalimat hikmah yang sering kita dengar. Pada profesi apapun, problematika dan permasalahan adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Yang menjadi persoalan bukanlah pada problematika dan atau permasalahan itu sendiri, akan tetapi bagaimana skala sikap dan mental yang hadir pada diri seseorang dalam menghadapi problematika tersebut, itulah hakikat persoalannya. Sebuah persoalan akan menjadi peluang ketika dihadapi seseorang sebagai momentum untuk mematangkan dirinya. Sebaliknya, sebuah persoalan akan semakin membesar pada saat dihadapi seseorang dengan skala sikap dan mental yang negatif. 

Mengacu kepada sejarah Kongres Guru Pertama pada Tahun 1945, tentu para guru pada waktu itu dihadapkan pada situasi bangsa yang jauh dari tingkatan mapan dan stabil, karena Indonesia baru saja bebas dari cengkraman penjajah. Bahkan pada bulan yang sama dengan pelaksanaan Kongres Guru tersebut, beberapa hari sebelumnya baru saja pecah perang besar di Surabaya yang kelak diperingati sebagai Hari Pahlawan 10 November. Akan tetapi para guru saat itu menampilkan sikap dan mental yang luar biasa menghadapi situasi bangsa yang masih "start up", sampai akhirnya mereka bisa terus mengkonsolidasi organisasi mereka untuk menjadi salah satu pilar penting pembangunan nasional.

Dalam konteks kekinian, ditengah krisis multidimensi dan dunia pendidikan nasional yang masih problematik, tentu menjadi tantangan bagi para guru untuk menjadikan krisis dan problematika ini sebagai peluang menguatkan perannya dalam kerangka pembangunan nasional. 

Penguatan Peran "Fungsional" Guru, Tanggung Jawab Semua

Secara umum, terminologi guru mengacu kepada 2 dimensi, ada dimensi struktural dan dimensi fungsional. Guru dalam dimensi struktural maknanya adalah setiap orang yang bergelut dengan pekerjaan guru sebagai profesinya. Guru dalam dimensi fungsional maknanya adalah setiap orang yang membangun karakter dan mental guru di dalam dirinya, pada profesi apapun dia bekerja. Guru secara fungsional bisa ditinjau salah satunya melalui sudut pandang teologis. Guru secara fungsional maknanya adalah penyampai pesan. Penyampai pesan atau dalam dalam terminologi Bahasa Inggris disebut The Messenger digambarkan oleh kitab suci memiliki karakter dasar egaliter (min anfusikum), peduli (azizun ‘alaihi maa anittum), dan empatik (harisun ‘alaikum). Karakter dasar tersebut diperkuat secara terus menerus untuk mencapai target transformasi ilmu (yatluu ‘alaihim) dan transformasi akhlak (wayuzzakkiihim).

Apabila setiap penduduk negeri yang bekerja dalam profesi guru, maupun penduduk negeri yang bekerja dalam profesi non-guru, seluruhnya berikhtiar tanpa henti untuk memperkuat peran fungsional guru di dalam dirinya, maka kemajuan bangsa yang berperadaban hanya tinggal menunggu waktu.

Selamat Hari Guru Nasional..
Guru maju, Indonesia maju...

Penulis : Muji Basuki (Statistisi di BPS Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 02 Desember 2023
Menikmati Destinasi Wisata di Inhu Riau, Ada Air Terjun dan Danau Raja
Jumat, 01 Desember 2023
Nasabah Ini akan Laporkan PT IBF Ke Bappebti Karena Produk Yang Dijual Dinilai Tak Sesuai Izin
Jumat, 01 Desember 2023
Pengusaha Asal Malaysia Bantu Rp3,7 Miliar Bangun Masjid di Semukut Meranti
Jumat, 01 Desember 2023
Banyak Bantu Masyarakat, Mantan Gubernur Syamsuar Diundang IPSM Serahkan Bantuan Kaki dan Tangan Palsu

Serantau lainnya ...
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia
Jumat, 24 November 2023
@OMONICLINIC.ID Batalkan Acara Bersama Lucinta Luna, Ini Alasannya
Minggu, 12 November 2023
9 Produk Diadora Yang Wajib Dimiliki Saat Berolahraga
Selasa, 24 Oktober 2023
Jaga Kekokampakan dan Mempererat Persaudaraan, PTM Pasifik Gelar Lomba Internal

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 16 November 2023
ASUS Vivobook Go 14, Laptop Thin and Light Entry-Level Terbaik, Segini Harganya
Kamis, 16 November 2023
6 Rekomendasi Laptop 10 Jutaan Terbaik dan Spesifikasinya
Kamis, 02 November 2023
Baterai iPhone Cacat, Apple Digugat Rp 30 Triliun
Kamis, 02 November 2023
Sebelum Beli Galaxy A05 dan A05s, Kamu Harus Tahu Lima Hal Ini

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 16 November 2023
Terus Berinovasi, Universitas Abdurrab Buat Body Lotion "Halala" dari Kopi Meranti
Minggu, 29 Oktober 2023
Pantai Hospital Kuala Lumpur Miliki Teknologi Pengobatan Kanker Otak Tanpa Bedah
Senin, 23 Oktober 2023
Warganya Butuh Faskes, Perangkat Desa Karya Indah Kunjungi BPJS Kesehatan
Jumat, 13 Oktober 2023
Donor Darah PSMTI Riau Targetkan 1.000 Kantong, Banyak Doorprize Disiapkan

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 29 November 2023
Hadirkan Pembicara dari 5 Negara, Univrab Gelar Konferensi Internasional
Rabu, 29 November 2023
Perpustakaan UIR Taja Lomba Story Telling Bagi Pelajar SMA se-Kota Pekanbaru
Jumat, 24 November 2023
UIR Dominasi Kemenangan di EA Award VII 2023, Rektor Ungkapkan Kebanggaannya
Kamis, 23 November 2023
Prodi Ilmu Hukum Umri Raih Akreditasi Unggul, Rektor: Kado Milad ke-111 untuk Masyarakat Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Khas Hotel Desember 2023
Terpopuler
Pemkab ROhil 2023
Foto
Iklan CAKAPLAH
Selasa, 17 Oktober 2023
'Flock' Band Asal Pekanbaru Riau Rilis Single Perdana Bertajuk Skenario Pencipta
Rabu, 23 Agustus 2023
Review Film Gran Turismo, Kombinasi Ideal Adrenalin Balap dan Emosi
Senin, 21 Agustus 2023
Tampil di Malam Penutupan Kenduri Riau, Ifan Seventeen Bius Ribuan Penonton
Sabtu, 19 Agustus 2023
Giliran Umi Pipik dan Marissya Icha Polisikan Oklin Fia

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www