Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Ada hal menarik untuk dibahas berkaitan pembahasan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) yang digelar Badan Legislasi DPR-RI pekan lalu. Dihadapan sejumlah pemangku kepentingan diantaranya IDI, PDGI, Adinkes, senator Dapil Riau Abdul Wahid menyinggung fenomena warga Riau yang lebih suka berobat ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan Singapura. Apa yang disampaikan tokoh senayan bukan sesuatu yang baru dan sudah lama diketahui.

Di tahun 2016, Gubernur Riau (Gubri) dulu, Arsyadjuliandi Rachman pernah menyinggung hal sama saat acara peresmian salah satu RS swasta di Pekanbaru. Dihadapan Menteri Kesehatan (Menkes) saat itu Nila Farid Moeloek selaku yang hadir meresmikan, Arsyadjuliandi Rachman menyampaikan kegelisahan dan kekhawatiran melihat banyaknya masyarakat Riau berobat ke luar negeri. Saat itu dipaparkan angka bahwa setiap tahun terdapat ribuan masyarakat Provinsi berobat ke Malaysia dan diperkirakan membelanjakan sekurangnya setengah triliun untuk keperluan berobat. Adapun pemicu kekhawatiran Gubri sebelumnya lebih ke sisi pendapatan. Seiring banyaknya warga berobat ke luar negeri otomatis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Riau dari kesehatan berkurang. Gubri Syamsuar dalam satu kesempatan bersama Menkes Budi Gunadi kembali menceritakan kecenderungan masyarakat Riau dan pelayanan RS di negeri jiran. Menkes pun kaget dengar pemaparan Gubri.

Tak sulit menebak alasan kenapa masyarakat Riau lebih suka berobat ke luar negeri terutama Malaysia. Dari segi biaya transportasi jauh lebih murah daripada ke Jakarta. Terjangkaunya biaya transportasi tentu bukan satu-satunya pertimbangan. Aspek lain yang mempengaruhi, sebagaimana telah disinggung saudara Abdul Wahid adalah biaya dan harga obat lebih murah.

Selain itu, seperti dikemukakan Gubri Syamsuar dalam pertemuan dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) di Gedung Daerah Balai Serindit bulan lalu, didukung pula sistem pelayanan profesional, cepat, tepat dan sigap. Tulisan pengalaman seorang wartawan Riau yang dimuat di Kompasiana menarik diangkat. Singkat cerita, orang tuanya sakit dan dibawa ke RS dalam negeri. Setelah pemeriksaan, didiagnosis ada batu empedu dan harus dioperasi. Setelah melalui pertimbangan, pihak keluarga memutuskan tidak operasi dan memilih berobat ke Malaka. Hal kurang menyenangkan terjadi saat urus administrasi. Keluarga kaget lihat tagihan belasan juta selama perawatan seminggu. Merasa tak wajar, si wartawan meminta rincian tagihan dan menelpon pejabat BPJS Pekanbaru sekedar memastikan. Selang beberapa waktu, pihak RS memanggil dan mengklarifikasi tagihan cuman Rp. 6.000.000. Si wartawan merasa beruntung punya koneksi. “Gimana masyarakat biasa?,” Cakapnya.

Lanjut kisah, mereka bertolak ke Malaka. Setelah mendaftar lalu menemui dokter spesialis. Menariknya, saat pihak keluarga memberi hasil diagnosa RS dalam negeri, dokter tak percaya dan meminta periksa ulang. Esok pagi keluar hasil uji dan dokter menyatakan batu empedu tak ada, dan empedu pasien dalam kondisi bagus. Sang wartawan pun terkejut biaya lebih murah. Setelah bolak balik Malaysia selama 1 bulan, orang tuanya dinyatakan sembuh.

Wisata Berobat

Barangkali warga Riau lain juga alami peristiwa di atas. Bikin iri menengok betapa efisien dan efektifnya pelayanan kesehatan di negeri tetangga. Sekaligus getir lihat kondisi di negeri sendiri. Sekilas, fenomena warga berobat ke luar negeri sesuatu yang biasa saja. Toh tiap orang bebas mau berobat kemana. Tapi kalau dikaji lebih dalam, yang berobat bukan hanya kalangan ekonomi atas. Namun juga kalangan menengah. Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono, Sp.PD., memaparkan sekurangnya ada 1 juta orang Indonesia berobat ke luar negeri. Total biaya dikeluarkan mencapai 1,1 miliar dolar! Jumlah tadi bukan sedikit.

Perkara yang perlu dikhawatirkan Pemerintah terutama daerah (Pemda) bukan hanya kehilangan PAD. Semestinya dasar pemikiran adalah semakin banyak duit diperoleh warga di dalam negeri pergi ke negara lain. Jadi poin terpenting sekarang bagaimana membuat dalam negeri punya daya tarik medis atau menurut istilah kekinian pariwisata medis. Bicara keuntungan, menurut riset pendapatan yang diperoleh pasar pariwisata medis di seluruh dunia diperkirakan mencapai 61,172 miliar dolar AS pada tahun 2016 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 165,3 miliar dolar AS pada tahun 2023. Sejumlah tempat di Malaysia jadi tujuan sebab warga tidak hanya disuguhkan tawaran menarik berobat dengan biaya lebih murah. Tapi juga plus sambil wisata. Sedikit banyak turut membantu pemulihan pasien.

Sudah saatnya Pemerintah pusat hingga daerah mencurahkan perhatian. Memfasilitasi pertumbuhan industri wisata medis dalam negeri. Apalagi Pusat sudah punya perencanaan. Batu loncatan pengembangan industri wisata medis nasional dibentuknya Indonesia Health Tourism Board yang sudah masuk pokok bahasan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Namun jalan masih jauh penuh kerikil dan terjal. Kendati target sebatas membendung warga berobat ke luar negeri dan mengalihkan ke dalam negeri saja. Memancing minat warga harus diawali langkah memajukan layanan. Menyoal layanan publik kesehatan, kita tahu sama tahu kondisinya.

Perlu diakui, perihal terobosan atau inovasi sebenarnya negara kita tak kalah hebat. Kemenkes menyatakan akhir 2023, seluruh data RS di Indonesia terhubung dengan Indonesia Health Services (IHS) yang diberi nama SatuSehat. Secara konsep bagus. Mengintegrasikan seluruh aplikasi kesehatan yakni data rumah sakit, aplikasi pihak Organisasi Profesi, aplikasi kesehatan masyarakat semisal PeduliLindungi, hingga pendeteksi data kesehatan pribadi warga. Sayangnya, banyak sistem dan aplikasi dibuat tapi output-nya dipertanyakan. Tak usah dulu bahas aplikasi. Pengelolaan sistem jaminan kesehatan amburadul. Warga “dipaksa” ikut BPJS, sampai “diancam” tak bisa urus administrasi lain. Tapi pelayanan tak kunjung optimal. Paling miris pernyataan Menkes Budi Gunadi baru-baru ini menyentil orang kaya pakai BPJS. Netizen menilai Menkes tak paham Pancasila. Negara mestinya berterimakasih, berhubung orang kaya mau gotong royong bantu sesama warga. Karena bayar iuran, mereka berhak atas layanan. Di negara lain, jaminan kesehatan murni dari negara. Toh rakyat sudah ditagih pajak.

Tak hanya teknologi. Gedung megah, dokter hebat, fasilitas dan keberadaan alat termutakhir, RS kayak di Pekanbaru kayaknya cukup memadai. Namun itu saja tak cukup meniru kesuksesan wisata medis negara tetangga. Sarana dan prasarana masih banyak tuntutan. Perhatian dari Pemerintah Pusat sangat diperlukan. Kami di lembaga legislatif mendukung Gubri Syamsuar yang meminta agar dibangun Rumah Sakit Pusat (RSP) di Riau. Sudah sepantasnya Riau punya RS Pusat untuk penyakit tertentu. Seperti diketahui, Rumah Sakit Umum milik Pemerintah Pusat di Sumatera baru di Padang (RSUP M Djamil), di Medan RSUP (Adam Malik) dan Palembang (RSUP Mohammad Hoesin).

Mengingat sumbangsih kekayaan alam Riau, sepantasnya dapat atensi serupa. Terlebih secara historis Riau dulu punya peran sentral di Selat Malaka dan Sumatera. Sisi sejarah tadi didukung geografis Riau yang strategis.

Kehadiran RSP tidak hanya menarik minat warga Riau berobat di dalam negeri. Tapi juga menarik warga Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) yang kebanyakan memilih berobat ke Malaysia ketimbang ke Jakarta asbab ongkos lebih mahal. Bagi Riau, disamping membantu negara meminimalisir warga ke luar negeri juga datangkan keuntungan. Paling pokok, urgensi dibalik tuntutan RSP di Riau selaras dengan tujuan transformasi kesehatan Kemenkes, yaitu memenuhi pelayanan kesehatan secara maksimal di dalam negeri sehingga tidak perlu pergi jauh ke luar negeri guna memperoleh pelayanan kesehatan yang baik.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya
Kamis, 25 April 2024
Disdik Pekanbaru Minta Sekolah yang Gelar Halal Bi Halal Tak Ganggu Jam Belajar
Rabu, 24 April 2024
Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI Pimpin Rapat Anev dan Sampaikan Pesan Atensi Kapolda Riau
Rabu, 24 April 2024
Seminar Bersama Pandu Digital Madya, Memahami Literasi Digital Sektor Pendidikan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Politeknik Pengadaan Nasional Beri Diskon 30 Persen untuk Anak ASN, TNI dan Polri
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

05

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www