Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
Rabu, 14 Desember 2022 13:18 WIB
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sedang di bawah sorotan. Sebagaimana diberitakan, telah terjadi insiden kecelakaan kerja di lingkungan kerja PHR. Bermula dari laporan asosiasi atau perkumpulan diantaranya Aliansi Masyarakat Peduli Riau (AMPR) yang menyampaikan catatan bahwa kurun Juli-November 2022 ada lima orang pekerja PHR meninggal kecelakaan kerja.

Sebagai rincian, 2 pekerja Minyak dan Gas (Migas) meninggal Juli 2022 dan kurun empat hari (17 November-20 November) 3 pekerja meninggal dunia di blok minyak dikelola PHR. Kematian pekerja wajar menyita perhatian dan menimbulkan rasa tidak wajar dari banyak pihak. Mengingat Blok Rokan baru dikelola PHR sekitar 15 bulan sejak alihkelola dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) 9 Agustus 2021 silam.

Semula pihak PHR selalu menyangkal meninggalnya lima pekerja akibat kecelakaan kerja. Lalu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau memanggil manajemen PHR dan ditindaklanjuti menurunkan tim investigasi. 8 Desember 2022, Kepala Disnakertrans Riau Imron Rosyadi menyampaikan laporan bahwa rentetan Tenaga Kerja (Naker) meninggal di wilayah PHR sepanjang Juli-November 2022 masuk kategori kecelakaan kerja. Akhirnya pihak PHR mengakui. Disnakertrans juga merekomendasikan PHR agar membenahi sistem mendeteksi penyebab kematian mendadak di tempat kerja dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala kepada pekerja.

Kendati PHR telah memberi santunan ke keluarga, namun bikin geram khususnya kami di Komisi V DPRD Provinsi Riau yang membidangi ketenagakerjaan. Diawali itikad buruk PHR yang tak melaporkan kejadian ke Pemprov Riau. Pihak PHR baru menyambangi kantor Disnakertrans Riau setelah ramai pemberitaan di media. Kami juga menyayangkan sikap manajemen PHR yang menutup-tutupi kasus. Terkesan unsur pimpinan PHR lebih pentingkan citra dan jabatan dibanding nyawa pekerja. Kasus kematian pekerja Blok Rokan sekaligus ironi. Dimana baru-baru ini PHR borong penghargaan dalam IOG 2022 di Bali.

Dalam kegiatan digelar SKK Migas itu, PHR memperoleh 5 penghargaan. Kami mengapresiasi capaian PHR. Berikut ambisi PHR mencanangkan rencana kerja masif dan agresif mengejar target produksi minyak di Blok Rokan melalui program pengeboran sumur baru. Tapi, jangan sampai target dan lifting minyak di atas keselamatan dan nyawa pekerja. Penghargaan tiada berguna ketika keselamatan pekerja tidak diprioritaskan. Kita menghendaki perubahan kebijakan ketenagakerjaan lebih baik yang berpihak pada keselamatan dan kesehatan pekerja. Terlebih kini Pertamina dihadapkan pada kebijakan efiensi besar-besaran.

Beberapa asosiasi pekerja di Riau khawatir, paska Blok Rokan diambilalih PHR selaku anak perusahaan Pertamina, perhatian ke pekerja dan keselamatan kerja menurun. Untuk memastikan, perlu dicek standar peralatan kerja sub kontraktor PHR. Sebab dampaknya fatal. Keselamatan kerja harus diperhatikan mulai hal sederhana seperti saat lapangan diguyur hujan dan licin maka demi keselamatan aktivitas pekerja harus dihentikan.

Komitmen

Keselamatan kerja bukan sekadar teori. Butuh komitmen dan usaha mewujudkannya. Migas sektor yang tidak hanya padat modal, teknologi dan hasilkan cuan besar. Tapi juga padat resiko. Oleh karena itu, aspek keselamatan sudah seharusnya menjadi isu sangat serius. Hal ini tentu sudah mendapat perhatian di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) sejak dibentuk Pemerintah di tahun 2013 menggantikan BP Migas. Visi SKK Migas adalah Journey to Zero.

Salah satu tolak ukur keberhasilan kinerja pengelolaan keselamatan kerja dalam kegiatan operasional hulu Migas ditandai rendahnya angka kecelakaan kerja. Menyoal penyebab, dari beberapa kasus menunjukkan lemahnya faktor supervisi atau pengawasan. Karena bidang pengeboran dan konstruksi memerlukan energi lebih, supervisinya harus berbanding lurus alias lebih ketat pula. Bicara sistem keselamatan kayaknya tak perlu dibahas. Semua sempurna di atas kertas. Yang perlu dilihat sekarang faktor kepemimpinan. Sosok pemimpin di sektor Migas tak sekadar harus memiliki wawasan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang luas. Juga harus memiliki komitmen dan kepedulian yang kuat.

Masuk akal muncul tuntutan supaya Dirut dan EVP PHR dievaluasi secara menyeluruh. Paling penting untuk dievaluasi sejauhmana kepatuhan terhadap aturan baik itu SOP internal dan peraturan perundang-undangan. Boleh dibilang PHR tak jarang tuai kontroversi. Selain tidak melaporkan insiden kecelakaan dan kematian pekerja, praktik pekerjaan buruh kontrak di Blok Rokan pernah dipertanyakan. Sebab diduga kuat melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021 tentang Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, Alih Daya, Waktu Kerja dan Waktu Istirahat serta Pemutusan Hubungan Kerja.

Hal di atas rapor merah rekam jejak PHR. Kecelakaan dan kematian pekerja memupus ambisi PHR yang pernah mencatat nihil kecelakaan fatal alias Zero NOA (Number of Accident). Ditambah ketidakpatuhan terhadap peraturan. Bagaimana mungkin minta swasta taat aturan sementara perusahaan plat merah terang-terangan abai?

Kembali soal pelaporan insiden, kebiasaan buruk ini ternyata diakui Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Meski sudah ditekankan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) harus melaksanakan keselamatan Migas terdiri dari keselamatan instalasi, pekerja, umum dan lingkungan, tapi sewaktu terjadi kecelakaan banyak tak lapor ke Pemerintah c.q Direktur Teknik dan Lingkungan Migas sebagai Kepala Inspeksi. Padahal sesuai aturan berlaku, pelaporan wajib sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ESDM 18/2018 tentang Pemeriksanaan Keselamatan Instalasi dan Peralatan Pada Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi.

Setelah kecelakaan (Migas) diketahui dari media massa baru ribut. Mengacu ke ilmu manajemen, insiden terjadi akibat adanya fungsi tak berjalan semestinya. Mengacu ke UU 22/2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, bahwa tanggung jawab serta jaminan keselamatan kegiatan usaha hulu Migas berada di tangan badan usaha dan Pemerintah bertugas membina dan mengawasi pelaksanaannya.

Dalam kondisi dan situasi sekarang, PHR diminta serius berbenah. Keterbukaan dan transparansi serta komitmen terhadap aturan jadi harga mati. Menciptakan lingkungan kerja dengan kecelakaan nihil atau zero accident harus terus diupayakan. Memang tidak mudah memenuhinya. Tapi bukan berarti tak bisa diwujudkan. Kecelakaan kerja sebagian besar dikarenakan faktor manusia atau human error. Untuk itu dibutuhkan pendidikan dan pemahaman K3 secara berkelanjutan dan terus-menerus. Untuk mencapai kesempurnaan kita mesti mau berproses.

Selain itu, dukungan perusahaan untuk mewujudkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) mesti dilaksanakan sebagai bagian dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan. Sehingga dapat mengendalikan risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif. Dalam tataran teknis, kebiasaan baik selama pandemi perlu diterapkan. Semisal memastikan tubuh dalam keadaan fit sebelum memutuskan keluar rumah atau bekerja. Pertamina sudah mempraktikannya. Meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja melalui program pemeriksaan kesehatan (fit to work).

Program tadi perlu diperluas cakupannya ke kegiatan usaha hulu Migas. Ikhtiar barusan kunci menuju keberhasilan. Target PHR sangat ditentukan budaya kerja yang dianut. Kesuksesan PHR manakala berhasil mengintegrasikan budaya safety first dan menjadikan keselamatan pekerja sebagai inti menjalankan bisnis dan kegiatan perusahaan.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI Pimpin Rapat Anev dan Sampaikan Pesan Atensi Kapolda Riau
Rabu, 24 April 2024
Seminar Bersama Pandu Digital Madya, Memahami Literasi Digital Sektor Pendidikan
Selasa, 23 April 2024
Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Riau Diikuti Puluhan Insan Ekraf
Selasa, 23 April 2024
Bahas Cooling System Pemilu, Korum PPI Riau Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

04

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www