Minggu, 05 Februari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

CAKAP RAKYAT
22 Desember, Memperingati "Sang Rahim Peradaban"
Kamis, 22 Desember 2022 08:08 WIB
22 Desember, Memperingati Sang Rahim Peradaban
Muji Basuki

Hakikatnya, setiap waktu dan setiap saat kemuliaan seorang ibu harus selalu dirayakan dan diperingati. Tapi sebagai upaya menguatkan memori kolektif, bangsa Indonesia secara formal memperingati Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember. 

Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu setelah Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini. Penetapan ini didasarkan pada peristiwa penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia I pada tanggal 22 s/d 25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta. Para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada saat itu berkumpul di Gedung Mandalabhakti Wanitatama di Jalan Adisucipto, Yogyakarta. Mereka menjadi saksi sejarah berkumpulnya 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera yang kemudian melahirkan terbentuknya Kongres Perempuan yang kini dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia (Kowani).   

Siapakah "Ibu"?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ibu didefinisikan sebagai wanita yang telah melahirkan seseorang, dan atau wanita yang sudah bersuami, dan atau panggilan yang takzim kepada wanita baik yang sudah bersuami maupun yang belum. 

Dalam rancangan Undang-undang Kesejahteraan Ibu dan Anak yang sedang dalam tahap pembahasan di DPR, ibu didefinisikan sebagai perempuan yang mengandung, melahirkan, menyusui anaknya dan/atau mengangkat, memelihara, dan/atau mengasuh anak.

Begitulah ibu didefinisikan oleh masyarakat. Dia adalah manusia yang identik dengan kelemahlembutan, penuh kasih sayang tanpa batas dan selalu memberikan kehangatan kepada orang di sekitarnya. Wajar apabila dengan karakter ini lahir sebuah bait syair: "kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa".

Di saat yang sama, dia juga merupakan sosok manusia yang kuat dan tangguh, penyabar, memiliki komitmen dan kesabaran yang tinggi. Dengan karakter seperti ini, bisa dipahami ada kalimat hikmah yang menyebutkan: "Di balik kesuksesan seorang lelaki pasti ada wanita (baca: ibu dan atau istri) yang hebat"

Angka Kematian Ibu

Salah satu indikator kesehatan yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan untuk kaum wanita adalah indikator angka kematian ibu. 

Angka Kematian Ibu (AKI) adalah banyaknya perempuan yang meninggal dari suatu penyebab kematian terkait dengan gangguan kehamilan atau penanganannya (tidak termasuk kecelakaan, bunuh diri atau kasus insidentil) selama kehamilan, melahirkan, dan dalam masa nifas (42 hari setelah melahirkan) tanpa memperhitungkan lama kehamilan per 100.000 kelahiran hidup.

Menurut data Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, terdapat 7.389 kematian ibu di Indonesia pada 2021. Jumlah tersebut melonjak 56,69% dibanding jumlah kematian tahun sebelumnya sebanyak 4.627 jiwa.

Tingginya jumlah kematian ibu saat melahirkan pada tahun 2021 disebabkan oleh tertular virus COVID-19 yang mencapai 2.982 jiwa. Terdapat pula 1.320 ibu meninggal karena pendarahan, sebanyak 1.077meninggal karena hipertensi dalam kehamilan, sebanyak 335 meninggal karena penyakit jantung.

Disamping itu, juga ada 207 ibu meninggal ketika melahirkan karena infeksi, sebanyak 80 meninggal akibat gangguan metabolik, sebanyak 65 meninggal karena gangguan sistem peredaran darah, sebanyak 14 meninggal karena abortus, dan ada 1.309 ibu meninggal karena lain-lain.

Upaya pemerintah dalam mempercepat penurunan angka kematian ibu (AKI) adalah dengan menjamin agar setiap ibu memperoleh akses pelayanan kesehatan yang berkualitas, seperti layanan kesehatan ibu hamil, pertolongna persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih di fasilitas pelayanan kesehatan, perawatan pasca persalinan bagi ibu dan bayi. Kemudian perawaan khusus dan rujukan jika terjadi komplikasi, serta pelayanan keluarga berencana (KB) termasuk KB pasca persalinan.

Angka kematian ibu di Indonesia menunjukkan tren turun sepanjang periode 1991-2015. Pada 1991, angka kematian mencapai 390 per 100 ribu kelahiran hidup. Angka tersebut turun menjadi 228 per 100 ribu kelahiran hidup.

Namun, pada 2012 angka kematian bayi kembali meningkat menjadi 359 pada 2012 dan kemudian turun menjadi 305 per 100 ribu kelahiran hidup. Meskipun menunjukkan penurunan, AKI di Indonesia masih tergolong tinggi serta masih di atas target MDGS sebesar 102 pe 100 ribu kelahiran hidup.

Sekalipun demikian, di tengah upaya-upaya pemerintah untuk menekan angka kematian ibu di Indonesia, masih ada fakta yang memprihatinkan, dimana jika dibandingkan dengan angka kematian ibu negara-negara di ASEAN, Indonesia berada pada urutan ke-3 negara dengan angka kematian ibu tertinggi di ASEAN, dibawah Myanmar dan Laos.

Perempuan Yang Memikul Beban Sebagai "Kepala Rumahtangga"

Dahulu, mayoritas peradaban manusia memandang kiprah kaum wanita hanyalah pada sektor domestik, yaitu berkhidmat kepada suami dan anak-anak di rumahnya masing-masing. Seiring dengan revolusi industri di Eropa, perlahan semakin banyak kaum wanita yang masuk ke lapangan kerja untuk bersaing dengan kaum lelaki. 

Awalnya banyak polemik dan kontroversi dalam proses transisi sosial ini, akan tetapi secara perlahan masyarakat menemukan formula sosial yang relatif seimbang dalam menerima kehadiran kaum wanita di sektor publik. Saat ini masyarakat relatif memaklumi kaum wanita berkiprah di sektor publik, dengan catatan bahwa kaum wanita tetap dapat menjaga keseimbangan perannya antara kiprah publik dan kiprah domestik di rumah.

Secara ekonomi keluarga, tentu kiprah para ibu ikut membantu mencari nafkah akan sangat membantu kaum lelaki dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga. Upaya untuk saling bersinergi dan saling memahami peran dan tanggung jawab masing-masing, menjadi kunci terciptanya harmoni di tengah tuntutan peran domestik dan peran publik yang dijalaninya.

Akan tetapi, tidak sedikit kaum wanita yang karena berbagai alasan harus bekerja mencari nafkah tanpa dapat bersinergi dengan kaum lelaki, bahkan tidak sedikit kaum wanita yang bekerja mencari nafkah karena dirinya harus menjadi tulang punggung bagi keluarganya. 

Survei Sosial Ekonomi Nasional yang diselenggarakan pada Tahun 2022 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menemukan fakta masih cukup banyak rumahtangga Indonesia dengan kepala rumahtangga perempuan.   

Selama kurun waktu 10 tahun terakhir, rumahtangga dengan kepala rumahtangga perempuan berada pada kisaran persentase 12 - 16 persen. Pada tahun 2012, ada 14,42% rumahtangga Indonesia dengan kepala rumah tangganya perempuan. % tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2017 ada 15,17% rumahtangga Indonesia dengan kepala rumah tangga perempuan. Dan pada tahun 2022 ini, ada 12,72% rumahtangga Indonesia dengan kepala rumahtangga perempuan. Jika ada 66 jutaan rumahtangga di Indonesia, berarti ada sekitar 8 jutaan rumah tangga di Indonesia yang di"pimpin" oleh perempuan sebagai kepala rumah tangganya.

Perempuan Pekerja

Fenomena perempuan bekerja memang menjadi topik diskusi yang hangat diperbincangkan oleh berbagai pihak, dari berbagai sudut pandang, baik sudut pandang agama maupun sudut pandang sosial ekonomi. Di tengah perbedaan sudut pandang yang berlangsung, faktanya dalam 3 tahun terakhir persentase perempuan bekerja mengalami peningkatan.

Berdasarkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS), persentase perempuan yang bekerja pada bulan Agustus 2020 sebesar 49,70% dari total perempuan berusia 15 tahun ke atas, kemudian meningkat menjadi 50,08% pada bulan Agustus 2021, selanjutnya meningkat lagi pada bulan Agustus 2022 menjadi 50,33%. 

Peningkatan persentase perempuan bekerja selama 3 tahun ini tentu membutuhkan analisis dan penelitian lebih dalam mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakanginya, akan tetapi disinyalir fenomena ini disebabkan karena perekonomian keluarga yang terpukul akibat krisis kesehatan dan ekonomi selama beberapa tahun terakhir, sehingga menuntut kaum perempuan untuk ikut membantu perekonomian keluarga. Tapi apapun motif seorang perempuan bekerja mencari nafkah, sepanjang mereka tetap dapat seimbang antara peran domestik keluarga dengan peran publiknya di dunia kerja, maka para lelaki yang menjadi pasangan hidup mereka wajib memberikan respek dan apresiasi yang tinggi kepada para perempuan tersebut. 

Penguatan "Rahim Peradaban", Sebuah Keniscayaan

Demikian besar peran ibu dalam kehidupan manusia, wajar apabila secara teologis ibu disebut sebagai "Sang Sekolah Pertama". Ya, ibu adalah "madrasah" (baca: sekolah) untuk anak-anaknya, karena bahkan semenjak manusia masih berupa janin, sang ibu sudah memberikan pendidikan dan pengasuhan terbaik bagi janin yang ada di dalam rahimnya. Selanjutnya ketika sang anak lahir, kemudian beranjak menjadi remaja dan dewasa, sang ibu tidak pernah absen memberikan sentuhan pengasuhan, pendidikan dan doa kepada anaknya. Itulah mengapa ketika Nabi SAW ditanya seseorang tentang kepada siapa dia harus berbakti, maka 3 kali berturut turut dijawab: "ibumu, ibumu, ibumu", baru kemudian yang keempat: "ayahmu".   

Di dalam tubuh seorang wanita diletakkan rahim oleh Sang Pencipta. Secara medis, terminologi rahim didefinisikan sebagai organ reproduksi wanita yang berbentuk seperti buah pir dan terletak di panggul. Organ ini bertanggung jawab untuk berbagai fungsi, seperti menstruasi, kehamilan, dan persalinan. Di rahim inilah seorang perempuan kelak akan mengandung janin anaknya selama kurang lebih 9 bulan, miracle!!

Sachiko Murataseorang professor Studi Agama dan Budaya Timur di Universitas Stony Brook, Amerika Serikat, menyatakan bahwa sifat-sifat Tuhan Yang Maha Pencipta terhimpun dalam satu sifat utama, yaitu sifat rahim (kasih sayang). Dan Tuhan Sang Pencipta meletakkan janin manusia di sebuah tempat yang bernama rahim.

Mengacu kepada pandangan-pandangan medis maupun teologis diatas, tidak berlebihan jika ibu disebut sebagai rahim peradaban, karena dari rahimnya lah kelak akan lahir manusia yang akan mengisi dan mewarnai kehidupan umat manusia di atas bumi. 

Oleh karena itu, menjadi tugas semua pihak, baik pemerintah, swasta dan masyarakat luas, untuk membuat bersama-sama bersinergi melakukan pemberdayaan "para ibu" dari waktu ke waktu, baik di bidang kesehatan, pendidikan, sosial, ekonomi maupun keluarga, karena berdayanya seorang ibu berarti berdayanya sebuah peradaban bangsa.

Akhirnya, selamat memperingati Hari Ibu, Selamat Memperingati Hari "RAHIM PERADABAN". Ibu kuat, bangsa maju...

Penulis : Muji Basuki (Statistisi BPS Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Jum'at, 13 Januari 2023 08:59 WIB
Sensus Pertanian di Tengah Ancaman Krisis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Sabtu, 10 Desember 2022 08:59 WIB
HAM Dan Masa Depan Bangsa
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Rabu, 04 Januari 2023 08:02 WIB
Ketika Tongkat Membawa Rebah
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 14 Desember 2022 13:18 WIB
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Sabtu, 17 Desember 2022 15:49 WIB
Menanti Kehadiran Negara
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 04 Februari 2023
Pengurus Ikasmanda 87 Resmi Dilantik, Fokus Bergerak di Bidang Sosial
Sabtu, 04 Februari 2023
Gelar KPM Auto Show Pekanbaru, Bank Panin dan Clipan Tawarkan Promo Menarik
Sabtu, 04 Februari 2023
Asisten Operasi Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi Sambangi Rumah Toleransi Ansor Riau
Sabtu, 04 Februari 2023
Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2023 di Kampar Direncanakan Dihadiri Presiden/Wapres

Serantau lainnya ...
Sabtu, 04 Februari 2023
Melalui Sampoerna Mobile Banking, Warga Riau Berkesempatan Jadi Sultan Dadakan
Jumat, 03 Februari 2023
Cara Memotong Ayam yang Benar
Kamis, 02 Februari 2023
Diresmikan Istri Pj Walikota, Vinia Butik Marpoyan Tawarkan Produk Berkualitas Harga Terjangkau
Selasa, 31 Januari 2023
3 Zodiak Jalani Hidup Paling Beruntung Bulan Februari 2023

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Oppo Find X6 Series Akan Punya Tiga Varian, Ini Bocorannya
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 04 Februari 2023
Bahagianya Adinda, Penyintas yang Menari "Yamko Rambe Yamko" di Acara Peringatan Hari Kanker
Selasa, 31 Januari 2023
Peringati Hari Kanker Dunia, IDI Pekanbaru akan Gelar Berbagai Kegiatan
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 02 Februari 2023
Tahun 2022 Santuni Rp 2 Triliun, Jasa Raharja Sambangi Unri untuk Tekan Lakalantas di Riau
Rabu, 01 Februari 2023
UIR Penjajakan Potensi Kerjasama dengan UTP Malaysia
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Bangga Anak Riau Diterima Magang di Thailand dan Filipina
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
PCR 2023
Foto
Khas Hotel November 2022
Nataru 2022 April.RAPP
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www