Jumat, 19 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Muji Basuki

18 Desember 2022 yang lalu di Lusail Iconic Stadium Qatar, Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia 2022. Sebuah momen yang sudah sangat lama dirindukannya setelah melewati karir sepakbola hampir 20 tahun. Dirindukan karena dalam perjalanan karirnya, Lionel Messi sudah meraih semua titel juara baik di tingkat klub maupun negara. Mulai dari Copa America, Liga Champion Eropa, sampai Piala Dunia Antar Klub. Hanya trofi Piala Dunia yang tidak pernah didapatkannya. 

Gelar juara dunia yang diraih Lionel Messi pada pergelaran Piala Dunia 2022 kali ini tidak terlepas dari keberhasilan Lionel Messi dan Timnas Argentina mengalahkan Timnas Perancis di final. Pertandingan final yang oleh banyak pengamat disebut sangat dramatis, karena terjadi kejar mengejar skor baik pada 2 babak normal maupun waktu tambahan, akhirnya Argentina unggul 6-4 (4-2) melalui adu pinalti. Juga disebut sebagai pertandingan final terbaik sepanjang sejarah pelaksanaan piala dunia, karena ketegangan yang menyertai sepanjang pertandingan tersebut. 

Para pendukung Argentina di seluruh dunia yang notabene mayoritas adalah penggemar Lionel Messi pun menyambut gelar juara dunia ini dengan luapan kegembiraan yang luar biasa. Terlebih bagi warga negara Argentina, baik yang menyaksikan pertandingan secara langsung maupun yang menyaksikan secara live di negaranya. Tangkapan video amatir di media sosial menggambarkan betapa luapan euphoria warga Argentina atas gelar juara ini sangat luar biasa. Sebuah fenomena yang bisa dimaklumi karena 2 alasan, pertama karena sebagai negara dengan tradisi sepakbola yang kuat, Argentina sudah menunggu selama 36 tahun gelar juara dunia ini, setelah terakhir kali mereka dapatkan pada tahun 1986. Kedua karena seperti negara-negara Amerika Latin lainnya dengan tradisi sepakbola yang kuat, warga Argentina seperti menempatkan sepakbola seperti agama dalam kehidupan mereka. Seperti ada energi spiritual yang mengalir dalam jiwa mereka ketika berbicara tentang sepakbola. Diego Maradona, legenda sepakbola Argentina pernah menyatakan bahwa: "Sepak bola bukan cuma permainan atau cabang olah raga, sepak bola itu agama"   

Jumlah Pendukung Argentina di Qatar, Fenomenal

Sebagai salah satu bukti kuatnya fanatisme warga Argentina terhadap Timnas kebanggaannya adalah fakta bahwa ada puluhan ribu pendukung Argentina yang datang ke Qatar untuk mendukung tim kesayangannya. Mengutip media online www.lemonde.fr, paling tidak sekitar 50.000 pendukung Argentina datang ke Qatar, khususnya pada saat pertandingan final. Jumlah sebanyak ini bahkan disebut sebagai jumlah pergerakan manusia terbesar pada satu momen peristiwa, dengan jarak yang sangat jauh, di luar momen peristiwa haji.

Bagaimana tidak, jarak dari Argentina ke Qatar tidak kurang dari 13.000 KM, atau lebih dari 2 kali jarak Sabang ke Merauke yang berjarak 5.245 KM. Hanya ada moda transportasi udara yang menghubungkan Argentina ke Qatar. Dari data www.flightsearchdirect.com maupun situs www.expedia.com, dari Buenos Aires di Argentina menuju Doha di Qatar, harga tiket reguler paling murah pada kisaran Rp22,5 juta (dengan kurs Rp15.000). Sementara, selama perhelatan piala dunia kemarin, harga tiket termurah dari Buenos Aires-Doha ada pada kisaran Rp40 juta. 

Jika kisaran harga pesawat termurah diasumsikan Rp40 juta sekali terbang, maka untuk perjalanan PP Argentina-Qatar, seorang pendukung Argentina harus menyiapkan uang minimal Rp80 juta. Dengan asumsi mereka berada di Qatar rata-rata selama sepekan (ada pendukung Argentina yang berada di Qatar sejak awal, dan ada juga berada di Qatar hanya pada fase knockout), maka dengan rate harga hotel per kamar untuk 2 orang sebesar Rp1 juta per malam, maka rata-rata seorang pendukung Argentina harus menyiapkan anggaran akomodasi sebesar Rp3,5 juta. Belum lagi untuk biaya konsumsi dan lain-lain. Tidak berlebihan jika diasumsikan rata-rata seorang pendukung Argentina harus menyiapkan anggaran minimal sebesar Rp100 juta untuk mendukung secara langsung Timnas kebanggaannya di Qatar.

Apa Dampak Terhadap Perekonomian Makro Argentina?

Jika diasumsikan, pendukung Argentina yang menonton langsung ada sebanyak 50.000 orang, dan rata-rata satu orang mengeluarkan biaya minimal Rp100 juta, berarti ada uang keluar dari Argentina selama perhelatan piala dunia sebesar kurang lebih sekitar Rp5 triliun, sungguh angka yang fantastis.

Sebagai gambaran, Argentina adalah negara dengan penduduk sebesar 45,81 juta jiwa (hasil sensus penduduk Argentina tahun 2021). Secara ekonomi, mengacu situs www.id.tradingeconomics.com, Argentina memiliki PDB sebesar $ 491 miliar, dan menjadikannya sebagai salah satu negara anggota G20 (forum kerja sama multilateral yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa (EU). Secara berurutan, sektor utama perekonomian Argentina ditopang oleh 3 sektor utama, yaitu industri manufaktur, pertambangan dan pertanian. PDB perkapita Argentina sendiri pada tahun 2021 tercatat sebesar $ 12.391 (Rp185 juta dengan kurs Rp15.000), atau hampir 4 kali lipat PDB perkapita Indonesia yang sebesar $ 3.856 (Rp57 juta dengan kurs Rp150.000) 

Sejak dipukul oleh krisis kesehatan global pada awal 2020, kemudian diperparah dengan krisis keamanan global dengan adanya invasi Rusia ke Ukraina pada awal 2022, banyak negara yang perekonomiannya mengalami krisis dan resesi, tidak terkecuali Argentina. Bahkan, inflasi kalender Argentina tahun 2022 tercatat mencapai 92,4%, menjadikannya sebagai negara dengan inflasi tertinggi di dunia. Bisa dibayangkan dengan inflasi setinggi itu, berbagai barang dan jasa harganya melambung tinggi di Argentina selama 2022 ini. Dalam situasi inilah ada puluhan ribu warga Argentina yang bergerak ke Qatar. Seperti ditulis diatas, diasumsikan setiap pendukung Argentina harus mengeluarkan uang minimal Rp100 juta untuk dapat ke Qatar. Dengan PDB perkapita sebesar Rp185 juta, berarti diasumsikan seorang pendukung timnas Argentina harus merelakan lebih dari 50% pendapatannya dalam satu tahun untuk membiayai keberangkatannya ke Qatar. 

Dengan asumsi total uang yang keluar dari Argentina sebesar Rp5 triliun seiring dengan 50 ribu orang Argentina yang berangkat ke Qatar, maka secara langsung nilai impor jasa Argentina pada kurun waktu November-Desember 2022 sudah barang tentu mengalami peningkatan tajam. Dan hal ini tentu akan berdampak secara langsung kepada PDB Argentina di triwulan IV 2022, karena komponen impor sendiri merupakan komponen pengurang dari total PDB sebuah negara.

Akan tetapi, secara jangka panjang, tradisi sepakbola yang kuat memberikan keuntungan secara langsung maupun tidak langsung kepada Argentina. Keuntungan secara langsung diperoleh Argentina dari cash inflow yang masuk dari para pemain sepakbola Argentina yang bermain di luar negeri. Mengacu kepada hasil penelitian Pusat Studi Olahraga Internasional (CIES) tahun 2019 yang lalu, tidak kurang ada 972 pemain sepakbola Argentina yang bermain di luar negeri, khususnya di Eropa. Dan tidak sedikit para pemain Argentina di "hargai" dengan harga yang fantastis di negara tempat mereka bermain. Sebut saja kontrak Messi di PSG mencapai Rp8,5 triliun selama empat musim. Kemudian pemain muda Argentina, Julian Alvarez dikontrak Manchester City sebesar Rp340 miliar. 

Sementara keuntungan tidak langsung diperoleh oleh Argentina dengan berkibarnya nama Argentina di panggung olahraga dunia, khususnya sepakbola. Berbagai merchandise dengan logo bendera Argentina saat ini menjadi buruan para penggemar bola di seluruh dunia. Tentu akan ada kompensasi yang akan diberikan oleh para pemilik brand dunia atas penggunaan logo Argentina ini.

Indonesia, Satu Saat Nanti Pasti Bisa

Secara size populasi, Indonesia jauh lebih besar dibandingkan Argentina. Menurut hasil Sensus Penduduk 2020, penduduk Indonesia sebesar 270.203.917 jiwa, atau hampir 6 kali lipat dari penduduk Argentina yang "hanya" 45,81 juta jiwa. Dari sisi ekonomi, PDB Indonesia juga lebih besar dari Argentina, yaitu sebesar $ 1.186 triliun, atau lebih dari 2 kali lipat dari PDB Argentina yang "hanya" $ 491 miliar. Memang PDB per kapita Indonesia masih jauh dibawah Argentina yang sudah diatas $ 10 ribu, akan tetapi potensi perekonomian Indonesia masih sangat besar untuk diberdayakan dimasa yang akan datang. Paling tidak ada beberapa alasan untuk membangun optimisme Indonesia dimasa mendatang. 

Pertama dari sisi populasi, Indonesia saat ini sedang melewati fase bonus demografi, dimana penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan usia tidak produktif, dan ini menjadi peluang besar pemberdayaan bangsa dimasa depan. Kedua, Indonesia adalah negara dengan letak geografis yang sangat strategis, diapit oleh 2 benua dan 2 samudera. Ketiga, Indonesia masih memiliki cadangan sumber daya alam yang cukup besar, mulai dari minyak bumi, gas alam, emas, batubara, nikel dan lain lain. Keempat, Indonesia adalah negara tropis dengan 2 musim dan dianugerahi tanah yang subur yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Serta tentu faktor-faktor potensial lainnya yang begitu banyak dimiliki oleh Indonesia, mulai dari budaya religius yang cukup kuat dimiliki oleh masyarakat Indonesia, dimana hal ini harusnya bisa menjadi sumber energi untuk maju. Begitu juga secara politik Indonesia disebut sebagai negara demokrasi yang sudah cukup maju, yang dengan itu stabilitas keamanan sebagai prasyarat penting pembangunan relatif terjaga dengan baik.  

Maka dengan potensi-potensi besar yang dimiliki Indonesia, tidak berlebihan jika seharusnya Indonesia bisa tampil menjadi global player di kancah dunia, baik di bidang ekonomi, politik, termasuk olahraga, khususnya sepakbola sebagai jenis olahraga yang paling banyak digemari oleh penduduk dunia.

Tidak berlebihan jika ada penilaian atas capaian Indonesia saat ini dengan sebuah metafor: "Langitnya terlalu tinggi, sementara Indonesia terbang terlalu rendah". Majulah Indonesiaku, engkau pasti bisa...

Penulis : Muji Basuki (Statistisi di BPS Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Selasa, 07 Maret 2023 11:48 WIB
Urban Farming dan Sensus Pertanian 2023
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www