Kamis, 25 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
DAU Dan Simalakama Daerah
Sabtu, 24 Desember 2022 13:21 WIB
DAU Dan Simalakama Daerah
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Kabar gembira menghampiri honorer seantero negeri. Di tengah kegalauan berjuang jadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuat alokasi anggaran khusus PPPK di tahun 2023. Sebagaimana diketahui, anggaran untuk gaji PPPK dari APBN disalurkan melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Cara tadi ditempuh dikarenakan mayoritas Pemerintah Daerah (Pemda) menunda penerimaan PPPK atas pertimbangan keterbatasan anggaran. Berhubung Pusat dan Pemda telah siapkan anggaran pengadaan ASN berstatus PPPK, untuk teknis pelaksanaan seperti formasi diserahkan kepada Pemda.

Formasi diajukan ke Kementerian dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), baru kemudian dana dialokasikan oleh Kementerian terkait. Mengenai besaran anggaran disesuaikan dengan jumlah PPPK yang akan diangkat. Namun di lapangan pelaksanaan banyak meleset dari harapan. Dalam acara Rembuk Nasional di Komplek Kemdikbudristek (15/12), PPPK guru mengeluhkan anggaran pengangkatan guru dari status honorer ke PPPK kerap tak sampai ke guru terkait.

Buruknya koordinasi penyaluran sampai menimbulkan perang statement antara pusat dan daerah. Selama ini Pusat ngotot bilang anggaran gaji PPPK tahun 2021 dan 2022 sudah diperhitungkan dan ditransfer ke daerah dalam bentuk alokasi DAU. Sebaliknya, Pemda mati-matian membantah ada anggarannya di DAU. Mengutip pernyataan Dirjen Kemenkeu, mengacu ke keputusan (S-98/PK/2021) bahwa anggaran sudah dialokasikan dan ditransfer sebagai bagian dari BAP di poin 4 PPPK.

Di bagian lampiran aturan telah dijelaskan penggunaan anggaran secara terperinci dan spesifik. Jadi, tidak seperti sebelumnya yang gelondongan, gaji PPPK yang ditransfer ke daerah akan diberi flag khusus. Dengan begitu tidak dapat dipakai untuk belanja lain jika Pemda tidak mengajukan formasi atau tidak mengangkat PPPK, maka anggaran wajib dikembalikan. Kemenkeu juga bilang Pemda tidak ada alasan lagi menunda atau menolak mengajukan formasi dengan alasan tak ada anggaran untuk gaji.

Pengangkatan honorer ke PPPK boleh dibilang jadi salah satu isu terbesar nasional. Di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah berjanji akan merekrut satu juta guru PPPK. Namun, hingga kini target tersebut belum tercapai. Menteri Nadiem Makarim berujar PPPK ditargetkan tuntas Maret atau April 2023. Tentu tidak hanya guru. Honorer berbagai sektor juga berada dalam masa-masa intens. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga bekerjasama dengan Kementerian/Lembaga lain untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dengan mengangkat honorer menjadi PPPK.

Adapun persoalan guru honorer agak booming mungkin didasarkan atas urgensi antara ancaman kekurangan guru dan kebutuhan pemerataan. Solusi yang selalu digaungkan Mendikbudristek mendorong Pemda untuk membuka lowongan guru PPPK di tahun 2023 mendatang. Sehingga jumlah guru yang belum terakomodir dalam PPPK dapat teratasi. Kalau sampai tenggat Maret 2023 Pemda tak kunjung mengajukan formasi sesuai kebutuhan, maka Pemerintah akan melengkapi formasi tersebut. Perihal Riau, pendaftaran seleksi PPPK untuk formasi Jabatan Fungsional (JF) guru di lingkungan Pemprov Riau telah berakhir bulan lalu. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau mencatat, hingga hari akhir pendaftaran total ada 9.001 peserta. Sedangkan kuota disiapkan sebanyak 7.297 lowongan.

Dilema?

Boleh dibilang, perkara pengangkatan honorer tak sesederhana dilihat. Apalagi jelang tahun politik, situasi kian kompleks baik bagi Kepala Negara sampai Kepala Daerah. Teristimewa yang disebut terakhir, urusan tenaga honorer atau non ASN dan PKKK terbukti bikin kepala daerah kelimpungan. Mereka harus memutar otak guna mencari solusi penyelesaian tenaga honorer atau non ASN yang terancam dihapus paska terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) 49/2018 tentang Manajemen PPPK.

Kepala Daerah boleh dibilang pihak paling menanggung beban moral. Terlebih bagi dulu saat kampanye getol berjanji peduli tenaga honorer. Jadi kalau ditanya apakah hingga kini kepala daerah masih peduli? Jawaban pasti peduli. Tak mungkin rasanya mau ingkar begitu saja. Karena pertaruhannya besar. Bukan hanya dari perspektif politik, tapi Kepala Daerah bagaimanapun akan dituntut oleh masyarakatnya. Disamping itu, mereka juga tentu sadar problem daerah. Terutama menyoal guru dan tenaga kesehatan yang banyak belum terpenuhi di daerah terpencil. Belum lagi bicara tuntutan pemerataan.

Menyoal Pemerintah Pusat, stigma sejauh ini baik di pemberitaan media massa. Yakni garda terdepan membela kepentingan honorer. Tapi kalau didalami, dari sudut pandang daerah ada ketidakbijaksanaan. Memang Pusat telah mengalokasi anggaran PPPK dalam DAU. Namun kalau bicara sedikit kasar, cara sekarang dinilai agak “licik”. Pusat meminta daerah mengangkat tenaga honorer menjadi PKKK. Ini langkah bagus dan semua daerah pasti mendukung. Toh Pemda sudah lama memperjuangkan. Tetapi sayangnya daerah tidak diberikan tambahan DAU. Komisi X DPR RI menilai, diantaranya anggaran pengangkatan guru honorer menjadi PPPK guru saat ini masih kurang.

Menurut perhitungan Komisi X, mengacu ke target pengangkatan satu juta guru honorer se-Indonesia, maka per 100.000 orang idealnya ada penambahan anggaran sekitar Rp. 7 triliun. Artinya, kalau tahun lalu jumlah yang dialokasikan Kemenkeu untuk mengangkat ratusan guru honorer Rp 19,6 triliun, tahun depan harusnya ditambah Rp 7 triliun. Sekarang kan tidak begitu. Komponen pengeluaran bertambah seiring penggajian PPPK diambil dari DAU. Sementara alokasi DAU tidak bertambah signifikan.

Belum lagi paska kebijakan baru Pemda tak lagi bisa bebas belanjakan DAU. Sebab ruang gerak daerah dibatasi Kemenkeu. Awalnya penggunaan DAU tak ditentukan. Artinya, Pemda bisa mengalokasikan untuk belanja sesuai prioritas daerah. Tetapi saat ini DAU dibatasi untuk lima kategori belanja dan Pemda wajib mengalokasikannya sesuai ketetapan dimaksud. Jika tak patuh akan disanksi penundaan hingga pemotongan penyaluran dana transfer ke daerah.

Ketidakbijaksanaan DAU tentu berpengaruh terhadap aktivitas pembangunan daerah. Termasuk upaya penanggulangan kemiskinan. Jadi wajar Bupati Muhammad Adil menyuarakan tuntutan penambahan anggaran Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD). Bagi Meranti dan beberapa kabupaten di Riau, DAU sangat berarti guna mengentaskan kemiskinan ekstrem yang mana merupakan instruksi Presiden untuk diselesaikan sebelum 2024. Ini tentu bukan sinyal bagus. Sudahlah pembagian DBH tidak adil dan transparan, sekarang DAU terkesan “diakali”. Padahal masih banyak daerah di Riau butuh DAU.

Daerah harus berani bersuara. Bila peruntukan bertambah, alokasi DAU yang penggunaannya bersifat bebas juga disesuaikan. Pemda boleh dibilang dalam dilema berat. Baik itu honorer dan pembangunan daerah sama-sama urgen. Di sisi lain, Pemda juga tidak mau APBD defisit.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI Pimpin Rapat Anev dan Sampaikan Pesan Atensi Kapolda Riau
Rabu, 24 April 2024
Seminar Bersama Pandu Digital Madya, Memahami Literasi Digital Sektor Pendidikan
Selasa, 23 April 2024
Workshop Pengembangan Ekosistem Ekonomi Kreatif di Riau Diikuti Puluhan Insan Ekraf
Selasa, 23 April 2024
Bahas Cooling System Pemilu, Korum PPI Riau Terima Kunjungan PKDN Sespimti Polri

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www