Senin, 15 Juli 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kembali mengutarakan kegusaran dan rasa risih atas isu Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) yang menyeruak di Provinsi Riau. Saat acara silaturahmi kerja wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wilayah Riau (24/12/2022) di Pekanbaru, Gubri kembali mengulang ajakan ke seluruh pihak untuk bersama-sama mengatasi permasalahan LGBT yang kian berkembang pesat di lingkungan generasi muda.

"Saya mendapat laporan ada yang sampai cerai sama istrinya mahasiswa juga ada, anak SMA, SMK, bahkan SD pun ada," cakap Gubri. Syamsuar meminta agar seluruh pihak sadar bahwa permasalahan ini nyata di depan mata. "Ini tidak bisa terus dibiarkan, jika dibiarkan akan mendatangkan murka Allah SWT di Bumi Lancang Kuning ini. Miris, budaya Melayu yang identik dengan Islam malah ini yang berkembang. Hal ini tak boleh dibiarkan," tegasnya.

Sikap Kepala Daerah mewakili pandangan segenap masyarakat Riau. Berangkat dari pernyataan Gubri jelas, bahwa bagi Bumi Lancang Kuning isu LGBT bukan saja mengancam norma dan tatanan sosial yang sudah ada. Tapi sebuah ironi bagi Riau sebagai negeri Melayu. Bagaimana mungkin negeri yang membumi falsafah budaya adat bersandi sara’ dan sara’ bersandi kitabullah, namun di atasnya penyimpangan bertumbuh. Sungguh malu mengaku bagian dari Riau namun diam melihat fenomena yang ada.

Menyikapi LGBT tak cukup berupa himbauan. Mesti diejawantahkan ke ranah realita. Isu LGBT perlu pendekatan khusus. Sebab yang dihadapi bukan sesuatu yang biasa. Tapi masuk extraordinary atau luar biasa. Pelaku penyimpangan juga bukan orang dengan gejala gangguan jiwa atau tak waras. Malah mereka sadar perbuatannya diharamkan agama, tidak normal dan berefek buruk.

Penyimpangan juga tak berhenti di pelaku. Ibarat virus, LGBT bisa menular ke yang lain dan bisa menjerat orang-orang terdekat kita. Penyebaran semakin ganas karena melibatkan kampanye masif yang didukung pendanaan kuat. Tujuannya supaya penyimpangan diterima dan dianggap normal di tengah masyarakat. Mereka juga berani intervensi bangsa lain.

Pernah kejadian di awal tahun 2022, Wali Kota Bogor Bima Arya semula akan bertindak selaku pembicara dalam The Indonesian Civil Society Forum 2022 (Forum Masyarakat Sipil 2022). Tapi kemudian dibatalkan sepihak dan mendadak oleh panitia tanpa klarifikasi. Kepesertaan Kota Bogor dalam forum ikut dianulir. Penyebabnya ternyata Peraturan Daerah (Perda) 10/2021 Kota Bogor yang mengatur tentang Pencegahan dan Penanganan Perilaku Penyimpangan Seksual. Pihak sponsor acara yakni USAID menilai aturan tadi kontras dengan komitmen Amerika Serikat terhadap keragaman, kesetaraan dan inklusi sebagaimana Perintah Eksekutif Presiden Biden 13998 tentang Mencegah dan Memerangi Diskriminasi Berbasis Identitas Gender atau Orientasi Seksual. Mengejutkan bukan? Kok bisa pemerintah asing sesuka hati memaksakan kehendak meski bertentangan dengan nilai dianut negara lain.

Perda

Berangkat dari pemaparan di atas tergambar jalan memerangi penyimpangan LGBT tidaklah mulus. Lawan dihadapi adalah kekuatan besar dan global, dibantu pengkhianat dalam negeri yang rela gadaikan kepentingan bangsanya. Namun kita tak pantas surut. Justru di sini pembuktian sejauh mana kecintaan atas NKRI dan jiwa Pancasilais.

Pihak pro LGBT telah menabuh genderang perang melawan filosofi bangsa dan norma. Kedaulatan bangsa dipertaruhkan. Melihat situasi dan kondisi, berharap tindakan cepat bakal sulit kalau hanya mengandalkan pendekatan dari pusat yang tak jelas. Sementara di daerah isu LGBT menyeruak dan meresahkan. Tuntutan dan aspirasi dari bawah untuk menindak tegas perbuatan menyimpang dan kampanye LGBT semakin menguat. Menyiratkan kesabaran masyarakat menuntut atensi dari negara (baca: Pemerintah) sudah diubun-ubun. Salah satu aspirasi dimaksud berupa Perda.

Setakat ini sudah cukup banyak daerah yang mengajukan usulan. Di level kabupaten dan kota malah sudah ada Perdanya. Adapun tingkat provinsi yang tengah mengusulkan diantaranya Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Banten dan Provinsi Kalimantan Timur. Teruntuk Provinsi Riau, usulan juga pernah disuarakan oleh kalangan DPRD Provinsi Riau periode lalu. Namun sayang tak kunjung masuk tahapan serius. Tapi setidaknya baik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan DPRD Provinsi Riau sudah melirik ke arah tersebut. Melalui tulisan, semoga dapat kembali menggugah keinginan menerbitkan payung hukum terkait LGBT di Provinsi Riau.

Hadirnya regulasi untuk menindak pelaku menyimpang seperti LGBT bentuk tanggungjawab negara memenuhi kewajibannya, menjamin hak setiap warga negara untuk memperoleh kehidupan sosial yang sehat dan memberikan perlindungan bagi setiap warga dari dampak timbulnya penyakit-penyakit sosial yang dapat mengancam keberlangsungan keutuhan tatanan dan lembaga sosial pada masyarakat. Kami selaku anggota DPRD Provinsi Riau menyadari regulasi hanya bisa terwujud bila ada dukungan dan masukan dari segenap masyarakat Riau. Kami juga memahami akan muncul pihak-pihak menyuarakan tuduhan klise, yang menyandingkan Perda LGBT beriringan dengan gelombang diskriminasi dan persekusi terhadap LGBT. Padahal pandangan barusan keliru. Berbekal regulasi, tindakan penghakiman dapat dihindari. Logika sederhana, kekosongan hukum malah akan memicu persepsi negatif dari masyarakat menganggap negara tidak peduli. Ujungnya masyarakat mengambil inisiatif sendiri menindak. Ketika masyarakat menindak penyimpangan apa salah? Untuk itulah, dalam Perda diatur berbagai pendekatan.

Pemerintah juga tidak dalam posisi ingin memerangi individu yang terjangkit virus LGBT. Motivasinya justru menyelamatkan dengan merehabilitasinya agar kembali ke kehidupan normal. Dalam pelaksanaan terdapat tindakan preventif semisal konseling, psikolog, psikiater, tokoh dan pendekatan penceramah agama. Termasuk memperkuat solidaritas sosial dan kepedulian sesama warga. Sehingga pelaku penyimpangan bisa disadarkan.

Perlu diingat, musuh kita perilaku menyimpang yang melawan norma. Disamping pendekatan penyadaran, Perda juga diharapkan dapat memberi sanksi keras kepada pihak-pihak yang sengaja mengampanyekan dan memfasilitasi penyimpangan semisal LGBT. Termasuk sponsor dan pendana perlu diperlakukan layaknya aliran dana teroris.

Langkah represif dibutuhkan karena pihak-pihak tadi secara sadar melanggar norma dan nilai bangsa. Kita perlu mencontoh pendekatan pandemi Corona. Betapa banyak dana dialokasikan untuk mencegah hingga penderita dipaksa ikut protokol penanganan walau dengan cara memaksa.

Begitu pula menghadapi virus LGBT, perlu pendekatan serupa. LGBT bukan semata menyelamatkan individu dari rusaknya jiwa dan raga. Akan tetapi bicara peradaban bangsa ke depan. Percuma tiap tahun sibuk menggelar momentum Hari Ibu, Hari Keluarga, mengalokasikan anggaran ketahanan keluarga dan kegiatan sejenis. Tapi virus yang merusak tatanan sosial masyarakat dan norma tidak diatasi.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Bapemperda DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Selasa, 07 Maret 2023 11:48 WIB
Urban Farming dan Sensus Pertanian 2023
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 14 Juli 2024
Bertabur Hadiah, Jalan Santai PWI Siak Diramaikan Ribuan Masyarakat
Minggu, 14 Juli 2024
Resmi Dilantik, Pengurus DPC HA IPB Pelalawan Diminta Perkuat Konsolidasi Internal
Minggu, 14 Juli 2024
Pertamina Patra Niaga Sumbagut Raih Penghargaan International CSR di London
Minggu, 14 Juli 2024
Peringati 11 Tahun, FPKB Bagikan Beras untuk Masyarakat Kurang Mampu

Serantau lainnya ...
Sabtu, 13 Juli 2024
Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Meriahkan Grand Opening "Scoo Beauty" Cabang Pertama di Kota Pekanbaru
Selasa, 02 Juli 2024
Tingkatkan Akselerasi Pelaku Usaha Kuliner di Pekanbaru, Bank Raya Terus Gencarkan Adopsi QRIS Bisnis
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 21 Juni 2024
Konten Video Animasi Bisa Meningkatkan Penjualan Hingga 2 Kali Lipat!
Jumat, 21 Juni 2024
5 Rekomendasi Case Samsung Galaxy S24, Paling Keren dan Awet dari Spigen!
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja
Selasa, 28 Mei 2024
5 Rekomendasi Laptop Lenovo 5 Jutaan, Cocok untuk Pelajar!

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2024
8 Makanan Penyebab Bau Badan yang Sebaiknya Dihindari
Kamis, 04 Juli 2024
Sekcam Tenayan Raya Nilai Pendampingan BTPN Syariah Tepat Layani Masyarakat Inklusi di Pekanbaru
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 12 Juli 2024
Perkuat Internasionalisasi Kampus, UMRI Teken MoU dengan Universiti Tun Abdul Razak Malaysia
Rabu, 03 Juli 2024
PCR Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Pemprov Riau 2024
Senin, 01 Juli 2024
Meriah, Puncak Milad Unilak ke-42 Diikuti Ribuan Masyarakat
Kamis, 27 Juni 2024
UIR Raih Pemeringkatan 3 Bintang Terekognisi QS Stars

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Kamis, 27 Juni 2024
Harumkan Nama Riau di Ajang Nasional Pesona Batik Nusantara 2024, Gloria Rahita Nababan Disambut Haru di Bandara SSK II
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler

05

Jumat, 12 Juli 2024 12:20 WIB
Pinang Kering Riau Alami Kenaikan Harga
Iklan CAKAPLAH
Foto
HUT Pekanbaru Ke-240 - Bank Raya
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www