Sabtu, 20 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Kaleidoskop 2022: Segudang Prestasi Bupati Alfedri, Siak Kian Cantik dan Pelayanan Terbaik
Minggu, 01 Januari 2023 17:15 WIB
Kaleidoskop 2022: Segudang Prestasi Bupati Alfedri, Siak Kian Cantik dan Pelayanan Terbaik

SIAK (CAKAPLAH) - Komitmen Bupati Siak, Alfedri bersama wakilnya, Husni Merza mewujudkan visi misi dalam membangun Kabupaten Siak sudah tak diragukan lagi.

Terlihat dari segudang prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Siak di bawah kepemimpinan Alfedri, mulai dari tingkat provinsi hingga nasional dalam segala bidang.

Salah satu misi Bupati Alfedri dalam periode masa jabatan 2021-2026 ini adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang amanah melalui penerapan digitalisasi (e-government). Ia berkeinginan mengelola roda pemerintahan secara terintegrasi, cepat dan mudah bagi masyarakat.

Sepanjang 2022, sudah ratusan penghargaan yang ia terima diantaranya ada penghargaan kinerja investasi bahari kategori baik untuk wilayah Indonesia bagian barat dari Meninves/BKPM, penghargaan komitmen bidang kearsipan kepada pimpinan daerah dari Menpan-rb, penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri LHK, penghargaan kabupaten peduli HAM dari Menteri Kumham, anugerah Kota Layak Anak kategori utama dari Menteri PPPA, Desa Wisata terbaik 1 nasional kategori kelembagaan dari Menteri Parekraf, dan yang tak kalah membanggakan adalah penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas peraihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut dalam mengelola keuangan daerah.

"Banyak penghargaan yang sudah kita terima dalam tahun ini, saya hitung-hitung tidak kurang ada 160 penghargaan yang kita raih. Alhamdulillah, artinya ini bukan prestasi bupati, wakil bupati dan ketua DPRD saja, tetapi ini adalah keberhasilan kita bersama dalam melaksanakan kegiatan yang baik di 2022," cakap Alfedri dalam kegiatan Tabligh Akbar Malam Tahun Baru di Lapangan Siak Bermadah, depan Istana Siak, Sabtu (31/12/2022).

Di bidang infrastruktur, Bupati Alfedri terus menggenjot pembangunan untuk kepentingan masyarakat. Sesuai janjinya, Alfedri telah membangun beberapa rumah sakit tipe D untuk kecamatan yang padat penduduk lengkap dengan sarana prasarana kesehatan, Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai ruang publik yang memiliki tingkat kualitas lingkungan tinggi sesuai konsep Siak Hijau dan peningkatan dua jalur plus pedestrian di jalan Raya Perawang, kecamatan Tualang dan jalan Sutomo, kelurahan Kampung Dalam, kecamatan Siak.

Wajah Kota Siak kian cantik dipoles Bupati Alfedri. Niatnya semata-mata ingin menjadikan Siak salah satu tujuan wisata yang populer di Riau, bahkan di Pulau Sumatera. Terlihat dari berbagai fasilitas umum dan penunjang wisata lainnya terus dibangun dengan mengedepankan konsep hijau yang ramah lingkungan.

Selain itu, Alfedri juga menggagas program unggulan yang menyentuh masyarakat secara langsung dalam hal pelayanan publik dan menampung aspirasi masyarakat hingga ke tingkat kampung (sebutan desa di Siak), dengan turun langsung ke suatu kampung dan berkantor di Kantor Kampung seharian. Program itu lalu diberi nama Bujang Kampung (Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung).

Program itu dilakukannya untuk mempercepat pembangunan daerah dengan alur komunikasi yang efektif dan efisien dari masyarakat kepada pemerintah secara langsung.

Bujang Kampung mulai dilaksanakan Maret 2022, diagendakan rutin pada Jumat setiap minggunya dengan lokasi kampung yang berbeda-beda. Setiap turun ke kampung Alfedri melibatkan banyak pihak dari instansi atau lembaga vertikal maupun OPD terkait pelayanan di lingkungan Pemkab Siak.

Kegiatan yang dilakukan Alfedri di kampung adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti mengurus dokumen administrasi kependudukan, pelayanan kesejahteraan sosial, pelayanan kesehatan, pendidikan, kepengurusan dokumen pertanahan, pelayanan dan informasi bagi UMKM, dan pelayanan di bidang keagamaan melibatkan Baznas dan Kemenag.

Segala kepengurusan administrasi dan informasi yang dibutuhkan masyarakat dapat diselesaikan dalam satu hari kerja. Metode menjemput bola dalam pelayanan ini sangat berdampak terhadap masyarakat, apalagi bagi masyarakat kampung yang tempat tinggalnya jauh dari kantor-kantor pelayanan di Kota Siak.

Maklum, bentangan wilayah Kabupaten Siak cukup luas bahkan dari satu kecamatan ke kecamatan lain jaraknya bisa memakan waktu tempuh 1-2 jam, seperti dari kecamatan Siak ke kecamatan Kandis dan Minas.

Terbukti, sejak dilaksanakannya Bujang Kampung pendataan terhadap penduduk sekaligus kendala yang dialami masyarakat di kampung bisa langsung terdeteksi. Saat ini sudah 90 persen orang yang tinggal di Kabupaten Siak sudah mendapat KK dan KTP. Percetakan Adminduk bisa langsung terbit oleh Disdukcapil karena tersedia alat perekam yang dibawa petugas, database penduduk juga sudah terintegrasi secara online.

Layanan kesehatan bagi ibu hamil juga tersedia di Bujang Kampung, Bupati Alfedri mendatangkan dokter spesialis kandungan untuk melakukan USG dan memeriksa kandungan. Pihak BPJS Kesehatan juga turut dilibatkan dalam program ini sehingga masyarakat juga bisa mendaftar kepesertaan tanpa perlu jauh-jauh ke Kota Siak.

Selain itu bantuan pendidikan bagi sekolah negeri dan keagamaan juga diberikan dalam kegiatan itu lewat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Serupa dengan bantuan sosial dari Dinas Sosial dan Baznas.

Setiap instansi atau OPD yang dilibatkan punya peran masing-masing sesuai tupoksinya, sebagai contoh Diskop-UMKM yang dilibatkan pada Bujang Kampung membuka bazar mini bagi pelaku UMKM tempatan sebagai sarana mempromosikan produk usahanya. Alfedri bermaksud mendorong perekonomian di suatu kampung lewat gerakan UMKM, seperti yang diketahui masyarakat di kampung khususnya sangat terdampak dari pandemi Covid-19 dari sektor ekonomi. Untuk itu diperlukan langkah agar perekonomian di kampung pulih. Berdasarkan data Diskop-UMKM tahun ini pertumbuhan UMKM di Siak sangat signifikan mencapai 25.000 UMKM, dibanding tahun 2021 masih diangka 16.000an.

Layanan lain yang tak kalah penting yakni kepengurusan dokumen perceraian dan pembagian harta warisan di Pengadilan Agama (PA), masyarakat di kampung bisa mendapat informasi terkait persyaratan untuk mengurus surat-surat yang dibutuhkan. Dan tentunya masih banyak layanan lain yang dihadirkan dalam rangka mempermudah masyarakat mengurusnya.

Tahun 2022, Pemkab Siak mulai membangun Mal Pelayanan Publik (MPP) tahap awal di sekitar perkantoran dekat dari Kantor Bupati Siak, Kecamatan Mempura. Pembangunan ditargetkan rampung tahun 2023 dan bisa digunakan sebagai tempat pelayanan satu pintu.

"Tujuannya supaya masyarakat semakin mudah dan cepat dalam mengurus surat menyurat, dokumen dan perizinan. Jadi masyarakat cuma perlu datang ke satu tempat semua bisa diurus di sana," katanya beberapa waktu lalu.

Penulis : Wahyu
Editor : Yusni
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Siak
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
Relokasi Guru PPPK Pemprov Riau Tak Dipungut Biaya
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www