Jumat, 03 Februari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

Pentingnya Pengawasan
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Kabar ketidaklulusan akreditasi 21 Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuran (SMK) di Provinsi Riau oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) jadi topik hangat di Komisi 5 DPRD Provinsi Riau. Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua BAN-S/M nomor 1857/BAN-SM/SK/2022 tertanggal 30 November 2022 tentang Penetapan Hasil Automasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2022, 9 SMA dan 12 SMK di Provinsi Riau dinyatakan tidak memenuhi syarat perpanjangan akreditasi. Dalam nama tersebut pula SMAN Plus Provinsi Riau.

Ada sekolah yang nilai sudah keluar tapi SK belum terbit karena terlambat dalam pengiriman berkas akreditasi sesuai tenggat waktu yang diberikan. Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau sudah mengajukan surat permohonan kepada Ketua BAN-S/M  tertanggal 2 Januari 2023 guna meminta penerbitan SK Automasi teruntuk SMA dan SMK Provinsi Riau yang telah keluar nilainya di awal bulan Januari 2023. Munculnya nama SMA/SMK tidak memenuhi syarat perpanjangan akreditasi dan terlambat memperbaharui tentu patut dipertanyakan.

Dalam surat yang ditujukan ke Kadisdik Provinsi Riau tertanggal 22 Desember 2022, pihak SMAN Plus Provinsi Riau menjabarkan kronologis tidak terpenuhi syarat automasi status perpanjangan akreditasi. Tim akreditasi SMAN Plus mengaku telah meng-upload 35 dokumen yang dipersyaratkan Data Isian Akreditasi (DIA) pada aplikasi Sispena sebelum tanggal 31 Oktober 2022. Proses upload ditandai centang biru (tanda berhasil). Akan tetapi ternyata tak semua dokumen sudah difinalisasi tim akreditasi SMAN Plus.

Hal itu baru diketahui setelah keluar SK BAN-S/M. Dalam lampiran dinyatakan SMAN Plus satu dari sekian sekolah yang tak memenuhi syarat automasi perpanjangan status akreditasi. Ketika di-crosscheck di aplikasi, rupanya dari 35 dokumen DIA yang di-upload hanya 18 dokumen yang sukses dan sisanya belum diklik tombol finalisasi. Dalam surat pihak SMA Plus juga menyatakan bahwa, walau pengisian administrasi akreditasi terlambat dari jadwal dan baru dilakukan paska keluar SK BAN-S/M, namun ada progres positif. Dari sebelumnya status SMAN Plus tak memenuhi syarat lalu diberi approval oleh BAN-S/M, meski sertifikat perpanjangan belum keluar. Disamping itu, adapula SMA/SMK di Riau dinyatakan tak memenuhi syarat.

Kekhawatiran belum sepenuhnya sirna manakala membaca isi surat BAN S/M nomor 031/BAN-SM/TU/2023 tertanggal 04 Januari 2023, sebagai balasan dan jawaban atas permohonan akreditasi ulang yang diajukan Disdik Provinsi Riau. Dalam surat, BAN S/M menyebutkan, mengacu ke Permendikbud 13/2018, sekolah/madrasah yang terlambat maka status akreditasi tak diperpanjang dan dinyatakan kadaluwarsa.

Sekolah/madrasah harus mengajukan kembali akreditasi mengikuti Prosedur Operasional Standar (SOP) dan mekanisme akreditasi di tahun berikut melalui aplikasi. Urusan administrasi tak bisa dianggap sepele. Konsekuensi tidak hanya bagi siswa tapi juga kualitas pendidikan daerah. Menutup peluang dan prospek siswa-siswi Riau berkompetisi di perguruan tinggi terkemuka. Contoh kasus SMAN Plus. Setiap tahun memperoleh 40 persen porsi peserta didik untuk bisa diterima langsung lewat jalur prestasi di perguruan tinggi favorit di Indonesia. Bila tak lulus akreditasi, kuota terancam berkurang. Memang pihak SMAN Plus menyadari kelalaian dan mismanajemen. Namun sebaik-baiknya penyesalan diiringi evaluasi dan perbaikan supaya tak lagi terulang. Apalagi berakibat fatal. Pembenahan bukan semata menyasar tim akreditasi sekolah. Tapi keseluruhan. Mulai unsur pimpinan di sekolah hingga peran Dinas Pendidikan Provinsi Riau dalam tugas pokok dan fungsi mengawasi dan membina.

Manajemen

Administrasi berkaitkelindan dengan tata kelola atau manajemen. Menyoal prinsip dasar manajemen, kita kenal Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan) dan Controlling (pengawasan). Ironisnya, kecenderungan di organisasi dan unit kerja pemerintah hebat di perencanaan sementara implementasi wallahualam. Sering kegiatan dibiarkan jalan tanpa pengawasan melekat. Tak heran hasil jauh melenceng dari target. Salah satu faktor penyebab mismanajemen adalah pengetahuan.

Kembali ke topik, seharusnya pihak terkait memahami prosedur dan informasi secara utuh. Misal mengenai tenggat waktu. Berdasarkan surat BAN-S/M tentang Persiapan Otomasi Sertiifikat Akreditasi Sekolah/Madrasah, tercantum ketentuan sekolah/madrasah diminta mengisi DIA dan upload dokumen paling lambat tanggal 13 Oktober 2022. Begitujuga soal visitasi. BAN-S/M sudah memberitahu sekolah/madrasah yang menjadi sasaran akreditasi tapi tidak dapat divisitasi karena keterbatasan kuota yang dimiliki oleh BAN-S/M, maka sertifikat akreditasi akan diperpanjang secara otomatis sesuai kebijakan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui, beberapa tahun belakangan BAN-S/M melakukan transformasi akreditasi ke cara baru. Keterbatasan interaksi selama pandemi membuat adopsi digitalisasi makin masif di segala lini. Tak terkecuali sektor pendidikan. Adapun sistem dipakai untuk menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah yang akan diakreditasi di setiap provinsi bernama Dashboard Monitoring System (DMS). Dengan sistem tadi, monitoring dilakukan secara otomatis memanfaatkan sistem peringatan terkomputerisasi.

“Jika ada sekolah/madrasah yang kualitasnya menurun akan muncul notifikasi,” ujar Ketua BAN-S/M Dr Toni Toharudin dalam sebuah acara taklimat media di Jakarta.

Sederhananya, sistem DMS tidak hanya membantu pengelolaan proses akreditasi satuan pendidikan lebih rapi dan praktis. BAN-S/M juga tak perlu turunkan asesor buat visitasi ke satuan pendidikan untuk akreditasi ulang. Status otomatis akan diperpanjang via sistem. Asesor melakukan visitasi manual apabila ditemukan indikasi penurunan penurunan kinerja sekolah/madrasah. Intinya lebih efektif dan efisien.

Di satu sisi penerapan teknologi informasi atau serba online menawarkan banyak keuntungan. Tetapi di sisi lain menuntut kesiapan dan kemampuan mumpuni. Terlebih pendekatan berbasis komputerisasi tidak menolerir keteledoran. Suka atau tidak suka; mau tak mau harus beradaptasi. Guna mengatasi hambatan penerapan sistem baru, BAN-S/M Provinsi juga telah menyosialisasi ke Sekolah/Madrasah sasaran. Bagi yang terkendala jaringan internet dapat mengajukan secara manual kepada BAN-S/M Provinsi.

Selain itu, terkait manajemen perlu diketengahkan aspek pengawasan dan pembinaan. Sebenarnya di lingkup sektor pendidikan ada Pengawas Sekolah (PS) (sebelumnya di Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 disebut Pengawas Satuan Pendidikan). PS berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN RB) 21/2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah. Namun sayang perannya tak jelas. Wujudnya di struktur bak "siluman". Padahal menurut PermenPAN RB 21/2010, PS memegang peran strategis meningkatkan profesional guru, kepala sekolah dan mutu pendidikan di sekolah. Tugas pokoknya pengawasan akademik dan manajerial di satuan pendidikan meliputi penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah, serta melakukan pemantauan pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan. Bahkan PS punya tugas pokok dalam manajerial, yaitu monitoring: memantau penjaminan standar mutu pendidikan, pelaksanaan ujian, rapat guru dan staf sekolah, hubungan sekolah dengan masyarakat, data statistik kemajuan sekolah, program pengembangan sekolah; supervisi kinerja sekolah, kinerja kepala sekolah dan aspek lainnya; Memberi bantuan dan bimbingan kepada guru, membina pelaksanaan tata kelola sekolah, kepala sekolah dan staf tenaga sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah.

Peran PS semestinya dikedepankan untuk memaksimalkan pengawasan. Termasuk urusan akreditasi. Pengawasan bukan berarti pihak diawasi adalah bawahan/subordinat dari yang mengawasi. Bukan pula bermakna yang mengawasi pihak sempurna. Kita manusia pasti punya sifat lalai. Oleh karena itulah hidup mesti “berjamaah” atau berorganisasi. Disinilah urgensi pengawasan dalam manajemen organisasi. Seumpama kereta, ada yang berperan sebagai pengingat ketika berjalan di luar rel. Dengan begitu dapat mencapai tujuan dengan selamat.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Jum'at, 13 Januari 2023 08:59 WIB
Sensus Pertanian di Tengah Ancaman Krisis
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Selasa, 06 Desember 2022 11:00 WIB
Riau Dan Misi Pariwisata Medis
Sabtu, 10 Desember 2022 08:59 WIB
HAM Dan Masa Depan Bangsa
Rabu, 04 Januari 2023 08:02 WIB
Ketika Tongkat Membawa Rebah
Rabu, 14 Desember 2022 13:18 WIB
Keselamatan Pekerja Prioritas Utama!
Rabu, 02 November 2022 14:13 WIB
Membentuk Mentalitas Pelayanan
Rabu, 12 Oktober 2022 08:10 WIB
Jiwa Sehat, Insan Kuat, Bangsa Hebat
Sabtu, 17 Desember 2022 15:49 WIB
Menanti Kehadiran Negara
Rabu, 14 September 2022 19:02 WIB
BLT Yang Bikin Bete
Selasa, 27 September 2022 16:21 WIB
Siasat Paska Kenaikan BBM
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 02 Februari 2023
Bupati Siak Sebut Disdukcapil Berperan Penting dalam Program Bujang Kampung
Kamis, 02 Februari 2023
Seleksi Wawancara Calon PKD, Panwaslu Kecamatan Rumbai Berharap Peserta Terpilih Punya Integritas Tinggi
Kamis, 02 Februari 2023
Pengurus IDI Siak Dilantik, Handry Ingin Perkuat Kolaborasi Program Kesehatan dengan Pemkab
Kamis, 02 Februari 2023
Kejari Rohil Laksanakan Penyuluhan Hukum di SMPN 10 Bangko Pusako

Serantau lainnya ...
Kamis, 02 Februari 2023
Diresmikan Istri Pj Walikota, Vinia Butik Marpoyan Tawarkan Produk Berkualitas Harga Terjangkau
Selasa, 31 Januari 2023
3 Zodiak Jalani Hidup Paling Beruntung Bulan Februari 2023
Senin, 30 Januari 2023
Berdesain Unik, Pojok Baca RSUD Tengku Rafian Siak Juara 1 Lomba Perpustakaan
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Oppo Find X6 Series Akan Punya Tiga Varian, Ini Bocorannya
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Peringati Hari Kanker Dunia, IDI Pekanbaru akan Gelar Berbagai Kegiatan
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 02 Februari 2023
Tahun 2022 Santuni Rp 2 Triliun, Jasa Raharja Sambangi Unri untuk Tekan Lakalantas di Riau
Rabu, 01 Februari 2023
UIR Penjajakan Potensi Kerjasama dengan UTP Malaysia
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Bangga Anak Riau Diterima Magang di Thailand dan Filipina
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
PCR 2023
Foto
Khas Hotel November 2022
Nataru 2022 April.RAPP
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www