Kamis, 01 Juni 2023

Breaking News

  • Jelang Lebaran, Petinggi di Riau Pakai Mobil Listrik Baru Seharga Rp1,3 Miliar   ●   
  • Mendag Sebut Harga Beras Naik Karena Stok Menipis   ●   
  • 2023 Kemarau Panjang, 134 Kecamatan di Riau Rawan Karhutla   ●   
  • Antisipasi Karhutla 2023, Pemprov Riau Usulkan Bantuan 10 Helikopter ke Pusat   ●   
  • Sepekan Operasi Keselamatan Lancang Kuning, 440 Pengendara di Riau Kena Tilang ETLE   ●   
  • KONI Riau Usulkan Anggaran Rp23 Miliar untuk Porwil XI Sumatera   ●   
  • Alasan Tidak Direstui hingga Hamil Duluan, 944 Anak di Riau Ajukan Dispensasi Pernikahan Dini   ●   
  • Bonus Atlet Berprestasi Pekanbaru Langsung Ditransfer ke Rekening Masing-masing   ●   
  • Komisi I DPRD Riau Ingin Partisipasi Pemilih Maksimal di Pemilu 2024   ●   
  • DPRD Ungkap Tahun Ini Pemprov Riau Batal Bangun Sekolah Baru
Bapenda - Pj Walikota Pekanbaru 2023
Polling
Beberapa partai politik sudah mengumunkan kandidat yang akan mereka usung sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Dan ada juga yang sedang membangun koalisi. Dari nama-nama yang mencuat saat ini, siapa bakal Capres pilihan Anda?


CAKAP RAKYAT:
Tol Selesai, Riau Siap Menjadi Episentrum di Sumatera
Rabu, 18 Januari 2023 16:51 WIB
Tol Selesai, Riau Siap Menjadi Episentrum di Sumatera

(CAKAPLAH)-Awal 2023 Provinsi Riau kedatangan Presiden RI Joko Widodo meresmikan jalan tol Pekanbaru Bangkinang, jalan tol kedua di Tanah Melayu Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau setelah jalan tol Pekanbaru Dumai diresmikan pada tahun 2020 juga oleh Jokowi, namun secara virtual.

Kedua jalan tol tersebut telah resmi beroperasi meskipun belum tersambung dengan dua provinsi tetangga, yaitu Provinsi Sumatera Utara via tol Pekanbaru Dumai, dan Provinsi Sumatera Barat via tol Pekanbaru Bangkinang. Selain itu Riau masih menunggu tol ketiga yaitu tol Pekanbaru Rengat yang akan menghubungkan Riau dengan Provinsi Jambi.

Masyarakat Riau cukup antusias dengan kehadiran jalan tol, karena setelah sekian lama provinsi yang kaya akan minyak baik minyak mentah maupun minyak sawit, baru tahun 2020 dapat merasakan adanya jalan tol di wilayahnya, yang selama ini hanya menonton atau melihat saja dari jauh di daerah lain. Bahkan ada yang nyeletuk kok ndak dari dulu-dulu ya, padahal dengan hasil sumber daya alamnya yang sangat melimpah, mungkin lebih dari tiga atau empat tol atau juga lebih banyak jalan layang (Fly Over) bisa dibangun untuk mengurai kemacetan yang mulai padat merayap setiap hari pada waktu-waktu tertentu, khususnya di Pekanbaru atau jalan-jalan utama yang menuju Kota Pekanbaru.

Jalan tol di Riau merupakan bagian terintegrasi dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang akan menghubungkan wilayah ujung utara sumatera yaitu Provinsi Aceh sampai ujung selatan sumatera yaitu Provinsi Lampung. Keberadaan jalan tol lintas provinsi ini diharapkan akan menumbuhkan pusat-pusat industri baru beserta kawasan di jalur  JTTS. Apalagi Riau yang berada di tengah-tengah pulau Sumatera, seperti yang dikatakan Yan Prana (mantan Sekda Riau) kepada detikcom, Senin (5/10/2020), ruas tol sepanjang 616 kilometer (km) akan menghubungkan Riau dengan 3 provinsi tetangga di Sumatera.

Riau akan menjadi episentrum yang terhubung dengan Jambi, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.  

"Riau ini kan berada di tengah-tengah jalur transportasi darat di Sumatera. Maka, kita perkirakan pada tahun 2024 mendatang, ruas jalan tol sudah terhubung ke tiga provinsi, Jambi, Sumut dan Sumbar. Maka, letak Riau pada posisi tengah, akan menjadi episentrum di Sumatera," kata Yan Prana.

Sebagai episentrum Riau menjadi tempat transit atau persinggahan bagi penduduk sumatera yang bepergian lewat jalur darat. Dengan membutuhkan waktu hanya beberapa jam saja, baik dari utara maupun dari selatan sumatera, mereka telah sampai di Provinsi Riau. Penduduk Sumatera dari Sabang di Aceh hingga Bakauheni di Lampung dapat dengan mudah mengunjungi tempat-tempat wisata di Provinsi Riau. Karena jarak yang ditempuh semakin pendek, biaya logistik menjadi lebih hemat.

Dengan demikian sektor pariwisata akan menjadi salah satu sektor terdampak langsung merasakan manfaat keberadaan jalan tol. Banyak tempat-tempat wisata di Riau dengan harga terjangkau siap memanjakan mata para pengunjungnya. Disisi lain ditunjang dengan tersediannya sarana akomodasi yang cukup representatif.

Diantaranya 93 hotel berkategori bintang dengan jumlah kamar sebanyak 8.527 kamar dan tempat tidur sebanyak 12.304 unit. Juga ada akomodasi lainnya sebanyak 384 hotel/akomodasi dengan jumlah kamar sebanyak 9.347 kamar dan tempat tidur 14.056 unit. Hampir semua kabupaten/kota di Provinsi Riau memiliki hotel bintang, kecuali Kabupaten Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu.

Apalagi peran sektor pariwisata baik langsung maupun tidak langsung menjadi pendorong bagi tumbuh dan bergeraknya sektor/lapangan usaha yang lain, seperti sektor/lapangan usaha penyediaan jasa akomodasi dan makan minum; lapangan usaha transportasi; lapangan usaha informasi dan komunikasi; lapangan usaha perdagangan; dan lapangan usaha jasa lainnya. Dimana pada triwulan II 2022 PDRB Riau, kelima lapangan usaha tersebut menyumbang 13,04 persen terhadap PDRB Riau, kemudian sedikit melambat pada triwulan III 2022 yaitu sebesar 11,55 persen, tetapi meningkat cukup signifikan dibanding triwulan III 2021 yang menyumbang sebesar 11,89 persen.

Namun selama enam tahun, dari 2017 hingga tahun 2023, baru dua jalan tol yang beroperasi di Riau, itupun masih terbatas berada di wilayah Riau atau belum tersambung sampai provinsi tetangga. Kalau boleh dikatakan jalan tol Riau masih menggantung, atau tol gantung.

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro (Sumber: www.riaupos.jawapos.com, 5/9/2022), mengatakan hingga saat ini proses konstruksi di Jalan Tol Pekanbaru–Padang yang terbagi atas 6 seksi berjalan cukup baik terutama untuk 3 seksi prioritas. "Sedangkan sisa ruas tol lainnya yakni Seksi 4 Pangkalan–Payakumbuh (58km), Seksi 3 Payakumbuh–Bukittinggi (34 km), dan Seksi 2 Bukittinggi–Sicincin (38km) masih dalam tahap perencanaan,”.

Lebih lanjut menurut SF Hariyanto (Sekdaprov), jalan tol Bangkinang-Pangkalan hanya sampai di Desa Tanjung Alai, XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar dan belum lanjutkan ke Pangkalan, Sumatera Barat (Sumbar). Jalan bebas hambatan sepanjang 24,7 kilometer (Km) itu ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini. Sehingga tahun 2024 bisa difungsionalkan. "Progres fisik jalan tol Bangkinang-Pangkalan sudah mencapai 70 persen lebih," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, (Selasa 10/1/2023 CAKAPLAH.com).

Sementara tol koridor Pekanbaru-Tebing tinggi-Medan, untuk di Riau baru sampai Dumai sepanjang 131,5 km yang dikerjakan sejak tahun 2017 dan diresmikan pada tanggal 25 September 2020. Sementara kelanjutannya menurut Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan, saat ini rencana proyek tol Dumai-Rantau Prapat masuk tahapan ketiga penyelesaian JTTS oleh pemerintah pusat.

“Dari perubahan Perpres terkait JTTS, proyek jalan tol Pekanbaru-Pangkalan Sumbar masuk tahap satu, sama dengan Pekanbaru-Dumai. Sedangkan jalan tol Pekanbaru-Rengat dan Rengat dan Rengat-Jambi masuk tahap dua. Sedangkan untuk jalan tol Dumai-Baganbatu-Sigambal Sumut atau Dumai-Rantau Prapat masuk tahap tiga atau pada 2024 mendatang,” ujarnya, Minggu (5/6/2022, bisnis.com).

Dari rencana itu, pihaknya menyarankan agar pembangunan jalan tol Dumai-Rantau Prapat dapat masuk di tahap dua atau mulai 2023 mendatang. Dia mengakui Pemprov Riau sudah berbincang dengan Pemprov Sumatra Utara, dan pihaknya sepakat mendorong agar pembangunan jalan Dumai-Rantau Prapat bisa masuk tahap kedua. Dengan masuk pembangunan JTTS tahap dua, diharapkan pada 2023 sudah bisa dilaksanakan penetapan lokasi (penlok) ruas tol tersebut, termasuk pelepasan lahan yang masuk kawasan hutan.

“Kalau bisa masuk tahap dua, proyek jalan tol Dumai-Rantau Prapat ini sudah bisa dikerjakan 2023 mendatang, baik itu penlok, proses ganti rugi lahan, sehingga pekerjaan kontruksinya bisa dipercepat,” tutupnya.

Sedangkan jalan tol Pekanbaru-Rengat, menurut Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan tinggal menunggu izin pelepasan kawasan hutan dari KLHK. “Kami berharap Kementerian LHK agar segera mengeluarkan lahan ruas jalan tol yang berada di kawasan hutan. Dengan begitu, proyek strategis nasional di Riau ini bisa dikerjakan konstruksinya,” tandasnya. (Ahad 5/6/2022, RIAUGREEN.com).

Semoga saja progress proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus saja bergerak, harapan tersambungnya Provinsi Riau dengan provinsi lain di Sumatera jalur darat melalui jalan tol dapat terwujud sehingga Riau betul-betul akan menjadi episentrum di Pulau Sumatera kelak dikemudian hari.

Penulis : Irfarial, SE, Statistisi Ahli Madya BPS Provinsi Riau
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Beberapa partai politik sudah mengumunkan kandidat yang akan mereka usung sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Dan ada juga yang sedang membangun koalisi. Dari nama-nama yang mencuat saat ini, siapa bakal Capres pilihan Anda?

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 01 Juni 2023
MTQ Desa Teluk Latak, Ajang Jaga Kekompakan dan Edukasi Generasi Qurani
Rabu, 31 Mei 2023
Kunci Tertinggal di Stop Kontak, Pedagang di Pekanbaru Nyaris Kehilangan Motor
Rabu, 31 Mei 2023
Antisipasi Musim Kemarau, Asian Agri Gelar Pelatihan Cegah Karhutla
Rabu, 31 Mei 2023
MAN 4 Pekanbaru Konsisten Implementasikan Satuan Pendidikan Ramah Anak dan Siap untuk Standarisasi Tahun Ini

Serantau lainnya ...
Selasa, 16 Mei 2023
Dengarkan Suara Ini Bisa Bantu Meredam Mimpi Buruk...
Minggu, 07 Mei 2023
7 B2B E-commerce Populer Di Indonesia
Jumat, 05 Mei 2023
Road to Enterpreneurship Witama School Bentuk Jiwa Pengusaha Sejak Dini
Selasa, 11 April 2023
Pererat Tali Silaturahmi, IHGMA Riau Gelar Buka Puasa Bersama

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Minggu, 28 Mei 2023
Aplikasi Android Ini Ketahuan Rekam Suara Tanpa Izin Tiap 15 Menit
Selasa, 16 Mei 2023
Ilmuwan Klaim Temukan Jejak Kaki Manusia Tertua di Dunia
Selasa, 11 April 2023
Lewat IDCamp x Kadin 2023, Indosat Hadirkan Solusi untuk Sektor Pertanian, Perikanan dan UMKM
Kamis, 30 Maret 2023
7 Rekomendasi Aki Mobil Terbaik 2023

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 29 Mei 2023
dr Odih Wahid Terpilih sebagai Ketua IDI Cabang Pekanbaru 2023-2026
Selasa, 02 Mei 2023
Ini 10 Kebiasaan yang Bikin Cepat Gemuk, Sepele tapi Sering Dilakukan
Rabu, 12 April 2023
Inilah Bahayanya Sakit Gigi Pada Anak Balita yang Tidak Terduga
Sabtu, 18 Maret 2023
Pantai Hospital Ayer Keroh Gelar Seminar Kesehatan di Pekanbaru, Bahas Kanker Usus hingga Sakit Tulang Belakang

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 30 Mei 2023
Bahas Isu Kehumasan di Era Digital, Prodi Humas Umri Adakan Seminar Bertajuk 'A New Era of PR'
Kamis, 25 Mei 2023
Profesor UIR Presentasikan Risetnya di Publisher Scopus Elsevier Jerman
Kamis, 25 Mei 2023
UIR Borong Penghargaan dalam Anugerah LLDIKTI Wilayah X 2023
Rabu, 17 Mei 2023
Gelombang Pertama Usai, PCR Luluskan 204 Calon Mahasiswa Baru

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Polling
Beberapa partai politik sudah mengumunkan kandidat yang akan mereka usung sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024. Dan ada juga yang sedang membangun koalisi. Dari nama-nama yang mencuat saat ini, siapa bakal Capres pilihan Anda?


Khas Hotel - Mei 2023
Terpopuler
Pemkab ROhil 2023
Foto
Iklan CAKAPLAH
Pj Walikota Pekanbaru - Camat Rumbai
Kamis, 16 Maret 2023
Iis Dahlia Joget India Pakai Baju Terbuka, Netizen Heboh
Senin, 13 Februari 2023
Berpose Naik Mobil Sport, Hijab Lesti Kejora Dihujat Netizen
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas

Selebriti lainnya ...
Pj Walikota Pekanbaru - BPKAD
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Pj Walikota Pekanbaru - Camat Kulim
Selasa, 09 Mei 2023
Penguatan Moderasi Beragama: Percaya Diri dengan Agama Sendiri Bukan Berarti Membenci yang Lain
Minggu, 16 April 2023
Dimulai Sejak Awal Bulan, Polda Riau Buka Puncak Semangat Ramadhan Berbagi Dompet Dhuafa Riau
Rabu, 12 April 2023
Gerhana Matahari Hibrida Terjadi 20 April, Begini Tata Cara Salatnya
Rabu, 15 Maret 2023
340 Peserta Ramaikan Kegiatan Rangking Satu Majelis Taklim se-Pekanbaru

Religi lainnya ...
Pj Walikota Pekanbaru - Disdik Pekanbaru
Indeks Berita
Info Lowongan Kerja 2023SMP Madani
www www