Kamis, 02 Februari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

Kisah Inspiratif Peserta Magang PHR 2022, Dapat Ilmu dan Keluarga Baru
Rabu, 25 Januari 2023 11:57 WIB
Kisah Inspiratif Peserta Magang PHR 2022, Dapat Ilmu dan Keluarga Baru
Peserta Magang Kerja PHR 2022 di divisi Operation & Maintenance (O&M), Wulandari Ramadhani saat melaksanakan aktivitas observasi di sumur minyak WK Rokan yang menjadi salah satu tulang punggung energi nasional.

PEKANBARU (CAKAPLAH) – Pengalaman magang kerja di PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) membuat Putra-Putri Riau semakin mapan untuk menyongsong dunia kerja yang sesungguhnya. Enam bulan berharga dijalani mereka untuk belajar, mengimplementasikan ilmu dan berkontribusi bagi negara.

Seperti Bima Syahreza, Insinyur muda lulusan Teknik Sipil Universitas Islam Riau ini mengaku bangga bisa belajar langsung dan dibimbing para ahlinya. Ia tergabung dalam tim Drilling & Completion (D&C) di PHR WK Rokan, latar belakang pendidikannya tersebut selaras dengan kesempatan yang dia emban.

Bersama rekan-rekannya, Jeni Aprilia, Siti Rahmah, Wulandari Ramadhani, Deborah Margaretha dan 68 putra-putri Riau lainnya, mereka dapat kesempatan untuk belajar dunia kerja di Perusahaan Upstream Migas terkemuka pada periode 2022.

"Merupakan suatu hal yang amazing buat saya, bisa belajar langsung dari para pakar yang di operasi migas. Saya jadi lebih paham tentang apa saja yang bisa saya lakukan, terlebih ketika dihadapkan kepada suatu tantangan," ungkap Bima.

Peserta Magang Kerja PHR 2022 di divisi Information and Technology (IT), Jeni Aprilia saat beraktivitas dan dibimbing langsung oleh mentor. Ini sebagai sarana ia untuk belajar dunia kerja yang sesungguhnya.


Ia bercerita, tim D&C yang identik dengan operasi pengeboran tersebut juga memadukan teknologi yang mumpuni, sehingga dia bisa belajar langsung tentang digitalisasi migas dalam operasi yang masif dan agresif.

"Teknologi Artificial Intelligence (AI) digunakan untuk membantu pekerjaan, ini membuat saya terpacu untuk lebih mengenal hal tersebut. Lalu, software penunjang pekerjaan seperti Power BI, juga merupakan hal baru yang saya pelajari dan pahami," tuturnya.

Ilmu dan bekal yang didapatkannya ini menjadi nilai tambah untuk melangkah maju dalam dunia kerja. "Ilmu dan sertifikat yang kami dapatkan ini harapannya bisa menjadi nilai tambah, karena bagaimanapun, target dari magang ini adalah untuk mengenalkan dan mengasah kemampuan kami untuk terjun langsung ke dunia pekerjaan," kata dia.

Selain Bima, Jeni Aprilia juga merasakan hal serupa. Alumni Teknik Informatika Politeknik Caltex Riau tersebut bergabung di tim IT di PHR WK Rokan. Baginya, bisa bergabung dan belajar pada fungsi IT di PHR tentunya menjadi pengalaman yang memberikan wawasan baru tentang bagaimana pemanfaatan teknologi informasi di industri migas.

"Saya dibimbing mentor yang luar biasa, bisa belajar hal baru, khususnya di bidang data science. Di PHR saya melihat bagaimana data science diimplementasikan dan betapa data memiliki peranan sangat penting untuk menunjang proses bisnis, memberikan informasi berkualitas, akurat dan kecepatan yang luar biasa dalam pemrosesan serta penyajiannya, sehingga dapat memberikan perspektif yang sangat lengkap," tutur Jeni.

Tidak hanya mempelajari tentang IT saja, lewat magang tersebut Jeni juga mendapatkan soft skill seperti membangun relasi, kerjasama tim, hingga menyajikan presentasi yang baik.

"Saya dapatkan ilmu baru tentang bagaimana pengaruh teknologi informasi di industri migas. Dengan adanya transformasi digital saat ini ternyata memberikan pengaruh yang besar karena digitalisasi migas mampu menghasilkan pemusatan menggunakan cloud sehingga meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam data sharing dan interaksi antar tim. Digitalisasi migas ini dapat membantu perusahaan dalam mempercepat proses serta pengambilan keputusan," jelasnya.

Jeni merasa bangga, lewat program magang kerja PHR tersebut telah menambah pengalaman di dunia kerja dan meningkatkan kualitas diri. "Melalui tugas-tugas yang diberikan, saya mendapatkan banyak wawasan baru dalam menambah, mengasah dan mengembangkan keterampilan diri. Dan yang paling berkesan, yaitu dapat menambah relasi kekeluargaan dalam lingkungan profesional," tuturnya.

Beda lagi pengalaman Siti Rahmah yang terjun di bidang kehumasan yang terhimpun dalam Departemen Corporate Secretary PHR saat ia magang. Rahmah seorang lulusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Riau mengaku bersyukur dapat kesempatan belajar dalam penanganan komunikasi perusahaan ke pihak-pihak pemangku kepentingan.

"Banyak hal-hal baru yang saya dapat selama 6 bulan di tim Corsec PHR. Mulai dari pertemuan dengan pemangku kepentingan, protokol kunjungan VIP, dukungan operasi migas dan sejenisnya. Selain ilmu, pengalaman luar biasa juga didapat ketika bisa terjun langsung menjumpai berbagai kalangan, mulai pemerintahan, sekolah, kampus hingga masyarakat layaknya humas sebuah perusahaan," tutur Rahmah.

Dari dalam, dia juga merasakan kehangatan layaknya berada di lingkungan keluarga sendiri.
"Selama magang kerja itu jadi waktu yang menyenangkan, karyawan PHR sangat humble, rasa kekeluargaannya luar biasa, senantiasa membimbing dan mengayomi kami dengan baik. Terima kasih PHR dengan adanya program magang kerja ini membuat pikiran saya semakin terbuka dan lebih matang untuk memasuki dunia kerja," ungkapnya.

Tak kalah seru cerita dari Wulandari Ramadhani dan Deborah Margaretha juga mendapatkan pengalaman baru yang serupa. Dua Putri Riau ini dapat kesempatan magang di bidang Operation & Maintenance (O&M) PHR WK Rokan.

Wulan merupakan lulusan Jurusan Kesehatan masyarakat Universitas Hangtuah Pekanbaru, dan Deborah dari lulusan FMIPA Universitas Riau. Keduanya belajar dan berkontribusi dalam bidang yang sama.

"Saya tidak menyangka bisa lulus mengikuti program magang kerja PHR, dari ribuan pendaftar yang diterima hanya 73 dan alhamdulillah saya salah satunya. Kalau netizen suka bilang masuk harus ada koneksi, saya asli bermodal diri sendiri dan mengikuti seluruh proses yang diminta PHR. Saya ditempatkan di divisi O&M, minggu pertama sudah langsung mengikuti pelatihan, salah satunya training online SWP (Safe Work Practices), dan di minggu ketiga saya sudah diizinkan untuk bisa ikut observasi lapangan didampingi oleh mentor. Wah saya sangat puas dan senang bisa belajar langsung bagaimana proses pengeboran minyak, bagaimana cara memastikan safeguard dengan baik, dan banyak lagi yang bisa saya dalami ketika di lokasi," kata Wulan.

Menurut Wulan, ia selalu dilibatkan dalam segala hal sebagaimana pegawai lainnya, tanpa ada membeda-bedakan walau sebatas magang kerja.

"Saya sangat senang bisa bergabung di PHR ini, tim yang penuh kehangatan, sangat merangkul, mendidik, dan karena saya paling muda di dalam tim mereka menganggap saya sebagai adik dan anak sendiri. Tidak bisa saya balas kebaikan dan ilmu yang telah mereka bagi ke saya, hanya terima kasih sebesar-besarnya yang bisa saya berikan. Terima kasih PHR yang sudah mendukung anak-anak Riau, semoga kedepannya program magang ini terus berjalan dengan baik dan membantu fresh graduate yang ingin menambah pengalaman dunia kerja," ungkapnya.

Lantas rekannya, Deborah Margaretha juga menyampaikan manfaat magang, "Hal positif yang dapat saya petik bahwasannya magang ini berdampak meningkatkan softskill maupun hardskill yang saya miliki. Di sini saya diberi kebebasan dalam berekspresi dan memberikan argumen, sehingga secara tidak langsung telah mengasah tingkat kepercayaan diri dan public speaking. Selain itu, saya diberi tantangan setiap dua minggu dalam menganalisa suatu permasalahan/troubleshoot oleh mentor. Dalam pemecahan setiap tantangan ini, membentuk saya menjadi pribadi yang berpikir kritis dan kreatif. Kegiatan magang ini telah mengembangkan potensi diri saya dalam mempersiapkan dunia kerja yang sesungguhnya," kata Deborah.

Ia pun memiliki kesan-kesan berharga yang didapat selama magang. Menurutnya, ini menjadi kesempatan emas untuk mempersiapkan diri dalam dunia kerja ke depan. "Awesome experience! pengalaman kerja di pertamina hulu rokan selama 6 bulan merupakan kesempatan emas bagi saya,” lanjutnya.

Program magang kerja tersebut merupakan sebuah upaya PHR untuk terus berkontribusi bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi. Tidak hanya sebagai perusahaan hulu migas yang beroperasi tetapi juga memberi dampak nyata kepada masyarakat Riau.

Editor : Yusni
Kategori : Ekonomi, Pendidikan, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 01 Februari 2023
Inhu FC Pekanbaru Juara Piala Oxygen 2023 Wali Nagari Situjuah Batua
Rabu, 01 Februari 2023
Bupati Siak Lantik 7 Kepala UPT Disdukcapil
Rabu, 01 Februari 2023
Pro Kontra Kontestasi Pilkades di Bengkalis, Bagus Santoso Harap Semua Pihak Bijak
Rabu, 01 Februari 2023
Jalan Poros dan Penanganan Abrasi Jadi Prioritas Musrenbang Kecamatan Bengkalis

Serantau lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
3 Zodiak Jalani Hidup Paling Beruntung Bulan Februari 2023
Senin, 30 Januari 2023
Berdesain Unik, Pojok Baca RSUD Tengku Rafian Siak Juara 1 Lomba Perpustakaan
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Oppo Find X6 Series Akan Punya Tiga Varian, Ini Bocorannya
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Peringati Hari Kanker Dunia, IDI Pekanbaru akan Gelar Berbagai Kegiatan
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 01 Februari 2023
UIR Penjajakan Potensi Kerjasama dengan UTP Malaysia
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Bangga Anak Riau Diterima Magang di Thailand dan Filipina
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
BUMD 2023
Foto
PCR 2023
Khas Hotel November 2022
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard

Selebriti lainnya ...
Nataru 2022 April.RAPP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www