Jumat, 01 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Pelantikan Pj Gubri - PT Riau Petroleum

CAKAP RAKYAT
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Paska kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Bumi Lancang Kuning beberapa waktu lalu –yang mana Presiden menginisiasi pembangunan Rumah Sakit Pusat (RSP) jantung, otak dan uronefrologi rujukan regional Sumatera- rencana pembangunan memperlihatkan progres meyakinkan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah turun meninjau lokasi yang disiapkan untuk pembangunan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan yakni di Jalan Naga Sakti Kelurahan Simpang Baru, tak jauh dari Stadion Utama Riau.

Kunjungan pihak Kemenkes sekaligus jawaban atas agenda Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sebelumnya kala menemui Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Kantor Kemenkes RI. Pihak Kemenkes pun menilai lahan sudah memenuhi syarat. Pembangunan RSP dijadwalkan akan dimulai Juni 2023 dan ditargetkan bisa diresmikan di tahun 2024 mendatang. Selaku masyarakat Riau, pembangunan RSP patut kita syukuri. Disamping bentuk respon atas tingginya angka kematian akibat jantung dan strok di Indonesia termasuk di Riau, RSP ini akan memainkan peran penting untuk kawasan Sumatera.

Kami mengapresiasi gerak cepat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyiapkan lahan pembangunan. Kepala Daerah dalam beberapa kesempatan belakangan pun sudah meminta ke jajarannya yakni Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan ditugaskan di rumah sakit milik Pemerintah Pusat tersebut.

Gubri Syamsuar menyampaikan permintaan sama dalam acara pertemuan dengan Rektor Universitas Riau (UR), Prof Dr Sri Indarti SE MSi dan jajarannya di rumah dinas. Supaya UR memberi dukungan berupa penguatan SDM tenaga kesehatan (Nakes) yang berkualitas. Selain itu, dalam pertemuan Gubri menyatakan komitmen rendah karbon sebagai bentuk implementasi program Riau Hijau dalam pembangunan RSP. Kami selaku Komisi V DPRD Provinsi Riau menaruh atensi besar ke tahap awal. Yang perlu digesa oleh Pemprov Riau tentu persiapan teknis hibah lahan. Jangan sampai hal-hal teknis seperti pemberian izin dan seterusnya menjadi kendala percepatan pembangunan rumah sakit yang dialokasikan di APBN sebesar Rp1,5 triliun.

Transformasi

Meski RSP belum dibangun, bukan berarti menunda rencana pengelolaan. Justru jauh-jauh hari Pemprov bersinergi dengan pusat dan berdiskusi tentang prospek RSP. Sehingga diperoleh gambaran langkah ke depan. Jangan keinginan bangun RSP sebatas menjawab fenomena maraknya masyarakat di Sumatera berobat ke negeri tetangga atau menandingi RS-RS destinasi medis di Malaysia dan Singapura. Kalau ini trigger-nya, pembangunan RSP tak akan berbicara banyak.

Pengelolaan RSP harus punya cita-cita sendiri. Berani merumuskan nilai serta tujuan. Bukan copy paste. Keinginan meniru atau menandingi capaian RS negara tetangga hanya membuahkan pemikiran yang terpaku di satu titik. Batasan cita-cita RSP mestinya langit. Dengan begitu selalu berbenah tanpa lelah. Apalagi menurut kajian lembaga konsultan terkenal McKinsey's, asa masyarakat atau konsumen terhadap layanan kesehatan semakin tinggi. Layanan lebih efisien, lebih baik dan lebih nyaman. Berkaca pada tuntutan, perlu transformasi signifikan dan struktur. Tanpa perubahan mendasar sektor kesehatan kita makin jauh ketinggalan.

Memang tantangan transformasi sistem kesehatan cukup kompleks. Satu sisi tuntutan mengembangkan pelayanan tapi disisi lain rasional dari segi biaya dan hasil bagus. Bagi kita, mendapati RS bagus dengan tarif rasional bak mimpi siang bolong. Namun tagline “berobat tak harus mahal” justru bisa diwujudkan negeri tetangga. Relatif mahalnya biaya berobat di dalam negeri bukan isapan jempol.

Pengakuan tak hanya berasal dari WNI. Seorang WNA Malaysia, Ivy Phan yang juga seorang mahasiswa kedokteran gigi UGM berbagi pengalaman melalui akun medsosnya. Saat itu ia mengalami dislokasi tulang bahu dan memeriksakan diri. Walau bayar regular, Ivy tak mendapat perawatan atau pemeriksaan apapun. "Saya enggak diapa-apain. Dikasih obat, itu sudah Rp300 ribu. Wah luar biasa. Kalau di Malaysia, rumah sakit kerajaan atau pemerintah, berobat Rp15 ribu sudah dapat pelayanan bagus. Di sini harus bayar BPJS setiap bulan meski tidak sakit," tuturnya. Sudahlah biaya agak mahal, Ivy bercerita perlakuan kurang menyenangkan dari dokter yang menangani.

Cerita di atas rahasia umum. Itulah kenapa muncul pemikiran selagi bisa hindari berobat ke RS. Ini memicu komplikasi penyakit dan ekses negatif lain. Dirunut-runut alasan tadi masuk akal. Sarkas bilang berobat di RS dalam negeri bukannya bikin sehat malah menambah penyakit. Proses mendaftar saja sudah menguras tenaga, emosi dan pikiran. Belum lagi tiba-tiba batal karena sang dokter punya agenda lain atau sikap jutek oknum RS. Pokoknya butuh kesabaran ekstra. Wajar Indonesia tertinggal.

Tak usah bandingkan ke Malaysia dan Singapura. Dulu Vietnam terbelakang sektor kesehatan. Sekarang keadaan berbalik. Kemajuan Vietnam berlari sedang Indonesia merangkak. Indeks Kesehatan Nasional tiap tahun memang naik, tetapi sangat lambat. Sebenarnya bicara teknologi, menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, beberapa RS dalam negeri telah memakai teknologi termutakhir di dunia. Begitujuga kualitas SDM tak kalah. Banyak dokter Indonesia terlibat riset-riset teknologi terbaru bidang medis semisal mobile digital X-ray berteknologi kecerdasan buatan (AI) FDR Nano. Cuman satu pengganjal yakni pelayanan dan sistem. Kasus malpraktik, kesalahan obat dan pelayanan-pelayanan yang membuat citra buruk terjadi saban waktu.

Menyoal sistem belum terintegrasi. Contoh pengaplikasian Electronic Medical Record (EMR) atau Teknologi Rekam Medis yang dapat membantu dokter mengambil keputusan lebih cepat mendeteksi, memberi penanganan dini dan meningkatkan potensi kesembuhan pasien. Di berbagai negara sudah masif. Tapi Indonesia yang katanya masuk era industri 4.0, penerapan belum full. Beberapa catatan medis pasien masih berupa catatan kertas.

Target

Kita bertanya-tanya kenapa prestasi RS negara jiran menjulang. Seperti Malaysia di tahun 2019 layanan kesehatannya pernah diganjar prestasi terbaik di dunia dalam International Living Annual Global Retirement Index. Penilaian barusan standar emas (gold) perawatan kesehatan seluruh dunia. Malaysia memperoleh nilai 95 dari 100. Tercatat pula 13 rumah sakit mereka terakreditasi Joint Commission International (JCI). Tak heran Malaysia mencapai semua itu. Sebab tak berpuas diri menggagas sesuatu yang baru.

Saat Indonesia beranjak ke 4.0, Malaysia jalani transformasi menuju transisi 5.0. Malaysia 5.0 mengaplikasikan inovasi revolusi industri 4.0 memadukan pendekatan fisik dan dunia digital. Secara ringkas 4 kunci transformasinya:  Pertama, merubah stigma RS dari semula pemusatan penyakit (disease-centred) menjadi tempat peduli pasien (patient-centred care). Tujuannya memastikan penerima layanan kesehatan diperlakukan secara terhormat, respek dan dilibatkan lebih jauh dalam pengambilan keputusan terkait kesehatan mereka.

Kedua, penggunaan asisten kesehatan virtual sebagai media komunikasi dan memantau perkembangan pasien atau pengguna layanan kesehatan. Sehingga interaksi dengan pasien dapat terus terjaga sampai sehat. Tindakan yang membantu kesehatan pasien bukan pendekatan medis semata, komunikasi dan kepedulian ke pasien ikut menentukan.

Ketiga, integrasi data dan pengkombinasian baik antar departemen di internal RS dan pemangku kepentingan guna meningkatkan pengalaman pasien lebih baik lagi. Keempat, seiring terintegrasinya data, tindakan dan pengobatan lebih presisi. Banyaknya kasus salah penanganan, salah obat, malpraktek bermula dari tidak paripurnanya pengetahuan terhadap lingkungan, gaya hidup dan data medis pasien.

Sektor kesehatan kita bisa kompetitif secara global. Asal bertekad berubah dan berbenah serta punya gagasan sendiri. Kembali ke RSP yang akan dibangun di Riau, kesempatan unjuk gigi Indonesia mampu jadi terbaik. Terkhusus bagi Riau, peran Pemprov paling dinanti mempersiapkan SDM. Nakes berkualitas penentu layanan. Kuncinya tanamkan mindset supaya mau bertransformasi ke arah lebih baik.

Walau RSP milik Pusat namun keberadaannya di Riau bawa citra bumi lancang kuning. Nilai-nilai kearifan semestinya bisa diterapkan sebagai bahan membentuk SDM berkualitas. Terutama mengambil intisari dari ajaran Islam, bagian tak terpisahkan dari budaya Melayu. Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung di Semarang contoh konkrit penerapan konsep Islam dalam meningkatkan pelayanan. Sejumlah delegasi RS Malaysia bahkan telah studi banding ke sana dan tertarik mengadopsinya.

Ajaran Islam pun sangat relevan dengan sektor kesehatan. Konsep syariah menggariskan pentingnya hifdzunnafs (memelihara jiwa) dan hifdzul’aql (memelihara fikiran/akhlak). Al Qur’an dan hadist banyak menyinggung masalah kesehatan jiwa dan raga. Rasulullah menghadapi orang sakit selalu beri wejangan menyenangkan hati dan melarang orang sakit berharap kematian. Islam juga banyak memunculkan tokoh-tokoh terkemuka di bidang kesehatan seperti Ibnu Sina dan lain-lain.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Selasa, 07 Maret 2023 11:48 WIB
Urban Farming dan Sensus Pertanian 2023
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 01 Maret 2024
Bawaslu Tak Punya Kewenangan Rekomendasikan PSU saat Rekapitulasi Tingkat Kabupaten
Jumat, 01 Maret 2024
Mengetuk Pintu Langit, Pegadaian Pekanbaru Bagikan Paket Makanan ke Masyarakat
Jumat, 01 Maret 2024
Pemuda Pancasila Riau Siap Dukung Kepemimpinan Pj Gubri SF Hariyanto Wujudkan Pembangunan
Kamis, 29 Februari 2024
Aksi Solidaritas Massa AMAPESI Dukung Petugas Pemilu di Provinsi Riau

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Evaluasi Lapangan Visitasi Usulan Pembukaan Prodi Kebidanan Umri
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Tingkat Nasional Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti 2023
Rabu, 28 Februari 2024
Keren, Universitas Abdurrab Kini Punya Alat High Performance Liquid Chromatography
Rabu, 28 Februari 2024
Buka Fakultas Kedokteran, Tim Evaluasi Lapangan Visitasi ke Kampus Universitas Muhammadiyah Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler

01

Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www