Sabtu, 13 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Idul Fitri 1445 / 2024 - PT Riau Petroleum

Dunia Bersatu Bantu Turki-Suriah
Kamis, 09 Februari 2023 06:11 WIB
Dunia Bersatu Bantu Turki-Suriah
Anggota tim SAR dari Korea Selatan bersiap naik pesawat menuju Turki dari Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan, Selasa (7/2). | AP Photo/Ahn Young-joon

(CAKAPLAH) - Sejumlah bantuan internasional mulai tiba di wilayah yang terdampak gempa bumi dahsyat di Turki dan Suriah. Selain bantuan kebutuhan pokok, relawan penyelamat juga berdatangan.

Negara tetangga Yunani mengirim 21 relawan penyelamat, dua anjing penyelamat dan kendaraan penyelamat khusus. Selain itu dikirim juga seorang insinyur struktural, lima dokter dan ahli perencanaan seismik di pesawat angkut militer. Bantuan ini jadi sorotan karena Yunani selama ini dikenal sebagai negara yang kerap terlibat gesekan dengan Turki. Naluri kemanusian mengesampingkan persaingan itu untuk sementara.

Pada Rabu (8/2), tim penyelamat Cina tiba di Bandara Adana pada pukul 4.30 pagi waktu setempat. Tim penyelamat Cina ini terbang lebih dari 8.000 km dengan pesawat sewaan Air China.

Xinhua melaporkan, Tim penyelamat Cina berangkat dari Beijing menuju Turki dengan pesawat sewaan pada Selasa sore untuk bergabung dalam upaya bantuan gempa bumi di negara tersebut. Tim beranggotakan 82 orang itu dikirim oleh Kementerian Manajemen Darurat China atas permintaan pemerintah Turki.

Tim tersebut, yang terdiri dari personel dari korps pemadam kebakaran dan penyelamatan Beijing, Layanan Pendukung Tanggap Gempa Nasional dan Rumah Sakit Umum Darurat di Beijing, membawa serta peralatan dan perbekalan penyelamatan.

Menteri Luar Negeri Palestina Riad Malki juga mengatakan Otoritas Palestina akan mengirimkan dua misi kemanusiaan untuk membantu di Suriah dan Turki. Misi bantuan akan mencakup pertahanan sipil dan tim medis.

Dari pihak lain, Israel mengirim tim pencarian dan penyelamatan yang terdiri dari 150 insinyur, tenaga medis, dan pekerja bantuan lainnya untuk memberikan bantuan penyelamatan di Turki. Kedua negara sedang memperbaiki hubungan setelah bertahun-tahun mengalami ketegangan. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan dia juga telah menyetujui permintaan bantuan kemanusiaan untuk Suriah. Israel dan Suriah tidak memiliki hubungan diplomatik.

Amerika Serikat mengoordinasikan bantuan langsung ke Turki, termasuk tim untuk mendukung upaya pencarian dan penyelamatan. Di Kalifornia, hampir 100 petugas pemadam kebakaran Los Angeles County dan insinyur struktur, bersama dengan enam anjing terlatih khusus, dikirim ke Turki.

Sedangkan tim penyelamat Rusia dari Kementerian Darurat dikirim ke Suriah. Militer Rusia yang dikerahkan di negara itu juga telah mengirimkan 10 unit yang terdiri dari 300 orang untuk membantu membersihkan puing-puing dan mencari korban selamat. Militer Rusia telah menyiapkan titik-titik untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan. Rusia juga telah menawarkan bantuan kepada Turki, yang sejuah ini telah diterima.

Lebanon yang tengah didera krisis politik dan ekonomi mengatakan akan mengirim tim yang terdiri dari 15 anggota resimen teknik militer ke negara tetangga Suriah untuk membantu operasi penyelamatan di bagian negara yang dikuasai pemerintah. Pengumuman datang sehari setelah militer Lebanon mengirim 20 anggota dari resimen yang sama ke Turki untuk membantu penyelamat di sana yang berlomba untuk menemukan korban selamat.

Salah satu pemerintah saingan Libya mengatakan akan mengirim tim beranggotakan 55 orang ke Turki untuk membantu upaya penyelamatan. Pemerintah Perdana Menteri Abdel Hamid Dbeibah mengatakan tim tersebut akan terdiri dari penyelamat, anggota medis bersama dengan empat anjing.

Pakistan yang juga didera krisis ekonomi telah mengirim satu penerbangan pasokan bantuan dan membawa tim pencarian dan penyelamatan beranggotakan 50 orang. Pemerintah mengatakan penerbangan bantuan harian ke Suriah dan Turki akan dimulai Rabu (8/2).

Perdana Menteri Shehbaz Sharif menyiapkan dana bantuan serta mendesak orang untuk menyumbang dengan murah hati. Kabinet federal menyumbangkan gaji sebulan dan semua pegawai pemerintah menyumbangkan gaji sehari untuk didonasikan bagi korban gempa Turki dan Suriah.

Qatar juga akan mengirimkan bahan-bahan untuk 10 ribu unit hunian sementara ke Turki dan Suriah. “Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya Qatar untuk berkontribusi meringankan korban gempa di Suriah dan Türkiye," bunyi pernyataan pemerintah dilansir dari Daily Sabah, Rabu (8/2).

Pada Senin (6/2), Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani memerintahkan peluncuran angkutan udara untuk membantu korban gempa di Turki. Tim penyelamat, rumah sakit lapangan, bantuan kemanusiaan, tenda dan perlengkapan musim dingin juga akan dikirim ke negara itu.

Negara-negara di Eropa, Asia Timur, Afrika, dan Timur Tengah lainnya juga telah mengirimkan bantuan personel penyelamat serta bantuan kebutuhan hidup ke Turki dan Suriah.

Gempa berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang tenggara Turki yang berbatasan dengan Suriah pada Senin (6/2) pagi. Hingga Rabu (8/2), total korban jiwa gempa di selatan Turki dan Suriah menjadi lebih dari 7.800 orang. Tim penyelamat berlomba dengan waktu di musim dingin yang membekukan untuk mengeluarkan para penyintas dari reruntuhan bangunan.

Saat skala bencana semakin jelas, total korban jiwa diperkirakan akan bertambah kembali. Seorang pejabat PBB mengatakan ribuan anak-anak mungkin meninggal dunia dalam bencana ini.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mendeklarasikan masa darurat di 10 provinsi. Tapi warga di kota-kota yang terdampak gempa menyuarakan kegeraman dan amarah atas sedikit dan lambatnya respon pemerintah pada gempa bumi paling mematikan di Turki sejak 1999.

Gempa bermagnitudo 7,8 diikuti gempa kedua yang hampir sama kuatnya meruntuhkan gedung-gedung termasuk rumah sakit, sekolah dan blok apartemen. Bencana itu melukai puluhan ribu orang dan mengakibatkan banyak warga Turki dan utara Suriah menjadi tuna wisma.

Tim penyelamat kesulitan mencapai daerah-daerah yang paling terdampak gempa. Mereka terhalangan jalanan rusak, cuaca buruk, sedikitnya sumber daya dan beratnya peralatan. Beberapa daerah tidak dialiri listrik dan tidak memiliki bahan bakar.

Dengan sedikitnya bantuan cepat, warga menyisir puing-puing tanpa peralatan yang memadai untuk mencari orang-orang yang masih berada di bawah reruntuhan. Petugas kemanusiaan menyuarakan keprihatinan di Suriah yang sudah mengalami krisis kemanusian usai dilanda perang sipil selama 12 tahun.

Otoritas Turki mengatakan sekitar 13,5 juta orang terkena dampak gempa. Luasnya terbentang di wilayah sekitar 450 kilometer (km) dari Adana di barat hingga Diyarbakir di timur; dan 300 km dari Malatya di utara hingga Hatay di selatan. Otoritas Suriah telah melaporkan kematian di wilayah selatan di Hama, sekitar 250 km dari pusat gempa.

"Sekarang kita berpacu dengan waktu," kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa. "Setiap menit, setiap jam berlalu, peluang untuk menemukan orang yang selamat semakin berkurang".

Pejabat senior WHO mengatakan Suriah membutuhkan bantuan kemanusiaan yang sangat besar usai gempa besar menewaskan ribuan orang di Suriah dan Turki. Suriah sudah mengalami krisis kemanusiaan terburuk usai dilanda perang saudara selama 12 tahun.

Pejabat Senior Kedaruratan WHO Adelheid Marschang mengatakan kapasitas Turki untuk merespon krisis yang diakibatkan gempa bermagnitudo 7,8 cukup kuat. Tapi ada kebutuhan yang tak terpenuhi dalam waktu singkat dan jangka-menengah di perbatasan Suriah.

"Krisis ini di atas berbagai krisis yang berdampak di kawasan," katanya dalam rapat dewan WHO di Jenewa, Selasa (7/2). "Di seluruh penjuru Suriah, kebutuhan berada di puncaknya setelah 12 tahun krisis berlarut-larut, rumit, sementara anggara bantuan kemanusiaan terus menurun," tambahnya.

Ia mengatakan sekitar 23 juta orang termasuk 1,4 juta anak-anak kemungkinan terpapar krisis setelah gempa dan gempa susulan menghancurkan ribuan bangunan di kedua negara.

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mendesak Rusia membantu menekan Suriah mengizinkan bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa masuk dengan cepat dan tanpa halangan tambahan.

"Semua aktor internasional, termasuk Rusia, harus menekan rezim Suriah untuk memastikan bantuan kemanusiaan untuk para korban dapat tiba," kata Baerbock dalam konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Armenia Ararat Mirsojan, Selasa (7/2).

"Penting untuk saat ini menyingkirkan senjata dan semua upaya di kawasan fokus pada bantuan kemanusiaan dan pada pemulihan dan perlindungan korban," kata Baerbock yang menambahkan setiap menit sangat berarti.

Editor : Ali
Sumber : Republika.co.id
Kategori : Internasional
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 11 April 2024
Ribuan Warga Salat Idul Fitri di Polres Siak
Rabu, 10 April 2024
Pernah Bikin Heboh Gegara Berkelahi, Bupati Rohil dan Wakilnya Lepas Pawai Takbir Idulfitri
Senin, 08 April 2024
Polsek Kampar Kiri Bagi-bagi Takjil dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim 
Minggu, 07 April 2024
MPW Pemuda Pancasila Riau Santuni 500 Anak Panti Asuhan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www