Selasa, 23 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT:
Urban Farming dan Sensus Pertanian 2023
Selasa, 07 Maret 2023 11:48 WIB
Urban Farming dan Sensus Pertanian 2023
Muji Basuki, Statistisi BPS Kota Pekanbaru

(CAKAPLAH) - Sensus Pertanian akan dilaksanakan pada tahun 2023. Sesuai amanat Undang Undang Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik, ada tiga jenis sensus yang harus dilakukan dalam rentang waktu 10 tahun sekali, yaitu Sensus Penduduk pada tahun yang berakhiran 0, Sensus Pertanian pada tahun yang berakhiran 3 dan Sensus Ekonomi pada tahun yang berakhiran 6. 

Sensus Pertanian 2023 yang selanjutnya disingkat dengan ST2023 akan dilaksanakan ditengah banyaknya dinamika perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia, baik pada skala lokal, nasional, regional maupun global. Dinamika perubahan khususnya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini terjadi hampir dalam semua aspek kehidupan manusia, baik sosial, ekonomi, teknologi, politik, militer, kesehatan, dan lain-lain.

Perubahan-perubahan besar dalam kurun 10 tahun terakhir ini seperti disebutkan oleh banyak ahli diawali dari bertambahnya populasi manusia di tengah sistem perekonomian global yang belum sepenuhnya berjalan dengan prinsip keadilan dan kesetaraan, juga dipicu oleh perkembangan dunia teknologi digital yang merambah semua aspek kehidupan manusia, dan selanjutnya itu semua mendisrupsi berbagai aspek kehidupan serta memaksa manusia menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan itu. Krisis kesehatan dan krisis keamanan global yang terjadi  selama 2 tahun terakhir semakin mengeskalasi peruabahan-perubahan yang sebelumnya sudah bergulir dengan cepat. 

Pertanian, Sektor Primer yang Terdampak Perubahan

Salah satu sektor kehidupan manusia yang sangat terdampak dari dinamika perubahan yang terjadi adalah sektor pertanian. Bagaimana tidak, dengan bertambahnya jumlah populasi manusia di atas bumi yang tidak bertambah luas ini, menyebabkan lahan-lahan pertanian menjadi korban dari kebijakan tata ruang yang lebih memprioritaskan kebutuhan tempat tinggal manusia.

Belum lagi kebutuhan manusia akan beragam jenis barang baik yang primer, sekunder maupun tersier, semakin mendorong pengembangan industri manufaktur yang membutuhkan kawasan lahan yang tidak sedikit. Sehingga menjadi umum kita dengar peristiwa konflik perebutan lahan pertanian yang akan dialihfungsikan untuk berbagai kegiatan manusia yang lain, baik untuk permukiman, infrastruktur jalan, maupun kawasan industri. 

Berkurangnya kawasan lahan pertanian tentu khususnya menjadi ancaman tersendiri khususnya untuk kawasan-kawasan urban yang populasi penduduknya terus bertambah sementara lahan pertanian relatif terbatas, bahkan hampir tidak ada lahan pertanian. Di berbagai kawasan urban, pemenuhan kebutuhan pangan warganya harus dipenuhi melalui mekanisme impor dari kawasan lain, bahkan dari negara lain.

Memang dalam perspektif perekonomian pasar, ketergantungan kawasan urban terhadap kawasan-kawasan lain dalam memenuhi kebutuhan pangannya menjadi peluang tersendiri bagi kawasan lain yang menjadi produsen komoditas pangan. Akan tetapi dalam jangka panjang, kondisi ini bisa menjadi ancaman serius bagi kawasan urban terutama jika secara global produksi pangan tidak seimbang dengan total kebutuhan konsumsi pangan manusia.

Situasi ancaman seperti ini misalnya diprediksi oleh para pimpinan negara-negara G20 saat konferensi G20 di Bali pada 2022 yang lalu. Presiden Jokowi sebagai Ketua Presindensi G20 bahkan sempat menyinggung hal ini dalam pidato pembukaannya, dimana beliau mengingatkan para pemimpin dunia akan ancaman krisis pupuk yang berpotensi mengancam ketahanan pangan dunia terutama disebabkan krisis keamanan akibat perang Rusia-Ukraina. 

Urban Farming, Solusi ditengah Ancaman Krisis Pangan 

Istilah urban farming mengacu kepada konsep pengolahan lahan dengan berprinsip pada pemanfaatan lahan sempit di wilayah perkotaan, oleh karena itulah istilah ini seringkali memiliki nama lain pertanian perkotaan. Selain itu, ada alasan lain yang melatarbelakangi keinginan masyarakat perkotaan untuk melakukan pertanian perkotaan atau urban farming, salah satunya ialah peningkatan kualitas udara di perkotaan.

Gerakan urban farming sendiri sebenarnya sudah mulai dikenal sejak zaman peradaban Mesir Kuno, ketika para penguasa kota saat itu ingin membangun kotanya sebagai kawasan yang tetap hijau dan asri ditengah keramaian aktivitas kota. Selanjutnya gerakan urban farming ini semakin dikenal terutama ketika terjadi perang dunia I dan II yang area perangnya sudah banyak terjadi di kawasan kota, sehingga para pemimpin pasukan mendorong penduduk untuk bercocok tanam agar supply kebutuhan pangan kepada pasukan tetap terjaga.

Saat ini, Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melalui Food and Agriculture Organization (FAO) mendorong negara-negara di dunia untuk mengintensifkan gerakan urban farming ini sebagai alternatif solusi pangan dunia. FAO sendiri mendefinisikan urban farming sebagai "sebuah industri yang memproduksi, memproses dan memasarkan produk dan bahan bakar nabati, terutama dalam menanggapi permintaan harian konsumen di dalam perkotaan, yang menerapkan metode produksi intensif, memanfaatkan dan mendaur ulang sumber daya dan limbah perkotaan untuk menghasilkan beragam tanaman dan hewan ternak"

Gerakan urban farming di Indonesia muncul pada akhir tahun 2011 yang merupakan respon dari permasalahan pertanian di perkotaan. Pelopor dari gerakan urban farming ini adalah Ridwan Kamil dan membuat Komunitas Indonesia Berkebun, khususnya di Kota Bandung.

Pekanbaru, Kawasan Urban yang Semakin Kompleks

Sebagaimana kota-kota lainnya, Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau dinamika kehidupannya semakin berkembang dan semakin kompleks. Tentu hal ini tidak terlepas dari semakin bertambahnya populasi penduduk di Pekanbaru. Menurut situs riau.bps.go.id, jumlah penduduk kota Pekanbaru pada tahun 2010 sebanyak 903.038 jiwa, kemudian bertambah lebih dari 11 persen pada tahun 2022 menjadi sebanyak 1.007.540.

Dengan jumlah penduduk diatas 1 juta jiwa, maka Kota Pekanbaru menjadi wilayah kabupaten/kota dengan penduduk terbanyak di Provinsi Riau. Sedangkan dilihat dari sisi luasan wilayah, Kota Pekanbaru adalah wilayah administratif dengan luas wilayah terkecil dibandingkan kabupaten/kota yang lain di Provinsi Riau, yaitu hanya seluas 632,27 KM2 atau 0,73 persen dari total wilayah Provinsi Riau yang seluas 87,023 KM2. Masih menurut situs riau.bps.go.id, Kota Pekanbaru menjadi kota terpadat dengan kepadatan penduduk per KM2 sebesar 1.808,34 jiwa pada tahun 2019.

Dengan populasi sebanyak itu, tentu kebutuhan beragam komoditas pangan menjadi cukup tinggi untuk Kota Pekanbaru. Sebagai contoh untuk komoditas beras , dengan rata-rata konsumsi beras per kapita seminggu sebesar 1,135 kg, maka dapat diperkirakan kebutuhan beras di Kota Pekanbaru setiap minggunya sebesar lebih dari 1 juta kg. Belum lagi untuk komoditas pangan lainnya, seperti sayur mayur, buah-buahan, ikan, daging, telur dan sebagainya.

Urban Farming, Solusi Alternatif Ketahanan Pangan

Selama ini kebutuhan komoditas pangan untuk warga Pekanbaru banyak dipenuhi melalui mekanisme impor dari wilayah/negara lain, karena memang area pertanian di Pekanbaru jauh dari standar cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Pekanbaru yang tinggi tersebut. Padahal perlu dicermati, bahwa fenomena keterbatasan lahan pertanian dan bertambahnya jumlah penduduk juga dihadapi oleh daerah/negara yang selama ini menjadi supplier komoditas pangan ke Pekanbaru.

Lahirnya kebijakan afirmatif dari pemerintah kota Pekanbaru, termasuk juga kebijakan dari pemerintah pusat dan provinsi yang menstimulasi tumbuhnya gerakan urban farming di wilayah perkotaan memang menjadi salah satu alternatif solusi atas ancaman krisis pangan masyarakat global, termasuk di Pekanbaru.

ST2023 akan menjadi momentum penting bagi bangsa Indonesia untuk memotret kondisi terkini sektor pertanian, termasuk memotret perkembangan gerakan urban farming ini. Data dan informasi yang dikumpulkan melalui ST2023 ini akan menjadi bahan penting bagi pemerintah dalam mengevaluasi kebijakan selama ini, sekaligus menjadi bahan dalam menyusun berbagai kebijakan-kebijakan sektor pertanian di masa yang akan datang. Selamat data ST2023.***

Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan, Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Senin, 27 Februari 2023 11:22 WIB
Demokrasi Dibajak Oligarki
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 23 April 2024
Gelar Workshop UKMK Berbasis Kelapa Sawit, Aspek-Pir Riau Angkat Tema Kecantikan
Selasa, 23 April 2024
Masyarakat Pekanbaru Nikmati Layanan Kesehatan 'Doctor on Call'"
Senin, 22 April 2024
Pesan Bluebird Pakai WhatsApp, Kenapa Tidak?
Senin, 22 April 2024
Arus Mudik dan Balik Lebaran Aman, Enam Kapolres di Riau Diberi Penghargaan

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www