Selasa, 18 Juni 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Modal Sosial Bangun Negeri
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Belum lama berselang Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menerima penghargaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Award 2023 untuk kategori Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Baznas Pusat di Puri Agung Hotel Sahid, Jakarta (CAKAPLAH.com, 21/3). Kategori penghargaan tadi diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai berkomitmen dan berhasil mendorong serta meningkatkan pengelolaan zakat di daerah.

Teruntuk Riau, setiap bulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengumpulkan zakat sekitar Rp3,5 miliar yang diambil dari pemotongan gaji ASN yang beragama Islam sebesar 2,5 persen. Kami selaku anggota DPRD Provinsi Riau turut senang. Meski masih banyak wacana dan gagasan menanti guna semakin memantapkan peran zakat dan wakaf. Sebab dalam ajaran Islam berderma bukan sebatas bentuk kebaikan hati si pemberi. Tapi ini bicara ibadah. Bahkan dalam sebuah hadist termahsur soal amalan yang terus berlanjut meski seorang muslim meninggal, Rasulullah mendahulukan penyebutan sedekah jariyah baru kemudian ilmu bermanfaat dan do’a anak saleh. Artinya kepedulian sosial puncak kesalehan. Sasarannya juga bukan ekslusif umat Islam semata. Berhubung Islam rahmatan lil’alamin, menebar kepedulian dan kasih sayang ke umat manusia.

Penerapan konsep di atas bisa dirasakan di ranah kehidupan nyata. Banyak ritual dan instrumen peribadatan Islam yang dinikmati berbagai kalangan. Contoh saat momen Hari Raya Idul Adha. Di banyak tempat, daging hasil pemotongan hewan kurban dibagi ke setiap warga termasuk pemeluk agama lain. Ini keberkahan yang wajib dilestarikan sekaligus penguat soliditas. Disamping itu masjid. Tidak semata berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim, tetapi juga memberi warna dalam kehidupan sosial. Malah banyak lingkungan masjid terpadu dengan sarana kesehatan kayak Posyandu dan kegiatan sosial lain.

Tak hanya itu, masjid juga dipakai sebagai sentra aktivitas. Perihal ini, miris rasanya dulu pernah muncul kegaduhan ulah pernyataan seorang menteri di Pemerintahan Joko Widodo yang meributkan toa masjid. Padahal di lapangan, toa masjid bukan saja dipakai untuk menyuarakan azan dan pengajian. Mulai even sosial semisal kerja bakti atau gotong royong lingkungan, Posyandu, pemberitahuan kematian sampai urusan receh kayak kehilangan semua diumumkan lewat toa masjid. Dari sini tergambar aspek ajaran Islam memperkuat kultur bangsa kita yang komunal dan penuh kekeluargaan. Itu baru sepersekian unsur berkaitan dengan Islam. Jelas masih banyak modal sosial lain yang potensial untuk diberdayakan demi kemaslahatan negeri.

Modal Sosial

Banyak ahli menilai Indonesia sebagai negara berpopulasi muslim terbesar di dunia mempunyai potensi sangat besar. Sayangnya penilaian barusan cenderung memosisikan mayoritas muslim sebatas pangsa pasar. Tak heran saat momen Ramadhan dan Idul Fitri dibanjiri pemandangan mendadak syar’i, entah itu dari segi konten acara televisi hingga penjualan produk-produk. Di sisi lain mengabaikan nilai ekonomi, sosial dan politik yang ditawarkan Islam. Secara modal sosial, Islam memilik banyak institusi yang berpengaruh dalam perjalanan negeri ini. Sebut saja paling mengemuka masjid, pondok pesantren dan Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam. Perannya juga vital. Institusi bergerak di bidang dakwah dan pendidikan, kesehatan dan mengangkat perekonomian masyarakat. Terutama secara kelembagaan merekatkan masyarakat dan kehidupan sosial.

Hal barusan tak akan pernah terwujud jika umat muslim tidak fanatik dan lalai mempraktikan ajaran keagamaannya. Sebab orientasi peribadatan Islam membentuk pribadi saleh, peduli dan bermanfaat bagi sekelilingnya. Konsep tersebut ditanamkan bukan melalui shalat dan kegiatan kajian agama saja. Dibarengi pula ranah praktik lewat berbagi ke sesama, baik itu bersedekah, zakat dan wakaf. Inilah sarana paling pokok untuk merekatkan masyarakat. Karena omong kosong mengaku peduIi tanpa diiringi kesadaran berbagi.

Makin menarik tentunya mengulas zakat dan wakaf sebagai alat memperkuat ikatan sosial di antara masyarakat. Pada dasarnya, keduanya instrumen yang berangkat dari nilai religius untuk mewujudkan redistribusi harta dari golongan yang berkecukupan kepada golongan yang membutuhkan. Optimalisasi zakat dengan penyaluran kepada mustahik akan dapat menjaga daya beli masyarakat miskin dari sisi penyediaan kebutuhan dasarnya. Sementara optimalisasi wakaf dengan pengelolaan secara produktif akan memperkuat perekonomian dari sisi investasi dengan dampak yang tidak hanya bersifat ekonomi, namun juga sosial, religius dan lingkungan.

Tak hanya itu, zakat dan wakaf memiliki potensi yang besar untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional. Secara jumlah, menurut Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagaimana rilis Badan Kebijakan Fiskal (BKF) RI, potensi wakaf di Indonesia mencapai Rp 180 triliun per tahun. Kendati begitu tantangan terbesar merealisasikannya. Penerimaan zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di tahun 2019 tercatat baru mencapai 10,2 triliun. Meski penerimaan wakaf tak dibekali data rekapitulasi secara nasional, pengumpulan dana Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) seri SWR0001 berhasil mengumpulkan setidaknya Rp 50,8 miliar. Adapun gerakan wakaf uang ASN Kementerian Agama RI bisa terkumpul sekitar Rp 4 miliar di awal tahun 2021. Kesimpulannya, pengumpulan zakat maupun wakaf di Indonesia masih jauh dari potensi sebenarnya.

Kita mengapresiasi peran instansi dan lembaga Pemerintah seperti Pemprov Riau yang berupaya mengoptimalisasikan pengumpulan zakat, infak dan wakaf ke internal. Namun mengingat kuasa yang dimiliki lembaga eksekutif, wajar sekiranya berharap dan berekspektasi lebih jauh. Kalau sebatas internal, upaya menebarkan manfaat dari modal sosial seperti zakat dan wakaf tak akan berbicara banyak. Pemerintah dalam hal ini Pemprov Riau semestinya dapat mengkoordinasi, menginspirasi banyak pihak dan paling utama membentuk ekosistem yang mendukung perkembangan zakat dan wakaf.

Mengenai disebut terakhir dapat berupa penguatan secara regulasi, tata kelola dan transparansi serta kebijakan daerah yang pro dan mendukung penguatan zakat dan wakaf. Kemudian peningkatan sosialisasi, literasi, edukasi dan riset. Terakhir, integrasi pemanfaatan dana sebagai instrumen program pengentasan kemiskinan terutama kemiskinan ekstrem, mendorong pemberdayaan dan pendidikan, dukungan untuk masyarakat dan dukungan kesehatan. Kenapa perlu intergrasi? Soalnya selama ini zakat dan wakaf antara Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat terkesan berjalan sendiri-sendiri. Ini jelas sebuah kerugian. Padahal tujuannya sama.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. (Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Rabu, 15 Maret 2023 10:07 WIB
Perjuangkan Hak Honorer!
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 17 Juni 2024
Jelang Pilkada 2024, LLMB Pelalawan Siap Dukung Kondusifitas Kamtibmas
Senin, 17 Juni 2024
Gemaraya Festival Pukau Penonton dengan Penampilan Pagelaran Nusantara
Senin, 17 Juni 2024
Tahun Ini, PT Musim Mas Salurkan 13 Ekor Hewan Kurban
Minggu, 16 Juni 2024
Pj Sekdaprov Riau Salat Iduladha di Masjid Raya Annur, 15 Hewan Kurban Disembelih Hari Selasa

Serantau lainnya ...
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja
Selasa, 28 Mei 2024
5 Rekomendasi Laptop Lenovo 5 Jutaan, Cocok untuk Pelajar!
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 12 Juni 2024
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Fakultas MIPAKes Umri Gelar Kuliah Umum
Senin, 10 Juni 2024
Mahasiswa FEB UIR Borong Penghargaan dari Internasional Accounting Alliances Summit 2024
Minggu, 09 Juni 2024
Bertabur Hadiah, Ratusan Masyarakat Antusias Ikuti Jalan Sehat di Kampus Umri
Rabu, 05 Juni 2024
Peringati Milad ke-16, Umri Gelar Tablig Akbar Bersama Prof DR Achmad Jainuri

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www