Selasa, 21 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM

Ramadhan tak hanya membawa atmosfir kebaikan dan keberkahan. Namun juga rahmat berupa diturunkannya Alquran. Peristiwa agung tersebut dalam tradisi masyarakat muslim diperingati dengan nama Nuzululqur’an. Terlepas silang pendapat dan versi kapan waktunya, esensi Nuzululqur’an jauh lebih penting untuk diulas. Sama halnya dengan Ramadhan, kehadiran Alqur’an bukan sebatas kitab suci dan pedoman bagi umat muslim. Tetapi juga membuka ruang untuk dikaji dan diambil manfaatnya oleh kalangan luar Islam. Sejarah mencatat sudah banyak pihak coba mencari kekurangan dan kelemahan Alqur’an. Pada akhirnya malah berbalik menyanjung, membela dan mengikuti ajaran Islam.

Kekuatan bukan semata pada keindahan tutur kata. Mulai sejarah hingga kisah-kisah yang mendasari turunnya ayat Alqur’an turut menginspirasi dan membuka cakrawala berpikir. Sehingga makin dipelajari makin haus dan membuat kita sadar akan hakikat diri dan hidup. Dikatakan mukjizat sebab diturunkannya Alquran sungguh menakjubkan. Jika masa dahulu Tuhan mengutus Nabi disertai dengan kemampuan di luar nalar, maka tidak demikian Nabi Muhammad SAW. Sebab umat manusia mencapai tingkat kematangan memahami dengan akal dan pemikiran tanpa membutuhkan sesuatu yang magis. Berikut diturunkannya Alquran secara bertahap, sedikit demi sedikit dan berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari juga memberitahu sesuatu. Bahwa dalam kehidupan semua butuh proses. Metode ini berlaku di semua lini.

Pemaparan di atas memperkuat posisi Alquran sebagai mukjizat. Semakin menarik mengulas mengapa Allah SWT memilih Ramadhan bulan diturunkannya Alquran? Barangkali keduanya punya kesamaan. Sama halnya setelah mendalami Alqur’an, melalui puasa kita makin menyadari unsur kemanusiaan, lebih paham akan kehidupan dan pentingnya mendidiknya jiwa. Hal ini pula menguatkan pentingnya puasa. Supaya manusia sadar dan tahu bahwa dia punya kelemahan dan batas kekuatan alias makhluk lemah. Jadi jangan merasa jumawa sebanyak apapun pendukung, setinggi apapun jabatan dan sehebat apapun kekuasaan. Itulah kenapa separoh muatan Alquran mengulas tentang sejarah, baik itu kehidupan penguasa dan umat masa lalu, teknologi dan peradaban yang mereka punya dan penyimpangan yang dilakukan.

Dengan begitu kita bisa ambil pelajaran dan tak mengulangi kesalahan dan kemungkaran yang pernah mereka lakukan. Ironisnya, bukannya ambil pelajaran setiap zaman justru pengulangan. Sampai sekarang dan didapati di negeri kita. Simak saja maraknya pemberitaan dimana orang berada dan berkuasa berhadapan dengan hukum mendapat perlakuan berbeda dibanding orang lemah. Begitujuga sekelompok manusia yang memusuhi kebenaran dan memuja kezaliman. Padahal semua sudah disinggung secara gamblang dalam Alquran. “Dan sungguh telah kami mudahkah Alqur’an untuk  menjadi pelajaran dan peringatan bagi semua manusia, maka adakah di antara mereka yang mau mengambil pelajaran…” (Al Qamar; 17).

Iqra’

Seperti yang kita ketahui, al-Alaq menjadi wahyu pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW diperantarai malaikat Jibril. Kita juga sudah khattam ayat pertama yang dilafalkan adalah surah al-Alaq yang berisi perintah membaca (Iqra'). Munculnya perintah Iqra' begitu menyentak. Terlebih kala itu masyarakat jazirah Arab pada umumnya buta huruf. Bahkan jauh dari peradaban atau singkatnya disebut zaman jahiliyah. Disebut jahiliyah bukan saja didasarkan atas kebiasaan dan tatanan masyarakat nan jauh dari standar beradab. Akan tetapi di masa itu tak semua bisa membicarakan nilai-nilai kebenaran.

Tidak hanya terjadi di daratan Arab namun fenomena di berbagai belahan dunia. Di Eropa misalnya, kebenaran mutlak domainnya gereja berkolaborasi dengan kaisar atau raja. Setiap orang terutama kalangan awam sangat berhati-hati membaca sesuatu. Salah sedikit nyawanya bisa melayang. Bagi seorang penemu apabila temuannya bertentangan atau tak sejalan maka siap-siap tanggung resiko. Turunnya Alqur’an merubah segalanya. Kebenaran tersaji dan dapat dikaji oleh siapa saja. Alqur’an merubah dominasi ilmu dan kebenaran, dari semula dimiliki kelompok masyarakat tertentu. Semua dikarenakan satu ayat yakni Iqra'. Satu kata tapi punya dorongan luar biasa. Merangsang setiap insan untuk mencari jalan kebenaran. Memang dalam penafsiran ada perbedaan yang menyatakan bahwa Iqra' tak disebutkan objek bacaan. Lantas apa makna perintah membaca? Dan apa yang diperintahkan untuk dibaca?

Mengacu ke ayat 1 surah al-Alaq sudah jelas bahwa "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan." Kendati demikian, lafaz iqra’ berasal dari kata qara'a dan mengandung kata perintah yang secara umum berarti bacalah. Kata qara'a pada mulanya berarti menghimpun. Bila ditelaah lebih jauh, aktivitas membaca pada hakikatnya adalah menghimpun. Sebagaimana kita membaca suatu kata sebenarnya menghimpun dan menggabungkan dari beberapa huruf.

Penafsiran lain, membaca juga tak harus sesuatu yang tertulis dalam bentuk aksara. Memperhatikan alam raya sejatinya tengah membaca alam raya. Sejarah kemajuan dan peradaban Islam di masa lalu buah nyata dari membaca. Bagi seorang pemimpin bila ingin membentuk kebijakan, maka bacalah situasi dan kondisi sosial masyarakatnya. Jangan membebani apalagi sampai menzalimi. Karena Alqur’an telah bercerita setiap kezaliman akan kembali ke pembuatnya. Disinilah Alqur’an berfungsi memberi petunjuk dan pembeda antara yang hak dan bathil.” (QS al-Baqarah: 185).

Makanya, disamping sejarah, Alquran banyak mengulas aspek pribadi seorang muslim dan manusia, jalinan muamalah atau hubungan antar manusia dengan sesamanya; pemimpin dan rakyatnya. Bahkan ketika Rasulullah SAW ditanya oleh salah seorang sahabat, apa yang harus kita kerjakan dalam hidup? Beliau menjawab Muamalah atau hubungan antarmanusia. Mengapa hubungan antar manusia menjadi prioritas Nabi, karena hakikatnya hubungan antar manusia adalah kunci utama.

Kembali ke Iqra’, inilah yang memisahkan antara era kegelapan dan kebodohan (jahiliyah) dengan era cahaya kebenaran dan pengetahuan. Periode jahiliyah menjadi latar belakang lahirnya Islam. Kalau ada orang yang berkata ajaran Islam membawa surut ke belakang, dapat dipastikan wawasan sejarahnya nol besar. Justru sebaliknya hadisnya Iqra' menjadi starting point ajaran Islam serta bangkitnya peradaban dan ilmu pengetahuan. Melahirkan apa yang disebut oleh banyak sejarawan dunia Periode Ketiga yakni bersandingnya agama dan ilmu pengetahuan.

Figur Nabi Muhammad SAW menjadi faktor sentral dalam periode ini. Petunjuk yang beliau dapatkan adalah perpaduan antara ilmu pengetahuan dan agama, yang diwakili dari kalimat Iqra' bi ismi rabbik! (Bacalah dengan membaca nama Tuhanmu). Iqra' selaku simbol ilmu dan bi ismi rabbik sebagai agama. Iqra' tanpa bi ismi rabbik atau bi ismi rabbik tanpa Iqra' terbukti tidak mengangkat martabat manusia dan peradaban ke arah lebih baik.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau).
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Rabu, 23 November 2022 12:01 WIB
Permenaker 18, PHP?
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Sabtu, 31 Desember 2022 15:07 WIB
2023 dan Asa Lebih Baik
Jum'at, 25 November 2022 18:19 WIB
Guru Dan Tantangan Kekinian
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Senin, 21 November 2022 08:31 WIB
Anak Aset Bangsa
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 21 Mei 2024
Majelis Hakim PN Pekanbaru Tolak Gugatan Novrina
Senin, 20 Mei 2024
Silaturahmi dan Pembinaan Mesjid se-Kecamatan Tuah Madani, Muflihun Sampaikan Hal Ini
Senin, 20 Mei 2024
Kepengurusan Segera Berakhir, PWI Bengkalis Bentuk Panpel Konferkab
Senin, 20 Mei 2024
80 Peserta Dapat Pelatihan Sembelih Halal dari Masjid Al Birru Pekanbaru

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Rahmansyah
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www