Rabu, 29 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT:
Puasa dan Komunikasi
Kamis, 20 April 2023 14:38 WIB
Puasa dan Komunikasi
Dr. H. Biryanto, M.Si

(CAKAPLAH)-Bulan Ramadan tahun 1444 Hijriah tidak berapa lama lagi akan meninggalkan kita. Bulan Ramadan yang datang hanya sekali dalam setahun ini, sangat identik dengan ibadah puasa yang merupakan salah satu dalam rukun Islam. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan bagi umat Islam dinyatakan secara jelas dalam Alquran Surat Al-Baqarah Ayat 183 yaitu “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.”

Menurut Ibnu Katsir dalam kitab Al-Azhim menjelaskan bahwa ayat dimaksud berkaitan dengan perintah puasa yang tidak hanya diwajibkan menahan diri dari makan, minum dan jimak saja, akan tetapi sebagai ibadah yang harus didasarkan pada niat yang lurus karena Allah, menjauhkan diri dari segala perbuatan yang dilarang dan mensucikan diri lahir dan batin. Ayat tersebut juga menunjukkan bahwa kewajiban berpuasa telah ada pada umat sebelumnya, sehingga kita sebagai umat Rasulullah diharapkan dapat melaksanakan puasa dengan lebih bersungguh-sungguh, sehingga dapat menyempurnakan ibadah puasa menjadi lebih baik daripada umat sebelumnya.

Puasa sendiri tidak hanya sekedar menahan lapar dan minum, tetapi juga menahan hawa nafsu dan semua hal yang dapat membatalkan dan merusak pahala puasa. Menurut Imam Al-Ghazali (450-505 H) seorang ulama besar yang berasal dari Iran, yang juga dikenal dengan ulama bergelar hujjatul Islam atau pembela Islam yaitu gelar yang diberikan kepada seorang ulama yang memiliki jasa luar biasa dalam mempertahankan prinsip-prinsip kebenaran Islam dengan argumen yang kuat dan sulit dipatahkan oleh pihak lain yang tidak mempercayai Islam, menyebutkan dalam kitabnya yang masyhur yaitu Ihya Ulumuddin, bahwa terdapat tiga tingkatan orang berpuasa, yaitu puasa tingkatan orang awam (shaum al-'umum), puasa tingkatan orang istimewa (shaum al-khushush), dan puasa tingkatan orang sangat istimewa (shaum khawas al-khawash).

Pada puasa tingkatan pertama, seseorang yang berpuasa hanya sekedar menahan lapar, minum, dan berjimak, namun belum menjaga dirinya dari perbuatan yang tercela. Mereka masih terbiasa berkata kasar, berdusta, mengambil hak orang lain, riya, mencari kesalahan orang lain, dan tidak mampu menjaga dirinya dari perbuatan yang buruk. Oleh karena itulah puasa pada tingkatan pertama ini disebut dengan puasanya orang awam atau orang kebanyakan, sehingga mereka hanya memperoleh lapar dan dahaga saja, namun esensi dari puasa itu sendiri tidak dapat mereka peroleh.

Pada puasa tingkatan kedua, seseorang berpuasa tidak hanya sekedar menahan rasa lapar, dahaga, dan berjimak saja, tetapi telah mampu menjaga dirinya dari perbuatan tercela dan berbagai hal yang merusak ibadah puasa. Mereka mampu menjaga lisannya dari perkataan yang buruk, menjaga pendengarannya dari perkataan yang sia-sia, menundukkan pandangannya (ghadhdul bashar), dan menjaga semua anggota tubuhnya dari berbagai hal yang dapat menimbulkan dosa. Berpuasa pada tingkatan inilah yang disebut Imam Al-Ghazali puasanya orang yang terpilih atau istimewa.

Berikutnya, puasa pada tingkatan tertinggi yaitu seseorang yang berpuasa dengan membebasakan dirinya dari semua kepentingan dunia, dan berkhidmat melalui ketaatannya kepada Allah semata. Mereka yang berpuasa pada tingkatan ini tidak lagi menahan lisan, pendengaran, mata, dan semua anggota tubuhnya dari perbuatan tercela, tetapi telah sampai dengan menjaga hati dan pikirannya. Pada tingkatan inilah yang disebut dengan puasanya orang dengan derajat yang sangat istimewa atau puasanya para nabi dan wali Allah.

Berdasarkan tiga tingkatan puasa yang dikemukakan oleh Imam Al-Ghazali tersebut, tentunya kita sebagai orang yang beriman tidak hanya ingin berpuasa sekedarnya saja, yaitu seharian berpuasa tetapi hanya mendapatkan lapar dan dahaga. Kita dianjurkan untuk senantiasa memperbaiki diri, berbuat lebih baik dari waktu ke waktu, dan tidak menunda-nunda untuk melakukan kebaikan. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran Surat Al-Baqarah Ayat 148 yaitu: “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka, berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai tingkatan puasa yang lebih tinggi, adalah dengan menerapkan komunikasi yang baik dan bernilai ibadah. Diperlukan kesungguhan dan tekad yang kuat untuk berkomunikasi dengan baik dan bernilai ibadah tersebut, karena memang selama ini kita banyak berkomunikasi hanya sekedar untuk sharing informasi saja. Lebih bahayanya lagi jika komunikasi yang kita lakukan malah menjadi perbuatan dosa dengan berkata yang tidak benar, menceritakan keburukan orang, dan berkata kasar yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

Melalui ibadah puasa, kita sebenarnya dilatih untuk berkomunikasi dengan baik dan bernilai ibadah. Setidaknya ibadah puasa dapat meningkatkan tiga keterampilan dasar berkomunikasi. Pertama, berbicara yang baik dan menyejukkan. Orang yang berpuasa dilatih untuk menjaga lisannya dari perkataan yang buruk. Berbicara yang baik dapat dimulai dengan tujuan berkomunikasi yang baik, memilih kata yang baik, dan isi pesan yang sesuai fakta. Tujuan komunikasi yang baik contohnya adalah berkomunikasi untuk saling mengingatkan sesama dalam kebaikan, berbagai informasi yang bermanfaat, dan mengajak orang lain untuk berbuat yang benar.

Tujuan komunikasi tersebut kemudian dilanjutkan dengan menyusun isi pesan yang baik, dengan pemilihan diksi yang sesuai, dan informasi yang tepat. Setelah pesan komunikasi didesain dengan baik, maka dilanjutkan dengan menyampaikan pesan tersebut dengan cara yang baik pula, seperti menjaga intonasi, volume, gestur, mimik, sikap tubuh, dan komunikasi nonverbal lainnya. Pada intinya, berbicara yang baik merupakan kesatuan dari komunikasi verbal dan nonverbal yang saling melengkapi.

Keterampilan dasar komunikasi berikutnya yang dapat dilatih saat berpuasa adalah dengan mendengarkan yang baik. Orang yang berpuasa juga harus dapat menjaga pendengarannya dari sesuatu yang sia-sia. Mendengar (hear) dan mendengarkan (listen) adalah sesuatu yang berbeda. Mendengar merupakan respon tubuh yang melibatkan indera pendengaran dan bersifat pasif, sedangkan mendengarkan merupakan proses aktif yang bertujuan untuk memahami dan memaknai pesan yang diterima. Mendengarkan yang baik contohnya ketika kita menyimak lantunan ayat suci Alquran, memahami tausiah atau ceramah keagamaan, dan lainnya yang memiliki faedah.

Untuk dapat melatih keterampilan mendengarkan yang baik maka seseorang perlu banyak membaca, karena dengan membaca akan memperoleh pengetahuan dan wawasan yang luas, sehingga dapat memahami pesan yang diterima dengan cepat dan tepat. Selain itu untuk memperoleh pesan komunikasi yang baik, maka pilihlah lawan bicara dan lingkungan komunikasi yang baik pula, sehingga proses komunikasi yang terjadi memiliki nilai dan faedah yang berguna bagi semua pihak yang terlibat dalam komunikasi.

Ketiga, puasa dapat melatih keterampilan membaca yang baik. Orang yang berpuasa diharapkan dapat menjaga dirinya dari membaca bacaan yang tidak berfaedah dan dapat merusak amalan puasa. Pada saat berpuasa kita biasanya menggunakan waktu seefisien mungkin dengan melakukan berbagai hal yang bernilai ibadah, salah satunya adalah dengan membaca Alquran. Kegiatan membaca Alquran ini tentunya sering pula diiringi dengan membaca terjemahannya agar dapat memahami makna dari ayat yang dibaca. Upaya untuk memahami makna dari pesan yang dibaca tersebut menjadi latihan bagi kita untuk meningkatkan keterampilan membaca, sehingga dapat memahami makna pesan tertulis dengan cepat dan tepat.

Keterampilan membaca yang baik ini dapat diteruskan dengan memilih bacaan yang bermanfaat, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam kehidupan sehari-hari. Secara sederhana, keterampilan membaca dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu membaca intensif dan membaca ekstensif. Membaca intensif adalah membaca teks dengan seksama dan teliti untuk memahami secara mendalam pesan yang dibaca. Sedangkan membaca ekstensif yaitu membaca teks sebanyak mungkin dalam waktu sesingkat mungkin, contohnya adalah membaca cepat dan teliti (scanning), membaca cepat dan sekilas (skimming), membaca dengan teknik baca pilih (selecting), dan membaca dengan teknik melompat (skipping).

Melalui penerapan komunikasi yang baik dan bernilai ibadah sebagaimana yang telah dikemukakan sebelumnya, mudah-mudahan dapat melatih dan memperbaiki diri kita untuk mencapai tingkatan ibadah puasa yang lebih tinggi, atau setidaknya mendekati puasa pada tingkatan kedua, yaitu berpuasanya orang yang saleh (shaum al-khushush). Semoga ibadah puasa yang kita lakukan diterima dan mendapatkan pahala di sisi Allah, dan sekaligus dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi kita menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Penulis : Dr. H. Biryanto, M.Si Senior Trainer BPSDM Provinsi Riau
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
Alumni dan Mahasiswa Fisip Unri Bantu Korban Banjir Bandang Sumbar
Selasa, 28 Mei 2024
Atraksi Kirab dan Display Drumband Taruna AAU Pukau Masyarakat Pekanbaru
Selasa, 28 Mei 2024
Lewat ESIC, Kilang Pertamina Dumai Kembangkan Inovasi Baru Dukung TJSL Berkelanjutan
Selasa, 28 Mei 2024
Imigrasi Kelas II TPI Bagansiapiapi Gelar Sosialisasi dan Edukasi Pembentukan Desa Binaan Imigrasi

Serantau lainnya ...
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
5 Rekomendasi Laptop Lenovo 5 Jutaan, Cocok untuk Pelajar!
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 26 Mei 2024
ADP Peringati Harlah Ke-3, Transformasi dan Kontribusi bagi Dunia Akademik
Sabtu, 25 Mei 2024
Sarasehan dan Bedah Buku Hakim Agung RI di Kampus UIR Dihadiri Wakil Ketua MK Dr Saldi Isra
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW
Terpopuler

01

Minggu, 26 Mei 2024 05:00 WIB
Real Madrid Vs Real Betis, Imbang Tanpa Gol
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Senin, 29 April 2024
Sekretaris Dinas LHK Kota Pekanbaru Hadiri Rapat SABER Pungli 2024
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www