Selasa, 21 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
Misi Menjaga Fitrah
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota DPRD Provinsi Riau)

Tak terasa bulan suci dan penuh limpahan keberkahan telah berlalu. Tinggalkan sejuta kenangan. Kini memasuki hari nan fitri, rasa sedih dan senang campur aduk jadi satu. Sedih Ramadhan pergi, senang Syawal hadir mengganjar kemenangan bagi yang sukses menempuh bulan perjuangan. Sesudah sebulan lamanya mengendalikan diri dan hawa nafsu lewat berpuasa dan ibadah lain. Baik secara vertikal dengan Allah SWT dan horizontal berbuat baik ke sesama. Status fitrah jelas paling diincar. Bagaikan terlahir kembali, suci. Oleh karena itu, fitrah adalah prediket istimewa.

Akan tetapi hanya yang bersungguh-sungguh dan berkomitmen bisa meraihnya. Ramadhan pada dasarnya pelatihan mengendalikan diri dan sarana menempa jiwa. Harapannya, paska Ramadhan kita mampu mengendalikan hal paling potensial sekaligus ancaman dalam diri yakni hawa nafsu. Dikatakan potensial sebab hawa nafsu bisa menggiring manusia berkompetisi dalam konteks positif. Namun di sisi lain ketika menghamba nafsu akan menjerumuskan manusia ke jurang kenistaan.

Ramadhan bukan akhir. Justru permulaan yang baik untuk melanjutkan spirit beribadah yang sudah terbentuk ke bulan berikutnya. Ibarat pisau diasah, setelah tajam bakal lebih produktif. Sungguh kerugian teramat besar ketika Ramadhan berlalu tanpa meninggalkan bekas. Adapun Syawal seumpama mereset ke “setelan pabrik”, menuju hakikat penciptaan sebagaimana firman Allah SWT "Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku," (Az Zariyat: 56).

Karena pada dasarnya manusia sejak dilahirkan ke dunia sudah tertanam sesuatu yang membuat dia dekat dan tahu siapa Penciptanya. Itulah kenapa umumnya sedari bayi hingga usia kanak-kanak dicap polos, jujur ketika berkata dan belum terpengaruh hal buruk. Beranjak dewasa fitrah itu masih melekat. Walau kadang sudah tertutupi akibat dosa. Contoh muncul rasa bahagia kala berbuat kebaikan walau itu berupa senyum atau mengucapkan salam ke orang lain. Di sisi lain ada rasa bersalah sewaktu berbuat buruk atau melakukan penyimpangan.

Menjaga Fitrah

Menjaga fitrah adalah misi ajaran Islam. Meski kita tempatnya teledor dan salah namun bukan berarti membiarkan diri larut dalam kubangan kesalahan dan dosa. “Bertakwalah kepada Allah SWT dimana saja kamu berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskan keburukan. Dan pergauilah manusia dengan akhlak mulia” (HR. At-Tirmidzi). Fitrah pula faktor kunci dalam beramar makruf dan nahi mungkar. “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah“. (Al-Imran :110).

Dalam konteks amar ma’ruf, mereka yang puasanya berhasil akan terbentuk karakter khaira ummah atau umat terbaik. Membawa energi dan pengaruh positif ke lingkungan sekitar, memiliki kepekaan sosial dan bersemangat berbuat kemaslahatan. Terlebih selama Ramadhan kita sudah dikondisikan dengan atmosfir yang memotivasi semangat bersedekah dan berbagi. Bulan puasa mengubah mindset kita dari semula konsumerisme menjadi altruisme. Sebuah sifat yang sangat disukai Allah SWT, sebagaimana hadist: “Sesungguhnya Allah Ta’ala itu Maha Memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak mulia, Ia membenci akhlak buruk.” (HR. Al Baihaqi).

Spirit berbagi pulahan kunci kejayaan negeri ini. Sejarah mencatat sumbangsih raja-raja dan rakyat nusantara “bersedekah” nyawa, pikiran dan harta untuk perjuangan bangsa. Salah satunya, selaku orang Riau, patut kita banggakan kontribusi Sultan Syarif Kasim II yang mengirim bantuan kepada Indonesia yang baru saja merdeka.

Disamping amar ma’ruf, pembuktian fitrah juga sejauhmana tekad mencegah perbuatan yang bertentangan dengan syariat dan norma (nahi mungkar). Berbahagialah tatkala melihat penyimpangan terbersit rasa tak nyaman. Namun Islam menghendaki dan mendorong umatnya berbuat lebih progresif lagi. Bagaimana mempersempit ruang gerak tindakan yang menyalahi fitrah sesuai kapasitas dan kemampuan dimiliki. Sebagaimana sabda Rasul "Siapa yang melihat kemungkaran diantara kalian, hendaklah ia mengubah dengan tangannya. Apabila tidak mampu, maka hendaklah ia mengubah dengan lisannya. Jika tidak mampu, hendaklah mengubah dengan hatinya. Itu adalah selemah-lemah iman." (HR Muslim).

Amar makruf dan nahi mungkar hanya bisa dicapai jika kita mampu mengendalikan ego dan hawa nafsu. Kita tahu ini bukan perkara mudah meski bagi orang saleh sekalipun. Tantangannya bukan hanya bisikan dalam diri, tapi juga lingkungan. Pasti ada saja yang berupaya menghambat, mengejek, mencaci bahkan tak segan-segan menggunakan pendekatan fisik. Apalagi di zaman sekarang. Sosok yang amanah dan berbuat benar dipojokkan. Sementara yang khianat, pembohong dan zalim dipuja-puja. Menentang kemungkaran, kezaliman dan ketidakadilan dimusuhi. Praktik ketidakadilan merajalela. Penegakkan hukum timpang, lembek ke kelompok tertentu, kalangan berharta dan berkuasa tapi tegas ke pihak lain dan kaum tak berdaya.

Fenomena di atas pertanda buruk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tapi perkara sebenarnya bukan pada merajalelanya kezaliman, kemungkaran dan penyimpangan. Perbuatan tersebut sudah ada sejak dulu dan akan selalu eksis kapanpun. Pertanyaannya sekarang apa peran kita? Karena keadaan tak akan berubah begitu saja. Tak cukup modal do’a. Harus ada keinginan, tekad dan usaha.“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri” (Ar-Ra'd: 11).

Rasa gusar melihat penyimpangan itu bagus. Tapi memilih diam atau membiarkan tanpa disertai tindakan meluruskan justru hanya akan melestarikan perbuatan buruk. Lambat laun akan dianggap biasa dan kezaliman makin mencengkram. Akhirnya semua terkena imbas, termasuk orang-orang baik. Rasullullah sudah mewanti-wanti manakala penyimpangan, kezaliman dan kejahatan sudah mengakar tapi tak disertai sikap konkrit untuk menyikapinya, maka Allah SWT akan mencabut rahmatnya. "Hendaklah kamu beramar makruf (menyuruh berbuat baik) dan benahi mungkar (melarang berbuat jahat). Kalau tidak, maka Allah akan menguasakan atasmu orang-orang yang paling jahat di antara kamu, kemudian orang-orang yang baik-baik di antara kamu berdoa dan tidak dikabulkan (doa mereka)" (HR. Abu Dzar).

Sebagai penutup, bukan perbedaan hari raya yang perlu diratapi. Khawatirlah apabila setelah Ramadhan tak meninggalkan bekas dalam diri.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Senin, 07 November 2022 10:01 WIB
Pariwisata Memperkuat Budaya
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Rabu, 05 April 2023 08:50 WIB
Sepak Bola dan Politik Anti Kolonialisme
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Minggu, 09 April 2023 10:35 WIB
Kesehatan Untuk Semua
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Jum'at, 21 April 2023 15:25 WIB
PEMILU: Buka Tutup Buka Tutup
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 20 Mei 2024
Silaturahmi dan Pembinaan Mesjid se-Kecamatan Tuah Madani, Muflihun Sampaikan Hal Ini
Senin, 20 Mei 2024
Kepengurusan Segera Berakhir, PWI Bengkalis Bentuk Panpel Konferkab
Senin, 20 Mei 2024
80 Peserta Dapat Pelatihan Sembelih Halal dari Masjid Al Birru Pekanbaru
Minggu, 19 Mei 2024
Band J-Rocks Meriahkan Puncak HUT Pegadaian ke-123 di Pekanbaru

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Rahmansyah
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB
Senin, 22 April 2024
Kepala BKPSDM Ikut Semarakkan Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www