Rabu, 24 Juli 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT
(Ancaman) Robohnya Bangsa Kami
Rabu, 26 April 2023 09:01 WIB
(Ancaman) Robohnya Bangsa Kami
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM (Anggota Komisi V DPRD Riau)

Lagi hangat pemberitaan yang menyoroti komentar seorang peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bernama Andi Pangerang Hasanuddin di media sosial (Medsos). Meski sudah dihapus yang bersangkutan, namun netizen telah mengabadikan jejak digital komentar berupa foto tangkapan layar (screenshot) yang kemudian diviralkan.

Membacanya benar-benar mengejutkan. Bukan saja menimbang statusnya selaku abdi di lembaga negara. Paling fatal komentarnya juga mengandung unsur ancaman. Bahkan dari bahasanya, sang peneliti terindikasi radikal dan ekstrim. Betapa tidak. Dari screenshot yang berseliweran di jagad maya, yang turut diunggah oleh Rektor Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Ma'mun Murod, si peneliti menggunakan kata-kata ancaman sebagai berikut: “HALALKAN GAK NIH DARAHNYA semua muhammadiyah? apalagi muhammadiyah yang disusupi Hizbut Tahrir melalui agenda Kalender Islam Global dari Gema Pembebasan? BANYAK BACOT EMANG!!! SINI SAYA BUNUH KALIAN SATU-SATU. SILAKAN LAPORKAN KOMEN SAYA DENGAN ANCAMAN PASAL PEMBUNUHAN!!! SAYA SIAP DIPENJARA. SAYA CAPEK LIHAT PERGADUHAN KALIAN!!!.”

Pernyataan ancaman barusan disampaikan melalui kolom komentar Facebook milik Profesor Riset Astronomi dan Astrofisika BRIN, Thomas Djamaludin. Belakangan, Andi yang pakar astronomi BRIN itu meminta maaf secara terbuka ke Ormas Muhammadiyah.

Perhatian tak berhenti pada kalimat ancaman si peneliti. Kalau ditarik ke belakang, peristiwa bermula dari pernyataan Thomas. Dalam postingannya, sang profesor menyinggung keputusan Muhammadiyah soal penentuan Idulfitri 1444 Hijriah yang berbeda dengan Pemerintah. Ia menilai Muhammadiyah sudah tidak taat kepada Pemerintah. Tak cukup sampai disitu, Thomas lanjut bikin postingan berikutnya dengan kata-kata tak kalah provokatif. “Sdh tidak taat keputusan pemerintah, eh masih minta difasilitasi tempat shalat ied. Pemerintah pun memberikan fasilitas,” ujarnya.

Pernyataan Thomas ini kemudian memicu balasan dari netizen yang menganggap postingan profesor itu sangat tidak bijaksana. Kami di Komisi V DPRD Riau yang membidangi urusan Sosial dan Agama memandang pola pikir yang direpresentasikan sosok peneliti BRIN berbahaya. Apalagi sebagai ilmuwan sangat keras membela satu metode dan mengecam metode lain. Sebelum Thomas dilibatkan di tim isbat Kementerian Agama (Kemenag) tidak ada perdebatan berujung saling menyalahkan dan mendiskreditkan.

Berbeda sekarang, meski Pemerintah melalui Kemenag sudah menyampaikan agar semua pihak saling menghargai perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri, tapi nyatanya peneliti BRIN malah menggiring ke perdebatan yang menjurus pada perpecahan. Di saat kita di daerah berupaya mengajak masyarakat legowo dan masyarakat juga sudah makin dewasa menerima perbedaan, insan lembaga negara di pusat malah sebaliknya. Toh ketidakseragaman penetapan hari raya Idul Fitri bukan hal baru. Sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Selama ini tidak ada gejolak berarti di lapisan akar rumput.

Ancaman Bangsa

Kecenderungan mengemukanya sikap anti perbedaan pendapat dari kalangan yang diamanahkan di pemerintahan adalah ancaman nyata bagi kehidupan sosial. Terlebih sosok dimaksud menduduki posisi strategis dan level pusat pula. Fenomena ini hanya akan menghantarkan bangsa ke lembah kehancuran.  Di sisi lain, bila kebiasaan menganggap pihaknya paling benar tanpa keterbukaan diuji ini terus dilestarikan, maka hanya akan melahirkan penjilat. Imbasnya, pihak yang berseberangan haluan akan disingkirkan meski gagasan dan sumbangsihnya bernilai signifikan dan diperlukan untuk kemaslahatan bangsa. Sementara yang tak punya keahlian hingga penipu sekalipun diberikan amanah asbab selalu memuja dan tunduk secara mutlak.

Pemandangan ini sudah jamak kita lihat. Terbaru dr Zainal Muttaqin, spesialis bedah saraf yang diberhentikan secara sepihak dari RS tempat selama ini mengabdikan diri di Semarang, lantaran diduga kerap mengkritik Pemerintah. Teranyar, dr Zainal Muttaqin menyinggung Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan. Melansir media Kompas, beliau diberhentikan atas arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Ironisnya rekam jejaknya sangat luar biasa. Beliau satu dari lima pakar bedah epilepsi di Indonesia. Juga termasuk dokter bedah saraf dengan kekhususan yang langka di bidang keilmuan epilepsi yang keahliannya sangat dibutuhkan. Selain itu juga aktif sebagai pengajar yang menghasilkan dokter spesialis bedah saraf yang secara jumlah masih sangat sedikit. Sangat disayangkan. Padahal materi kritikan beliau atas RUU Kesehatan masih dalam batas kewajaran, sesuai sudut profesionalismenya sebagai tenaga kesehatan.

Siapapun yang mencintai negara ini pantas merasa risih dan sedih melihat kondisi bangsa akhir-akhir ini. Orang yang berkontribusi waktu, tenaga dan pemikiran untuk membangun kehidupan lebih baik malah dianggap musuh karena cuma beda sudut pandang. Sementara oknum lembaga negara yang terang-terangan memancing perpecahan malah terkesan dipelihara. Kalau saja insan di kelembagaan negara kayak tadi tidak ditindak serius atau diberhentikan, sungguh ini sebuah preseden sangat buruk. Terlebih mereka punya peran sentral dan status utama kayak peneliti dan profesor yang idealnya berpikir terbuka, mencerahkan dan progresif.

Kini malah kelihatan tak ubah seperti buzzer rendahan yang pernyataannya menabur perselisihan. Bukan hanya mengkhianati spirit demokrasi yang membuka ruang untuk berpendapat, akan tetapi juga tidak sejalan dengan ajaran Islam yang sangat menjunjung tinggi perbedaan dalam konteks konstruktif. Ikhtilafu ummati rahmah artinya: “perbedaan umatku merupakan sebuah rahmat,” Begitu kalimat yang sering diperdengarkan di berbagai kajian dan ceramah.

Terakhir, dari perspektif nilai Melayu, kepemimpinan paling dipertanyakan. Bukan berarti negara tiada pemimpin. Tapi sifat kepemimpinan yang dipertanyakan. Berkaca pada fenomena sosok buruk dipertahankan dan yang baik disingkirkan pertanda yang mimpin tak peduli kualitas orang sekelilingnya. Padahal seumpama kapal, salah memilih awak bisa bawa petaka.

Bila negeri tidak beraja,

Bila kampung tak berpenghulu,

Bila rumah tidak bertuan,

Angin lalu tempias pun lalu,

Tuah hilang marwah terbuang,

Hidup celaka sengketa pun datang

(Tenas Effendy, 2004)

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Selasa, 29 November 2022 11:31 WIB
Korpri Dan Misi Mulia Bagi Negeri
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Sabtu, 24 Desember 2022 08:01 WIB
Walau Anomali, Selamat Argentina! Indonesia?
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Rabu, 05 April 2023 08:50 WIB
Sepak Bola dan Politik Anti Kolonialisme
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Minggu, 09 April 2023 10:35 WIB
Kesehatan Untuk Semua
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Senin, 20 Maret 2023 08:01 WIB
Riau Yang Tak Berdaya
Jum'at, 03 Maret 2023 08:20 WIB
Menjaga Kedaulatan Negara
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 23 Juli 2024
Masyarakat Riau Diajak Bersatu dan Tidak Terpecah Belah dalam Pilkada 2024
Selasa, 23 Juli 2024
Pengurus Masjid Raya An-Nur Kunjungi Kapolda Riau, Perkuat Sinergi Keagamaan dan Keamanan
Selasa, 23 Juli 2024
Jalin Kerja Sama dengan Gesira Kembangkan Kacang Koro, Pebriyan Winaldi: Saya Ingin Petani Kampar Sejahtera
Senin, 22 Juli 2024
HA IPB Riau Rilis NIA, Ketum DPP : Inisiatif Inovatif Bisa Jadi Inspirasi DPD di Indonesia

Serantau lainnya ...
Sabtu, 13 Juli 2024
Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Meriahkan Grand Opening "Scoo Beauty" Cabang Pertama di Kota Pekanbaru
Selasa, 02 Juli 2024
Tingkatkan Akselerasi Pelaku Usaha Kuliner di Pekanbaru, Bank Raya Terus Gencarkan Adopsi QRIS Bisnis
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Senin, 15 Juli 2024
Laptop Terbaik Untuk Segala Segala Kegiatan, ASUS Zenbook Duo UX8406!
Jumat, 21 Juni 2024
Konten Video Animasi Bisa Meningkatkan Penjualan Hingga 2 Kali Lipat!
Jumat, 21 Juni 2024
5 Rekomendasi Case Samsung Galaxy S24, Paling Keren dan Awet dari Spigen!
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2024
8 Makanan Penyebab Bau Badan yang Sebaiknya Dihindari
Kamis, 04 Juli 2024
Sekcam Tenayan Raya Nilai Pendampingan BTPN Syariah Tepat Layani Masyarakat Inklusi di Pekanbaru
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 23 Juli 2024
RRI Pekanbaru dan Fikom Umri Gelar Dialog Interaktif Luar Studio Bertajuk Komunikasi Asyik dan Nyaman Pasca Pemilu
Kamis, 18 Juli 2024
UIR Terima Bantuan Pendidikan Rp145 Juta dari BTN Syariah
Kamis, 18 Juli 2024
Pemprov Riau dan Pengusaha Dukung Sarjana Dua Tahun Program RPL Unilak KSPSI
Rabu, 17 Juli 2024
Sosialisasikan Fatwa P2GP, KUPI dan ALIMAT Gelar Diskusi di Kampus UIN Suska Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Kamis, 27 Juni 2024
Harumkan Nama Riau di Ajang Nasional Pesona Batik Nusantara 2024, Gloria Rahita Nababan Disambut Haru di Bandara SSK II
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler

03

Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www