Jumat, 19 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Meninggalkan Pandemi, Investasi Gerakkan Ekonomi Negeri
Rabu, 03 Mei 2023 12:10 WIB
Meninggalkan Pandemi, Investasi Gerakkan Ekonomi Negeri
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau groundbreaking realisasi investasi produk kemasan berkelanjutan PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Provinsi Riau

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap bahwa Indonesia sangat terbuka terhadap berbagai kemungkinan investasi, terutama pada tahun 2023, dimana banyak kalangan memprediksi sebagai tahun yang sulit dan menantang.

Terlebih mengingat pandemi telah memberikan pelajaran bagi semua pihak untuk adaptasi dan transformasi. Presiden telah mengungkapkan, investasi sebagai salah satu kunci pertumbuhan ekonomi nasional.

Presiden menegaskan bahwa Indonesia bukan negara yang cenderung menutup diri. Ia pun mendorong agar dunia melakukan percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi melalui investasi di berbagai sektor.

"Indonesia tidak sedang menutup diri, justru kami sangat terbuka untuk investasi dan kerja sama dalam membangun industri hilir di Indonesia,” ungkap Jokowi di Hannover Congress Centrum, Hannover, Jerman, Ahad (16/4/2023).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 5 Agustus 2022 lalu, ekonomi Indonesia sendiri, sebenarnya telah pulih lebih cepat dari pandemi Covid-19.

Kemudian, tercatat bahwa inflasi Indonesia pada triwulan II tahun 2022 sebesar 4,35%, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,44%. Hal ini lah yang menunjukkan bahwa pertumbuhan perekonomian Indonesia pada triwulan II tahun 2022 telah mengalami pemulihan dari pandemi.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang 2022 mencapai Rp 1.207,2 triliun.

Angka tersebut tumbuh 34,0 persen (yoy) jika dibandingkan periode tahun sebelumnya. Selain itu, capaian tersebut juga telah melampaui target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Rp 1.200 triliun.

Tercapainya target investasi tersebut telah menghasilkan penyerapan tenaga kerja hingga 1.305.001 orang.

“Ini di luar sektor UMKM, hulu migas dan di luar sektor keuangan,” ungkap Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan IV Tahun 2022, Rabu (25/1/2023).

Dilihat dari sisi sumber investasi, mayoritas berasal dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebanyak Rp654,4 triliun atau 54,2 persen. Angka ini mengalami pertumbuhan 44,2 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Investasi yang berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp552,8 triliun atau 45,8 persen. Investasi dari dalam negeri ini mengalami pertumbuhan 23,6 persen jika dibandingkan tahun 2021.

Sementara itu, dilihat dari sebaran realisasinya, investasi di luar Pulau Jawa semakin mendominasi. Kementerian Investasi mencatat realisasi investasi di Pulau Jawa sebesar Rp636,3 triliun atau 52,7 persen, meningkat hingga 35,9 persen.

Sedangkan investasi yang masuk di Pulau Jawa sebesar Rp570,9 triliun atau 47,3 persen. Mengalami peningkatan 31,9 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Secara wilayah, Jawa Barat tercatat menduduki posisi pertama dengan Rp 174,6 triliun dan kedua adalah DKI Jakarta Rp 143,0 triliun. Sementara itu, posisi ketiga ada Sulawesi Tengah dengan Rp 111,2 triliun.

Posisi Jawa Timur ada di urutan keempat dengan nilai investasi Rp110,3 triliun. Posisi kelima adalah Provinsi Riau dengan nilai investasi Rp82,5 triliun.

Realisasi Investasi Tinggi, Ekonomi Riau Tumbuh 4,55 Persen

Dengan nilai realisasi investasi terbesar di tanah Sumatera, tak heran pergerakan ekonomi di Riau menjadi salah satu pemberi kontribusi terbesar di Pulau Sumatera dan nasional.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, pada triwulan IV 2022 ekonomi Riau tumbuh sebesar 4,55 persen (c-to-c), 4,10 persen (y-on-y), dan 0,10 persen (q-to-q).

Dari data tersebut, ekonomi Riau mengalami kenaikan dari tahun 2021 lalu, yakni pertumbuhan ekonomi Riau sebesar 3,63 persen menjadi 4,55 persen pada tahun 2022.

"Perekonomian Riau berdasarkan besaran Produk Domestik Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp255,48 triliun dan atas dasar PDRB harga konstan mencapai Rp135,37 triliun," kata Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Ajid Hajiji melalui data yang dirilis BPS Riau, Selasa (21/3/2023).

Katanya lagi, Riau termasuk provinsi dengan PDRB terbesar se-Indonesia tahun 2022.

Jelas dia, adapun provinsi dengan PDRB terbesar pertama se Indonesia adalah DKI Jakarta dengan nilai Rp3.186 triliun. Kemudian, Jawa Timur Rp2.731 triliun, Provinsi Jawa Barat Rp2.423 triliun.

"Selanjutnya ada Jawa Tengah dengan nilai Rp1.561 triliun, serta Provinsi Riau dengan nilai Rp992 triliun," tutupnya.

Ia melanjutkan, pertumbuhan PDRB Riau menurut lapangan usaha tahun 2022 adalah pertanian 2,82 persen, pertambangan 1,36 persen.

Selanjutnya, industri pengolahan 4,73 persen, konstruksi 4,76 persen, perdagangan dan reparasi 11,90 persen, dan lainnya sebesar 7,60 persen.

Dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Riau Helmi D, untuk realisasi investasi berdasarkan lokasi, tertinggi di Kabupaten Pelalawan Rp25,4 triliun. Kota Dumai Rp13,1 triliun, Indragiri Hilir Rp12,7 triliun, Siak Rp10 triliun, dan kota Pekanbaru Rp4,3 triliun,'' ujarnya.

Dipaparkan Helmi, jika dibandingkan capaian investasi tahun lalu dengan kumulatif sebesar Rp53,1 triliun mengalami eskalasi (kenaikan) yang cukup signifikan sebesar 55,37 persen.

Mengapresiasi capaian realisasi investasi di Provinsi Riau, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan ucapan rasa syukur dan terima kasih atas kerja keras semua pihak, sehingga realisasi investasi Riau dapat terus meningkat.

Ia berharap, apa yang sudah dicapai dalam meningkatan nilai investasi di Provinsi Riau dapat terus dipertahankan dan dapat ditingkatkan. Sehingga diharapakan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau dan meningkatkan serapan tenaga kerja di Provinsi Riau.

"Alhamdulillah nilai investasi kita meningkat dan nomor lima secara nasional, semoga dapat kita pertahankan dan tingkatkan lagi,'' ujar gubernur.

Perkembangan Pelalawan Bikin Kagum

Tingginya realisasi investasi di Pelalawan tak lepas dari keberadaan APRIL Group di daerah ini. Perusahaan yang termasuk aset obyek vital nasional.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, SIK, MH, mengungkapkan kekagumannya akan perkembangan Kabupaten Pelalawan, khususnya Kota Pangkalan Kerinci yang semakin berkembang dan maju dengan pesat.

"Di awal operasional RAPP tahun 1993 di Pangkalan Kerinci, daerah ini hanya berpenduduk sekitar ratusan jiwa saja, saat ini penduduk Pangkalan Kerinci sudah berkembang menjadi ratusan ribu jiwa,” ungkapnya di sela-sela pelaksanaan kegiatan Analisa dan Evaluasi (Anev) Kepolisian Daerah (Polda) Riau, di Hotel Unigraha, Riau Kompleks PT RAPP Pangkalan Kerinci, Senin (6/3/2023).

Belum lagi soal sektor infrastruktur, terus digesa di berbagai sudut Kabupaten. Selain mewujudkan pembangunan berbagai ruas jalan, jembatan, dermaga, prasarana air minum dan prasarana listrik desa juga diwujudkan.

Menurut Iqbal, perusahaan grup APRIL ini mampu menyerap puluhan ribu tenaga kerja serta menyumbang bagi devisa negara.

“Ini merupakan investasi yang harus kami jaga, bahwa stabilitas keamanan dalam negeri dan Kamtibmas menjadi salah satu variabel paling penting yang harus kami jaga, termasuk menjaga perusahaan yang termasuk aset objek vital nasional ini," sambung Iqbal.

Selain Kapolda Riau, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pelalawan.

Kunjungan kedua pejabat dari Pemerintah Pusat tersebut guna meninjau realisasi investasi produk kemasan berkelanjutan senilai Rp33,4 triliun oleh PT Asia Pacific Rayon (APR) yang disambut langsung oleh Managing Director Royal Golden Eagle (RGE) Anderson Tanoto dan Direktur Utama RAPP, Sihol Aritonang.

"Kami berharap investasi ini juga menjadi optimisme untuk mencapai pemulihan ekonomi yang lebih kuat setelah dua tahun terakhir dunia diterpa pelemahan akibat pandemi Covid-19," terang Sihol.

Diungkapkannya, sejauh ini investasi tersebut merupakan investasi terbesar yang dilakukan APRIL sejak perusahaan berdiri. Pihaknya juga akan memperkuat komitmen untuk investasi jangka panjang di Provinsi Riau.

"Investasi ini juga sejalan dengan komitmen satu dekade kami, APRIL2030 untuk memberikan dampak positif kepada iklim, alam, dan masyarakat sembari kami tumbuh menjadi perusahaan yang berkelanjutan pada 2030 nanti," bebernya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan investasi ini merupakan proyek strategis. Dengan adanya kunjungan kerja dua Menteri sekaligus ke Pelalawan, dapat melihat investasi terbesar di Riau yang dilakukan oleh APRIL Group.

"Ini tentunya akan memacu semangat kami dari Pemprov Riau untuk terus memberikan kemudahan pelayanan perizinan dan penanaman modal kepada para investor," ungkapnya.

Apalagi, sambung mantan Bupati Siak ini, hal ini juga sejalan dengan target investasi Pemprov Riau. Di mana pada tahun 2021, Pemprov Riau telah melampaui target investasi nasional sebesar Rp49,1 triliun dan terealisasi Rp53,08 triliun. Di mana target investasi Riau tahun 2022 sebesar Rp63 triliun dan 50 persennya telah direalisasikan APRIL Group.

"Capaian ini, termasuk sumbangan APRIL Group sebagai investasi terbesar di Riau. Di mana dari investasi ini, pengangguran berkurang. Sebelumnya angka pengangguran terbuka Riau persentasenya 6 persen, tapi dengan adanya investasi APRIL Group (PT RAPP, red) maka telah menyerap tenaga kerja sebanyak 6.138 orang atau menurunkan angka penggangguran menjadi 4 persen," ujarnya lagi.

Di tempat yang sama, Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, dua tahun Indonesia dilanda pendemi Covid-19. Namun, wabah virus berbahaya ini tidak menyurutkan APRIL Group untuk menjalankan investasi. Ini terbukti awalnya perusahaan ini hanya pabrik rayon, namun saat ini investasinya telah ditingkatkan pada angka Rp33,4 triliun.

"Ini bagus sekali bagi Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan karena target investasinya pada Maret tahun 2022 ini, telah mencapai 50 persen," sebutnya.

Dijelaskannya saat ini, industri kertas menjadi salah satu industri andalan Indonesia. Di mana pertumbuhannya saat ini berada pada angka 87,03 persen. Bahkan, industri ini juga menjadi investasi pengekspor pulp dan kertas dunia.

Tak heran, sejak anak usahanya, PT RAPP beroperasi di Pelalawan, Provinsi Riau, telah mendorong pertumbuhan Kota Pangkalan Kerinci, yang awalnya hanya sebuah desa kecil dihuni 200 kepala keluarga, dengan jalanan berlapis tanah kuning. Kini dihuni 100 ribu orang penduduk dengan mata pencarian beragam dan taraf kehidupan yang terus meningkat.

Dalam 5 tahun terakhir, inflasi di daerah ini cukup terkendali. Indeks Pembangunan Manusia  meningkat di angka 72,93%.

Investasi telah berperan besar menggerakkan perekonomian di daerah ini. Terlebih usai masa-masa suram akibat pandemi Covid-19 kemarin.

Penulis : Yusni
Editor : Yusni
Kategori : Ekonomi
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 19 April 2024
Rahmansyah Bacawako Pekanbaru Gelar Halal Bihalal Bersama Masyarakat dan Tokoh
Selasa, 16 April 2024
Kapolres Pelalawan Turun Langsung Cek Rumah Warga yang Ditinggal Mudik
Selasa, 16 April 2024
Pembenahan di Pelabuhan RoRo Bengkalis Berdampak Positif ke Pelayanan dan Antrean
Selasa, 16 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Halalbihalal di Desa Mengkirau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat
Selasa, 26 Maret 2024
BPH UMRI Gelar Lomba Ibadah Praktis Sesuai Tuntunan HPT
Senin, 25 Maret 2024
Berhadiah Umrah dan Beasiswa, Umri Gelar Lomba Tahfidz Alquran
Kamis, 21 Maret 2024
UPT Promosi dan Penerimaan Mahasiswa Baru UMRI Taja Ifthor Jama’i

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www