Sabtu, 02 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Pelantikan Pj Gubri - PT Riau Petroleum

CAKAP RAKYAT
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
Sabtu, 13 Mei 2023 08:22 WIB
Perawat Dan Masa Depan Bangsa
H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM.

Jumat 12 Mei 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Perawat Internasional (HPI). Hari tersebut bukan saja momen berharga bagi entitas perawat di seluruh dunia. Akan tetapi juga bentuk penghargaan atas jasa, kerja keras dan pengorbanan mereka memberi pelayanan kepada masyarakat. HPI tambah penting diperingati sebab dengan begitu secara eksplisit terlihat wujud perhatian dan dukungan kita terhadap profesi perawat. Atensi juga modal berharga untuk mengenali segala tantangan yang dihadapi dunia perawat dan mengatasinya.

Dengan pengenalan akan realita dan fakta, output-nya diharapkan berbuah pendekatan kebijakan sistem kesehatan lebih baik. Sayangnya bicara kondisi negeri kita, peringatan HPI berlangsung biasa saja. Beda di negara lain. Saking spesialnya HPI di negara seperti Australia, Kanada dan Amerika Serikat malah ada perayaan istimewa selama satu minggu. Perayaan tadi dikenal dengan Pekan Perawat Internasional. Sepintas cara barusan tampak seremonial belaka. Namun dikaji lebih dalam, pendekatan sederhana semisal perayaan sedikit banyak menunjukkan support dan keberpihakan negara. Bukan rahasia di negeri ini profesi-profesi esensial kayak perawat dan guru seolah kurang dihargai. Jasa mereka seakan dianggap angin lalu.

Bicara peringatan HPI, setiap tahun mengusung tema berbeda. Dilansir dari situs resmi International Council of Nurses (ICN) atau Lembaga Internasional Keperawatan, tema HPI 2023 adalah "Our Nurses. Our Future" yang artinya "Perawat Kita, Masa Depan Kita". Sedikit mengulas asal muasal HPI terinspirasi dari sosok Florence Nightingale, seorang perawat asal Inggris pelopor perawat modern. Pemilihan 12 Mei didasarkan atas tanggal kelahirannya.

Di tahun 1850-an, ketika Perang Krimea berlangsung, peran Nightingale begitu mengemuka. Ia berjasa merawat dan membantu tentara Inggris yang terluka. Keunggulannya bukan sebatas merawat. Ia menerapkan praktik tindakan medis tergolong revolusioner di masa itu. Kebersihan yang ketat saat merawat tentara terluka semisal mencuci tangan, memeriksa luka dan memantau kesembuhan secara berkala. Atas upaya Nightingale dan rekan-rekannya, berhasil menekan tingkat kematian tentara dari 42% ke 2%. Pengalaman mendorongnya mengkampanyekan reformasi dunia keperawatan. Di tahun 1860 ia membuka sekolah perawat yang menginspirasi berdirinya sekolah-sekolah pelatihan perawat di berbagai tempat dan belahan dunia.

Pengingat

Berangkat dari sejarah di atas, tergambar jelas betapa perawat berperan signifikan dalam ikhtiar menyelamatkan nyawa. Bicara konteks kekinian, HPI semestinya pengingat. Kisah Nightingale dan reformasi perawatannya menyajikan pelajaran berharga bagi perawat untuk terus mengembangkan diri demi pelayanan lebih baik. Kami yakin orang-orang yang memilih profesi perawat pada dasarnya paham dan sadar betul bahwa tugas yang mereka emban sangat mulia. Dalam perspektif agama, ladang pahala yang nilainya tak terhingga.

Selain kemampuan medis, sikap, komunikasi dan interaksi sosial dan kemampuan memahami pasien dan warga yang berkunjung teramat dibutuhkan. Termasuk detail sederhana mengenai latar belakang budaya, kehidupan sosial, agama dan seterusnya merupakan elemen penting bagi petugas pelayanan kesehatan untuk membantu proses penerimaan pesan guna merencanakan akomodasi dan layanan yang sesuai kebutuhan pasien. Disamping kesadaran pribadi perawat, aspek lain turut menentukan kualitas perawat.

Menyoal kesejahteraan misalnya, perawat salah satu profesi sejak zaman baheulak selalu diperbincangkan. Hingga kini belum sepenuhnya memperoleh upah layak. Tak bisa dipungkiri cukup banyak perawat penghasilannya dihargai di bawah upah minimum sektor swasta. Tak sedikit pula berstatus honor dan tenaga kerja sukarela di Faskes milik Pemda. Berkaca pada kondisi selama pandemi lalu, mereka berjibaku siang malam. Banyak para tenaga kesehatan terutama para perawat bertaruh nyawa. Meski menghadapi keadaan genting, masih saja belum diperlakukan sepantasnya.

Kami di Komisi 5 DPRD Provinsi Riau secara konsisten terus meminta ke Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya Pemprov Riau untuk bersungguh-sungguh memikirkan dan memperjuangkan nasib para perawat berstatus honorer di lingkup kewenangannya. Sempat miris manakala kabar 532 orang dari 686 peserta ujian seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian (PPPK) untuk jabatan tenaga kesehatan (Nakes) dinyatakan tak lulus. Padahal di lapangan distribusi tenaga kesehatan belum terpenuhi.

Sikap Pemprov Riau sehubungan dengan para perawat patut diapresiasi. Sebagaimana terwakili dalam pidato yang disampaikan Asisten II Setdaprov Riau, M Job Kurniawan pada apel akbar HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (HUT PPNI) ke-49 di Halaman Kantor Gubernur Riau (17/03/2023). Tema HUT yang dipilih yakni "Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme" mewakili problematika klasik dunia perawat kita.

Dalam kesempatan acara, Pemprov Riau meminta asosiasi perawat dapat bersinergi bersama Pemprov Riau menjalankan program pemerintah terkait dengan bidang kesehatan dan peningkatan kinerja profesional perawat dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Himbauan ini sudah tepat. Tetapi jangan giliran beban kerja saja diajak bersama-sama. Peningkatan dan penambahan Fasilitas Kesehatan (Faskes) memang vital. Tapi harus dibarengi kesejahteraan tenaga kesehatan. Berikut pengakuan keunikan profesi. Baik berbentuk kebijakan yang menghargai perawat, kemandirian dalam sistem kesehatan dan pembelaan hukum saat jalankan profesi.

Kembali ke acara HUT PPNI, kita nantikan pembuktian pidato perwakilan Pemprov Riau yang menyatakan "Jika perawat sejahtera maka kinerja perawat juga akan semakin berkualitas. Pemprov Riau akan terus memperhatikan dan mengupayakan peningkatan kesejahteraan bagi perawat yang telah bekerja keras melayani masyarakat."

Perhatian

Perhatian terhadap tenaga kesehatan utamanya perawat sepadan dengan kebutuhan. Apalagi Riau menghadapi segudang pekerjaan rumah sektor kesehatan. Mulai pemerataan sarana pelayanan hingga permasalahan mendesak seperti stunting. Ini memerlukan banyak SDM kesehatan. Kami berharap komunikasi Pemprov ke asosiasi perawat di bumi Lancang Kuning bukan momen tertentu saja, tapi intens. Mulai pembinaan dan bentuk penguatan lain. Dengan begitu muncul keterdukungan dari asosiasi perawat untuk terlibat dalam pengimplementasian transformasi sistem kesehatan melalui upaya mewujudkan sistem kesehatan yang tangguh, mencakup: Transformasi layanan primer; Transformasi layanan rujukan; Transformasi sistem ketahanan; Transformasi sistem pembiayaan; Transformasi SDM kesehatan; dan Transformasi teknologi kesehatan.

Selain ke asosiasi, Rumah Sakit (RS) milik pemerintah diminta untuk dapat menjadi teladan pengelolaan SDM. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dilihat bukan hanya fasilitas fisik dan kelengkapan alatnya. Tapi juga sejauhmana kepedulian akan kualitas insan perawat guna meningkatkan derajat kesehatan. Bagaimana pun lingkungan ikut mempengaruhi. Kalau tata kelola SDMnya handal dan standar RSUD tinggi, akan berpengaruh ke tenaga kesehatannya.   

Pembinaan dan kesejahteraan SDM perawat adalah kunci. Seiring meningkatnya kebutuhan Faskes dan bertambahnya jumlah pasien, konsekuensinya beban kerja tenaga medis berlipat ganda. Efek samping pasti ada. Paling mengemuka berdampak ke pelayanan. Ketika pelayanan tak optimal, lumrah tenaga kesehatan objek paling sering diperkarakan dan paling mudah dijadikan “tumbal” oleh manajerial. Makanya manajemen harus bisa memperhitungkan. Jangan sampai tuntutan bertambah tapi SDM tak mumpuni.

Bicara pembinaan, SDM berefek positif kepada masyarakat yang melakukan pengobatan. Begitu juga sebaliknya, kondisi SDM yang kurang baik akan menyebabkan pasien kesulitan dalam proses penyembuhannya. Menyinggung RSUD Arifin Ahmad, telah meraih akreditasi Paripurna atau bintang lima paska penilaian tim dari Badan Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Kementerian Kesehatan RI tahun lalu.

Capaian tadi mudah-mudahan dapat membawa pengaruh positif ke pelayanan. Maaf cakap, selama ini bukan sekali dua kali kasus keluarga pasien mengeluhkan pelayanan RSUD Arifin Achmad. Berbekal status lebih baik, mari beri contoh mengelola dan memperkuat tenaga kesehatan. Sebagai penutup, kami ucapkan selamat Hari Perawat Internasional. Semoga terus berbenah menuju insan lebih baik. Begitupula di sisi kebijakan. Makin baik kehidupan perawat semakin cerah pula masa depan bangsa.

Penulis : H. Sofyan Siroj Abdul Wahab, LC, MM. Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 07 Februari 2023 12:12 WIB
Kesejahteraan Pekerja dan Martabat Bangsa
Senin, 17 April 2023 08:04 WIB
Memuliakan Malam Mulia
Senin, 06 Maret 2023 09:43 WIB
Kebijakan Untuk Digugu Dan Ditiru
Senin, 08 Mei 2023 09:06 WIB
Berantas Diskriminasi Dunia Kerja!
Rabu, 03 Mei 2023 08:01 WIB
Pendidikan Adalah Koentji
Rabu, 28 Desember 2022 10:22 WIB
Regulasi Mengatasi Penyimpangan
Kamis, 23 Februari 2023 08:02 WIB
Investasi Paling Untung Itu SDM
Selasa, 20 Desember 2022 17:48 WIB
Kesetiakawanan Butuh Keteladanan
Kamis, 30 Maret 2023 07:50 WIB
Modal Sosial Bangun Negeri
Sabtu, 11 Maret 2023 08:40 WIB
Wanita Dan Daya Saing Bangsa
Minggu, 12 Februari 2023 19:23 WIB
Pers Dan Peran Mendidik Bangsa
Rabu, 25 Januari 2023 08:01 WIB
Tekad Ekstrem Atasi Kemiskinan
Kamis, 12 Januari 2023 08:38 WIB
Nasibmu Wahai Buruh Dan Pekerja
Rabu, 26 April 2023 09:01 WIB
(Ancaman) Robohnya Bangsa Kami
Senin, 09 Januari 2023 08:03 WIB
Pelayanan Adalah Pondasi
Jum'at, 20 Januari 2023 08:02 WIB
Budaya Sarana Memajukan Bangsa
Jum'at, 21 April 2023 21:28 WIB
Misi Menjaga Fitrah
Selasa, 04 April 2023 14:35 WIB
Iqra’ Gerbang Ilmu Dan Kebenaran
Jum'at, 03 Februari 2023 08:16 WIB
Riau Dan Cita Destinasi Medis
Senin, 30 Januari 2023 08:04 WIB
Kearifan Lokal Solusi Persoalan Gizi
Selasa, 28 Februari 2023 10:09 WIB
Insiden Kerja, Sampai Kapan?
Kamis, 23 Maret 2023 08:03 WIB
Ramadhan Bulan Produktif
Senin, 16 Januari 2023 08:02 WIB
Pentingnya Pengawasan
Minggu, 09 April 2023 10:35 WIB
Kesehatan Untuk Semua
Kamis, 02 Februari 2023 13:04 WIB
Tahun Politik dan Siklus Perubahan Bangsa
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 01 Maret 2024
Sambut Ramadan, Advokat Ladies Riau Bagikan Ratusan Sembako ke Warga Kurang Mampu
Jumat, 01 Maret 2024
Bawaslu Tak Punya Kewenangan Rekomendasikan PSU saat Rekapitulasi Tingkat Kabupaten
Jumat, 01 Maret 2024
Mengetuk Pintu Langit, Pegadaian Pekanbaru Bagikan Paket Makanan ke Masyarakat
Jumat, 01 Maret 2024
Pemuda Pancasila Riau Siap Dukung Kepemimpinan Pj Gubri SF Hariyanto Wujudkan Pembangunan

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Evaluasi Lapangan Visitasi Usulan Pembukaan Prodi Kebidanan Umri
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Tingkat Nasional Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti 2023
Rabu, 28 Februari 2024
Keren, Universitas Abdurrab Kini Punya Alat High Performance Liquid Chromatography
Rabu, 28 Februari 2024
Buka Fakultas Kedokteran, Tim Evaluasi Lapangan Visitasi ke Kampus Universitas Muhammadiyah Riau

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler

01

Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www