Jumat, 26 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Ada 72 Objek Wisata di Kampar
Sektor Pariwisata Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kampar
Jum'at, 08 September 2017 18:37 WIB
Sektor Pariwisata Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kampar
Masyarakat mengunjungi Sungai Kopu di Desa Tanjung

BANGKINANG (CAKAPLAH) - Dalam beberapa waktu terakhir pariwisata Kabupaten Kampar mulai menggeliat. Beberapa objek wisata baru muncul dan mampu menjadi magnet bagi wisatawan, tidak hanya dari Kabupaten Kampar namun datang dari berbagai daerah, bahkan dari luar negeri.

Melihat hal ini, Pemerintah Kabupaten Kampar dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH,MM dan Catur Sugeng Susanto,SH langsung menangkap sinyal itu dan bergerak cepat melobi Kementerian terkait dan telah berupaya pula menemui beberapa pengusaha nasional.

Kepala daerah di Negeri Serambi Mekkah Kampar ini juga telah meninjau beberapa objek wisata diantaranya di Danau PLTA Koto Panjang, Puncak Bukit Ulu Kasok yang menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, melihat keindahan pulau-pulau di waduk PLTA Koto Panjang yang katanya mirip dengan Raja Ampat di Papua atau sering disebut Raja Ampat Sumatera.

Untuk pariwisata ini, sesuai kampanyenya dulu, Azis Zaenal akan memberikan perhatian lebih ke sektor ini karena diyakini sektor ini akan mampu menyerap banyak tenaga kerja yang berujung meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan di sisi lain akan memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah.

Azis juga berkeinginan, pariwisata akan diurus dengan baik. Ia bahkan ingin kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar dibangun megah di pinggir jalan nasional Riau Sumbar.

Keseriusan Azis untuk mengurus pariwisata juga tampak pada upaya pembenahan sisi administrasi maupun objek wisata Stanum, Bangkinang. Objek wisata yang dulu mencapai kejayaannya pada tahun 1990-an itu kini bak telah disulap dari berwajah kusam kini mulai menampakkan perubahan. Bupati Kampar membentuk satuan tugas (Satgas) khusus untuk membenahi Stanum yang dipimpin Asisten II Setdakab Kampar H Nurbit.

Perlahan tapi pasti, perbaikan berbagai infrastruktur dan manajemen di Stanum telah menggoda masyarakat untuk datang dan telah mampu menggenjot pendapatan dari Stanum.



Foto: Bupati Kampar H Azis Zaenal bersama istri Hj Nuraini ketika membuka acara Pacu Sampan Jembatan Kembar Danau Bingkuang

Selain itu Bupati dan Wakil Bupati Kampar juga aktif mendukung kegiatan masyarakat yang bisa mendukung Kampar sebagai daerah wisata seperti event Pacu Sampan di Jembatan Kembar Danau Bingkuang yang digelar mulai 6-14 September 2017.

Azis berharap, sektor pariwisata ini akan menjadi salah satu primadona dan menjadi salah satu sektor yang mendongkrak PAD. Seperti diketahui, antara belanja langsung dan tidak langsung APBD Kabupaten Kampar masih didominasi belanja tidak langsung.

Pada penyampaian Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) APBD Kabupaten Kampar akhir Agustus 2017 lalu diketahui bahwa belanja langsung hanya Rp 697,265 miliar. Sementara, belanja tidak langsung sebesar Rp1,359 triliun lebih.

Belanja tidak langsung ini terdiri dari, belanja pegawai Rp 1,010 triliun, belanja subsidi Rp 3,177 miliar, biaya belanja hibah Rp 4,2 miliar, belanja bantuan sosial Rp 8,909 miliar, belanja bagi hasil kepada provinsi, kabupaten/kota dan pemerintah desa Rp 7,666 miliar, belanja bantuan keuangan kepada provinsi, kabupaten/kota, pemerintah desa dan partai politik Rp 322,571 miliar dan belanja tidak terduga Rp 2,5 miliar.

Bupati Kampar juga menyampaikan, pendapatan daerah pada APBD tahun anggaran 2018 diproyeksi sebesar Rp 2,001 triliun. Pendapatan tersebut berasal dari PAD sebesar Rp 211,235 miliar, terdiri dari hasil pajak daerah Rp 79 miliar, hasil retribusi daerah Rp 22,591 miliar, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan Rp 34,448 miliar dan lain-lain PAD yang sah Rp 75,195 miliar.

Pendapatan dari dana perimbangan Rp 1,520 triliun lebih, terdiri dari bagi hasil pajak/bagi hasil bukan pajak Rp 559,017 miliar, dana alokasi umum Rp 735,072 miliar dan dana alokasi khusus Rp 226,206 miliar.

Pendapatan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 269,871 miliar. Ini terdiri dari dana bagi hasil pajak provinsi pemerintah lainnya Rp 77,462 miliar dan dana penyesuaian dan otonomi khusus Rp 192,408 miliar.

Masih besarnya porsi belanja tak langsung membuat Bupati Kampar memberi perhatian terhadap hal ini. Bahkan pada pidato dalam rapat paripurna DPRD Kampar tentang penyampaian KUA PPAS APBD Kampar tahun 2018, Azis sempat mengulang kalimat yang disampaikan mengenai jumlah belanja tidak langsung APBD Kampar.

Azis berharap, dengan adanya peningkatan DAK dari pusat, maka bertambah pula struktur APBD Kampar. Sehingga, belanja langsung dengan belanja langsung seimbang. Untuk saat ini, dalam kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) APBD Kampar 2018, antara belanja langsung dan tak langsung tidak seimbang. Dengan adanya peningkatan belanja langsung, maka pembangunan bisa dipacu secepatnya karena banyak sekali aspirasi masyarakat yang telah diterima Bupati dan Wakil Bupati Kampar serta DPRD Kampar.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Drs H Syamsul Bahri,MM ketika ditemui baru-baru ini di Bangkinang menyebutkan, bukan tidak mungkin, sektor pariwisata akan menjadi salah satu andalan sebagai sumber pendapatan masyarakat maupun pendapatan asli daerah (PAD).

Dikatakan Syamsul, saat ini, berdasarkan inventarisir dinas yang dipimpinnya, terdapat 72 objek wisata di Kabupaten Kampar, termasuk beberapa objek wisata yang baru muncul.

Objek wisata ini tersebar di berbagai kecamatan. Objek wisata yang terbaru diantaranya Puncak Bukit Ulu Kasok yang terdapat di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Air Terjun Panisan dan Sungai Kopu di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Air Terjun Bukit Osang di Desa Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar, Air Terjun Batu Dinding di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Air Terjun Lubuk Bigau, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Danau Bukit Naang di Kecamatan Bangkinang, Jembatan Water Front City yang menghubungkan Kecamatan Bangkinang Kota dengan Kecamatan Bangkinang, Hutan Pinus di Kecamatan Kampar dan lainnya.

Objek wisata yang tergolong baru ini telah memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi masyarakat seperti di Ulu Kasok. Ribuan pengunjung datang setiap pekan di lokasi ini. Banyak masyarakat bisa hidup dari sini seperti berdagang, mengojek, menyewakan sampan dan sumber pendapatan lainnya.

Lebih lanjut Syamsul Bahri mengatakan, berkaitan pariwisata ada tiga aspek yang perlu diperhatikan yaitu aksesibilitas, atraksi dan amenitas.

Berkaitan aksesibilitas, sektor infrastruktur terutama aksesibilitas menjadi unsur penting dalam membangun potensi wisata. Syamsul mengatakan, perlu adanya pembenahan infrastruktur agar potensi wisata di Kabupaten Kampar semakin tergali. Masih banyak objek wisata yang terkendala hal ini karena masih mengandalkan swadaya masyarakat untuk membuka jalan menuju lokasi.

"Kalau infrastruktur yang kita butuhkan di Kampar banyak ke arah infrastruktur jalan. Untuk menuju objek menuju jalan bagus, tidak macet dan bersih," beber Syamsul.

Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang memiliki peran yang sangat besar untuk meningkatkan infrastruktur di lokasi wisata atau menuju lokasi wisata.

Seperti dalam dua tahun terakhir, jalan menuju Candi Muara Takus telah mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi Riau dan Pemkab Kampar. Jalan yang dulu mengalami kerusakan parah telah diperbaiki dan diaspal ulang. Hal ini akan membuat para wisatawan nyaman bila berkunjung ke daerah ini.

Sementara ada beberapa daerah yang masih terkendala aturan dan regulasi untuk dibangun karena masuk dalam kawasan hutan dan dilindungi. Seperti Air Terjun Lubuk Bigau dan Air Terjun Batu Dinding di Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Untuk memecahkan persoalan ini dibutuhkan
komitmen dari pimpinan, mulai dari pusat, gubernur sampai bupati.

Kemudian berkaitan atraksi. Atraksi sifatnya muncul dari masyarakat itu sendiri. Atraksi kesenian misalnya. Untuk di Indonesia, Bali merupakan salah satu daerah yang paling menonjol dalam hal ini. "Kalau aksesibilitas dan amenitas sudah oke, tanpa atraksi maka objek wisata itu belum layak untuk dikunjungi, belumlah menarik," beber pria yang juga menjadi Ddsen di salah satu perguruan tinggi di Bangkinang itu.

Menurutnya, Kampar memiliki potensi luar biasa untuk menunjukkan atraksi seni. Hal itu ditandai dengan berdirinya beberapa grup musik bernafaskan musik tradisional modern, munculnya grup teater dan aneka pertunjukan seni lainnya seperti pencak silat tradisional. Apabila ini dimunculkan di objek wisata atau pada saat acara-acara maka pariwisata Kabupaten Kampar semakin menarik.

Selanjutnya amenitas. Amenitas adalah semua bentuk fasilitas yang memberikan pelayanan bagi wisatawan untuk segala kebutuhan selama tinggal atau berkunjung pada suatu daerah tujuan wisata, seperti hotel, motel, restaurant, bar, discotheques, café, shopping center, souvenir shop.

Amenitas adalah faktor sarana penunjang. Ini sangat  menentukan bagi kenyamanan pengunjung. Pengunjung akan mau berlama-lama di suatu daerah apabila semua ini terlayani dengan baik. Karena merasa tertarik maka pengunjung akan kembali datang berulang-ulang ke Objek Wisata tersebut. Di Kabupaten Kampar sendiri, amenitas ini diakui masih minim. Maka kedepan diperlukan adanya kebijakan yang akan memudahkan investasi dan membuka peluang bagi pengusaha untuk mengembalikan modalnya dan mendapatkan keuntungan dari investasinya.

Lebih lanjut Syamsul Bahri mengatakan, program terbaru dari Pemkab Kampar adalah menyusun Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPDA). Program ini bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). "Dulu ada forum discusion group bulan Mei. Masih ada discusion group berikutnya di bulan September.  Harus dipersiapkan berbagai hal karena untuk suatu objek wisata perlu ada payung hukum, Diperdakan," terang Syamsul.

Untuk 2017 dan 2018, Pemkab Kampar juga menyusun master plan beberapa objek wisata seperti Danau Rusa PLTA Koto Panjang dan Lubang Kolam. "Beberapa prioritas kita letakkan di master plan," katanya.

Sementara itu, dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata akan dialokasikan untuk Danau Rusa dan turap Lubang Kolam yang saat ini kedua objek wisata ini masih alami dan belum ada sentuhan pembangunan.

Pemkab Kampar pada tahun ini mengusulkan DAK ke Pemerintah Pusat sebesar Rp 11 miliar untuk objek wisata Lubang Kolam dan Danau Rusa. "Mudah-mudahan tahun ini kita dapat," ulasnya.

Di samping itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar juga mendorong serta membina terbentuknya kelompok safar wisata (Pok Darwis). Baru-baru ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar menghadiri peresmian Objek Wisata dan pelantikan pengurus Pok Darwis di Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Melalui Pok Darwis ada peranan masyarakat dalam mengembangkan objek wisata sekaligus menjaga kelestarian alam serta merawat dan menjaga kebersihannya.

Sementara di tempat terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar H Azwan menyampaikan, pada prinsipnya Bisa Bappeda Kabupaten Kampar mendukung program dari Dinas Kebudayaan Pariwisata termasuk dukungan dalam pengajuan proposal dana alokasi khusus (DAK) ke Kementerian beberapa hari lalu.

"Ini bentuk dukungan Bappeda kepada seluruh OPD agar mendapatkan dana di Kementerian. Itu disampaikan kepada Kementrian terkait. Doakan usulan kita masuk di pusat," ucap Azwan.

Dikatakan Azwan, Bupati Kampar H Azis Zaenal sangat berkomitmen untuk memajukan pariwisata di Kabupaten Kampar karena ini merupakan sumber pendapatan bagi masyarakat. Pariwisata memiliki dampak ekonomi dari masyarakat.

Penulis : A. Yani / Advertorial
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Kampar
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 26 April 2024
SD An Namiroh Pusat Pekanbaru Borong Penghargaan Tingkat Nasional hingga Internasional
Jumat, 26 April 2024
APHI Riau Gelar Halal Bihalal dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 25 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya
Kamis, 25 April 2024
Disdik Pekanbaru Minta Sekolah yang Gelar Halal Bi Halal Tak Ganggu Jam Belajar

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Politeknik Pengadaan Nasional Beri Diskon 30 Persen untuk Anak ASN, TNI dan Polri
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

04

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www