Rabu, 22 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 18 April 2024 09:55 WIB
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!

(CAKAPLAH) - Apakah Anda menyadari betapa pentingnya merawat gigi Anda? Merawat gigi bukan hanya tentang mempertahankan senyuman yang indah, tetapi juga tentang menjaga kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan.  

Dengan merawat gigi secara teratur, Anda dapat mencegah berbagai masalah mulut seperti gigi berlubang, radang gusi, dan penyakit periodontal. Selain itu, merawat gigi juga dapat membantu mencegah masalah kesehatan umum seperti penyakit jantung dan diabetes.  

Yuk, temukan manfaat lengkap dari merawat gigi dengan mengunjungi klinik gigi terdekat sekarang! 

Fungsi Gigi Manusia 

Gigi manusia, meskipun sering dianggap sebagai alat pengunyah semata, sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan mulut dan fungsi tubuh secara keseluruhan. Dari pengunyahan makanan hingga berbicara dengan jelas, gigi manusia adalah keajaiban anatomi yang layak untuk dieksplorasi. Mari kita gali lebih dalam tentang beragam fungsi yang dimiliki oleh gigi manusia.

1. Pengunyahan Makanan 

Fungsi paling jelas dari gigi manusia adalah untuk membantu dalam pengunyahan makanan. Gigi-gigi kita memiliki struktur yang dirancang khusus untuk memotong, mengunyah, dan menggiling makanan sehingga dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Gigi seri atau insisif digunakan untuk memotong makanan, sedangkan gigi geraham atau molar bertugas untuk menggiling makanan menjadi bagian yang lebih kecil agar dapat dicerna lebih mudah.

2. Pencernaan yang Efisien 

Gigi juga berperan penting dalam proses pencernaan. Ketika makanan dikunyah, proses penghancuran fisik oleh gigi membantu meningkatkan permukaan makanan yang terpapar oleh enzim pencernaan dalam saliva. Hal ini memfasilitasi pencernaan dan penyerapan nutrisi yang lebih baik oleh tubuh. 

3. Pengucapan Kata yang Jelas 

Gigi juga memiliki peran penting dalam pembentukan suara dan pengucapan kata yang jelas. Gigi-gigi depan membantu dalam pembentukan bunyi-bunyi seperti "f", "v", dan "th", sementara gigi-gigi belakang membantu dalam pembentukan bunyi-bunyi seperti "s", "z", dan "k".

4. Menjaga Struktur Wajah

Selain fungsi-fungsi fungsionalnya, gigi juga memainkan peran penting dalam menjaga struktur wajah. Gigi-gigi memberikan dukungan untuk bibir dan pipi, sehingga membantu menjaga bentuk wajah seseorang. Kehilangan gigi dapat menyebabkan penurunan massa tulang di rahang, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perubahan pada bentuk wajah. 

5. Kesehatan Mulut yang Optimal

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, gigi yang sehat memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Gigi yang bersih dan bebas dari kerusakan seperti gigi berlubang atau penyakit gusi dapat mencegah masalah mulut yang lebih serius seperti infeksi atau kerusakan tulang rahang.

Penyebab Gigi Rusak 

Kesehatan gigi yang baik bukan hanya tentang menjaga senyuman yang indah, tetapi juga tentang menjaga kesehatan umum tubuh Anda. Namun, seringkali kita mengabaikan pentingnya merawat gigi dengan baik, yang akhirnya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, salah satunya adalah gigi rusak.  

Gigi rusak dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan bahkan masalah kesehatan umum yang lebih serius. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali penyebab dari gigi rusak dan mengambil langkah-langkah preventif yang diperlukan untuk mencegahnya, seperti mengunjungi klinik gigi terdekat.

Berikut adalah penyebab kenapa gigi bisa rusak: 

1. Kurangnya Perawatan Gigi yang Baik 

Salah satu penyebab utama gigi rusak adalah kurangnya perawatan gigi yang baik. Banyak orang cenderung mengabaikan atau tidak konsisten dalam membersihkan gigi mereka setiap hari. Plak gigi yang terbentuk akibat sisa makanan dan bakteri yang tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat menyebabkan gigi berlubang dan kerusakan lainnya. 

2. Konsumsi Makanan dan Minuman Berlebihan yang Manis 

Konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula, terutama makanan ringan dan minuman bersoda, dapat meningkatkan risiko gigi rusak. Bakteri dalam mulut Anda menggunakan gula sebagai bahan bakar untuk membuat asam, yang dapat merusak lapisan keras gigi (email) dan menyebabkan gigi berlubang. 

3. Kurangnya Fluoride 

Fluoride adalah mineral yang penting untuk kesehatan gigi karena membantu menguatkan enamel gigi dan melindungi mereka dari kerusakan. Kurangnya fluoride dalam air minum atau penggunaan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride dapat meningkatkan risiko gigi rusak. 

4. Kebiasaan Mengunyah Benda Keras atau Menggunakan Gigi untuk Membuka Benda

Kebiasaan mengunyah benda keras seperti pensil atau menggunakan gigi untuk membuka benda dapat menyebabkan retak atau patahnya gigi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius dan memerlukan perawatan gigi yang intensif. 

5. Kondisi Kesehatan Mulut yang Buruk

Kondisi kesehatan mulut seperti penyakit gusi atau penyakit periodontal dapat menyebabkan kerusakan gigi. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada jaringan pendukung gigi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi serta kehilangan gigi. 

Dampak Gigi Rusak 

Gigi yang rusak bukan hanya masalah kosmetik, tetapi juga dapat memiliki dampak serius pada kesehatan mulut dan kesejahteraan umum seseorang. Ketika gigi mengalami kerusakan, baik akibat gigi berlubang, patah, atau penyakit periodontal, berbagai masalah kesehatan dapat muncul. Mari kita cari tahu dampak dari gigi rusak dan pentingnya perawatan gigi yang tepat. 

1. Dampak Kesehatan Mulut 

Gigi yang rusak dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, termasuk nyeri gigi, radang gusi, dan abses gigi. Gigi berlubang, misalnya, dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan jika tidak diobati, dapat menyebabkan infeksi serius yang dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya. Penyakit periodontal, yang disebabkan oleh kumpulan plak bakteri, dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan gusi dan bahkan kehilangan gigi. 

2. Dampak Kesehatan Umum 

Tidak hanya berdampak pada kesehatan mulut, gigi yang rusak juga dapat berkontribusi pada masalah kesehatan umum. Infeksi gigi yang tidak diobati dapat menyebar ke daerah lain dalam tubuh, meningkatkan risiko infeksi sistemik dan peradangan.  

Penelitian juga menunjukkan hubungan antara penyakit periodontal dengan kondisi kesehatan serius lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Oleh karena itu, merawat gigi dengan baik tidak hanya penting untuk kesehatan mulut, tetapi juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

3. Dampak Psikologis dan Sosial 

Selain dampak fisiknya, gigi yang rusak juga dapat memiliki dampak psikologis dan sosial yang signifikan. Rasa malu atau kurang percaya diri karena penampilan gigi yang buruk dapat mengganggu kualitas hidup seseorang dan memengaruhi hubungan sosial serta karier mereka. Seseorang mungkin merasa tidak nyaman berbicara atau tersenyum, yang dapat menghambat interaksi sosial dan membuat mereka merasa terisolasi. 

Manfaat Merawat Gigi

Merawat gigi bukanlah sekadar tentang mempertahankan senyuman yang indah, tetapi juga merupakan fondasi utama dari kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan. Menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah kebiasaan yang penting untuk dilakukan sepanjang hidup, karena memiliki dampak yang signifikan pada kualitas hidup seseorang. Di balik sikat gigi dan benang gigi, tersembunyi manfaat yang tak terhitung jumlahnya bagi kesehatan dan kesejahteraan kita. 

1. Pencegahan Penyakit Mulut 

Merawat gigi secara teratur membantu mencegah berbagai masalah mulut seperti gigi berlubang (karies), radang gusi (gingivitis), dan penyakit periodontal yang lebih serius. Membersihkan sisa makanan dan plak dari permukaan gigi dengan menyikat dan menggunakan benang gigi secara teratur merupakan langkah pertama dalam menjaga kesehatan mulut dan mencegah penyakit-penyakit tersebut. 

2. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik 

Tidak hanya memengaruhi mulut, bakteri dari penyakit gusi juga dapat masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan peradangan dalam tubuh. Penelitian telah menemukan hubungan antara penyakit periodontal dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti aterosklerosis (pengerasan arteri) dan penyakit jantung koroner. Dengan merawat gigi secara teratur, Anda juga membantu melindungi kesehatan jantung Anda. 

3. Mencegah Komplikasi Diabetes

Bagi penderita diabetes, merawat gigi adalah langkah penting dalam mengelola kondisi mereka. Penyakit gusi yang tidak diobati dapat menyebabkan fluktuasi gula darah yang lebih tinggi dan sulit dikendalikan. Sebaliknya, menjaga kesehatan mulut dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi diabetes. 

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Sakit gigi dan penyakit mulut lainnya dapat menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, dan bahkan masalah pencernaan. Dengan merawat gigi secara teratur, Anda dapat menghindari ketidaknyamanan tersebut dan menjaga kualitas hidup Anda tetap optimal. Dengan memiliki gigi dan gusi yang sehat, Anda dapat makan dengan nyaman, berbicara dengan percaya diri, dan menikmati kehidupan tanpa gangguan dari masalah mulut yang tidak perlu.

5. Menjaga Kesehatan Umum 

Kesehatan mulut yang baik juga berdampak positif pada kesehatan umum. Dengan mengurangi jumlah bakteri dan peradangan dalam mulut, Anda membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi. 

Selain itu, kunjungan rutin ke klinik gigi terdekat juga memungkinkan untuk deteksi dini masalah kesehatan mulut dan umum, yang memungkinkan penanganan yang lebih efektif dan terapeutik.

Tips Merawat Gigi Agar Tetap Sehat dan Bersinar 

Merawat gigi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Gigi yang sehat tidak hanya memberikan senyuman yang indah, tetapi juga mencegah berbagai masalah mulut yang dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips sederhana namun efektif untuk merawat gigi Anda dengan baik:

1. Sikat Gigi Secara Teratur 

Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang dapat mencapai semua bagian gigi dengan mudah. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu melindungi gigi dari kerusakan dan pembentukan plak. 

2. Gunakan Benang Gigi 

Selain menyikat gigi, jangan lupakan pentingnya menggunakan benang gigi setiap hari. Benang gigi membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan plak di antara gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Gunakan benang gigi dengan lembut dan bersihkan setiap sela gigi secara hati-hati. 

3. Batasi Konsumsi Makanan Manis 

Makanan dan minuman manis dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan pembentukan plak. Batasi konsumsi makanan manis seperti permen, cokelat, dan minuman bersoda. Jika Anda mengonsumsi makanan manis, pastikan untuk membersihkan gigi Anda atau berkumur dengan air setelahnya.

4. Hindari Kebiasaan Merokok dan Mengunyah Tembakau 

Merokok dan mengunyah tembakau tidak hanya merusak kesehatan secara umum, tetapi juga dapat menyebabkan masalah serius pada gigi dan gusi. Nikotin dan tar dalam tembakau dapat menyebabkan bau mulut, gigi kuning, serta meningkatkan risiko penyakit gusi dan kanker mulut. 

5. Berkunjung ke Dokter Gigi Secara Teratur 

Jadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi setidaknya dua kali setahun untuk pemeriksaan gigi dan pembersihan profesional. Dokter gigi dapat mendeteksi masalah gigi lebih awal sebelum menjadi lebih serius, serta memberikan saran tentang cara merawat gigi yang lebih baik. 

6. Ganti Sikat Gigi secara Teratur 

Sikat gigi perlu diganti setiap 3-4 bulan atau setelah bulu sikat mulai terlihat aus. Sikat gigi yang aus tidak akan membersihkan gigi dengan efektif dan dapat menyebabkan penumpukan bakteri. Ganti sikat gigi secara teratur untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda. 

Tips Mencari Klinik Gigi Terdekat yang Terpercaya

Merawat kesehatan gigi merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan secara keseluruhan. Untuk mendapatkan perawatan gigi yang berkualitas, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menemukan klinik gigi terdekat yang terpercaya dan profesional. 

Namun, dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, mencari klinik gigi yang tepat bisa menjadi tugas yang menantang. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mencari klinik gigi terdekat yang terpercaya: 

1. Tanyakan kepada Teman dan Keluarga

Salah satu cara terbaik untuk menemukan klinik gigi terdekat yang terpercaya adalah dengan bertanya kepada teman, keluarga, atau rekan kerja Anda. Mereka mungkin memiliki rekomendasi berdasarkan pengalaman pribadi mereka dengan klinik gigi tertentu. Mendapatkan referensi dari orang yang Anda percayai dapat memberikan Anda keyakinan bahwa Anda akan menerima perawatan gigi yang berkualitas. 

2. Periksa Ulasan dan Testimoni Online

Sebelum membuat janji di klinik gigi tertentu, luangkan waktu untuk membaca ulasan dan testimoni online dari pasien sebelumnya. Platform seperti Google Reviews atau situs web klinik gigi itu sendiri dapat memberikan wawasan tentang pengalaman orang lain dengan klinik tersebut. Perhatikan ulasan tentang kebersihan, keramahan staf, kualitas perawatan, dan kenyamanan lingkungan klinik. 

3. Periksa Kredensial dan Pengalaman Dokter

Pastikan dokter gigi di klinik tersebut memiliki kredensial yang lengkap dan pengalaman yang memadai dalam praktik gigi. Anda dapat memeriksa latar belakang pendidikan, pelatihan lanjutan, serta sertifikasi yang dimiliki oleh dokter gigi tersebut. Sebuah klinik gigi yang profesional dan terpercaya akan dengan senang hati membagikan informasi tentang kualifikasi staf medis mereka. 

4. Tinjau Fasilitas dan Teknologi yang Tersedia

Klinik gigi yang baik harus dilengkapi dengan fasilitas dan teknologi terbaru untuk memberikan perawatan yang optimal bagi pasien. Pastikan klinik gigi terdekat Anda pertimbangkan dilengkapi dengan peralatan modern dan sterilisasi yang memadai. Teknologi seperti sinar-X digital, sistem pencitraan 3D, dan perangkat laser dapat meningkatkan kualitas perawatan dan kenyamanan pasien. 

5. Pertimbangkan Ketersediaan Layanan yang Ditawarkan

Sebelum memutuskan klinik gigi tertentu, pastikan klinik tersebut menawarkan layanan yang Anda butuhkan. Tinjau jenis perawatan gigi yang mereka sediakan, mulai dari pembersihan gigi rutin hingga perawatan restoratif dan kosmetik. Memilih klinik gigi yang menawarkan berbagai layanan dapat memudahkan Anda dalam mendapatkan perawatan yang lengkap tanpa perlu mencari tempat lain. 

Dengan menggunakan tips di atas, Anda dapat memperbesar kemungkinan menemukan klinik gigi terdekat yang terpercaya dan profesional. Ingatlah bahwa perawatan gigi yang berkualitas adalah investasi dalam kesehatan Anda yang akan membawa manfaat jangka panjang. Jangan ragu untuk menghabiskan waktu dalam mencari klinik gigi yang tepat, karena kesehatan gigi yang baik merupakan kunci untuk senyuman yang indah dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Mencari Klinik Gigi Terdekat? Kunjungi Happy Dental Clinic! 

Dengan berbagai tips dan pertimbangan yang telah disampaikan, mengunjungi klinik gigi yang tepat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Dalam memilih klinik gigi, kepercayaan, profesionalisme, dan kualitas perawatan merupakan hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata. 

Untuk pengalaman perawatan gigi yang menyenangkan dan berkualitas, ayo, segera mengunjungi Happy Dental Clinic. Dengan tim dokter gigi yang berpengalaman, fasilitas modern, dan komitmen untuk memberikan perawatan terbaik bagi setiap pasien, Happy Dental Clinic siap membantu Anda mencapai senyuman yang sehat dan indah. Jadwalkan kunjungan Anda sekarang untuk merawat gigi Anda!

Penulis : Mela
Editor : Ali
Kategori : Kesehatan dan Keluarga
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 22 Mei 2024
Minat Masyarakat Tinggi, Imigrasi Kelas ll TPI Bagansiapiapi Telah Terbitkan 505 Paspor Elektronik
Rabu, 22 Mei 2024
Motivasi Atlet PON, Pemko Pekanbaru Salurkan Uang Pembinaan
Rabu, 22 Mei 2024
Terpilih Aklamasi, Rinto Nakhodai IKKKM Bengkalis Periode 2024-2029
Rabu, 22 Mei 2024
Tekan Angka Kecelakaan di Riau, Polisi Buat Program "Bung Selamat" Selama Satu Bulan

Serantau lainnya ...
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024
Selasa, 07 Mei 2024
Seleksi Ketat Beasiswa Pendidikan di Kota Dumai, 49 Peserta Bersaing dalam Ujian Tertulis dan Wawancara
Selasa, 07 Mei 2024
Wisuda ke-68, Rektor: Unilak Semakin Dipercaya Masyarakat Riau dan Indonesia

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW
Terpopuler
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Senin, 29 April 2024
Sekretaris Dinas LHK Kota Pekanbaru Hadiri Rapat SABER Pungli 2024
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www