Jumat, 28 Februari 2020

Breaking News

  • Pemprov Riau Bebaskan Denda Pajak Daerah   ●   
  • Riset: Buzzer di Indonesia Digerakkan oleh Agensi   ●   
  • Tim Gabungan Akan Beri Efek Jera untuk Korporasi Pembakar Lahan   ●   
  • PTPN V Remajakan 914 Hektare Sawit Rakyat di Rohil   ●   
  • Tahun Depan, KIT Pekanbaru Sudah Bisa Dijual   ●   
  • 3 Fraksi DPRD Riau Sepakat Sebut Paripurna Pembentukan AKD Cacat Prosedural   ●   
  • Pemko Pekanbaru Bentuk Tim Percepatan KIT   ●   
  • Meubelair Gedung Mapolda Riau Senilai Rp10,5 Miliar Tahap Lelang   ●   
  • LAMR akan Kumpulkan Elemen Masyarakat Bahas Blok Rokan   ●   
  • Unilak Wisuda 1.044 Mahasiswa
Yamaha 25022020
Polling
4 Bakal Calon Bupati Kuantan Singingi untuk Pilkada 2020, Siapa Pilihan Anda?


Bangun Gedung Centra Industri IKM Sagu untuk Mendorong Cluster Sagu Meranti
Rabu, 03 April 2019 14:34 WIB
Bangun Gedung Centra Industri IKM Sagu untuk Mendorong Cluster Sagu Meranti
MERANTI (CAKAPLAH) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti benar-benar melirik potensi sagu yang menjanjikan. Hal ini ditandai dengan pembangunan Pusat Centra Industri Kecil Menengah (IKM) Sagu di Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Ide dan inovasi dalam mengembangkan potensi sagu Meranti terus digesa meski berbagai prestasi olahan sagu Meranti menjadi pangan sehat dan berkualitas telah dianugerahkan dan ditampilkan di Jepang dengan lebih dari 369 varian jenis pangan dari olahan bahan sagu.
        
Tidak puas di sini saja, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti juga telah membangun cluster sagu dengan bentuk pusat centra Industri IKM Sagu yang kini sedang dalam proses pembangunan di Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Pusat Centra Industri IKM Sagu ini dibuat secara matang dengan kajian dan petunjuk langsung dari Kementerian Perindustrian RI. Tak tangung-tanggung Kementerian Perindustrian RI memberikan anggaran pembuatan pusat Centra IKM sagu di Desa Sungai Tohor ini hampir mencapai Rp50 Miliar yang direalisasikan dengan tiga tahapan pengerjaan.

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H.  Irwan Msi merasa optimis terkait pembangunan centra IKM sagu akan berdampak baik bagi pembangunan ekonomi Daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah Meranti mendapat bantuan oleh Kementerian Perindustrian RI untuk pembangunan Centra IKM sagu dan kini wujud fisik pembangunannya sudah jadi pada tahap pertama dan akan terus diselesaikan hingga pada tahap kedua dan ketiga untuk finishing pengerjaan," kata Bupati H Irwan.

Bupati Meranti yang juga tokoh pejuang dan anak asli Meranti ini meletakkan harapan yang besar terhadap Centra IKM Sagu akan membumikan sagu secara nasional hingga ke luar negeri.

"369 varian olahan pangan dari bahan sagu ini sudah kita promosikan di tingkat nasional. Bahkan kita juga ikut memamerkan hasil olahan sagu di tingkat internasional yakni di negara Jepang pada tahun lalu," cakap Bupati.

Diungkapkan Irwan kandungan nilai gizi sagu cukup tinggi serta kadar gula rendah tidak seperti pada beras dan sagu mampu bersaing dengan pangan lainnya seperti jagung,  gandum, kedelai dan lainya. Setiap tahun Meranti bisa menghasilkan lebih dari 3.000 ton sagu kering dan ini masih belum terkelola secara keseluruhan.

"Dibangunnya Centra IKM Sagu tentu poduksi dan hasil jual petani akan lebih meningkat dan menjanjikan dalam menambah nilai ekonomis masyarakat dan ini termasuk ke dalam program ekonomi kerakyatan," pungkasnya.

Di lain sisi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs. Azza Fahroni melalui Kepala Bidang Industri Marwan SE yang juga didampingi Kasi Industri Logam Mesin Elektronika Aneka dan Kerajinan Mifta SE juga telah serius menggejot pembangunan Centra IKM Sagu di Desa Sungai Tohor.

"Tahap pertama Tahun 2018 pengerjaan sudah selesai dengan 10 ruang bangunan produksi, beserta Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan fasilitas bangunan pelengkap, sementara pada tahap kedua yang telah disetujui pusat akan kita mulai pada tahun ini hingga pada tahun 2020 nanti akan masuk tahap ke tiga yakni finishing," katanya.
         
Dikatakannya, pembangunan Centra IKM Sagu ini di bangun melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui Kementerian Perindustrian RI. "Tahap Pertama Tahun 2018 kemarin bantuan yang turun sebesar Rp20.799.620.000. Dan tahun ini kita kembali mengajukan dan disetujui sebesar Rp. 19.336.490.000. Sedangkan pada tahap ketiga pada tahun 2020 kita akan mengajukan lagi dana tambahan sebesar Rp9 Miliar," ucapnya.
          
Diterangkannya, ada 10 ruangan produksi pada Centra IKM Sagu dengan Dua Blok. "Masing-masing blok ada 5 ruangan produksi yang kita namai blok 1A dan 1B.  Untuk 1A diperuntukan produksi sagu telor, kerupuk sagu, sagu rendang mutiara, Kue sagu, dan cadangan IKM potensial sementara blok 1B kita gunakan pembuatan Mie sagu instan di sini ada dua ruang produksi untuk mie sagu basah satu ruang produksi, Sagu Beras satu ruang, Gula cair dan cadangan potensial. Masing-masing akan dilengkapi dengan mesin exstrueder," tambahnya.
 
 
Lanjutnya, di central IKM sagu ada hulu produksi yang dikhususkan memproduksi tepung basah menjadi kering, bangunannya sudah selesai dan tahun ini akan dilengkapi dengan mesin pengolahan sagu moderen dengan kapasitas produksi 1 ton perjam.

"Dengan ini dilakukan untuk peningkatan nilai tambah produk tepung sagu basah yang dimiliki di 14 kilang sagu yang ada di Sungai Tohor, peningkatan nilai tambah itu mulai dari harga jual yang biasanya kelompok IKM sagu menjual dengan harga Rp.1800 /kilogram dan jika menghasilkan tepung sagu dengan kualitas bagus dengan harga diatas Rp. 6500/kg," sebutnya.
        
Diterangkannya untuk pengolahannya dilengkapi dengan sistem air bersih dan beberapa kali pencucian dan terakhir dicuci dengan kandungan Air ph7.

"Jadi sentra IKM ini hadir untuk memberi solusi terhadap pengolahan sagu dimana air yang selama ini menjadi persoalan utama.. Selain air di sentra ini juga dilengkapi IPAL sesuai standar," jelasnya.
        
"Sementara untuk produksi hilir kita akan memproduksi tepung sagu menjadi produk makanan sesuai dengan standar. Di sini dilengkapi masing-masing ruangan prosuksi 1 a dan 1 b dengan mesin dan peralatan industri rumah tangga selain itu tempat ini juga didesain sesuai dengan target yang akan kita kembangkan untuk IKM," imbuhnya.
        
Ditambahkankan Kabid Industri Marwan SE bahwa di Centra ini juga memproduksi semua produk hasil olahan yang ada selain itu fokus pengembangan untuk mie sagu instan dan beras sagu

"Masing-masing produksi pangan jadi ini juga akan diberikan kemasan yang rapi dan menarik sehingga layak jual nantinya. Kita memasang target pemasaran di kantin,  supermarket, Mal yang akan disebarkan baik di Selatpanjang maupun di luar Meranti," katanya.
        
Kasi Industri Logam Mesin eletronika Aneka dan Kerajinan Mifta SE mengatakan di Centra IKM Sagu ini akan disokong kelistrikan sebesar 415 KPA baik dari PLN dan genset

"Pola pembangunan Centra Industri IKM Sagu terlebih dahulu telah dikaji oleh Kementerian Perindustrian RI dengan dasar pola pengembangan sentral industri kecil menengah," ungkap Mifta.
          
Menyinggung soal tahapan ketiga Mifta menyebutkan ada Rp 9 miliar yang akan kembali kita ajukan yang digunakan untuk finishing dan pembuatan kantin, mushola dan sarana prasarana lainnya. (Adv/Advertorial)

Penulis : Unik Susanti
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Advertorial
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
4 Bakal Calon Bupati Kuantan Singingi untuk Pilkada 2020, Siapa Pilihan Anda?

Artikel Lainnya
Rabu, 29 Januari 2020 14:57 WIB
Dewan Apresiasi Langkah DLH Meranti
Senin, 24 Februari 2020 21:22 WIB
PGN Jaga Ketahanan Pasok Gas Jawa Timur
Minggu, 01 Desember 2019 07:02 WIB
APBD Rohul Tahun 2020 Disahkan Rp1,47 Triliun
Selasa, 06 Agustus 2019 18:39 WIB
RAPBD Pekanbaru 2020 Capai Rp2,347 Triliun
0 Komentar
Berita Pilihan
Kamis, 03 Oktober 2019
Tokoh Masyarakat Ingin Sekda Riau dari Indragiri, Ini Alasannya
Kamis, 03 Oktober 2019
Sayonara KPK
Jumat, 04 Oktober 2019
Sebelum Ditemukan Meninggal di Mobil, Korban Sempat Senang-senang di Karaoke
Minggu, 06 Oktober 2019
Heboh Penemuan Potongan Mirip Tangan Manusia di Kampar, Ini Penjelasan Polisi
Minggu, 06 Oktober 2019
Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2019
AMSI
Topik
Jumat, 22 Maret 2019
Plastik Masih Menjadi Permasalahan Utama Pencemaran Lingkungan di Kuansing
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 27 Februari 2020
Resmi Dilantik, Fapsedu Ikut Atasi Masalah KB dan Kependudukan di Riau
Kamis, 27 Februari 2020
Lapas, Rutan dan Kantor Imigrasi di Riau Sudah Canangkan WBK dan WBBM
Rabu, 26 Februari 2020
Usai Dilatih Tim Fire Fighter PT RAPP, Ratusan Mahasiswa Unilak Daftar Jadi Relawan Karhutla
Rabu, 26 Februari 2020
Turnamen Mancing "Mewah" Berhadiah Jutaan Rupiah, Persiapan Sudah 100 Persen

Serantau lainnya ...
Minggu, 23 Februari 2020
Nikmati Perjalanan Wisatamu Dengan Bus Tiara Mas
Minggu, 09 Februari 2020
CAKAPLAH & BENTO
Rabu, 29 Januari 2020
Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Pesan Tiket Pesawat Citilink
Jumat, 29 November 2019
Yuk! Coba 6 Aktivitas Seru ini untuk Mengisi Waktu Akhir Pekan Kamu Bersama Anak

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 27 Februari 2020
PGN Rutin Lakukan Pemeliharaan Transmisi dan Jalur Distribusi
Senin, 24 Februari 2020
PGN Jaga Ketahanan Pasok Gas Jawa Timur
Selasa, 04 Februari 2020
Bupati Bengkalis: Cegah dan Antisipasi Dulu, Sebelum Bencana Menjadi Besar
Rabu, 29 Januari 2020
Dewan Apresiasi Langkah DLH Meranti

Advertorial lainnya ...
Selasa, 30 Juli 2019
Telkomsel Bundling Smartphone 4G dengan Cashback hingga Rp2 Juta
Minggu, 21 Juli 2019
5 Keunggulan ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Rp130 Jutaan
Jumat, 19 Juli 2019
Dell Rilis Laptop Gaming G7 Seharga Rp27 Jutaan
Kamis, 18 Juli 2019
Xiaomi Resmi Perkenalkan Mi A3, Berapa Harganya?

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 01 Februari 2020
Terungkap, Alasan Lelaki Senang dengan Perempuan Bertubuh Mungil
Minggu, 06 Oktober 2019
5 Cara Sederhana Turunkan Kolesterol Jahat Dalam
Selasa, 10 September 2019
Hasil Penelitian, Tingkat Stres Mahasiswi Lebih Tinggi dari Mahasiswa
Minggu, 30 Juni 2019
Khasiat Tomat untuk Kecantikan Kulit Wajah

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 20 Februari 2020
Fakultas Ilmu Komunikasi Umri Roadshow ke SMA/SMK se Riau
Senin, 17 Februari 2020
UIR-Pemko Dumai Teken MoU Tri Dharma Perguruan Tinggi
Jumat, 14 Februari 2020
Menaker Paparkan Kondisi dan Tantangan Ketenagakerjaan di Seminar IKA UIR
Kamis, 13 Februari 2020
30 Mahasiswa Fikom UMRI Ikuti Yudisium

Kampus lainnya ...
Polling
4 Bakal Calon Bupati Kuantan Singingi untuk Pilkada 2020, Siapa Pilihan Anda?


UIR
Terpopuler

03

Pesonna Hotel Pekanbaru
Foto
Iklan Prime Park 2020
DPMPT Pekanbaru Jamil 1
Selasa, 21 Januari 2020
PT Adei Bangun Masjid untuk Masyarakat Desa Kemang Pelalawan
Selasa, 08 Oktober 2019
Kini Warga Bisa Lakukan Setoran Haji di Kantor Kas BRK Syariah Kemenag Rohul
Minggu, 15 September 2019
PT PSPI Bagikan 2.500 Masker ke Masyarakat Kampar Kiri
Senin, 27 Mei 2019
BRI Pasirpengaraian Berbagi Bahagia dengan Dhuafa dan Anak Yatim

CSR lainnya ...
DPMPT Pekanbaru Jamil 2
Selasa, 18 Februari 2020
Ashraf Sinclair Suami BCL Meninggal Dunia
Jumat, 31 Januari 2020
Cerita Melody Laksani JKT48 Berburu Oleh-Oleh di Pekanbaru
Minggu, 19 Januari 2020
Priyanka Chopra Rawat Rambut dengan Campuran 2 Minyak Ini
Kamis, 03 Oktober 2019
Mengenal Sosok Lora Fadil, Anggota DPR Boyong Tiga Istri Saat Pelantikan hingga Tidur Diruang Paripurna

Selebriti lainnya ...
APRIL HUT KAMPAR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Iklan Polres Inhu Verifikasi CAKAPLAH
Rabu, 29 Mei 2019
Dewan: Bayar Zakat Fitrah Jangan Mepet Lebaran
Sabtu, 04 Mei 2019
Ketika Nabi Muhammad Diolok-olok
Selasa, 16 April 2019
Jokowi dan Dua Presiden RI Lainnya yang Mendapat Keistimewaan Bisa Masuk Ka'bah
Selasa, 12 Februari 2019
Bimbang Menentukan Pilihan, Baca Doa Ini

Religi lainnya ...
HUT Meranti APRIL
Indeks Berita
TPP Ucapan Verifikasi CAKAPLAHKUD TANI BAHAGIA INHU VERIFIKASI CAKAPLAHPangeran Hotel
www www