Kamis, 17 Juni 2021

Breaking News

  • Tahun Ini Pemberangkatan Jamaah Haji Indonesia Kembali Dibatalkan   ●   
  • Truck Terguling di Jalan Sudirman Pekanbaru   ●   
  • Jalan Arifin Achmad menuju Jalan Soekarno Hatta terjadi kemacetan parah, Jumat (26/3/2021) malam, pukul 20.00 wib, akibat banjir paska hujan deras.   ●   
  • Penembakan Kembali Terjadi di Pekanbaru, DPRD Minta Polisi Rutin Tes Psikologi   ●   
  • Kepala BPKAD Kuansing Tidak Penuhi Panggilan Jaksa   ●   
  • Kabar Baik, Tunjangan ASN Pemprov Riau segera Cair   ●   
  • Dukung Vaksinasi Covid-19, Pemprov Riau Refocussing Anggaran DAU 8 Persen   ●   
  • Zukri-Nasarudin Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Pelalawan Terpilih   ●   
  • Dewan Dukung Polisi Periksa Kadis DLHK Soal Tumpukan Sampah   ●   
  • Nunggak PBB di Pekanbaru Rumah Ditempel Stiker
Yamaha 12 Juni 2021
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Kulit Buah Melinjo Sebagai Penurun Kadar Asam Urat
Selasa, 13 Juni 2017 17:50 WIB
Kulit Buah Melinjo Sebagai Penurun Kadar Asam Urat
JAKARTA (CAKAPLAH) - Asam urat merupakan senyawa kimia hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh. Mamalia selain primata tingkat tinggi memiliki uratase yang mampu mengubah asam urat menjadi alantoin yang merupakan produk larut air.

Manusia tidak memiliki uratase, sehingga produk akhir metabolisme purin adalah asam urat. Kadar asam urat yang melebihi batas kelarutannya, akan menyebabkan kristalisasi natrium urat di jaringan lunak dan sendi yang disebut gout.

Pengobatan gout umumnya dilakukan dengan obat yang dapat menghambat aktivitas enzim xantin oksidase. Salah satu obat sintetis yang digunakan untuk terapi asam urat adalah allopurinol.

Obat ini memiliki beberapa efek samping, seperti demam, menggigil, leukopenia, serta gangguan pencernaan. Perlu adanya obat alternatif yang memiliki aktivitas pengobatan lebih baik dan rendah efek samping. Obat tradisional yang berasal dari tumbuhan umumnya memiliki efek samping yang lebih rendah dibandingkan obat-obatan kimia.

Atas hal tersebut Chintia Ayu Puspita mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui Program Kreativitas Mahasiswa – Penelitian (PKM-P) bersama tim yang terdiri dari Syfa Zulaeha, dan Dandung Wasana terdorong melakukan penelitian untuk mencari bahan potensial alami penurun kadar asam urat dari bahan kulit melinjo.

“Kalau dalam istilah keseharian orang menyebut asam urat itu penyakit, padahal asam urat itu senyawa bukan penyakitnya, penyakitnya itu namanya pirai kalo dalam ilmiahnya gout. Pirai itu sendiri karena kadar asam urat dalam darahnya tinggi. Manusia membutuhkan asam urat sebagai anti-oksidan, apabila kadarnya berlebihan dalam tubuh lama-lama akan mengkristal akhirnya mengendap bisa di persendian, ginjal dan jantung,” ungkap mahasiswi Departemen Biokimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB ini, Selasa (6/13).

Melinjo dikenal sebagai tanaman yang memicu peningkatan kadar asam urat, namun berbagai kandungan senyawa dalam kulit melinjo diduga dapat menurunkan kadar asam urat.

Kulit melinjo yang memiliki daya inhibisi terhadap aktivitas xantin oksidase terbesar dalam penelitian Wulandari (2012) adalah ekstrak etanol kulit melinjo muda mentah dan direbus.

“Alasan kami memakai kulit melinjo adalah karena melinjo itu sendiri kan mengandung purin yang tinggi, jadi anggapan masyarakat apapun komponen melinjonya misalkan daunnya, kulitnya, bijinya itu bisa meningkatkan kadar asam urat, padahal kulit melinjonya sendiri itu memiliki fungsi kebalikannya. Sebenarnya yang bisa menaikkan kadar asam urat itu cuma bijinya, kalau kulitnya malah dapat menurunkannya,” tutur Chintia.

Chintia menambahkan, selama ini belum pernah ada yang meneliti secara invivo. “Sebenarnya sudah ada penelitian tentang kandungannya. Kandungan yang dapat menurunkannya itu flavonoidnya, dan ternyata itu tinggi di kulit melinjo yang muda makanya kita pilih selain untuk mengubah anggapan masyarakat itu tadi,” ujarnya.

Uji coba
Tim ini melakukan percobaan dengan menggunakan 25 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) jantan. “Kita menggunakan hewan uji coba secara langsung, kita gunakan tikus putih. Awalnya kulit melinjo kita keringkan dan kita bikin ekstrak. Bikin ekstraknya kita pakai cara maserasi, itu simpel cuma dikasih pelatuknya terus di-shaker selama 3 kali 24 jam lalu dipekatkan. Ekstraknya berbentuk pasta. Setelah pekat, itulah yang kita gunakan untuk perlakuan dicekokin ke tikusnya,” ujar Chintia.

Sebanyak 25 ekor tikus dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok standar yang terdiri dari 5 ekor tikus dan kelompok yang terdiri dari 20 ekor tikus. Kelompok standar diberikan pakan standar. Kelompok 20 ekor tikus dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok kontrol positif, kontrol negatif dan perlakuan.

Kelompok kontrol positif terdiri dari 5 ekor tikus yang diberi pakan tinggi purin dan allopurinol. Kelompok kontrol negatif terdiri dari 5 ekor tikus yang diberi pakan tinggi kadar purin tanpa diberi ekstrak kulit buah melinjo maupun allopurinol.

Kelompok perlakuan merupakan kelompok tikus yang diberikan pakan tinggi purin dan juga ekstrak kulit buah melinjo. Kelompok perlakuan dibagi kembali menjadi dua kelompok berdasarkan dosis ekstrak kulit buah melinjo menurut Safwan (2016), yaitu dosis 6.48 mg/kgBB dan 51.8 mg/kgBB dengan masing-masing dosis diberikan pada 5 ekor tikus.

“Perlakuannya itu beda-beda, kelompok tikus normal itu tanpa perlakuan, kelompok kontrol positif perlakuannya dikasi obat sintetis allopurinol, kontrol negatif tidak diberi obat. Kemudian kelompok perlakuan dosis satu diberi obat yang kita uji, kelompok dosis dua sama tapi dosis ekstraknya dua kali lipat dari dosis pertama. Pemberiannya itu dicekok (oral). Setelah diberi perlakuan ditunggu satu jam, lalu dicek darah untuk melihat penurunan kadar asam uratnya, yang diberi ekstrak dengan yang diberi obat itu lebih efektif mana dalam menurunkan kadar asam urat. Setelah itu kita uji menggunakan kit terus tikusnya dihistopatologi untuk melihat gout-nya. Saat ini kita masih sampai tahap induksi,” paparnya.

Percobaan dibagi menjadi masa adaptasi selama dua minggu dan perlakuan selama empat minggu. Selama percobaan dilakukan pengukuran bobot dan pengambilan darah satu kali seminggu dan dilakukan pengujian darah untuk mengetahui kandungan asam urat pada tikus tersebut.

“Untuk tikusnya ada masa adaptasi, induksi dan perlakuan. Masa adaptasi dua minggu dan masa induksi selama tujuh hari. Untuk meningkatkan kadar asam uratnya kita pakai dua cara, pakai hati ayam dan senyawa kalium oksonat yang bisa menghambat enzim urikase, enzim yang dapat mengubah asam urat menjadi senyawa larut air sehingga asam urat tidak mengendap dan dikeluarkan lewat urin, sedangkan tikus itu punya enzim urikase,” ungkap Chintia.

Penelitian ini diharapkan dapat memicu penelitian lanjutan mengenai pembuatan produk obat herbal dari kulit buah melinjo untuk penderita gout serta memberikan kontribusi dalam bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan. “Harapannya semoga hasil kita ini bagus, bisa terbukti bahwa kulit melinjo bisa menurunkan kadar asam urat. Inovasi selanjutnya bisa dijadikan produk makanan atau apa pun yang bisa dikonsumsi manusia,” tutur Chintia.

Editor : Jef Syahrul
Sumber : republika.co.id
Kategori : Kesehatan dan Keluarga
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?

Artikel Terkait
Minggu, 18 Maret 2018 15:50 WIB
Waspada, Sering Merokok Berisiko Tuli
Senin, 23 Januari 2017 07:21 WIB
Mulai Sekarang, Jangan Buang Biji Anggur
Selasa, 10 Januari 2017 16:20 WIB
Awas, Duduk Menyilang Bisa Menyebabkan Varises
Senin, 20 Februari 2017 19:26 WIB
Merokok Buat Pria Ini Bertahan Hidup, Kenapa?
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 08 Juni 2021
Pemerintah Diimbau Hentikan Impor Alkes, Bamsoet: Sektor Kesehatan Ini Justru Dinikmati oleh Asing
Senin, 07 Juni 2021
Soal Wawasan Kebangsaan, FPKB MPR RI: Itu Sesuatu yang Fundamental, Penting untuk Indonesia
Jumat, 28 Mei 2021
Ketua MPR RI Luncurkan Buku ke-19 Berjudul ‘Cegah Negara Tanpa Arah’
Selasa, 25 Mei 2021
Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Achmad: MPR Dorong 4 Pilar Masuk Kurikulum Pendidikan Nasional

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Polsek Kuala Kampar Pantau Penerapan Prokes Warga di Pos PPKM Pelabuhan
Kamis, 17 Juni 2021
Polsek Ukui Laksanakan Operasi Yustisi Setiap Hari
Kamis, 17 Juni 2021
Polsek Pangkalan Lesung Lakukan Pengamanan Vaksinasi
Kamis, 17 Juni 2021
Antisipasi Aksi Pungli, Polsek Bunut Gelar Sosialisasi Kepada Masyarakat

Serantau lainnya ...
Senin, 31 Mei 2021
Segera Diluncurkan, Biografi Presiden Penyair Sutardji Calzoum Bachri
Minggu, 30 Mei 2021
UIR dan IAEI Riau Edukasi Pelaku Usaha di Pekanbaru tentang Konsep Laundry Syariah
Selasa, 11 Mei 2021
Tampil Cantik saat Lebaran, Fajar Cosmetic Ramai Pengunjung
Rabu, 05 Mei 2021
7 Cara Gampang Agar Lebih Mudah Bangun untuk Sahur

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas
Senin, 17 Agustus 2020
Promo Merdeka 17 LSP, Program PGN Gratis Isi Gas kepada Pelanggan GasKu

Advertorial lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi
Kamis, 29 April 2021
Dua Minggu Lagi WhatsApp akan Blokir Kamu
Selasa, 13 April 2021
Bukan Mimpi Lagi, Ini 2 Mobil Terbang yang sudah Dapat Izin Mengudara

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi
Senin, 18 Januari 2021
Terlalu Lama Pakai Masker Sebabkan Mata Kering, Ini Cara Mencegahnya
Rabu, 06 Januari 2021
Jembatan Siak IV Kerap Jadi Titik Kumpul Pesepeda di Pekanbaru

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 17 Juni 2021
Bantu Hadapi Dunia Kerja, Fikom UIR Luncurkan Program Magang bagi Mahasiswa
Jumat, 11 Juni 2021
Perdana di Pekanbaru, Santri di Pondok Pesantren Terima Vaksin Covid-19
Rabu, 09 Juni 2021
Tingkatkan SDM Daerah, PCR Lakukan Pertemuan dengan Pemkab Meranti
Selasa, 01 Juni 2021
Alumni di Meranti Dukung Dr Moris Jadi Ketua IKA Unri

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...
Polling
Pemerintah Kota Pekanbaru mulai mewajibkan warganya melampirkan bukti sudah vaksin Covid-19/sudah mendaftar jika ingin mengurus dokumen administrasi. Apakah Anda setuju?


Unilak 1 Juni 2021
Terpopuler
Waisak 26 Mei 2021 - APRIL
Foto
Idul Fitri 1442 BRK
Idul Fitri 1442 Syahrul Aidi
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit
Selasa, 13 April 2021
Diungkap Sahabat, Billy Sering Bengong Sulit Lupakan Pesona Amanda Manopo
Rabu, 31 Maret 2021
Aa Gym Cabut Gugatan Cerai ke Teh Ninih
Jumat, 19 Maret 2021
Diduga Terlibat Perdagangan Anak sebagai PSK, Artis Cynthiara Alona Terancam 10 Tahun Penjara

Selebriti lainnya ...
Muswil PPP 29 Mei 2021
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
PKB Kampar - Catur Sugeng
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman
Selasa, 18 Mei 2021
Hukum Menggabung Puasa Qada Ramadan dan Syawal
Jumat, 07 Mei 2021
Rilis Lagu Bertema 'Tak Mudik', Azwa Nasyid dan Azam Voice Bikin Sedih Hilang
Rabu, 05 Mei 2021
4 Golongan Manusia Mendapat Kebahagian dan Kesengsaraan

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Pesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021APRIL/RAPP - ImlekNyepi 14 Maret 2021 - APRIL RAPPHUT Kampar 2021 - APRIL-RAPP
www www