Jumat, 19 Juli 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Senangnya Hati Para Pekerja dan Masyarakat Ikut Program Paket C yang Difasilitasi RAPP
Jum'at, 05 Mei 2023 21:07 WIB
Senangnya Hati Para Pekerja dan Masyarakat Ikut Program Paket C yang Difasilitasi RAPP

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk peningkatan kualitas hidup, namun sayangnya masih terdapat anak-anak usia sekolah yang tidak dapat melanjutkan pendidikan mereka di bangku sekolah formal dikarenakan faktor ekonomi.

Menyadari bahwa banyak anak-anak muda yang putus sekolah di desa-desa sekitar operasionalnya, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), unit usaha APRIL Group menyelenggarakan program kelompok belajar (kejar) paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA) bagi masyarakat luas dan karyawan maupun kontraktor RAPP.

Program pendidikan kesetaraan ini diselenggarakan di salah satu sekolah binaan RAPP dibawah Yayasan Kerinci Citara Kasih (YKCK) yaitu SD Global Andalan di Kabupaten Pelalawan.

Program kejar paket B dan C ini merupakan salah satu upaya grup APRIL untuk mendukung pemerataan pendidikan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat.

Hal ini tercantum dalam salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) pada poin ke-empat SDGs, yakni berusaha memastikan setiap orang dapat mengenyam pendidikan wajib belajar 9 tahun di 2030 nanti.

Manager Yayasan Kerinci Citra Kasih ansen Yudianto mengatakan melalui program Kejar Paket tersebut siswa akan mendapatkan ijazah yang setara dengan tingkatannya. Ijazah ini bisa dipergunakan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau melamar pekerjaan.

"Perusahaan memfasilitasi pembelajaran Paket B dan Paket C untuk masyarakat atau anak putus sekolah di sekitar lingkungan perusahaan, hal ini sejalan dengan komitmen APRIL untuk mendukung pendidikan bermutu bagi semua atau kemajuan Inklusif dalam agenda APRIL 2030," kata Jansen melalui keterangan tertulis, Kamis (4/5/2023).

Tidak hanya ijazah, peserta kejar paket juga mendapat pelajaran yang sama dengan jenjang pendidikan yang ditinggalkan. Selain itu peserta didik tidak dikenakan biaya, RAPP bahkan menyediakan fasilitas berupa mess bagi peserta didik.

Untuk memperkaya pengalaman peserta didik, RAPP juga memberikan kesempatan magang di operasional RAPP. Sejak tahun 2015, program kejar Paket B dan C yang dilaksanakan oleh RAPP telah berhasil menamatkan 9 angkatan.

Alumninya telah tersebar bekerja dan ada yang melanjutkan pendidikan di berbagai tempat termasuk bekerja di lingkungan operasional RAPP.

Sejumlah alumni menceritakan pengalamannya. Semangat mereka menjadi bukti bahwa keterbatasan bukan alasan untuk menyerah. Banyak jalan meraih pendidikan salah satunya dengan mengikuti program kejar paket B dan C.

Tarifman Laia (24 tahun) saat ini menikmati pekerjaanya sebagai mandor di estate Teso Timur. Ia tidak menyangka bisa meraih mimpinya bekerja di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Pemuda asal desa Lalang Kabung, Pelalawan, Riau ini masih ingat betul perjuangannya dalam menyelesaikan pendidikannya.

Sebagai anak ke-7 dari 9 bersaudara, Tarifman melihat upaya kedua orang tuanya untuk menghidupi keluarga mereka. Ketiadaan biaya untuk bersekolah membuat Tarifman sempat menggantung cita-cita dan pendidikannya.

Hingga suatu hari mantan gurunya di SD Global Andalan, Jepri Wahyudi menyemangati Tarifman agar tidak berputus asa. Sang guru memberitahukan bahwa sekolah Global Andalan menyelenggarakan program kejar paket B dan C.

Semangat Tarifman bangkit kembali, ia segera mendaftarkan diri belajar di kejar paket B dan C. Dengan ketekunan dan semangat tinggi ia berhasil mendapatkan ijazah paket C setara SMA pada tahun 2020. Kemudian tahun 2021, berbekal ijazah SMA dari paket C, Tarifman mencoba melamar sebagai mandor di RAPP.

Ia pun mengikuti serangkaian proses perekrutan dan harus mengikuti ujian masuk karyawan dan bersaing dengan pelamar kerja lainnya. Setelah menunggu beberapa lama, Tarifman mendapat kabar bahwa ia lulus dan diterima bekerja sebagai mandor.

Anak dari pasangan Noeli dan Ramilia ini tidak bisa menyembunyikan kebahagiannya dan langsung mengabari kedua orangtuanya yang saat itu sedang bekerja sebagao pekerja harian di sebuah perusahaan.

“Saya berterima kasih guru saya, Pak Jepri Wahyudi, yang terus memotivasi saya agar tidak menyerah saat itu walaupun semua pintu seperti tertutup, saya terus berjuang menembus batas, saya masih punya cita-cita berkuliah,” ungkapnya.

Tarifman berpesan kepada rekan-rekannya agar terus berjuang dan tidak mudah patah semangat. Menurutnya pendidikan itu sangat penting, bukan tentang bersekolah dimananya tapi tentang menambah wawasan dan tidak berhenti belajar.

“Bersekolah di Paket B dan C bukanlah sesuatu yang memalukan, justru sebaliknya membanggakan. Itu menunjukkan dengan segala keterbatasan kita berusaha keluar untuk menjadi pemenang,” ujar Tarifman.

Semangat Miar (28 tahun) Lawati untuk meraih pendidikan bisa diacungi jempol. Gadis muda asal Pelalawan ini tak patah arang ketika harus berhenti dari sekolah menengah pertama (SMP) dikarenakan faktor ekonomi.

Anak bungsu dari 6 bersaudara ini telah kehilangan ibu tercintanya di ketika masih dibangku sekolah, sedangkan sang ayah yang sudah renta tidak sanggup lagi bekerja. Akan tetapi semangat untuk belajar terus menyala di hati Miar, baginya belajar bisa di mana saja dan dari siapa saja.

Walaupun tidak bisa mengenyam pendidikan umum seperti teman sebayanya, Miar menempuh jalan berbeda untuk meraih ijazah SMP dan SMA lewat program belajar paket B dan paket C di SD Global Andalan Pelalawan. Kemudian melanjutkan pendidikan di jurusan ilmu pemerintahan di Universitas Terbuka (UT) di Pekanbaru.

Kini ia telah memasuki semester 6 perkuliahan sembari bekerja sebagai tenaga cutting di pusat pembibitan (central nursery) PT RAPP.

“Saya tidak akan sampai di sini kalau dulu saya patah semangat, untunglah ada program belajar Kejar Paket B dan C sehingga saya tetap bisa bersekolah. Tidak perlu malu, justru seru bersekolah di Kejar paket B dan C, banyak belajar di luar ruangan,” kata Miar.

Kegiatan belajar di siang hari membuat Miar dapat membagi waktunya dengan baik. Pada pagi hari , Miar mengiktui program magang di nursery. Pengalaman magang inilah menjadi bekalnya sehingg ia mendapatkan tawaran bekerja menjadii kontraktor di salah satu pusat pembibitan PT RAPP.

Boy Agusman Laia (23 tahun) juga telah berhasil menyelesaikan program belajar Kejar Paket B dan C di sekolah SD Global Andalan estate Pelalawan PT RAPP.

Keinginan Boy untuk belajar di sekolah formal sempat pupus yang juga disebabkan faktor ekonomi keluarga.

Sempat bersedih hati membayangkan masa depannya kelak tanpa pendidikan. Suatu hari Boy yang murung mendapat kabar dari guru SD tempat ia bersekolah dulu bahwa SD Global Andalan membuka program program belajar Kejar paket B dan C di sekolah.

Kegiatan belajar dimulai dari jam 2 hingga jam 4 sore hari, sama halnya dengan Miar, Boy juga berkesempatan untuk magang di Central Nursery Pelalawan pada pagi harinya.

“Saya paling senang pelajaran biologi, sambil magang di nursery saya ingat-ingat pelajaran biologi tentang tumbuhan. Kalau sudah ada modal biaya mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi danmungkin saya akan mengambil jurusan biologi,” ujar Boy optimis.

Saat ini Boy bekerja sebagai helper di salah satu kontraktor RAPP. Sambil bekerja ia juga menabung gajinya untuk modal usaha dan melanjutkan cita-cita untuk kuliah di perguruan tinggi.

Program Kejar paket B dan C yang diselenggarakan oleh RAPP diselenggarakan di SD Global Andalan yang dikelola oleh Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK). Boy mengungkapkan dirinya sangat termotivasi mengikuti program kejad Paket B dan C ini. Terlebih ketika ada kunjungan dari pihak Yayasan Kerinci Citra Kasih (YKCK) selaku pengelola SD Global Andalan tempat ia belajar.

“Saya dan teman-teman sekelas paling senang kalau pak Jansen datang mengunjungi kami, beliau seperti sosok ayah yang mendengarkan keluh kesah kami, sehingga semangat kami belajar di kelas menjadi naik kembali,” pungkas Boy.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Lainnya
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Kamis, 18 Juli 2024
Riau Luncurkan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih 2024, Ini Tujuannya
Kamis, 18 Juli 2024
HNSI Riau Gelar Musda, Fokus Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan
Rabu, 17 Juli 2024
UD Trucks Luncurkan Quester Revolusioner dengan ESCOT di GIIAS 2024
Selasa, 16 Juli 2024
Serikat Pekerja PT PLN (Persero) Sebut Eloknya Pembahasan RUU EBET Dilanjutkan di Rezim Baru

Serantau lainnya ...
Sabtu, 13 Juli 2024
Nagita Slavina dan Raffi Ahmad Meriahkan Grand Opening "Scoo Beauty" Cabang Pertama di Kota Pekanbaru
Selasa, 02 Juli 2024
Tingkatkan Akselerasi Pelaku Usaha Kuliner di Pekanbaru, Bank Raya Terus Gencarkan Adopsi QRIS Bisnis
Jumat, 07 Juni 2024
"Villa Nafa" Hadir Sebagai Hunian Bernuansa Modern dan Alami di Pekanbaru
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Senin, 15 Juli 2024
Laptop Terbaik Untuk Segala Segala Kegiatan, ASUS Zenbook Duo UX8406!
Jumat, 21 Juni 2024
Konten Video Animasi Bisa Meningkatkan Penjualan Hingga 2 Kali Lipat!
Jumat, 21 Juni 2024
5 Rekomendasi Case Samsung Galaxy S24, Paling Keren dan Awet dari Spigen!
Rabu, 12 Juni 2024
Redmi 13 4G Hadirkan Kamera 108MP, Cukup Rp2 Jutaan Saja

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 04 Juli 2024
8 Makanan Penyebab Bau Badan yang Sebaiknya Dihindari
Kamis, 04 Juli 2024
Sekcam Tenayan Raya Nilai Pendampingan BTPN Syariah Tepat Layani Masyarakat Inklusi di Pekanbaru
Selasa, 28 Mei 2024
Solusi Chatbot WhatsApp untuk Industri Kesehatan dan Layanan Medis
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 18 Juli 2024
UIR Terima Bantuan Pendidikan Rp145 Juta dari BTN Syariah
Kamis, 18 Juli 2024
Pemprov Riau dan Pengusaha Dukung Sarjana Dua Tahun Program RPL Unilak KSPSI
Rabu, 17 Juli 2024
Sosialisasikan Fatwa P2GP, KUPI dan ALIMAT Gelar Diskusi di Kampus UIN Suska Riau
Selasa, 16 Juli 2024
77 Peserta Ikuti Seleksi Ujian Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri PCR 2024

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Kamis, 27 Juni 2024
Harumkan Nama Riau di Ajang Nasional Pesona Batik Nusantara 2024, Gloria Rahita Nababan Disambut Haru di Bandara SSK II
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan

Selebriti lainnya ...

LW 2
Terpopuler

05

Jumat, 12 Juli 2024 12:20 WIB
Pinang Kering Riau Alami Kenaikan Harga
Iklan CAKAPLAH
Foto
HUT Pekanbaru Ke-240 - Bank Raya
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
BKPSDM Kota Pekanbaru Gelar Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat Tahun 2024
Senin, 27 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Hadiri Rapat Kerja Perdana Bersama Pj Wali Kota Risnandar
Rabu, 22 Mei 2024
BKPSDM Pekanbaru Gelar Workshop "Recharge Penguatan Iman ASN"
Selasa, 21 Mei 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Irwan Suryadi Dampingi Sekretaris Kota dalam Audiensi dengan Guru PAI

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www