Selasa, 28 Mei 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT:
Tantangan Sektor Pertanian dan Kemandirian Pangan di Kota Pekanbaru
Selasa, 19 September 2023 12:25 WIB
Tantangan Sektor Pertanian dan Kemandirian Pangan di Kota Pekanbaru

(CAKAPLAH) - Banyak kalangan menyebut Pekanbaru sebagai jantung ekonomi Riau. Hal itu karena status Pekanbaru sebagai ibukota provinsi, disamping juga letak Pekanbaru yang berada di tengah-tengah wilayah geografis Riau. 

Dengan posisinya yang seperti itu, wajar apabila Pekanbaru khususnya di akhir pekan menjadi destinasi utama penduduk kabupaten/kota di sekitarnya untuk spending time baik untuk keperluan wisata maupun bisnis. Akan tetapi, karakteristik Pekanbaru berbeda dari sisi struktur ekonominya dibandingkan dengan kabupaten/kota yang lain. 

Sebagai wilayah administrasi yang strategis seperti ini, Pekanbaru menjadi wilayah administrasi tingkat 2 dengan rasio pertumbuhan penduduk nomor 5 tertinggi di Provinsi Riau, setelah Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak dan Kabupaten Rokan Hilir. Dengan pertumbuhan penduduk sebesar 2,66% selama kurun waktu 2010-2019, maka Pekanbaru telah menyandang status sebagai kota metropolitan, karena sesuai dengan definisi kota metropolitan dalam tinjauan ilmu sosiologi, kota metropolitan adalah kota dengan jumlah penduduk melampaui 1 juta jiwa.  

Besarnya Kebutuhan Bahan Pangan di Pekanbaru

Dengan jumlah penduduk lebih dari 1 juta, maka kebutuhan konsumsi bahan makanan di Pekanbaru menjadi besar. Mengacu kepada rata-rata konsumsi per kapita untuk kelompok makanan di wilayah perkotaan di Riau, dimana pada tahun 2022 rata-rata konsumsi beras sebesar 5,47 kg per bulan, maka diperkirakan kebutuhan  beras di Kota Pekanbaru setiap bulannya mencapai lebih dari 5000 ton.

Kebutuhan bahan makanan lainnya selain beras tentu juga tidak kalah besarnya. Sebagai contoh misalnya untuk komoditas daging sapi, dimana rata-rata konsumsi per kapita wilayah perkotaan Riau pada tahun 2022 sebesar 0,05 kg per bulan, maka diperkirakan kebutuhan daging sapi di Pekanbaru per bulannya mencapai lebih dari 50 ton. 

Selanjutnya, untuk komoditas pangan penting lainnya juga dibutuhkan dalam jumlah yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Pekanbaru. Sebut saja komoditas telur sebagai contoh. Untuk rata-rata konsumsi telur ayam ras/kampung  per kapita di wilayah perkotaan Riau pada tahun 2022 tercatat sebesar 12,16 butir per bulan.

Maka, diperkirakan kebutuhan telur ayam ras/kampung di Kota Pekanbaru per bulan mencapai lebih dari 12 juta butir. Begitu juga dengan kebutuhan komoditas cabai merah, dengan rata-rata konsumsi per kapita di wilayah perkotaan Riau pada tahun 2022 tercatat sebesar 0,42 kg per bulan, maka kebutuhan cabai merah di Pekanbaru setiap bulannya mencapai sekitar 420 ton. Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan pangan yang besar tersebut Pekanbaru masih mengandalkan impor dari daerah lain, terutama daerah-daerah sentra pertanian seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Jawa.

Menurunnya Pelaku Usaha Pertanian di Pekanbaru

Selama kurun waktu 10 tahun, yaitu periode 2003 ke 2013 dimana pada kedua tahun tersebut dilaksanakan kegiatan Sensus Pertanian (ST) oleh Badan Pusat Statistik (BPS), terlihat bahwa terdapat kecenderungan menurunnya minat masyarakat Pekanbaru terhadap sektor pertanian. 

Menurut hasil ST 2003, jumlah rumahtangga usaha pertanian di Pekanbaru berjumlah 19.448 rumahtangga, turun menjadi 11.323 rumahtangga menurut hasil ST 2013, atau turun sebesar -41,78 persen. Memang ada penambahan usaha pertanian berbadan hukum selama periode 2003-2013 tersebut, dimana pada tahun 2003 ada 53 usaha pertanian berbadan hukum, naik menjadi 56 pada tahun 2013. Akan tetapi jika dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan pangan di Pekanbaru, kenaikan jumlah usaha pertanian berbadan hukum ini diperkirakan tidak akan banyak membantu kemandirian pangan di Pekanbaru, karena umumnya usaha pertanian berbadan hukum ini bergerak pada sub sektor perkebunan tahunan dan kehutanan. 

Kecilnya Share Sektor Pertanian Terhadap Perekonomian Pekanbaru

Dengan karakteristiknya sebagai wilayah urban, maka secara struktur ekonomi Pekanbaru didominasi oleh sektor-sektor non pertanian. Mengacu kepada publikasi Produk Domestik Regional Bruto Kota Pekanbaru Menurut Lapangan Usaha 2018-2020 yang termuat pada situs www. pekanbarukota.bps.go.id, pada tahun 2022 struktur ekonomi Kota Pekanbaru didominasi oleh 3 sektor utama, yaitu sektor perdagangan sebagai sektor utama dengan share sebesar 30,75%, disusul oleh sektor kontruksi dengan share sebesar 29,10% dan sektor industri pengolahan dengan share sebesar 21,11%. 

Sementara sektor pertanian sendiri hanya memberikan share sebesar 1,55 %. Share pertanian terhadap perekonomian Pekanbaru bukan hanya kecil, akan tetapi selama kurun waktu 3 tahun terakhir terus mengalami penurunan, dimana pada tahun 2020 sharenya sebesar 1,68%, turun menjadi 1,65% pada 2021 dan kembali turun pada tahun 2022 menjadi 1,55%. Penurunan share pada sektor pertanian justru berbanding terbalik dengan sektor perdagangan, dimana selama kurun waktu 2020-2022 mengalami peningkatan, yaitu sebesar 29,22 pada tahun 2020, kemudian naik menjadi 29,95% pada tahun 2021 dan tahun 2022 naik menjadi 30,76%.

Memang tidak ada survei yang secara khusus memotret fenomena penurunan share sektor pertanian ini, akan tetapi bisa jadi penurunan ini disebabkan karena sebagian pelaku usaha pertanian telah bertransformasi menjadi pelaku ekonomi di sektor yang lain, terutama perdagangan. Hal ini terlihat dari fenomena semakin besarnya persentase penduduk bekerja di sektor perdagangan, dari sebesar 29,40% pada tahun 2020 menjadi 31,31% pada tahun 2021. 

Butuh Terobosan Kebijakan Untuk Meningkatkan Kemandirian Pangan di Pekanbaru

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru khususnya melalui Dinas Pertanian dan Perikanan telah melaksanakan berbagai program dan kebijakan dalam rangka mendorong pertumbuhan sektor pertanian di Pekanbaru. Mulai dari mendorong partisipasi dan minat masyarakat terhadap sektor pertanian melalui pembentukan kelompok tani dan atau kelompok wanita tani, pemberitan bantuan dan insentif kepada petani dan Poktan, termasuk pendampingan dan pemberdayaan petani serta Poktan melalui tenaga penyuluh pertanian.

Akan tetapi  program-program yang berjalan selama ini ke depan harus lebih dioptimalkan efektifitas dan variasinya, agar program-program tersebut betul-betul dapat menggairahkan minat masyarakat terhadap pertanian, khususnya untuk pertanian sub sektor yang berhubungan dengan kemandirian pangan, yaitu sub sektor tanaman pangan, hortikultura, perikanan, dan peternakan.  

Akhirnya, untuk evaluasi dan perencanaan pembangunan di sektor pertanian membutuhkan baseline data mutakhir yang lengkap dan rinci. Sensus Pertanian (ST) 2023 yang sedang berjalan akan menghasilkan data mutakhir terkait perkembangan terkini sektor pertanian, termasuk di Pekanbaru. Data yang akan dihasilkan oleh ST2023 meliputi sebaran menurut wilayah administrasi terkecil, baik sebaran komoditas pertanian menurut sub sektor, maupun sebaran pelaku usaha pertanian baik skala rumahtangga, kelompok usaha tani maupun yang berbadan hukum, termasuk ST2023 akan memberikan informasi tentang luas lahan pertanian menurut sub sektor, nilai produksi pertanian menurut sub sektor, dan lain-lain. 

Semoga ke depan sektor pertanian di Pekanbaru khususnya dan Indonesia pada umumnya bisa menghasilkan kemandirian dan kedaulatan pangan, serta akan meningkatkan kesejahteraan petani.

Penulis : DR. Siska, Ketua Program Studi Pasca Sarjana Akuntansi Universitas Islam Riau (UIR)
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 28 Mei 2024
LPP Agro Nusantara Beri Pelatihan ISPO bagi Pekebun Sawit Siak
Senin, 27 Mei 2024
Upaya Penurunan Stunting, BKKBN Riau Gelar Forum Jurnalis untuk IPKB dan Tim Media Kreatif
Senin, 27 Mei 2024
Puluhan Korban Penipuan Arisan Bodong Melapor ke Polda Riau
Senin, 27 Mei 2024
Mulyasni Muis Terpilih Aklamasi jadi Ketua DPD IKA F-Hukum Unand Riau

Serantau lainnya ...
Rabu, 22 Mei 2024
Budaya 'Tumpuk Tengah', Kebiasaan Baik yang Viral di Media Sosial
Rabu, 22 Mei 2024
Sejarah Vape Pertama di Indonesia dan Perkembangannya
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Jumat, 17 Mei 2024
Topup Diamond FF Murah Solusi Hemat untuk Gamer Free Fire
Jumat, 17 Mei 2024
Top Up PUBG untuk Pemula: Panduan Lengkap dan Langkah-Langkah Mudah
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 21 Mei 2024
Tips Memilih Klinik Gigi yang Tepat untuk Anda dan Keluarga
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Minggu, 26 Mei 2024
ADP Peringati Harlah Ke-3, Transformasi dan Kontribusi bagi Dunia Akademik
Sabtu, 25 Mei 2024
Sarasehan dan Bedah Buku Hakim Agung RI di Kampus UIR Dihadiri Wakil Ketua MK Dr Saldi Isra
Jumat, 17 Mei 2024
UIR Terima Bantuan Dana Pendidikan Sebesar Rp70 Juta dari BSI
Kamis, 16 Mei 2024
Mahasiswa PMI UIN Suska Juara 1 Lomba Presenter Fordakom 2024

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

LW
Terpopuler

02

Minggu, 26 Mei 2024 05:00 WIB
Real Madrid Vs Real Betis, Imbang Tanpa Gol
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Selasa, 30 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Ucapkan Selamat Atas Penabalan Gelar Adat Kepada Kajati Riau
Senin, 29 April 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Apresiasi Pekanbaru Juara Umum Gelaran MTQ Tingkat Provinsi Riau
Senin, 29 April 2024
Sekretaris Dinas LHK Kota Pekanbaru Hadiri Rapat SABER Pungli 2024
Jumat, 26 April 2024
Penerimaan CPNS dan PPPK Pekanbaru Dapat Persetujuan Prinsip dari Kemenpan RB

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www