Sabtu, 15 Desember 2018

Breaking News

  • Plt Gubri: Hari Pahlawan Momentum Menebar Rasa Cinta Tanah Air   ●   
  • Hari Ini Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan   ●   
  • Walikota Terbitkan SE Moratorium PNS Pindah Masuk ke Pemko Pekanbaru   ●   
  • Waspadai HIV/AIDS dan LGBT, Disdik Minta Guru dan Orang Tua Awasi Anak Didik   ●   
  • Selundupkan Sabu-sabu dari Malaysia, Warga Asal Aceh Diciduk KPPBC Dumai   ●   
  • Tak Bayar Pajak, Bapenda Segel Tiang Reklame di Pekanbaru   ●   
  • Pemkab Bengkalis Galang Dana Rp263 Juta untuk Korban Bencana di Sulteng   ●   
  • PAN Riau Sayangkan DPRD Kuansing Lambat Memproses PAW Andi Nurbay   ●   
  • BPBD Riau Kirim Kantong Mayat dan Bantuan Logistik ke Daerah Siaga Darurat Banjir   ●   
  • Baru Tiga Incumbent Daftar Jadi Calon Komisioner KPU di Riau
Muhibbah
Polling
polling presiden 2019 Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?


OPINI
Mencari Pemimpin dalam Sebungkus Garam
Kamis, 24 Agustus 2017 10:01 WIB
Mencari Pemimpin dalam Sebungkus Garam

PELAJARAN dan hikmah memang bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali dari seorang perempuan tua yang ditinggal pergi suaminya dan tak punya anak keturunan, serta tengah berjuang menghadapi kangker saluran empedu.



Hingga tulisan ini diturunkan, dokter memprediksi hidupnya tinggal tiga bulan, dan siang Kamis (24/8/2017) harus kembali dibawa ke rumah sakit Swasta di Pekanbaru.

Nurzaidya, 63 tahun, mungkin bukanlah perempuan istimewa bagi kebanyakan orang. Janda yang tak punya anak ini, sejak kecil mengalami kelainan pada tulang pinggulnya. Makanya, ia pun ia tak bisa berjalan normal seperti orang kebanyakan. Namun kondisinya itu bukanlah penghalang baginya.

Perempuan yang biasa dipanggil “Mak Tuo” oleh sanak saudaranya itu, sejak dulu dikenal sebagai pekerja keras. Bagaimana tidak, dengan kondisinya yang seperti itu, ia melakoni pekerjaan yang penuh resiko. Semasa muda dulu, ia melakoni pekerjaan sebagai pedagang yang memasok barang pecah belah dan bawang putih dari Tanjung Pinang ke Pekanbaru. Kala itu termasuk ilegal.

Seiring berjalannya waktu, kini perempuan yang hanya mengenyam pendidikan sampai tingkat SD ini hanya menghabiskan masa tuanya di kampung halamannya. Tinggal bersama ibu mertua kami, yang merupakan adik perempuannya dan memilih menginvestasikan uang dagangannya di sektor perkebunan.

Meski 'Mak Tuo' tidaklah perempuan yang berpendidikan tinggi, namun bagi penulis sosoknya merupakan salah seorang “guru” yang punya kepekaan sangat tinggi. Ia sering memberikan pelajaran tentang prinsip-prinsip hidup, dan sering jadi tempat mengadu bagi saya dan saudara-saudara lainnya tatkala mengalami kesulitan finansial. Biasanya sebelum kami berencana pinjam duit padanya, seringkali ia malah lebih dulu menyuruh kami memakai duitnya. he..he..  

Suatu ketika saat penulis berniat melanjutkan pendidikan, ia termasuk salah satu yang sangat mendukung. Sebagai bentuk dukungannnya, diam-diam ternyata ia memberikan uang ke isteri saya untuk membeli laptop yang saat itu masih tergolong mahal. Karena sering melihat saya harus meminjam laptop tetangga dan bolak-balik ke rental komputer hingga larut malam jika ada tugas kuliah yang mau di kerjakan.

Tak terbayang betapa senangnya hati saya ketika itu, meski tuk menggantinya harus menyicil hingga setahun.  

Bukan hanya itu dalam pengamatan penulis, 'Maktuo' juga sangat juga peduli dengan keadaan orang-orang yang sudah sepuh di sekitarnya. Banyak diantara orang-orang tua di sekitar tempat tinggalnya, yang lebih mempercayakan menitipkan uang padanya, ketimbang pada keluarganya sendiri.

Tak jarang pas gajian bulan baru beberapa kebun sawit miliknya ia bagi-bagikan, termasuk ke orang-orang tua di sekitar tempat tinggalnya.

Hingga minggu kedua di bulan Juli lalu, adik perempuan isteri saya begitu terperanjat ketika melihatnya keluar dari kamarnya siang itu. Sekujur badan dan mata 'Mak tuo' terlihat menguning.

Semula kami menyangka ia terjangkit hepatitis atau 'penyakit kuning' biasa, istilah orang kampung. Setelah sempat menjalani pengobatan kampung, karena tak ada kemajuan akhirnya di bawa ke salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru. Setelah menjalani cek laboratorium, ternyata 'Mak tuo' tidaklah mengidap hepatitis, melainkan ada penyumbatan di saluran empedu- itu yang menyebabkan seluruh badannya
menguning.

"kemungkinan batu empedu, tapi penyumbatannya sudah cukup parah. Mengapa baru
sekarang dibawa kerumah sakit?" ujar sang Dokter penyakit dalam saat itu.

Kami pun menjelaskan, kalau 'Mak tuo' tak pernah mengeluh dan menceritakan hal itu pada kami karena katanya tak ingin menyusahkan. Terakhir sang dokter menyarankan untuk di cek lebih lanjut ke Dokter spesialis bedah saluran empedu.

Beberapa hari berselang, kami pun membawa 'Mak tuo' ke dokter bedah saluran empedu di rumah sakit lainnya. Namun bagaikan disambar petir di siang hari, setelah melalui proses scanning ternyata 'Maktuo' tidaklah mengalami penyakit batu empedu, melainkan mengidap kangker saluran empedu yang sudah menjalar hingga ke paru-paru bahkan hingga ke otak.

“Dioperasi pun akan percuma, karena kemungkinan berhasil sangat kecil," ujar sang dokter. Dokter hanya menyarankan agar dibawa pulang saja, sambil menjelaskan fase-fase yang akan terjadi hingga ajal menjemputnya nanti.

“Pokoknya bisa bertahan dalam jangka waktu enam bulan saja, dia sudah tergolong kuat,” ujar dokter menambahkan.

Karena takut 'Maktuo' akan mengalami drop mendengar kabar itu, kami pun sepakat merahasiakan berita ini padanya. Isteri saya yang tengah menjalani hamil muda anak ketiga, karena terus terusan menangis sejak mendengar berita itu, akhirnya memutuskan untuk tinggal dikampung saja sementara waktu, bersama 'Maktuo' dan ibu mertua kami.

Setelah hampir sepekan sepulang dari rumah sakit kami masih sepakat untuk tetap merahasiakan keadaan yang sebenarnya pada 'Maktuo'. Tak dinyana, ternyata 'Maktuo' sendiri mengaku telah mengetahui perihal kangker saluran empedu yang dideritanya.
Ternyata adik laki-lakinyalah, yang beberapa hari lalu menelpon dan menceritakan keadaan yang sebenarnya pada 'Maktuo'. Diluar dugaan kami 'Maktuo' malah terlihat biasa-biasa saja. Ia tetap beraktifitas seperti biasa, tak ada kecemasan
yang tampak dari raut wajahnya. Walau untuk berjalan ia harus ditopang tongkat, ia tetap saja beraktifitas.  

Bahkan suatu hari, karena kondisi isteri yang sedang hamil muda, hampir seharian tak mau makan melainkan hanya tiduran dikasur. Justru 'Maktuo' pula yang setiap saaat menjenguknya dan menungguinya di tempat tidur. Ia selalu menanyakan sudah makan atau belum, dan ingin makan apa?

'Maktuo' sempet cerita ke isteri saya saat itu, kalau ia dari tadi minta adik saya membelikan sebungkus garam. Namun entah karena adik saya lupa, garam yang disuruh beli pun tak kunjung datang.

Pagi-pagi ketika keluar rumah giliran saya yang di pesan isteri untuk sekalian memberikan sebungkus garam. Setelah duduk sejenak di kedai kopi, langsung saja bergegas pulang. Setelah ditanya terkait pesanan sebungkus garam, kali ini malah giliran saya yang lupa membeli pesanan sebungkus garam yang tadi dipesan 'Maktuo'.
Akhirnya, karena memang ada barang lain yang hendak dibeli, saya pun langsung
bergegas ke warung harian yang ada di depan rumah, sambil membeli pesanan sebungkus garam tadi.

Sesampai di rumah, saya telah menemukan 'Maktuo' dan isteri di dapur. Matanya yang masih menguning, terlihat berbinar melihat sebungkus garam pesanannya yang saya bawakan. Saya pun duduk dikursi meja makan, tak jauh dari mereka memasak. Terlihat 'maktuo' membubuhkan garam tadi ke secawan air yang ternyata air kelapa. Air kelapa itu pun dijadikan campuran untuk menanak nasi.

Tak lama berselang, 'Maktuo' menyuruh isteri saya menggelar tikar rotan dilantai. Ia memanggil saya dan anggota keluarga lainnya tuk makan bersama. Terlihat menu yang disajikan sangatlah sederhana. Bersama nasi putih, telihat sayur bayam, goreng ikan teri, telor dadar dan sambal lado.

Namun ketika kami mendekat, seketika tercium aroma yang begitu menggoda pada nasi putih dan menu sederhana yang disajikan.

Benar saja, siang Ahad itu 'maktuo' dan kami anggota keluarga lainnya, makan dengan lahapnya, walau dengan menu sederhana. Bahkan isteri saya yang tadinya sangat sulit makan, malah terlihat beberapa kali tambah.

Saat beberapa anggota keluarga lainnya telah beranjak pergi meninggalkan ruang makan, saya bertanya pada 'Maktuo' mengapa kali ini nasinya begitu terasa enak? Dan apa rahasianya?

Sambil tersenyum, 'maktuo' menjawab singkat, “rahasianya sebungkus garam yang sering terlupakan oleh kita,” ungkapnya serius.

Saya pun termenung mendengar jawabannya, pikiran saya menerawang kemana-mana. Bahkan jawaban singkat itu seakan menjadi tamparan bagi penulis, bahkan mungkin bagi bangsa  kita saat ini. Acapkali kita melupakan sesuatu, tapi perannya sangatlah besar seperti halnya sebungkus garam.

Ketika garam dicampurkan makanan, yang jadi perhatian kita tatkala hanya pada nasi, lauk dan sayurannya yang enak. Padahal garamlah yang sangat brperan disitu. Begitu juga ketika garam dijadikan sebagai campuran kacang atau jangung rebus, pasti kita mengatakan kacang atau jangung rebus yang begitu enak. Tapi kita melupakan pentingnya peran garam di situ, sampai akhirnya sebagian kita baru tersadar ketika harga
garam tiba-tiba naik.

Intinya hingga saat ini kita dan sebagaian besar masyarakat kita hanya terlena dengan tampilan tetapi melupakan peran. Hal ini sejalan dengan pendapat Robert T. Moran (Mulyana: 2000) yang mengemukakan, budaya-budaya Timur cenderung melukiskan sesuatu dengan menggunakan visualisasi-visualisasi. Sedangkan budaya-budaya Barat cenderung lebih menggunakan konsep-konsep.

Kita lebih memeperhatikan komunikasi visual ketimbang komunikasi lainnya. Makanya tak heran, hingga saat ini masyarakat kita masih mudah terbius dengan pencitraan. Jika budaya ini terus dipertahankan, alamatlah demokrasi ke depan hanya akan melahirkan pemimpin-pemimpin karbitan. Dimana mereka hanya sibuk dengan hal-hal yang bisa seakan kelihatan, tetapi tak peduli dengan peran yang seharusnya dijalankan. Hanya peduli dengan ekonomi yang seakan mengalami peningkatan, namun menapikkan kenyataan masyarakat makin kesusahan.

Makanya sempena pemilihan gubernur Riau tahun depan, kita jangan lagi seakan hanya terbius dengan segala pencitraan yang dilakukan menjelang pemilihan. Baik melalui media-media massa yang ditampilkan, maupun lewat poster dan spanduk yang dipasang serampangan.

Lihat jugalah dari konsep yang diusung dan jejak rekam. Yang paling penting, sudah mampukah kah para calon Gubernur berperan laksana garam. Yang tidak terlalu mementingkan menunujuk-nunjukan diri dalam tampilan, namun komitmen menjalankan fungsi dan peran sesuai kedudukan dan jabatan. Wallahualam...

Penulis : Suardi, M.I.Kom (PNS Dosen Prodi Komunikasi FDK UIN Suska Riau)
Editor : Ali
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?

Berita Lainnya
Sabtu, 15 Desember 2018 14:32 WIB
Airlangga Optimis Riau Masih Lumbung Suara Golkar
Sabtu, 15 Desember 2018 06:30 WIB
Bedak Bayi Johnson Dituding Mengandung Asbestos
Sabtu, 15 Desember 2018 05:57 WIB
Mohamed Salah Raih Penghargaan Prestisius
Selasa, 04 Desember 2018 10:08 WIB
NTP November Turun, Petani Riau Defisit
0 Komentar
Berita Pilihan
Sabtu, 01 Desember 2018
Bertambah Satu Lagi, Sudah 8 Mayat Ditemukan Mengapung di Perairan Bengkalis
Sabtu, 01 Desember 2018
Mogok, Wanita Cantik Ini Gendong Sepeda Motor Menuju Rumah
Sabtu, 01 Desember 2018
PP P3K Sudah Diteken, Guru Usia 35 Tahun Bisa Jadi Pegawai Pemerintah
Sabtu, 01 Desember 2018
Nelayan Kembali Temukan Tiga Mayat di Perairan Bengkalis
Rabu, 21 November 2018
Setelah Jalani Tes Psikometrik dan FGD, Besok Calon Anggota KPU Diwawancara
Rabu, 21 November 2018
Korupsi Dana UED-SP, Mantan Kades Putri Sembilan Dituntut 7 Tahun Penjara
Rabu, 21 November 2018
Ini Nama-nama Pejabat Pemko Pekanbaru yang Baru Dilantik
Rabu, 21 November 2018
300 Guru dari 12 Sekolah Upgrade Pengetahuan Tentang Generasi Z
Rabu, 21 November 2018
Masih Ada Pejabat Pekanbaru yang Tolak Dilantik, Ini Kata Sekda
Rabu, 21 November 2018
Petahana Banyak Gagal, Timsel KPU Sebut Itu Soal Personal
Rabu, 21 November 2018
Pengusaha Reklame Nunggak Pajak, Walikota: Ikuti Aturan yang Berlaku di Pekanbaru
Rabu, 21 November 2018
Sepekan Kedepan, Harga TBS di Riau Turun Rp104,94/Kg
Rabu, 21 November 2018
Realisasi APBD Riau 2018, Fisik 78,48 Persen dan Keuangan 61,34 Persen
Rabu, 21 November 2018
Dugaan Kredit Fiktif Rp43 Miliar, Dadang Wahyudi Diperiksa Jaksa
Rabu, 21 November 2018
Buntut Transfer Coutinho, Barcelona Dilarang Rekrut Pemain Liverpool
Rabu, 21 November 2018
Mulai Membusuk, 8 Ton Bawang Merah Ilegal Dimusnahkan
Rabu, 21 November 2018
Polsek Mandau, Bengkalis Tangkap Oknum Polisi Terlibat Kasus Shabu
Rabu, 21 November 2018
DPRD dan Pemprov Riau Teken KUA PPAS APBD 2019, Berikut Rinciannya
Rabu, 21 November 2018
Realisasi Penerimaan PKB di Riau Capai Rp912 Miliar
Rabu, 21 November 2018
Kades Baru di Bengkalis Tak Bisa Langsung Ganti Perangkat Desa
Rabu, 21 November 2018
Sebelum Curi Kotak Infak Musholla, Aldi Pura-Pura Sholat Dhuha
Rabu, 21 November 2018
TKD Jokowi-Ma'ruf Amin Berencana Datangkan Jusuf Kalla ke Riau
Rabu, 21 November 2018
DPD Pengajian Al Hidayah Riau Laksanakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
Rabu, 21 November 2018
Jabatan Kabag Protokol dan Humas Pemko Pekanbaru Dijabat Plt, Ini Nama Pejabatnya
Rabu, 21 November 2018
Jokowi 'Diajari' Beda Grasi dan Amnesti di Kasus Baiq Nuril
Rabu, 21 November 2018
Rapat Paripurna MoU KUA PPAS APBD Riau 2019 Molor
Rabu, 21 November 2018
Wan: TAPD dan Banggar Bekerja Hingga Lima Kali Azan
Rabu, 21 November 2018
Cerita Dua Gharim Berduel dengan Pencuri Kotak Amal di Pekanbaru
Rabu, 21 November 2018
Korsubgah KPK Monitoring Dana Desa, Pendidikan dan Kesehatan di Siak, Bengkalis, Rohil dan Pelalawan
Rabu, 21 November 2018
Timsel Gandeng Polda Riau Tes Psikologi Calon Komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten
Jumat, 09 November 2018
KPA Pekanbaru Dukung Usulan FKUB Buat Perda LGBT
Jumat, 09 November 2018
Dengar Guru Honorer Menangis, Sandi Janjikan Ini
Jumat, 09 November 2018
Pendapatan Berkurang, Pemprov Riau Pastikan 2019 Tetap Bisa Membangun
Jumat, 09 November 2018
Politik Memanas, PWNU Riau Imbau Masyarakat Tetap Adem
Jumat, 09 November 2018
Nobar "Hanum dan Rangga", Irvan Herman Ajak Millenial Cintai Film Dalam Negeri
Jumat, 09 November 2018
Rayakan Hari Pahlawan, Persatuan Istri Karyawan Telkomsel Gelar Donor Darah
Jumat, 09 November 2018
Dinilai Abaikan Standar Keselamatan, DPR Desak Pemerintah Cabut Izin Lion Air
Jumat, 09 November 2018
PKS: Penanganan Isu Habib Rizieq oleh Dubes RI Sudah On The Track
Jumat, 09 November 2018
Fotonya Jadi Ikon Perlawanan Palestina, Abu Amr Ditembak Israel
Jumat, 09 November 2018
India Diselimuti Kabut Beracun Usai Perayaan Diwali
Jumat, 09 November 2018
Ditahan Sporting, Arsenal Tetap Melaju dari Babak Grup Liga Europa
Jumat, 09 November 2018
Chelsea Lolos dari Babak Grup Liga Europa
Kamis, 08 November 2018
Mantan Legislator Rohul Ungkap Potensi Kecurangan Pemilu di Wilayah Perusahaan dan Kecurangan Kades
Kamis, 08 November 2018
Pemkab Kuansing Mulai Salurkan Bantuan Bagi Warga Korban Banjir
Selasa, 06 November 2018
Baru Nikah 2 Jam, Pasangan Ini Tewas dalam Kecelakaan Helikopter
Selasa, 06 November 2018
Biadab! Bocah Empat Tahun Diperkosa Massal di RS
Senin, 05 November 2018
Firdaus Izinkan Disnaker 'Jewer' Perusahaan Nakal di Pekanbaru
Senin, 05 November 2018
Paripurna Batal, Septina Kecewa pada Koleganya
Senin, 05 November 2018
Firdaus: Mutasi Akan ada Setiap Waktu
Senin, 05 November 2018
Pedagang di Riau Expo Rugi dan Keluhkan Sepi Pengunjung
Senin, 05 November 2018
Antisipasi Kelangkaan, Polisi Kawal Truk BBM Hingga Pekanbaru
Senin, 05 November 2018
Tak Hadir, 56 Pelamar CPNS Pekanbaru Gugur
Senin, 05 November 2018
Pemuda Pancasila Tegaskan Netral di Pilpres 2019
Senin, 05 November 2018
Dari 2.735 Peserta CPNS Pemprov Riau Hanya 109 Penuhi Passing Grade
Senin, 05 November 2018
Sebar Hoax Tentang Penculikan Anak, Ibu Muda di Dumai Diamankan Polisi
Senin, 05 November 2018
Dilanda Banjir, Petani Kuansing Terancam Gagal Panen
Senin, 05 November 2018
7.000 Korban Banjir di Kuansing Belum Mengungsi
Senin, 05 November 2018
KPU Pekanbaru Pasang APK 16 Parpol di Purna MTQ
Senin, 05 November 2018
Empat Sepeda Motor Disita Saat Operasi Zebra
Senin, 05 November 2018
Ribuan Rumah dan Lahan Sawah di Kuansing Terendam Banjir, BPBD Riau Tak Bisa Bantu
Jumat, 02 November 2018
NTP Riau Turun 1,46 Persen, Petani Riau Defisit
Jumat, 02 November 2018
Protes Jalan Berlubang, Warga Tanam Pisang di Badan Jalan Lembaga Pemasyarakatan
Jumat, 02 November 2018
Banyak OPD Tidak Ikut Riau Expo Karena tak Ada Anggaran
Jumat, 02 November 2018
Kunjungi, Beragam Acara Ramaikan HUT Mal Pekanbaru ke-15
Jumat, 02 November 2018
BMKG: Hujan Deras, Waspada Jika Keluar Rumah
Jumat, 02 November 2018
Dedet: Katanya Satu Tahun Anggaran, Kok Minta Tambah?
Jumat, 02 November 2018
Sandiaga Respons Balik Jokowi Klaim Harga Pangan Stabil
Jumat, 02 November 2018
Aksi Bela Tauhid Jilid II Desak Pembakar Dijerat Pasal Penistaan Agama
Jumat, 02 November 2018
Pangeran Saudi: Kudeta Terhadap Raja Salman Mungkin Terjadi Dalam Waktu Dekat
Jumat, 02 November 2018
Tiga WNI Diculik Bajak Laut Kongo
Jumat, 02 November 2018
Tanpa Disangka, Pemain Muda Ini Jadi Pahlawan Kemenangan Manchester City
Jumat, 02 November 2018
Hebat, Sudah 399 Hari Kevin/Marcus Kuasai Rangking 1 Dunia
Kamis, 01 November 2018
Pencanangan PKK KKBPK Kesehatan Momentum Tingkatkan Kualitas Keluarga
Kamis, 01 November 2018
UMK Pekanbaru 2019 Belum Ditandatangani Walikota
Kamis, 01 November 2018
Persaingan di Gala Desa Semakin Seru, Sepaktakraw Menuju Semifinal
Kamis, 01 November 2018
Warga Desa Beting Terima Bantuan Zakat Comodity Development
Kamis, 01 November 2018
Bakorpakem Pastikan Bengkalis Aman dari Aliran Meresahkan
Kamis, 01 November 2018
Polsek Pangkalan Kuras Tangkap Dua Pelaku Pengedar Narkoba
AMSI
Topik
Minggu, 09 Desember 2018
Audi Marissa Batasi Endorse
Sabtu, 08 Desember 2018
Vanessa Ponce de Leon Jadi Juara Miss World 2018
Sabtu, 08 Desember 2018
Fans Tak Rela Angela Lee Dekat-dekat Young Lex
Sabtu, 01 Desember 2018
Disinggung soal Luna Maya, Syahrini Beri Jawaban Mengejutkan

Selebriti lainnya ...
Kamis, 06 Desember 2018
Usai Dapatkan 10 Bus dari Kemenhub, Ayat Ajak Masyarakat Naik Bus TMP
Rabu, 05 Desember 2018
Bupati Mursini Hadiri Rapurna TMMD TA 2018 di Mabes TNI Cilangkap
Selasa, 04 Desember 2018
Sekda Meranti Ajak Masyarakat Jadi Pendonor Bantu Pasien yang Membutuhkan
Jumat, 30 November 2018
Optimalisasikan Pelayanan, Kades Batang Duku Lantik Perangkat

Gaya Hidup lainnya ...
Sabtu, 10 November 2018
Jerawat Tumbuh di Miss V Kamu? Jangan Dipencet, Bahaya!
Selasa, 06 November 2018
Lakukan 3 Hal Ini Agar Ruang Tidur Bebas dari Penyakit
Jumat, 26 Oktober 2018
Jurnalis dan Dokter Rentan Alami Saraf Terjepit
Senin, 01 Oktober 2018
Sering Salah, Begini Cara Penanganan Gigitan Ular yang Tepat

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 12 Desember 2018
STIE Indragiri Rengat Wisuda 336 Mahasiswa
Rabu, 12 Desember 2018
Univrab Inisiasi Seminar Nasional Halal Science
Senin, 10 Desember 2018
100 Mahasiswa Riau Raih Beasiswa RAPP
Senin, 03 Desember 2018
Siswa TK Angkasa Lanud Rsn Panen Sayur Hasil Tanam Sendiri

Kampus lainnya ...
Selasa, 11 Desember 2018
Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Kemenkumham
Senin, 03 Desember 2018
Upaya Pemkab Rokan Hilir Menuju Kabupaten Layak Anak
Senin, 03 Desember 2018
Gerakan Sekolah Rohil Dalam Program Adiwiyata
Senin, 03 Desember 2018
Bupati Rohil Ingatkan Bendahara dan BUMDes Hati-hati Kelola Anggaran Desa

Advertorial lainnya ...
Sabtu, 01 Desember 2018
Telkomsel Solusi Digitalisasi Bisnis dan Digital Security Perum Peruri
Selasa, 27 November 2018
Nongol di Indonesia, OPPO A7 Dibanderol Rp3,7 Juta
Senin, 26 November 2018
Jangan Download! 13 Apps di Play Store Ini Mengandung Malware
Rabu, 21 November 2018
Galaxy S10, Senjata Samsung Menepis Krisis

Tekno dan Sains lainnya ...
Polling
polling presiden 2019 Siapakah Pasangan Capres dan Cawapres 2019 Pilihan Anda?


Iklan Imbauan Pemkab Bengkalis
Terpopuler

01

Iklan Germas Diskes Pekanbaru
Foto
UCAPAN MTQ
Kamis, 13 Desember 2018
Telkomsel Berbagi Bersama 5.000 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa di 4 Kota
Rabu, 12 Desember 2018
Jelang Akhir Tahun Program EVP PT RAPP Beri Manfaat untuk Warga
Jumat, 07 Desember 2018
Ribuan Pohon Ditanam di Pekanbaru
Rabu, 05 Desember 2018
Program School Improvement Segera Tingkatkan Pendidikan di Kampar

CSR lainnya ...
Sabtu, 15 Desember 2018
Puluhan Kafilah Semarakkan MTQ ke-33 Desa Bantan Tengah, Bengkalis
Jumat, 14 Desember 2018
BUMdes Sei Baung, Inhu Dapat Suntikan Modal
Jumat, 14 Desember 2018
Banjir, Bantuan Makanan untuk Warga Disalurkan
Jumat, 14 Desember 2018
Sambut Natal, Telkomsel Berbagi Bersama 5.000 Anak Yatim dan Kaum Dhuafa di 4 Kota

Serantau lainnya ...
Jumat, 23 November 2018
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Riau Kompleks Berlangsung Semarak
Selasa, 06 November 2018
Keindahan Islam Menginspirasi Desainer Jepang Rancang Hijab
Jumat, 21 September 2018
Ustaz, Kyai: Sebutan di Persia, Pakistan, dan Indonesia
Senin, 17 September 2018
Kandungan Alkohol pada Tapai dan Hukumnya

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www