Selasa, 28 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 28-29 September 2021

World Children's Day 2020, PTPN V Salurkan Bantuan Ke BRSAMPK Pekanbaru
Sabtu, 21 November 2020 10:11 WIB
World Childrens Day 2020, PTPN V Salurkan Bantuan Ke BRSAMPK Pekanbaru
CEO PTPN V Jatmiko K Santosa menggendong seorang bayi yang merupakan salah satu anak yang diasuh di BRSAMPK Kota Pekanbaru.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Andre tampak begitu sibuk menyusun rangkaian batangan besi menjadi beragam kreasi. Tangannya menghitam, keringat di kening terus bercucuran. Besi itu dia bikin menjadi pola tertentu. Andre, bukan nama sebenarnya, mengatakan telah dua bulan dia menekuni kegiatan tersebut.

Remaja berbadan ceking berusia 17 tahun itu berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti. Dia menjadi satu dari sekitar 20 remaja dan anak penghuni Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

Di usia yang masih belia, dia terjebak dalam kubangan pidana kasus penyalahgunaan Narkotika. Beruntung, Andre tak menghabiskan waktu mudanya di balik jeruji besi. Dia mendapat kesempatan untuk menjalani hukuman dengan belajar dan menempa diri di BRSAMPK Kota Pekanbaru.

Andre memang tak banyak bicara. Satu persatu kalimat keluar sesuai dengan pertanyaan yang dilontarkan. Namun, dia selalu tersenyum, bahkan kala harus mengingat masa kelamnya. Dia bilang, saat ini hanya ingin belajar, berkreasi, dan kembali ke ibunya di pesisir Riau sana.

"Saya rindu dengan ibu. Saya hanya ingin belajar di sini dan segera kembali agar bisa membantu ibu di kampung," katanya dengan logat bahasa Melayu khas Kabupaten Meranti.

Andre tak sendiri. Sore itu, dia bersama Ran (14), Fitra (16), dan Andi (17), bukan nama sebenarnya. Keempatnya tengah menyelesaikan proyek pembuatan pot bunga bertingkat dengan motif Nusantara. Mereka semakin akrab karena terikat masa kelam yang sama. Salah pergaulan, putus sekolah akibat desakan ekonomi, hingga keluar dari jalan yang seharusnya.

Hendri, sang pengasuh BRSAMPK Pekanbaru, terlihat sabar mengajari para remaja tersebut. Pria 30 tahunan yang selama beberapa tahun terakhir menasbihkan hidupnya sebagai pengasuh itu mengaku bahagia bisa membantu mereka keluar dari belenggu kelam.

"Banyak anak-anak yang datang ke sini kebingungan. Mereka merasa tak ada lagi harapan. Tugas kami agar mereka kembali ke jalan yang benar dengan memberikan kegiatan positif," kata Hendri.

Di BRSAMPK Pekanbaru, Hendri mengatakan para remaja tersebut mendapatkan terapi fisik, psikososial, rekreasional, rohani, hingga pendidikan formal dan keahlian. Mereka dilatih dengan jangka waktu tertentu. Umumnya, kurang dari enam bulan sebelum dikembalikan ke tempat mereka berasal.

BRASMPK Kota Pekanbaru yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial menampung generasi muda yang menjadi korban berbagai tindak pidana. Balai tersebut merupakan bagian dari langkah pemerintah dalam upaya mengatasi dan penyelesaian permasalahan Anak yang memerlukan perlindungan khusus (AMPK) yang semakin meningkat dan kompleks di masa Pandemi Covid-19 saat ini.

Keberadaan para remaja dan anak-anak tersebut mendapat perhatian dari PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) dan Ikatan Keluarga Besar Istri PTPN V (IKBI PTPN V). CEO PTPN V Jatmiko K Santosa serta Ketua IKBI PTPN V Lina Jatmiko mengunjungi dan menyerahkan langsung beragam bantuan BRASMPK Pekanbaru.

Kehadiran rombongan PTPN V dan IKBI PTPN V disambut dengan senyum di wajah-wajah yang tergambar dari raut polos mereka.

"Kita berusaha hadir di tengah generasi bangsa yang membutuhkan dukungan ini untuk memberikan semangat kepada mereka. Bahwa mereka tidak sendiri dan masih banyak yang peduli," kata CEO PTPN V Jatmiko K Santosa dalam keterangan tertulisnya dalam merayakan World Children's Day 2020.

World children's day atau hari anak sedunia diperingati pada 20 November setiap tahunnya. Digawangi oleh UNICEF dan lembaga dunia lainnya, peringatan ini menjadi momen untuk kembali mengingat hak-hak anak yang perlu dipenuhi.

Pada tahun ini, Hari Anak Sedunia mengambil tema 'A day to reimagine a better future for every child'. Artinya, hari ini bakal diperingati untuk membentuk kembali masa depan anak yang lebih baik.

Jatmiko mengatakan bahwa setiap anak memiliki hak yang sama. Bantuan yang merupakan kolaborasi PTPN V dengan Ikatan Keluarga Besar Istri PTPN V (IKBI PTPN V) tersebut merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk anak-anak yang saat ini dalam keadaan tidak beruntung. Bantuan yang mayoritas terdiri dari peralatan olahraga dan kebutuhan sehari-hari dipilih untuk disalurkan kepada balai tersebut. Diantaranya seperti samsak tinju gantung, ring basket dan bola basket, bola kaki, bulu tangkis hingga meja pingpong.

Kemudian, perusahaan turut memberikan bantuan LED TV 43 Inch berikut peralatan elektronik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

"Kita berharap bantuan ini bisa membantu pengurus untuk menjaga dan membimbing anak-anak kita ini agar menjadi generasi yang bisa membangun negara di masa depan. Saya juga berdoa semoga perbuatan baik para pengurus mendapat ganjaran di sisi Tuhan," ujarnya.

Ketua IKBI PTPN V Lina Jatmiko menambahkan jika anak-anak dan remaja tersebut harus berani bermimpi dan mewujudkannya. Dia bilang agar jangan pernah berhenti bermimpi, dan jangan pernah berhenti berusaha.

"Apapun latar belakang kita, keluarga dan pendidikan kita, sebuah tekat yang kuat dan keyakinan yang tinggi pasti bisa mengantarkan kita dalam kesuksesan. Ada banyak kisah sukses yang telah diraih oleh pengusaha besar, yang masa lalunya juga kurang beruntung," ujarnya.

Hingga kini, kata Kasubag Tata Usaha BRSAMBK Pekanbaru, Suyono, pihaknya telah mengasuh dan membimbing 400 anak-anak dan remaja dari berbagai kasus pidana. "Sejak 2019 sampai hari ini telah ada 400 anak yang ditangani secara langsung, baik di Balai ini maupun pendampingan," kata Suyono.

Selain remaja lelaki dan wanita yang mendapat beragam pelatihan, mulai dari pandai besi, memotong rambut, tari, dan lainnya, di sana juga ada dua bayi mungil korban kekerasan yang ditelantarkan oleh keluarganya. Suyono mengatakan kedua bayi tersebut bernama Abimanyu (7 bulan) dan Rara (2 bulan).

Kedua bayi tersebut sejak lahir tak mengenali kedua orangtuanya karena ditelantarkan begitu saja. Jatmiko K Santosa dan Lina Jatmiko juga menyempatkan melihat dan menggendong bayi mungil tersebut. Kedua bayi itu tampak sehat dan kemungkinan besar akan tinggal dan tumbuh bersama anak-anak spesial di sana.

Bantuan itu menurut Suyono sangat membantu para pengurus Balai untuk terus membimbing dan menjaga generasi masa depan agar mampu menata masa depannya kembali.

"Terimakasih kami ucapkan. Bantuan ini sangat berarti bagi kami," ujarnya.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Ali
Kategori : Ekonomi, Serba Serbi, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 17 September 2021 13:51 WIB
PTPN V Minta Kopsa-M Hormati Hukum
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 28 September 2021
Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono Sebut Indonesia Negara Maritim yang Kekuatan Lautnya Lemah
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
Pemkab Pelalawan Sampaikan Ranperda APBD-P 2021
Selasa, 28 September 2021
Lakukan MoU dengan Bank Riau Kepri, Bupati Meranti Optimis Perekonomian Masyarakatnya Meningkat
Selasa, 28 September 2021
Cipta Kondisi, Polsek Kuala Kampar Gelar KRYD
Selasa, 28 September 2021
Optimalkan Pemantauan dan Pengawasan Prokes, Polsek Kerumutan Gencar Operasi Yustisi

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
KKN, Mahasiswa UMRI Gelar Penyuluhan Pertanian untuk Dongkrat Ekonomi Warga di Masa Pandemi
Senin, 27 September 2021
Pastikan Prokes, PCR Sudah Gelar Perkuliahan Tatap Muka Terbatas
Minggu, 26 September 2021
SEF Sukses Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www