Sabtu, 27 November 2021

Breaking News

  • Dinsos Riau Tak Punya Data Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19   ●   
  • Pansus Bisa Jadi Dasar Ketegasan Pemerintah Atasi Konflik Perusahaan Vs Masyarakat Riau   ●   
  • Pekanbaru Juara Kejurda U14, Bukti Pembinaan Sepakbola Berjenjang Kelompok Usia Berjalan Baik   ●   
  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen
Yamaha 25-27 November 2021

Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PHR WK Rokan Jangkau Lebih dari 3.000 Warga
Jum'at, 19 November 2021 12:20 WIB
Tanggung Jawab Sosial Lingkungan PHR WK Rokan Jangkau Lebih dari 3.000 Warga
Program TJSL yang dijalankan PHR WK Rokan memberikan manfaat bagi lebih dari 3.000 warga masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Kelancaran proses transisi dan alih kelola Wilayah Kerja (WK) Rokan di Riau tak hanya tercermin dari aspek kinerja bisnis dan produksi.

Dalam periode 100 hari pertama pasca alih kelola, serasa tanpa jeda PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sebagai operator yang baru mampu melanjutkan bahkan meningkatkan nilai tambah berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di WK Rokan.

”PHR WK Rokan meyakini bahwa kehadiran operasinya harus memberikan manfaat dan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kami membangun kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan agar kita maju dan sukses bersama-sama, salah satunya melalui implementasi program TJSL,” kata VP Corporate Affairs PHR WK Rokan Sukamto Tamrin.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan kementerian terkait, pemerintah daerah di Riau, SKK Migas Sumbagut, dan masyarakat.

PHR WK Rokan menjalankan program-program TJSL di seluruh tujuh kabupaten/ kota di sekitar wilayah operasinya dengan fokus utama bidang pendidikan-pelatihan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, lingkungan hidup, dan bantuan pasca bencana.

Program TJSL yang dijalankan PHR WK Rokan memberikan manfaat bagi lebih dari 3.000 warga masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung.

PHR WK Rokan menerapkan pendekatan pengembangan kapasitas sumber daya manusia (SDM) untuk mendorong kemandirian masyarakat yang berkelanjutan. Selain itu, PHR WK Rokan mengadopsi konsep pentahelix atau multipihak dimana melibatkan unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media. Program TJSL juga diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Riau dan tujuan pembangunan berkelanjutan yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi PHR.

Di bidang pendidikan-pelatihan, misalnya, PHR WK Rokan menggulirkan program Inkubator Karir bagi para mahasiswa Sakai yang merupakan putra-putri masyarakat adat tempatan di Kabupaten Bengkalis dan Siak.

Program ini merupakan upaya pemberian nilai tambah dari program beasiswa yang telah mereka terima dari PHR. PHR menggandeng Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Riau (P2K2 Unri) sebagai mitra pelaksana program.

Sebagai peserta, para mahasiswa dibekali wawasan kebangsaan serta beragam keterampilan dasar untuk mengenali minat dan potensi diri, meningkatkan soft skill, dan mengembangkan diri agar berdaya saing di dunia kerja maupun wirausaha. Setelah lulus kuliah kelak, mereka diharapkan mampu menentukan pilihan karir dan serius di bidang yang digelutinya masing-masing.

PHR WK Rokan juga menjalankan program pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja lokal. Sebagai nilai tambah dari program bertajuk Sinergi dalam Upaya Melanjutkan Harapan Masyarakat (Suluh) Riau ini, peserta juga mendapatkan wawasan kebangsaan, bimbingan soft skill, keterampilan wawancara, maupun informasi-informasi seputar peluang kerja.

Program strategis lainnya dari TJSL PHR adalah di bidang kesehatan, yakni Program Pencegahan Stunting melalui Aktivasi Posyandu pada Masa Pandemi COVID-19. Program ini selaras dengan program pemerintah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional/ Daerah (RPJMN/RPJMD) tahun 2019-2024.

Sebagai tahap awal, program PHR WK Rokan dijalankan di dua desa di Kabupaten Bengkalis dan Siak dengan menjangkau sekitar 600 penerima manfaat. Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Daerah Riau menjadi mitra pelaksana program ini.

Berdasarkan data di tingkat provinsi, angka prevalensi stunting di Riau sebesar 23,7% pada tahun 2020. Angka tersebut ditargetkan turun menjadi 14% pada 2024. PHR WK Rokan ingin berkontribusi terhadap upaya menurunkan angka prevalensi stunting melalui pemberdayaan kader posyandu; pelaksanaan kegiatan rutin bulanan posyandu; promosi dan sosialisasi kesehatan; serta pemberian makanan tambahan.

Selanjutnya di bidang pemberdayaan ekonomi, PHR WK Rokan menitikberatkan pada pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Riau untuk beradaptasi menuju ekonomi digital. Anak perusahaan PT Pertamina ini membantu UMKM di Riau bergerak dari pemasaran tradisional menuju pemasaran digital (digital marketing). PHR WK Rokan bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau dan menggandeng Markplus, Inc yang merupakan konsultan riset dan pemasaran.

Sebagai tahap awal, lokus program ini adalah Gerai Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau yang berlokasi di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau di Pekanbaru. Berbagai produk khas dari 12 kabupaten/ kota di Riau dijual di sana. Melalui program ini, UMKM diharapkan menjadi ujung tombak pemulihan ekonomi Riau pasca pandemi.

Di lokasi yang lain, PHR WK Rokan membina Desa Wisata Kampung Patin yang berlokasi di Desa Koto Masjid, Kabupaten Kampar. Desa ini berhasil menembus 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 dan dalam proses Sertifikasi Desa Berkelanjutan. Pada pertengahan September 2021, Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke Desa Wisata Kampung Patin tersebut.

Pencapaian itu menjadi kebanggaan masyarakat Riau dan menjadi energi positif bagi pengembangan desa-desa wisata lainnya di Riau. Setelah membina Desa Koto Masjid, PHR WK Rokan akan bergerak menuju Pulau Rupat, Bengkalis, untuk membantu pengembangan wisata bahari di sana dengan target untuk go international.

Yang tak kalah menarik adalah program TJSL di bidang lingkungan. PHR WK Rokan dan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) menjalankan sebuah program pelestarian lingkungan yang sekaligus mencakup aspek pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Setelah sukses menjalankan program Konservasi Lahan Gambut dengan metode pertanian tanpa membakar lahan, baru-baru ini PHR WK Rokan-BRGM membantu masyarakat 10 desa di Kabupaten Rokan Hilir dan Siak untuk merambah pemasaran digital. Produk yang mereka hasilkan dari konservasi lahan gambut dipasarkan secara digital melalui peluncuran Website Desa Terintegrasi dan Promosi Produk Unggulan Desa. Produk-produk unggulan mereka di antaranya minyak kelapa murni/ VCO, jeruk, belimbing, jambu, anggur, dan ikan lele.

Beberapa pencapaian dari program ini antara lain peningkatan kemampuan para petani dalam melakukan metode pertanian tanpa membakar lahan; pembuatan demplot pertanian; pemanfaatan pupuk organik dan herbisida; kemampuan produksi minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil); serta penerapan metode belajar interaktif-inovatif bagi para guru sekolah dasar terkait pemahaman lingkungan yang sehat dan perlindungan lahan gambut.

Program unggulan lain di bidang lingkungan adalah Program Bank Sampah yang telah berhasil direplikasi ke 40 lokasi di berbagai kabupaten/ kota di Riau. PHR WK Rokan bekerja sama dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak) yang kini menjadi center of excellence atau pusat pembelajaran untuk pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan bank sampah.

Program-program TJSL strategis yang dijalankan PHR WK Rokan selaras dengan komitmen PT Pertamina (Persero) untuk menerapkan aspek-aspek ESG (Environment, Social and Governance) dalam kegiatan bisnis dan operasinya.

Penulis : Satria Yonela
Editor : Yusni
Kategori : Ekonomi, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Lainnya
Rabu, 10 November 2021 09:52 WIB
Hujan Bakal Guyur Riau Seharian
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA
Minggu, 31 Oktober 2021
Komisi III Segera Bahas RUU Jabatan Hakim
Sabtu, 30 Oktober 2021
Rachmat Gobel Kritik APBN Dialokasikan untuk Proyek Kereta Cepat
Jumat, 29 Oktober 2021
BKSAP Tekankan Pentingnya Pendidikan Berkualitas Capai SDGs

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 02 November 2021
Gajah Seberat 2 Ton Ditemukan Mati di Bukit Apolo Pelalawan
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 26 November 2021
Hadirkan 7 Narasumber, Forum Pembauran Kebangsaan Riau Gelar Rakor Penguatan Organisasi
Jumat, 26 November 2021
Jaring 12 Pelanggar Prokes, Polsek Pangkalan Kerinci Beri Teguran
Jumat, 26 November 2021
Tim Rowbin Juara Turnamen Futsal Pemuda Cup
Jumat, 26 November 2021
Cegah Penularan Covid-19, Personel Polsek Teluk Meranti Gencar Operasi Yustisi

Serantau lainnya ...
Senin, 22 November 2021
Dukung Pebalap di Mandalika World Superbike 2021, Komunitas Honda CBR Nobar hingga Meet & Greet
Minggu, 21 November 2021
Dihadiri Bupati dan Wabup Rohil, Forci Riau Pesisir Serahkan 100 Paket Sembako kepada Masyarakat
Kamis, 18 November 2021
Tips Mix and Match Busana Couple Kekinian
Selasa, 02 November 2021
Raih IKRA Of The Year Sektor Fashion ISEF 2021, Thiffa Qaisty Bakal Pamerkan Karya di Dubai Ekspo

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Kamis, 21 Oktober 2021
Ubah Citra, Facebook akan Ganti Nama Perusahaan?
Senin, 04 Oktober 2021
Trump Minta Hakim Paksa Twitter Kembalikan Akunnya
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 27 Oktober 2021
Dikira Kena Covid-19, Gadis Ini Ternyata Sakit Parah Akibat Isap Vape
Sabtu, 23 Oktober 2021
Kisah Penyintas Covid-19, Berpikiran Positif dan Bermental Baja hingga Sembuh
Senin, 04 Oktober 2021
Gaya Hidup Tak Sehat Biang Banyak Anak Muda Derita Penyakit Jantung
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 25 November 2021
Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Abdurrab Ikuti Leadership Camp
Rabu, 24 November 2021
HKI STAIN Gelar Seminar Peran dan Tantangan Hukum Keluarga di Era Revolusi Industri 4.0
Selasa, 23 November 2021
Sekda Siak Terima Kunker Tim Promosi Program Doktor Administrasi Publik Unri
Selasa, 23 November 2021
Kasi Pidsus Kejari Pekanbaru Agung Irawan akan Jadi Dosen Tamu di SBM-ITB

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

Permata
Terpopuler
DPRD Riau 1 Panglima
Foto
Diskes Riau November 2021 Ok
Senin, 22 November 2021
Bikin Mewek, Gala Ingin Telepon Vanessa Angel & Bibi karena Rindu
Kamis, 04 November 2021
Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan di Tol Jombang
Rabu, 27 Oktober 2021
Lucinta Luna Blak-blakan Soal Muhammad Fattah, Ungkap Settingan Bikin Tertekan dan Prank
Kamis, 21 Oktober 2021
Penampilan Terbaru Ivan Gunawan Ramai Disebut Mirip Nikita Mirzani

Selebriti lainnya ...
DPRD Riau 1
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
DPRD Riau 2
Rabu, 24 November 2021
Rangkaian HUT ke-23, BKMT Riau Gelar 'Musabaqah Menterjemah Alquran'
Kamis, 04 November 2021
Persembahkan Karya Tenas Effendy, LAMR dan Tafaqquh Taja Kajian Tunjuk Ajar Melayu Dalam Perspektif Alquran dan Hadis
Senin, 04 Oktober 2021
Kepengurusan Amphuri Riau-Kepri Resmi Dilantik, Berkhidmat untuk Umat
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah

Religi lainnya ...
DPRD Riau 4
Indeks Berita
DPRD Riau 5Bhayangkara 2021 CAKAPLAHDPRD Riau 3DPRD Riau 6Diskes Rohul 2021DPRD Riau Hari GuruDPRD Riau Hari Guru 2DPRD Riau 2 Panglima
www www