Sabtu, 27 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Penobatan dan Pelantikan 200-an Pengurus LAM Riau-Kabupaten Kampar Berjalan Lancar
Minggu, 27 Maret 2022 18:09 WIB
Penobatan dan Pelantikan 200-an Pengurus LAM Riau-Kabupaten Kampar Berjalan Lancar
Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar memasangkam selempang kepada Ketua DPH LAM Riau Kampar Datuk Seri KH Alwi Arifin.

BANGKINANG (CAKAPLAH) - Rangkaian acara penabalan/penobatan dan pelantikan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kampar masa khidmat 2022-2027, di Kawasan Wisata Stanum, Bangkinang, Ahad (27/3/2022) berjalan lancar.

Prosesi penabalan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAMR Kabupaten Kampar diantaranya ditandai dengan pemasangan tanjak, selempang dan keris kepada Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar Datuk Seri Dr KH Mochammad Alwi Arifin, Lc, S.Pd. Pemasangan tanjak dilakukan oleh Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy.

Kemudian pemasangan selempang oleh Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar dan pemasangan keris oleh Ketua MKA LAM Riau yang diwakili Tarlaili Datuk Mudo. Kegiatan ini dilakukan setelah pembacaan sk pengurus oleh Sekretaris Umum LAM Riau Datuk H Yusman Hakim.

Dari pantauan, tak satupun pejabat dari Pemerintah Kabupaten Kampar yang hadir. Seperti diberitakan sebelumnya, pengurus Lembaga Adat Kampar menolak dan merasa kecewa dengan penobatan dan pelantikan pengurus LAMR Kahupaten Kampar pada hari ini.

Diantara 200an pengurus LAMR Kabupaten Kampar yang dilantik adalah Sekretaris Umum Drs Fakhrul Kamal, M.Pd dan Bendahara Umum H Syafrianto, SE, MH.

Turut hadir pada acara ini sejumlah pengurus DPH LAM Riau, sejumlah ketua LAMR kabupaten/kota, Majelis Kerapat Adat (MKA) LAMR Kabupaten Kampar H Raylus Nurdin Datuk Bosau, Ketua Dewan Kehormatan Adat LAMR Kabupaten Kampar Suhaili Husein Datuk Bandaro Mudo dan anggota diantaranya H Alfian, Yurnalis Basri, KH Ujang Umar, Ahmad Fikri, Suharmi Hasan dan lainnya.

Kemudian dari Polda Riau diwakili oleh Direktur Bimas Polda Riau, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, Kapolres Diwakili Kasat Intel, Danyonif 132/BS diwakili Wadanyon, Dandim 0313/KPR. Turut hadir juga sejumlah ulama diantaranya Abuya KH Alaidin Athori, Lc sekaligus didaulat sebagai pembaca doa, para ninik mamak, cerdik pandai, pengurus LAM Riau, Ketua Apdesi Riau H Abdul Rakhman Chan.

Penobatan pengurus LAMR Kabupaten Kampar diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan doa, basiacuong yang dibawakan Idrus dan kawan-kawan, syair, pembacaan SK pengurus, pemasangan tanjak, selempang, keris dan diiringi tepuk tepung tawar serta sambutan-sambutan dan makan bersama. Kegiatan juga diiringi musik tradisional.

Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar dalam arahannya mengaku bangga karena sudah 15 tahun LAM Riau Kabupaten Kampar "tiarap" namun pada hari ini sukses dilantik. LAM Riau siap bersinergi termasuk dengan LAK.

Menurutnya, masalah masyarakat Riau pada hari ini sebenarnya adalah dengan pihak-pihak lain. "Masalah kita pada hari ini banyaknya tanah ulayat kita, tanah adat kita berada di tangan perusahaan. Bukan kita melarang perusahan mengelolanya tetapi kita mau berbagi, berkongsi. Jangan sampai kita pemilik tanah kita pemilik hanya menengok dan menonton," tegasnya.

Ia mengaku yakin LAMR Kampar siap perjuangkan persoalan tanah ulayat dengan kebersamaan yang dibangun dengan bupati dan elemen lainnya termasuk dengan datuk-datuk yang tergabung di pengurus LAK.

"LAK dan LAM sama. LAM dan LAK ibarat mata hitam dan mata putih. LAK adalah para datuk dan LAM ada anak kemenakan yang cendikiawan, profesor, sarjana hukum, dokter, ustad, buya dan lain sebagainya ada di LAM. Jadi kita bergabung. LAK kita hormati karena para orang tua kita. Seratus persen di situ datuk-datuk adat dan pemangku adat, tak ada beda. Ini yang kami luruskan dan jelaskan lima tahun sudah. Jangan ada lagi narasi antara LAM dan LAK mengangkat hal ini," tegas Datuk Seri Syahril Abu Bakar.

"Orang lain ketawa. Orang melayu berebut dia, sementara anak kemenakan banyak tak sekolah dan anak kemenakan tak mendapat kerja. Mari kita urus anak kemenakan kita," tegasnya lagi.

Datuk Seri Syahril Abu Bakar juga mengajak semua pihak ikut memperjuangkan anak kemenakan terutama agar mendapatkan pekerjaan baik sebagai pengusaha maupun sebagai pekerja. Misalnya di Blok Rokan yang kini kembali ke pengakuan ibu pertiwi.

"Karena di Blok Rokan ada 20 ribu lebih tenaga kerja. Gubernur sudah ekspos bahwa orang Riau tak sampai lima persen bekerja di situ," katanya.

Menurutnya, tidak semua pekerjaan di sana butuh orang yang ahli teknologi seperti adanya pekerjaan tukang potong rumput, tukang masak, sopir, tukang jaga malam dan lainnya.

Kebersamaan LAM dengan semua pihak juga sangat dibutuhkan. Seperti pada saat keberhasilan merebut 2.800 hektare lahan di Desa Senamanenek dari penguasaan perusahaan nasional dan kini telah dikelola anak kemenakan.

Terkait ketidakhadiran satupun pejabat Kampar, baik Asisten I Gubri maupun Ketua DPH LAM Riau menyatakan maklum atas ketidakhadiran bupati maupun pejabat lainnya karena kesibukannya.

"Kalau bupati tak sempat hadir mungkin staf yang mewakili. Menurut kawan tak ada. Mungkin beliau berhalangan. Bagi daya berfikir positif saja, mungkin bupati sibuk apalagi mau mengakhiri masa tugasnya. Banyak hal yang perlu diselesaikan. Mungkin tak sempat menyampaikan ke yang lain," kata Syahrul.

Menurutnya LAM adalah organisasinya jelas, legal standingnya jelas dan telah ada lembaran negara dan daerah serta telah ada Peraturan Daerahnya.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy menyampaikan, LAM sebagai rumah besar yang dapat memfasilitasi, mengedukasi komunitas adat melayu yang bertujuan agar tercipta keteraturan demi mencegah benturan antar pribadi dan kelompok dan tercapainya kemaslahatan adat.

Urgensi dalam pengelola budaya bahwa antara pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan pembantu adat hendaknya terus selaras mewujudkan kemaslahatan bersama di bidang kebudayaan.

Ia menilai, aktifnya kembali aktif LAM Riau Kampar merupakan langkah maju bagi pelestarian adat di Riau khususnya di Kampar. Ia juga mengajak masyarakat kembali memegang amanah orang tua-tua.

Dengan senantiasa berpegang kepada amanah dan pesan maka hendaknya jalinan persaudaraan, persatuan kesatuan terwujud dengan baik.

"Fungsikanlah LAM Riau sesuai dan sepatutnya sebab runtuhnya idealisme adat akan runtuhlah kehidupan lain," katanya.

Gubri juga berpesan agar LAMR Kampar menjunjung tinggi marwah adat dengan selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat.

Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar Datuk Seri KH Alwi Arifin dalam sambutannya menegaskan,
keberadaan LAM Riau-Kampar hendaknya bisa menancapkan pelaksanaan adat istiadat, agama yang bertolak pada undang-undang dan peraturan.
Sebagai Serambi Mekkah Riau, adat istiadat di Kampar bisa diwujudkan apabila orang adatnya berada pada posisi adat yang selalu mendidik anak kemenakan dengan tata krama dan memberikan contoh berdasarkan agama.

Putra kelahiran Senamanenek 12 Februari 1966 ini berharap kepada semua pihak jangan sekali-kali membenturkan dua lembaga adat di Kampar LAMR Kampar dan Lembaga Adat Kampar (LAK).

Ia menambahkan, LAM Riau hadir di Kabupaten Kampar bukan sesuatu yang luar biasa karena sebelumnya sudah ada di Kampar. Sudah lama dan sekarang diperbarui kembali. Pembaruan ini sesuai hadis Nabi Muhammad SAW adalah bersifat muamalah.

Alwi menegaskan bahwa pengurus LAMR Kabupaten Kampar sangat menghargai LAK karena di LAK ada para datuk atau ninik mamak dan ia berharap tunjuk ajar dari para datuk dan siap untuk melakukan silaturahmi setelah penobatan ini atau sebelum masuknya bulan suci Ramadan.

Pengurus LAMR Kampar yang terdiri dari anak kemenakan dari berbagai elemen tidak akan pernah durhaka kepada orang tua atau datuk-datuk di LAK. LAMR Kampar diisi hampir 80 persen anak muda.

"Akan kami jumpai ketua umumnya Datuk Yusri dan pengurus. Kalau ada salah tanggapan dan pemikiran, kata Rasulullah, apalagi mau masuk bulan Ramadan, saling bermaaf-maafan dan bersalamanlah," cakap Datuk Seri Alwi Arifin.

"Ketika ada yang melakukan kesalahan tolong disampaikan agar organisasi ini berjalan baik. Mohon kita semua tak mempolitisir dan memelintir dan mengadu domba baik difacebook, media massa dan kami nyatakan hari ini tidak ada perbedaan dan unsur politis dan semua ini berdasarkan kepada adat yang bersendi syarak dan syarak bersendi kitabullah," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penobatan LAM Riau-Kampar Fakhrul Kamal menyampaikan, pengurus LAMR Kabupaten Kampar yang dilantik sebanyak 215 orang.

"Tagline yang diusung pada penobatan ini adalah duduok manimo tuah, togak menjago marwah berjalan menjaga amanah," ujar Fakhrul.

"Kita dinobatkan sebagai Pengurus LAM wajib menjaga amanah. Dipocik kuek-kuek," pungkasnya.



Penulis : Akhir Yani
Editor : Yusni
Kategori : Pemerintahan, Serba Serbi, Kabupaten Kampar
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Selasa, 28 Februari 2017 18:37 WIB
Sekda: Pak Tennas Suri Tauladan Kita
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 26 April 2024
SD An Namiroh Pusat Pekanbaru Borong Penghargaan Tingkat Nasional hingga Internasional
Jumat, 26 April 2024
APHI Riau Gelar Halal Bihalal dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 25 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya
Kamis, 25 April 2024
Disdik Pekanbaru Minta Sekolah yang Gelar Halal Bi Halal Tak Ganggu Jam Belajar

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Politeknik Pengadaan Nasional Beri Diskon 30 Persen untuk Anak ASN, TNI dan Polri
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

04

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www