Senin, 26 September 2022

Breaking News

  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi   ●   
  • Kunjungan di Mall Vaksinasi Riau Menurun, Rata-rata Cuma 100 Orang Perhari   ●   
  • ASN Meninggal di Basement Kantor DPRD Riau, Polisi: Murni Gantung Diri   ●   
  • 1.353 Orang Terserang DBD di Riau Sepanjang Tahun 2022, Pekanbaru Tertinggi   ●   
  • Tarif Listrik Oktober-Desember 2022 Dipastikan Tidak Naik   ●   
  • Ada Lagi Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau, Tetap Waspada   ●   
  • Antisipasi Krisis Pangan, Sorgum Ternyata Cocok Dikembangkan di Riau
Yamaha 23-25 September 2022

Penobatan dan Pelantikan 200-an Pengurus LAM Riau-Kabupaten Kampar Berjalan Lancar
Minggu, 27 Maret 2022 18:09 WIB
Penobatan dan Pelantikan 200-an Pengurus LAM Riau-Kabupaten Kampar Berjalan Lancar
Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar memasangkam selempang kepada Ketua DPH LAM Riau Kampar Datuk Seri KH Alwi Arifin.

BANGKINANG (CAKAPLAH) - Rangkaian acara penabalan/penobatan dan pelantikan pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Kampar masa khidmat 2022-2027, di Kawasan Wisata Stanum, Bangkinang, Ahad (27/3/2022) berjalan lancar.

Prosesi penabalan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian LAMR Kabupaten Kampar diantaranya ditandai dengan pemasangan tanjak, selempang dan keris kepada Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar Datuk Seri Dr KH Mochammad Alwi Arifin, Lc, S.Pd. Pemasangan tanjak dilakukan oleh Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy.

Kemudian pemasangan selempang oleh Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar dan pemasangan keris oleh Ketua MKA LAM Riau yang diwakili Tarlaili Datuk Mudo. Kegiatan ini dilakukan setelah pembacaan sk pengurus oleh Sekretaris Umum LAM Riau Datuk H Yusman Hakim.

Dari pantauan, tak satupun pejabat dari Pemerintah Kabupaten Kampar yang hadir. Seperti diberitakan sebelumnya, pengurus Lembaga Adat Kampar menolak dan merasa kecewa dengan penobatan dan pelantikan pengurus LAMR Kahupaten Kampar pada hari ini.

Diantara 200an pengurus LAMR Kabupaten Kampar yang dilantik adalah Sekretaris Umum Drs Fakhrul Kamal, M.Pd dan Bendahara Umum H Syafrianto, SE, MH.

Turut hadir pada acara ini sejumlah pengurus DPH LAM Riau, sejumlah ketua LAMR kabupaten/kota, Majelis Kerapat Adat (MKA) LAMR Kabupaten Kampar H Raylus Nurdin Datuk Bosau, Ketua Dewan Kehormatan Adat LAMR Kabupaten Kampar Suhaili Husein Datuk Bandaro Mudo dan anggota diantaranya H Alfian, Yurnalis Basri, KH Ujang Umar, Ahmad Fikri, Suharmi Hasan dan lainnya.

Kemudian dari Polda Riau diwakili oleh Direktur Bimas Polda Riau, Wakil Ketua DPRD Kampar Repol, Kapolres Diwakili Kasat Intel, Danyonif 132/BS diwakili Wadanyon, Dandim 0313/KPR. Turut hadir juga sejumlah ulama diantaranya Abuya KH Alaidin Athori, Lc sekaligus didaulat sebagai pembaca doa, para ninik mamak, cerdik pandai, pengurus LAM Riau, Ketua Apdesi Riau H Abdul Rakhman Chan.

Penobatan pengurus LAMR Kabupaten Kampar diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, pembacaan doa, basiacuong yang dibawakan Idrus dan kawan-kawan, syair, pembacaan SK pengurus, pemasangan tanjak, selempang, keris dan diiringi tepuk tepung tawar serta sambutan-sambutan dan makan bersama. Kegiatan juga diiringi musik tradisional.

Ketua DPH LAM Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar dalam arahannya mengaku bangga karena sudah 15 tahun LAM Riau Kabupaten Kampar "tiarap" namun pada hari ini sukses dilantik. LAM Riau siap bersinergi termasuk dengan LAK.

Menurutnya, masalah masyarakat Riau pada hari ini sebenarnya adalah dengan pihak-pihak lain. "Masalah kita pada hari ini banyaknya tanah ulayat kita, tanah adat kita berada di tangan perusahaan. Bukan kita melarang perusahan mengelolanya tetapi kita mau berbagi, berkongsi. Jangan sampai kita pemilik tanah kita pemilik hanya menengok dan menonton," tegasnya.

Ia mengaku yakin LAMR Kampar siap perjuangkan persoalan tanah ulayat dengan kebersamaan yang dibangun dengan bupati dan elemen lainnya termasuk dengan datuk-datuk yang tergabung di pengurus LAK.

"LAK dan LAM sama. LAM dan LAK ibarat mata hitam dan mata putih. LAK adalah para datuk dan LAM ada anak kemenakan yang cendikiawan, profesor, sarjana hukum, dokter, ustad, buya dan lain sebagainya ada di LAM. Jadi kita bergabung. LAK kita hormati karena para orang tua kita. Seratus persen di situ datuk-datuk adat dan pemangku adat, tak ada beda. Ini yang kami luruskan dan jelaskan lima tahun sudah. Jangan ada lagi narasi antara LAM dan LAK mengangkat hal ini," tegas Datuk Seri Syahril Abu Bakar.

"Orang lain ketawa. Orang melayu berebut dia, sementara anak kemenakan banyak tak sekolah dan anak kemenakan tak mendapat kerja. Mari kita urus anak kemenakan kita," tegasnya lagi.

Datuk Seri Syahril Abu Bakar juga mengajak semua pihak ikut memperjuangkan anak kemenakan terutama agar mendapatkan pekerjaan baik sebagai pengusaha maupun sebagai pekerja. Misalnya di Blok Rokan yang kini kembali ke pengakuan ibu pertiwi.

"Karena di Blok Rokan ada 20 ribu lebih tenaga kerja. Gubernur sudah ekspos bahwa orang Riau tak sampai lima persen bekerja di situ," katanya.

Menurutnya, tidak semua pekerjaan di sana butuh orang yang ahli teknologi seperti adanya pekerjaan tukang potong rumput, tukang masak, sopir, tukang jaga malam dan lainnya.

Kebersamaan LAM dengan semua pihak juga sangat dibutuhkan. Seperti pada saat keberhasilan merebut 2.800 hektare lahan di Desa Senamanenek dari penguasaan perusahaan nasional dan kini telah dikelola anak kemenakan.

Terkait ketidakhadiran satupun pejabat Kampar, baik Asisten I Gubri maupun Ketua DPH LAM Riau menyatakan maklum atas ketidakhadiran bupati maupun pejabat lainnya karena kesibukannya.

"Kalau bupati tak sempat hadir mungkin staf yang mewakili. Menurut kawan tak ada. Mungkin beliau berhalangan. Bagi daya berfikir positif saja, mungkin bupati sibuk apalagi mau mengakhiri masa tugasnya. Banyak hal yang perlu diselesaikan. Mungkin tak sempat menyampaikan ke yang lain," kata Syahrul.

Menurutnya LAM adalah organisasinya jelas, legal standingnya jelas dan telah ada lembaran negara dan daerah serta telah ada Peraturan Daerahnya.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy menyampaikan, LAM sebagai rumah besar yang dapat memfasilitasi, mengedukasi komunitas adat melayu yang bertujuan agar tercipta keteraturan demi mencegah benturan antar pribadi dan kelompok dan tercapainya kemaslahatan adat.

Urgensi dalam pengelola budaya bahwa antara pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan pembantu adat hendaknya terus selaras mewujudkan kemaslahatan bersama di bidang kebudayaan.

Ia menilai, aktifnya kembali aktif LAM Riau Kampar merupakan langkah maju bagi pelestarian adat di Riau khususnya di Kampar. Ia juga mengajak masyarakat kembali memegang amanah orang tua-tua.

Dengan senantiasa berpegang kepada amanah dan pesan maka hendaknya jalinan persaudaraan, persatuan kesatuan terwujud dengan baik.

"Fungsikanlah LAM Riau sesuai dan sepatutnya sebab runtuhnya idealisme adat akan runtuhlah kehidupan lain," katanya.

Gubri juga berpesan agar LAMR Kampar menjunjung tinggi marwah adat dengan selalu mengedepankan musyawarah dan mufakat.

Ketua DPH LAMR Kabupaten Kampar Datuk Seri KH Alwi Arifin dalam sambutannya menegaskan,
keberadaan LAM Riau-Kampar hendaknya bisa menancapkan pelaksanaan adat istiadat, agama yang bertolak pada undang-undang dan peraturan.
Sebagai Serambi Mekkah Riau, adat istiadat di Kampar bisa diwujudkan apabila orang adatnya berada pada posisi adat yang selalu mendidik anak kemenakan dengan tata krama dan memberikan contoh berdasarkan agama.

Putra kelahiran Senamanenek 12 Februari 1966 ini berharap kepada semua pihak jangan sekali-kali membenturkan dua lembaga adat di Kampar LAMR Kampar dan Lembaga Adat Kampar (LAK).

Ia menambahkan, LAM Riau hadir di Kabupaten Kampar bukan sesuatu yang luar biasa karena sebelumnya sudah ada di Kampar. Sudah lama dan sekarang diperbarui kembali. Pembaruan ini sesuai hadis Nabi Muhammad SAW adalah bersifat muamalah.

Alwi menegaskan bahwa pengurus LAMR Kabupaten Kampar sangat menghargai LAK karena di LAK ada para datuk atau ninik mamak dan ia berharap tunjuk ajar dari para datuk dan siap untuk melakukan silaturahmi setelah penobatan ini atau sebelum masuknya bulan suci Ramadan.

Pengurus LAMR Kampar yang terdiri dari anak kemenakan dari berbagai elemen tidak akan pernah durhaka kepada orang tua atau datuk-datuk di LAK. LAMR Kampar diisi hampir 80 persen anak muda.

"Akan kami jumpai ketua umumnya Datuk Yusri dan pengurus. Kalau ada salah tanggapan dan pemikiran, kata Rasulullah, apalagi mau masuk bulan Ramadan, saling bermaaf-maafan dan bersalamanlah," cakap Datuk Seri Alwi Arifin.

"Ketika ada yang melakukan kesalahan tolong disampaikan agar organisasi ini berjalan baik. Mohon kita semua tak mempolitisir dan memelintir dan mengadu domba baik difacebook, media massa dan kami nyatakan hari ini tidak ada perbedaan dan unsur politis dan semua ini berdasarkan kepada adat yang bersendi syarak dan syarak bersendi kitabullah," ulasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penobatan LAM Riau-Kampar Fakhrul Kamal menyampaikan, pengurus LAMR Kabupaten Kampar yang dilantik sebanyak 215 orang.

"Tagline yang diusung pada penobatan ini adalah duduok manimo tuah, togak menjago marwah berjalan menjaga amanah," ujar Fakhrul.

"Kita dinobatkan sebagai Pengurus LAM wajib menjaga amanah. Dipocik kuek-kuek," pungkasnya.



Penulis : Akhir Yani
Editor : Yusni
Kategori : Pemerintahan, Serba Serbi, Kabupaten Kampar
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Minggu, 25 September 2022
Hari Kelima 157 Warga Pekanbaru Lamar Lowongan Panwascam
Minggu, 25 September 2022
Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan, Achmad Ajak Pendamping PKH Implementasikan Nilai-nilai Kebangsaan Dalam Bertugas
Minggu, 25 September 2022
Menkumham Resmikan Showroom Sepeda Motor Listrik di Pekanbaru
Minggu, 25 September 2022
Yasonna Ajak Kader PDI Perjuangan Riau Tetap Solid

Serantau lainnya ...
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022
Kamis, 15 September 2022
Hadirkan Artis Nicky Tirta, MamaSuka dan LOTTE Grosir Ungkap Rahasia Bisnis Cuan Horeka di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat
Jumat, 16 September 2022
Peneliti Sadar ternyata Simpanse Pukul Akar Pohon untuk Kirim Pesan Jarak Jauh
Jumat, 19 Agustus 2022
Kesiapan Isuzu Menyambut Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'
Selasa, 13 September 2022
Jangan Abaikan! Ini Tanda-Tanda yang Ditunjukkan Tubuh ketika Kehabisan Energi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 23 September 2022
Wakil Bupati Bengkalis Apresiasi Pengabdian Masyarakat Himadata FH UIR
Rabu, 21 September 2022
Tim Dosen UIR Berikan Sosialisasi Pentingnya Merek Bagi Pelaku UMKM
Rabu, 21 September 2022
Diwisuda Hari Ini, Wakil Rektor I Unilak Raih Gelar Doktor dari UNP
Selasa, 20 September 2022
Monev Mahasiswa KKN, Rektor UMRI: Alhamdulillah KKN UMRI Berjalan HEBAT

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

LAMR Rohul
Terpopuler
Ketua Bawaslu Riau
Foto
Pertamina
Khas 1 September 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
Diskes Rohul Agustus 2022
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Indeks Berita
www www