Sabtu, 27 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

Kadis PU dan DPRD Pekanbaru Apresiasi Pengaspalan Jalan Rusak Dampak IPAL
Sabtu, 08 Oktober 2022 11:44 WIB
Kadis PU dan DPRD Pekanbaru Apresiasi Pengaspalan Jalan Rusak Dampak IPAL
Pengaspalan jalan rusak di Jalan Rajawali.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Kontraktor Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sejak minggu lalu, mulai melakukan perbaikan jalan yang rusak akibat bocornya pipa air PDAM Tirta Siak di Jalan Rajawali, Dahlia, Melati, Kenanga dan lokasi lainnnya di Kota Pekanbaru. Perbaikan jalan dilakukan dalam bentuk tambal sulam aspal jalan yang rusak akibat kebocoran air pipa (rekondisi jalan).

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru dan Nurul Ikhsan, Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru pun sangat mengapresiasi apa yang dikerjakan kontraktor sebagai bentuk komitmen untuk melakukan perbaikan terkait apa yang menjadi keluhan masyarakat saat ini.

Petugas kontraktor IPAL, PT Hutama Karya - Rosa Lisca, KSO, Angga mengungkapkan, perbaikan jalan rusak telah mulai dilakukan. Ada beberapa titik perbaikan jalan yang dilakukan kontraktor IPAL di beberapa jalan tersebut.

"Pengerjaan rekondisi jalan telah dimulai dari Jalan Rajawali dekat makam," ujar Angga, akhir pekan kemarin.

Dikatakannya, perbaikan ini akan berlanjut pada titik yang sudah ditandai. Karena perbaikan ini tidak hanya dilakukan terhadap jalan yang rusak akibat pipa PDAM bocor, melainkan juga karena masih dalam masa perawatan.

Menurutnya, perbaikan jalan atau tambal sulam di Jalan Rajawali ini dilakukan secepat mungkin. Ia menilai, jika dilakukan setiap hari, dapat diperkirakan wantu 4 hari selesai. "Kalau dikerjakan terus tiap hari, selesai empat hari," ucapnya.

Sementara itu, M Nasir, salah seorang warga yang tinggal di Jalan Rajawali, menyambut itikad baik perusahaan terkait untuk memperbaiki kembali Jalan Rajawali. "Ini bagus, sudah mau perbaiki kembali," ujar Nasir.

Perbaikan jalan rusak di Jalan Melur

Ia juga mengatakan, perbaikan ini baru mulai dilakukan hari ini oleh kontraktor. Ia berharap, pengerjaan yang dilakukan dapat segera selesai sehingga Jalan Rajawali kembali bagus. "Semoga saja tidak cepat rusak lagi," harapnya.

Kendati pemadatan telah dilakukan pihak kontraktor dengan menggunakan alat berat, warga tetap berharap jangan sampai rekondisi jalan yang dilakukan mengalami kerusakan lagi dalam waktu dekat karena hujan selalu menjadi salah satu faktor yang menentukan.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru menyebut, jalan yang sudah diperbaiki oleh kontraktor Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) sudah mencapai 80 persen.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, perbaikan jalan itu sudah menjadi tanggung jawab dari IPAL sendiri. Menurutnya, itu sudah menjadi kesepakatan dengan IPAL sebelum dilakukan pengerjaan.

"Karena gini, jalan yang rusak akibat pekerjaan atau galian yang dilakukan IPAL, itu menjadi tanggung jawab mereka," ujar Indra Pomi, akhir pekan kemarin.

Ia menyebut, saat ini jalan yang rusak akibat galian IPAL mayoritas sudah diperbaiki. "Semua jalan yang sudah diperbaiki sekitar 80 persen. Jalan yang belum kan tinggal jalan-jalan yang dalam proses pengerjaan dan jalan yang masih dalam masa pemeliharaan," katanya.

Menurutnya, pemeliharaan jalan oleh IPAL ini sampai masa kontraknya habis. Untuk masa pemeliharaan paket SC1 dan SC2 akan berakhir pada Maret tahun 2023.

Karena itu, pihaknya pun mendorong agar pihak IPAL segera melakukan pengaspalan jalan-jalan yang rusak akibat galian, maupun jalan-jalan yang rusak dalam masa pemeliharaannya.

Namun kata Indra Pomi, saat ini pihak IPAL sedang mengalami kesulitan untuk mendapatkan aspal. "Sehingga, ini yang membuat mereka lambat untuk memperbaiki jalan ini," sebutnya.

Indra Pomi Nasution juga mengapresiasi apa yang dilakukan pihak kontraktor saat ini, Dirinya mengaku, pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak kontraktor.

Sementara itu, pencapaian progress perbaikan jalan oleh kontraktor IPAL tersebut disambut baik kalangan legislatif di DPRD Kota Pekanbaru terutama di Komisi IV bidang Infrastruktur dan pembangunan.

"Di beberapa titik yang sudah selesai pengerjaan kita lihat kondisi jalan sudah kembali diperbaiki. Tentunya ini disambut baik oleh masyarakat sekitar proyek," ungkap Nurul Ikhsan, Ketua Komisi IV DPRD kota Pekanbaru, akhir pekan kemarin.

Meski begitu, pihak legislatif tetap melakukan pengawasan sepanjang proyek IPAL berjalan di Kota Pekanbaru. Terutama menyangkut kenyamanan dan keamanan masyarakat saat berlalu lintas.

Penghamparan aspal Jalan Teratai simpang Jalan Kenanga

Nurul juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru untuk terus mengawasi dan mendorong pihak kontraktor IPAL untuk mempercepat perbaikan jalan, termasuk mensiasati bagaimana kendala kekurangan material (aspal) untuk perbaikan jalan bisa diatasi dan kondisi jalan di Kota Pekanbaru kembali mulus.

Komitmen dan Tanggung Jawab
PPK Sanitasi Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Riau, Taufik Hidayat mengungkapkan, pihaknya dari penyedia jasa proyek perpipaan air limbah Kota Pekanbaru tetap berkomitmen dan bertanggungjawab atas dampak proyek IPAL khususnya kerusakan jalan yang dikeluhkan masyarakat khususnya pengguna jalan.

Dijelaskan, untuk paket SC-1 dan SC-2 telah selesai masa konstruksinya pada akhir Maret 2022, dan saat ini dalam masa pemeliharaan sampai dengan akhir Maret 2023, sedangkan paket NC saat ini masih dalam masa konstruksi yaitu pekerjaan pemasangan pipa (metode pipe jacking dan galian terbuka), pembangunan rumah pompa dan pekerjaan pendukung lainnya, sampai tahun 2023.

Dalam masa pemeliharaan 1 tahun ini, kegiatan tersebut tetap dalam pengawasan pemilik pekerjaan (Kementerian PUPR), konsultan pengawas, serta masyarakat, jika ada lokasi-lokasi yang perlu perbaikan tentunya menjadi tanggung jawab kontraktor untuk memperbaiki hasil pekerjaan hingga masa pemeliharaan tersebut berakhir, agar jaringan perpipaan air limbah bisa difungsikan sebagaimana tujuannya.

"Penyedia jasa pada seluruh paket pekerjaan bertanggung jawab penuh untuk melakukan rekondisi jalan yang menjadi tanggung jawab dari proyek perpipaan air limbah Kota Pekanbaru," kata Taufik.

Untuk diketahui, proyek perpipaan air limbah Kota Pekanbaru dibagi menjadi 3 paket pekerjaan. Pertama SC-1 dengan area utara Kecamatan Sukajadi meliputi Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Durian, Jalan Mangga dan lainnya dikerjakan PT Wijaya Karya - Karaga, KSO. Untuk paket pekerjaan kedua, SC-2 dengan area selatan Kecamatan Sukajadi meliputi Jalan Cempaka, Jalan Melur, Jalan Ahmad Yani dan lainnya dikerjakan PT Hutama Karya - Rosa Lisca, KSO dan NC dengan area Kecamatan Senapelan, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Lima Puluh dan Kecamatan Tenayan Raya meliputi Jalan Jendral Sudirman, Jalan Teratai, Pasar Kodim, Jalan Ahmad Yani oleh PT Adhi Karya - Jaya Konstruksi, KSO.(*)

Editor : Yusni
Kategori : Pemerintahan, Kota Pekanbaru
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 26 April 2024
SD An Namiroh Pusat Pekanbaru Borong Penghargaan Tingkat Nasional hingga Internasional
Jumat, 26 April 2024
APHI Riau Gelar Halal Bihalal dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 25 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya
Kamis, 25 April 2024
Disdik Pekanbaru Minta Sekolah yang Gelar Halal Bi Halal Tak Ganggu Jam Belajar

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Politeknik Pengadaan Nasional Beri Diskon 30 Persen untuk Anak ASN, TNI dan Polri
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

04

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www