Selasa, 05 Maret 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Pelantikan Pj Gubri - PT Riau Petroleum

Apkasindo Sampaikan 5 Poin, Luhut: Terkait CPO, Indonesia Tidak Boleh Diintervensi Negara Manapun
Kamis, 07 Juli 2022 09:23 WIB
Apkasindo Sampaikan 5 Poin, Luhut: Terkait CPO, Indonesia Tidak Boleh Diintervensi Negara Manapun

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Perjalanan panjang petani sawit dari dua puluh dua provinsi sawit menuju Jakarta akhirnya diakhiri di ruangan rapat Menteri Kemaritiman dan Investasi (Marves).

Setelah sebelumnya diketahui, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) sudah terlebih dahulu berdiskusi dengan Ketua dewan pembina DPP Apkasindo, Jendral TNI (Purn) Dr Moeldoko di Batam, dan hasil pertemuan itu dilanjutkan rapat kordinasi lintas Kementerian di Kantor KSP (kantor staf Presiden) yang dihadiri oleh Aplasindo dan Gapki (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia).

Perjalanan Apkasindo selanjutnya ke Kementerian Perdagangan, lalu ke Kementerian Pertanian dan BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) dan informasinya dalam waktu dekat Apkasindo akan menemui Kementerian Keuangan dan Kementerian Kehutanan.

Diketahui bahwa “rally” 22 perwakilan petani sawit dari 22 Provinsi ini akan dirangkum dan disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan dengan Kemenko Marvers  sendiri, kedatangan petani sawit tersebut untuk mengadukan nasib petani karena anjloknya harga sawit terkhusus tiga bulan terakhir dan masa depan para petani kedepannya.

Ketua Umum DPP Apkasindo, Dr. Gulat ME Manurung, MP.,C.IMA didampingi Sekretaris Jenderal Dr cn Rino Afrino, ST.,MM, saat bertemu Menteri Marves, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa pertemuan tersebut berlangsung selama 68 menit dengan suasana sangat familiar.

Gulat menjelaskan, bahwa semula pihaknya, berencana datang 22 orang perwakilan dari 22 Provinsi Apkasindo, namun karena aturan Protokoler, akhirnua hanya 10 orang yang diperkenankan masuk. Semua harus melalui proses antigen untuk memastikan semua sehat.

Pada pertemuan tersebut Gulat menjelaskan bahwa kami menyampaikan lima poin topik utama.

"Kami menunggu Pak Luhut di ruang rapat utama, karena di ruang rapat lainnya, Pak Luhut juga sedang melayani banyak tamu-tamu. Tepat jam 17.28 WIB Pak Luhut menemuin kami. Poin pertama yang saya sampaikan yaitu mengenai kondisi tragis petani sawit dari Aceh sampai Papua terkhusus sejak larangan ekspor diberlakukan 3 bulan lalu," kata Gulat kepada CAKAPLAH.com.

Selanjutnya poin kedua yaitu harga TBS (tandan buah sawit) yang anjlok sampai 70%, terkhusus TBS Petani swadaya dan trakhir menyusul ambruk harga TBS Petani bermitra dan mengenai potongan timbangan TBS Petani di PKS.

Pihaknya juga melaporkan tentang terabaikannya 93% petani sawit dalam harga penetapan dinas perkebunan provinsi sawit dimana harga disbun tersebut hanya untuk 7% petani yang bermitra.

"Poin ketiga yaitu mengenai usulan pendirian tiga pabrik kelapa sawit (PKS) di Kalimantan Barat, Banten dan Papua Barat yang sudah masuk ke Ditjenbun dan BPDPKS untuk administrasi rekomendasi teknis, serta pabrik minyak goreng di Morowali Sulawesi Tengah, Lampung, Papua Barat, Bengkulu, dan Riau," cakapnya lagi.

Kempat yaitu mengenai Tender CPO Harian di KPBN. Poin kelima yaitu mengenai melonjaknya harga pupuk.

"Pak Luhut, setelah mendengarkan dan mencatat semua keluhan kami memberikan tanggapan. Pada awalnya kami diberi perwakilan 3 orang untuk menyampaikan “unek-unek” nya, namun akhirnya Pak Luhut mempersilahkan semua saja. Saya mau mendengar dari kalian tentang apa yang terjadi dan bagaimana solusi menurut pendapat kalian”, ujar Gulat menirukan nahasa Luhut.

Luhut, sambung Gulat, sangat senang dan terbuka pada pertemuan tersebut dan sangat prihatin dengan kondisi harga TBS saat ini. Mengenai anjloknya harga TBS, Luhut berjanji akan sesegera mungkin melakukan evaluasi dan sedang melihat secara rinci hubungan antara DMO (domestic market obligation), DPO (domestic price obligation) dan FO (flush out) terhadap harga TBS petani. Termasuk juga mengenai Pungutan Eksport (levy)

Khusus untuk PE, sebagaimana simulasi yang pernah disampaikan oleh Apkasindo  menjadi masukan kepada Lubur dan ini akan segera kita umumkan hasil evaluasinya. Presiden sudah memerintahkan kepada Luhut supaya semua segera dibereskan dan harus mengedepankan kepentingan petani sawit sebagai pilar utamanya.

"Pak Luhut juga menyampaikan bahwa baru kurang satu bulan ditugaskan Pak Presiden memberisi masalah ini," kata Gulat lagi.

"Menurut kami petani, lak Luhut sudah berlari menyelesaikan satu-persatu permasalahannya. Kami Apkasindo juga melihat urusan migor di Pulau Jawa dan Bali sudah selesai dibuat Pak Luhut, maka itu kami mendatangi Pak Luhut supaya masalah kami Petani juga bisa segera beres sama Pak Luhut dan kebetulan wewenang tersebut ditugaskan kepada Pak Luhut, semua masalah ini berawal dari migor. Karena kami 17 juta Petani sawit dan pekerja sawit meyakini harus “setegas” Pak Luhut yang bisa membantu dan menolong kami Petani sawit," harapnya

Gulat menambahkan, Luhut mengatakan situasi harga minyak nabati dunia memang sudah berubah saat ini, terkhusus sebagai dampak dari perang Rusia-Ukraina, jadi Indonesiaharus “cerdik” karena memang situasi saat ini sangat fluktuatif. Yang pasti, (uhut mengatakan sebagai negara produsen CPO terbesar dunia,  jangan mau diatur-atur oleh negara lain.

"Kami juga sedang mengevaluasi penerapan B30 saat ini, kalau sampai B50 sudah diuji pemakaiannya. Mungkin kita segera ke B35 atau B40  dan saya kira ini salah satu strategi kita untuk meningkatkan serapan CPO domestic. Jadi kebutuhan CPO untuk energi dan pangan akan kita jaga dan seimbangkan," ujarnya.

"Pak Luhut juga menanggapi tentang proses tender CPO di KPBN. Pak Luhut mengatakan memang sangat banyak yang harus di evaluasi, termasuk yang di KPBN, kami akan segera melakukan apa yang kalian minta, siapa yang bermain di sana akan saya libas dan sikat. Potongan Timbangan TBS kalian di PKS-PKS, yang tadi saya dengar sampai 25% yang kata Pak Luhut keterlaluan sekali," ujarnya lagi.

Kalau sudah pelanggaran, Aparat Penegak Hukum (APH) harus segera turun, jangan tunggu-tunggu. "Ini sudah merampok namanya. Apa dasar mereka melakukan itu?" Ujar Luhut bertanya.

“Maka itu saya sangat mendukung kalian petani sawit memiliki PKS, biar jangan suka-suka mereka kepada kalian,” ujar Luhut dengan intonasi yang tinggi. Pak Luhut juga meminta Petani sawit supaya aktif memonitor mana-mana PKS yang melakukan potongan tersebut. "Segera laporkan ke saya," kata Gulat menirukan Luhut.

Pabrik Minyak Goreng juga begitu, jangan hanya perusahaan yang punya, koperasi-koperasi sawit, terkhusus yang sudah mengikuti program PSR (peremajaan sawit rakyat), harus segera berlari menuju ke hilirisasi, pokoknya saya dukung penuh dan saya akan bicara ke BPDP-KS supaya usulan kalian ini menjadi prioritas utama, termasuk subsidi pupuk dari dana sawit itu. Itu uang kalian, uang itu harus lebih banyak ke kalian petani swadaya, karena itulah hakekat didirikan BPDP-KS itu.

“Ya tapi itu, jangan nanti pabrik nya sudah berdiri, lantas kalian-sama kalian berantam kemudian. Jadi kalian harus belajar lebih jauh tentang bisnis model, manajemen pabrik, belajar pembukuan dan aspek teknis lainnya. Saya siapkan staf-staf saya (sambil menoleh tiga orang staf Pak Luhut yang mendampingi rapat) untuk mengajari dan membantu kalian. Kalian harus sering-sering datang berdiskusi dengan saya, paling tidak sekali dua bulan, saya senang mendengar dari kalian langsung apa saja kendala kalian, sambil kita makan siang dikantor ini," kata Gulat kembali menirukan Luhut.

Poin mengenai harga pupuk, terkhusus pupuk BUMN yang disampaikan, sudah ditanggapi  Luhut dengan mengatakan akan segera  audit berapa biaya produksinya. Luhut meminta kepasa Apkasindo untuk melaporkan apapun yang menurut Apkasindo patut dilaporkan.

"Kata Pak Luhut, saya tak ada urusan, saya langsung audit, saya gak ada urusan, kalian petani harus dilindungi, gak boleh lagi kejadian seperti ini kedepannya," kata Gulat.

Mengenai ekspor yang masih belum lancar, itu memang terjadi. Kendala utama saat ini adalah di kapal tanker. Kata Luhut, dari pengamatannya, kapal-kapal tangker sudah mulai berdatangan dan diperkiraan pertengah bulan Juli ini sudah beres.

"Pokoknya semua kita beresi, sudah terlampau lama tatakelola industri sawit dari hulu sampai ke hilir terbiarkan selama ini, semua harus segera kita rapikan satu persatu. Jadi nantinya semua sudah sistem digital memonitor industri sawit Indonesia, biar transparan semuanya," cakapnya.

Diakhir pertemuan tersebut, kata Gulat, Luhut mengatakan bahwa petani sawit harus satu perahu dengan pemerintah, pemerintah pasti berada di pihak  Petani sawit. Jadi percayalah bahwa Presiden sangat memperhatikan petani sawit dan ini semua sedang dibereskan mana-mana saja yang belum beres, memang butuh waktu dan secepatnya.

"Setelah pertemuan dengan Pak Luhut tersebut, kami Apkasindo langsung mengadakan pertemuan. Kami membahas satu persatu point-point diskusi dari pertemuan di KSP, Kemendag, Kementan, BPDPKS sampai pertemuan di Kementerian Marves. Dan ini akan kami laporkan ke Dewan Pembina, Dewan Penasehat dan Dewan Pakar DPP Apkasindo," ujarnya

Penulis : Satria Yonela
Editor : Yusni
Kategori : Serantau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Artikel Terkait
0 Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 04 Maret 2024
Danlanud hingga Kapolresta Pekanbaru Apresiasi Donor Darah yang Digelar PBBDD Riau
Senin, 04 Maret 2024
Kepala BKKBN RI Apresiasi Penurunan Stunting di Riau
Senin, 04 Maret 2024
Polresta Ajak Komunitas Motor Deklarasi Anti Balap Liar
Senin, 04 Maret 2024
Mal Pekanbaru Xchange Kembali Gelar Warrior Run for Fun, Diikuti 750 Peserta

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 04 Maret 2024
Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode Unri 2023-2027 Dilantik
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Evaluasi Lapangan Visitasi Usulan Pembukaan Prodi Kebidanan Umri
Jumat, 01 Maret 2024
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Abdurrab Juara 1 Tingkat Nasional Seminar Hasil Kosabangsa Kemenristek Dikti 2023
Rabu, 28 Februari 2024
Keren, Universitas Abdurrab Kini Punya Alat High Performance Liquid Chromatography

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www