Senin, 26 September 2022

Breaking News

  • Vaksinasi Merdeka Pemko Pekanbaru Akhirnya Digelar, 23.880 Dosis Disiapkan   ●   
  • Anggota DPR Tegaskan Rencana Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Gas Tidak Sederhana   ●   
  • Galian Pipa PDAM Membahayakan, DPRD Pekanbaru: harus Diperbaiki Seperti Semula   ●   
  • Diduga Bakar Lahan TNTN Seluas 20 Hektare, Dua Warga Ditahan Polisi   ●   
  • Kunjungan di Mall Vaksinasi Riau Menurun, Rata-rata Cuma 100 Orang Perhari   ●   
  • ASN Meninggal di Basement Kantor DPRD Riau, Polisi: Murni Gantung Diri   ●   
  • 1.353 Orang Terserang DBD di Riau Sepanjang Tahun 2022, Pekanbaru Tertinggi   ●   
  • Tarif Listrik Oktober-Desember 2022 Dipastikan Tidak Naik   ●   
  • Ada Lagi Kasus Meninggal Akibat Covid-19 di Riau, Tetap Waspada   ●   
  • Antisipasi Krisis Pangan, Sorgum Ternyata Cocok Dikembangkan di Riau
Yamaha 26-28 September 2022

Pembiayaan UMi Bantu UMKM Pekanbaru Rajut Rezeki Lewat Tali Kur
Rabu, 02 Februari 2022 21:52 WIB
Pembiayaan UMi Bantu UMKM Pekanbaru Rajut Rezeki Lewat Tali Kur
Sri Rezeki sedang merajut tali kur menjadi tas cantik berwarna warni. Foto: ISTIMEWA

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Tangan Sri tampak lihai memainkan jarum kait untuk menguntai tali kur menjadi tas rajut cantik. Sesekali wanita berumur 45 tahun ini menyeka keringat yang mengalir di keningnya. Dirinya harus bergegas, ada beberapa pesanan tas rajut yang harus segera diselesaikannya dan akan segera diambil oleh pemiliknya.

Pemilik nama lengkap Sri Rezeki ini adalah salah satu pengrajin Tas Rajut di Kota Pekanbaru tepatnya di Kecamatan Rumbai. Bersama seorang temannya, Sri kini sudah lebih dari 3 tahun bergelut dengan tali-tali kur berwarna-warni ini untuk menambah perekonomian keluarga. Rajutan dari tangan seorang ibu dengan anak 3 ini ternyata banyak diincar oleh para peminatnya.

"Alhamdulillah untuk saat ini peminat tas rajut masih ada. Kita siap untuk membuat pesanan dengan berbagai motif yang diinginkan oleh konsumen," ujar Sri Rezeki, Selasa (1/2/2022).

Ia mengatakan untuk merajut ini sebenarnya adalah hobi sejak masih gadis, namun memang hanya masih sekedar hobi saja dan belum memikirkan untuk menjadi ladang bisnis. Namun di 3 tahun terakhir, dirinya kembali menekuni kerajinan rajut ini dan akhirnya menjadi peluang bisnis.

"Karena sudah menjadi hobi, jadi apa yang saya lakukan hari ini saya jalani dengan bahagia dan senang. Tak ada bebanlah. Dan Alhamdulillahnya, selain hobi malah ini menjadi pemasukan bagi saya. Ekonomi terbantu. Walau sedikit tapi tetap harus disyukuri," terangnya.

Dalam menjalankan usaha ini, jatuh bangun sudah menjadi hal biasa. Modal menjadi permasalahan pertama yang dihadapinya. Dengan keterbatasan modal yang dimilikinya, ketika ada pesanan tas rajut, dirinya harus meminta sebagian uang dulu kepada pemesan untuk membeli tali kur.

"Karena modal tak ada, jika ada yang pesan tas rajut kita minta dulu uangnya sebagian untuk beli bahannya. Jadi tunggu ada orang pesan dulu baru kita beli bahan dan mulai merajut tas nya. Karena kondisinya saat itu kita memang tak ada modal sama sekali," Cakapnya.

Akhirnya, sekitar tahun 2019 tepatnya di Bulan November, dirinya mendapatkan informasi soal pinjaman di Permodalan Nasional Madani (PNM). Informasi didapat dari tetangganya yang sudah terlebih dahulu melakukan pinjaman modal melalui PNM selaku penyalur Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) ini.

"Pertama kenal PNM itu dari tetangga yang sebelumnya udah melakukan pinjaman modal disana. Karena prosesnya tidak rumit akhirnya saya bersama teman saya yang tergabung di Kelompok Griya Padat Karya melakukan pinjaman modal ke PNM melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan Alhamdulillah diterima dan untuk pertamakali kita mendapatkan pinjaman modal sebesar Rp2 juta," ucapnya.

Setelah mendapatkan pinjaman dari PNM, tak serta merta usaha miliknya langsung mengalami perubahan signifikan. Pasalnya tak lama, badai pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia. Dirinya bahkan sempat merasakan selama di saat kasus pandemi Covid-19 sedang tinggi, tak ada seorangpun yang memesan kerajinan tas rajut kepadanya.

"Tidak ada satupun yang pesan ke kita. Mungkin orang lebih memilih untuk keperluan lainnya daripada untuk membeli tas. Namun kita tak putus asa, kita terus memperkenalkan tas-tas rajut kita kepada orang-orang. Kebetulan teman saya dalam membuat tas rajut ini paham Media Sosial sehingga dia memanfaatkan untuk memperkenalkan tas kami kepada orang-orang," ucapnya.

Seiring membaiknya pandemi, pesanan tas rajut mulai berdatangan. Dengan modal yang ada, untuk tali kur sebagai bahan utama pembuatan tas rajut selalu tersedia di rumahnya. Sehingga jika ada yang pesan, dirinya langsung bisa mengerjakan pesanan tersebut. Dan kini, dirinya mampu meraih omset hingga Rp1,5 juta perbulannya.

"Untuk sekarang produk kita juga bukan hanya tas rajut, kita sekarang juga memproduksi tempat tisu dari tali kur. Kalau untuk harga itu paling murah Rp50 ribu dan untuk yang paling mahal Rp200 ribu. Desain dan warna juga kami sesuaikan dengan keinginan pemesan. Alhamdulillah berkat adanya pembiayaan modal dari PNM, usaha kami ini semakin membaik sekarang," ungkapnya.

Dan hingga kini bahkan dirinya sudah 3 kali mendapatkan pembiayaan dari PNM Mekaar ini. Diakuinya, lancarnya usaha tas rajut milkiknya ini tidak terlepas dari peran serta Pembiayaan Ultra Mikro (umi) lewat program Mekaar dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

"Alhamdulillah kita sudah ketiga kalinya mendapatkan bantuan pembiayaan dari PNM. Dari awal dahulu hanya Rp2 juta kini dirinya mendapatkan bantuan pembiayaan dengan nilai mencapai Rp5 juta. Harapannya jika nanti kita bisa merekrut anggota baru untuk bisnis kerajinan tas rajut ini. Karena kalau hanya berdua capek rasanya, nanti kalau memang modal ditingkatkan, saya ingin mengajak tetangga yang lain untuk bisa bergabung dengan kami," harapnya.

Program Mekaar untuk Pemberdayaan UMKM

Produk Mekaar adalah salah satu pembiayaan umi yang penyalurannya lewat Permodalan Nasional Madani (PNM). Sejak 2017 lalu, Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memang menggandeng Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang terafiliasi pemerintah seperti PNM, Pegadaian dan sejenisnya.

Program Mekaar PNM merupakan bantuan pinjaman usaha secara bertahap tanpa agunan dengan bunga rendah yang menyasar para ibu rumah tangga (IRT) guna membantu perekonomian keluarga.

Adapun manfaat yang disalurkan oleh PNM melalui layanan PNM Mekaar, meliputi peningkatan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, penanaman budaya menabung dan juga kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis.

Pada dasarnya, nasabah PNM Mekaar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha, namun terbatasnya akses pembiayaan modal kerja menyebabkan keterampilan berusaha mereka kurang termanfaatkan. Beberapa alasan keterbatasan akses tersebut meliputi kendala formalitas, skala usaha, dan ketiadaan agunan.

Oleh karena itu, PNM menerapkan sistem kelompok tanggung renteng yang diharapkan dapat menjembatani kesenjangan akses pembiayaan sehingga para nasabah mampu mengembangkan usaha dalam rangka menggapai cita-cita dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Pimpinan PT PNM Cabang Pekanbaru Turmuzi mengatakan secara total PNM Cabang Pekanbaru telah menyalurkan pembiayaan kepada 284.727 nasabah, dengan besar penyaluran mencapai Rp708.309.000.000.

"Sementara itu, per 22 Januari, tercatat nasabah di Kecamatan Rumbai Pesisir telah mencapai 4.643 orang, dengan total pinjaman Rp12.969.911.748, dan nasabah di Kecamatan Rumbai mencapai 4.410 orang, dengan total pinjaman Rp11.708.143.821," Cakapnya.

Beri Pelatihan kepada Nasabah

Tak hanya memberikan pembiayaan modal saja, Permodalan Nasional Madani juga membantu UMKM guna meningkatkan kapasitas usaha bisnisnya dengan melakukan pendampingan usaha. Tak hanya itu saja, PNM juga rutin memberikan pelatihan-pelatihan untuk para nasabahnya.

Seperti yang dilakukan PNM Cabang Pekanbaru pada Rabu (27/1/2022) lalu, pihaknya bersama BRI dan Pegadaian mengadakan pelatihan literasi keuangan terhadap 100 perempuan yang menjadi nasabah PNM Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera) di Kawasan Rumbai dan Rumbai Pesisir.

Pemimpin PNM Cabang Pekanbaru Turmuzi mengatakan melalui pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sehingga bisa membantu meningkatkan ekonomi keluarga. Pelatihan ini merupakan pertama kali di tahun 2022 ini dimana PNM hanya mengundang 100 orang dari sekitar 8.000 orang nasabah PNM Mekar yang ada di kawasan Rumbai dan Rumbai Pesisir.

"Dalam kegiatan ini PNM memberikan literasi keuangan kepada nasabah yang masih kecil serta pelatihan cara menabung serta membuat laporan keuangan yang sederhana sehingga nantinya nasabah mampu mengembangkan usaha agar bisa pandai dan naik kelas," sebutnya.

Menurut Turmuzi, ibu-ibu yang menjadi nasabah PNM Mekaar yang ikut pelatihan selama ini belum bisa mengatur modal usaha dan keuangan pribadi sehingga pencatatannya masih tercampur. Untuk itu, lanjut Turmuzi, perlu diberikan pelatihan cara mengelola keuangan sehingga akan terlihat pendapatan dan keuntungan.

"Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan para nasabah mampu mengembangkan usaha, dan menjadi lebih cerdas sehingga bisa naik kelas," harapnya.

Harapan Baru bagi Pelaku Usaha Ultra Mikro

Pembiayaan Ultra Mikro atau disingkat menjadi UMi adalah sebuah program bantuan sosial lanjutan dengan menyasar usaha mikro pada lapisan terbawah yang belum bisa diberikan fasilitas perbankan melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Singkatnya, UMi adalah bantuan pinjaman modal dari pemerintah dalam upaya membantu para pelaku usaha mikro atau kecil.

Usaha Pemerintah dalam Pembiayaan UMi ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas pembiayaan yang mudah dan cepat bagi Usaha Ultra Mikro serta menambah jumlah wirausaha perorangan yang difasilitasi oleh Pemerintah.

Umi dikelola oleh Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) merupakan organisasi yang bertanggungjawab kepada Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan. Dalam pelaksanaannya BLU PIP menunjuk Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) sebagai penyalur, lembaga ini bukan Bank, Lembaga Asuransi maupun Lembaga Penjamin. Saat ini ada 10 LKBB pemerintah dan Pegadaian serta 7 LKBB non afiliasi pemerintah. LKBB itulah yang menjalankan program UMi hingga langsung menyentuh ke pelaku usaha.

Pembiayaan Ultra Mikro sampai dengan 31 Desember 2021 telah disalurkan kepada Rp5.398.269 Debitur dengan nilai penyaluran sebesar Rp18.085.417.889.014,-. Khusus untuk tahun 2021, Pembiayaan Ultra Mikro telah disalurkan kepada 1.958.224 debitur dengan nilai penyaluran sebesar Rp7.034.628.752.727,-.

Di tahun 2022 ini pembiayaan umi ditarget bisa menyasar 2 juta debitur lagi atau naik 10 persen dari capaian tahun lalu yang sebanyak 1,8 juta debitur.

Direktur Utama PIP Ririn Kadariyah menjelaskan bahwa pihaknya bertugas mendukung perkembangan usaha ultra mikro melalui pembiayaan. Geliat usaha mikro menjadi sangat penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Sampai akhir 2021, PIP telah menyalurkan pinjaman umi mencapai Rp18,07 triliun kepada lebih dari 5,39 juta orang debitur di seluruh Indonesia.

Menurut Ririn, pihaknya menargetkan pertumbuhan jumlah debitur yang lebih besar pada tahun ini. "Pada tahun 2022, Pusat Investasi Pemerintah menargetkan penyaluran pembiayaan UMi akan menjangkau dua juta orang pelaku usaha ultra mikro," ujar Ririn.

Menurutnya, dukungan pembiayaan memiliki peranan penting agar pelaku usaha ultra mikro dapat meningkatkan kualitas dan nilai usahanya. Peningkatan skala usaha melalui pembiayaan dapat membuat usaha ultra mikro agar maju dan naik kelas, sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan mereka. Ririn menjabarkan bahwa UMKM, yang mencakup usaha ultra mikro, berkontribusi 61,07 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM mampu menyerap 97 persen total tenaga kerja atau mencapai 64,2 juta orang.

"Upaya-upaya tersebut diharapkan akan meningkatkan kesempatan pelaku usaha ultra mikro agar bisa naik kelas, dalam artian meningkatkan kesejahteraan keluarga, bahkan bisa membuka kesempatan kerja bagi anggota keluarga atau komunitas sekitarnya," tutup Ririn.

Penulis : Unik Susanti
Editor : Yusni
Kategori : Ekonomi, Kota Pekanbaru
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 26 September 2022
HUT ke-23 Pelalawan, Pemkab Datangkan Farrel Prayoga dan Trisuaka
Senin, 26 September 2022
Peningkatan Anggaran di Beberapa Sektor Ini Belum Tergambar di APBD Perubahan Riau
Senin, 26 September 2022
Baru 25 Persen Nakes di Riau yang Sudah Vaksin Booster Kedua
Senin, 26 September 2022
Proklim Bikin Tanjung Medan Hijau dan Nyaman

Serantau lainnya ...
Selasa, 20 September 2022
Buka Rekening bank bjb Bisa Dapat Tiket Nonton Solo Batik Music Festival
Selasa, 20 September 2022
Terobosan Baru AsmaraNur Modeling School Terbukti Antarkan Naomy Angelica Raih 4th Runer Up Miss Indonesia 2022
Senin, 19 September 2022
Wakili Riau, Naomy Angelica Dari AsmaraNur Modeling School Raih 4th Runner Up Miss Indonesia 2022
Kamis, 15 September 2022
Hadirkan Artis Nicky Tirta, MamaSuka dan LOTTE Grosir Ungkap Rahasia Bisnis Cuan Horeka di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif
Sabtu, 13 Agustus 2022
Momen HUT Riau dan HUT RI, Hj Misnarni Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan

Advertorial lainnya ...
Senin, 19 September 2022
Anak Muda Riau Didukung Melek Dunia Digital, LAM: Peluang Kerja Masa Depan Bukan Lagi di Kantor Camat
Jumat, 16 September 2022
Peneliti Sadar ternyata Simpanse Pukul Akar Pohon untuk Kirim Pesan Jarak Jauh
Jumat, 19 Agustus 2022
Kesiapan Isuzu Menyambut Era Elektrifikasi Kendaraan Bermotor di Indonesia
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch

Tekno dan Sains lainnya ...
Rabu, 21 September 2022
Peringati Milad ke-42 Tahun RSI Ibnu Sina, 40 Peserta Ikuti Seminar Awam Kesehatan Ibu dan Anak
Selasa, 20 September 2022
Anak Kejang-kejang Hendak Dibawa ke Rumah Sakit tapi Jalanan Macet, Untung Polisi Turun Tangan
Rabu, 14 September 2022
Jangan Lewatkan! RSI Ibnu Sina Gelar Seminar Awam Gratis 'Ibu Cerdas Anak Sehat'
Selasa, 13 September 2022
Jangan Abaikan! Ini Tanda-Tanda yang Ditunjukkan Tubuh ketika Kehabisan Energi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 26 September 2022
Kolaborasi dengan DAAD Jerman, UIR Laksanakan Pengabdian Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal di Kampar
Jumat, 23 September 2022
Wakil Bupati Bengkalis Apresiasi Pengabdian Masyarakat Himadata FH UIR
Rabu, 21 September 2022
Tim Dosen UIR Berikan Sosialisasi Pentingnya Merek Bagi Pelaku UMKM
Rabu, 21 September 2022
Diwisuda Hari Ini, Wakil Rektor I Unilak Raih Gelar Doktor dari UNP

Kampus lainnya ...
Selasa, 13 September 2022
PHE Kampar Sosialisasi Kegiatan Hulu Migas dan Serahkan Beasiswa di Kerumutan
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi

CSR lainnya ...

LAMR Rohul
Terpopuler

04

Ketua Bawaslu Riau
Foto
Pertamina
Khas 1 September 2022
Selasa, 20 September 2022
KODEgroup Sukses Gelar DO Music Festival 2022 di Alam Mayang
Selasa, 13 September 2022
Ribut-ribut Wudu Nagita Slavina Disebut Salah Semua, Ini Kata Ustadz Adi Hidayat
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!

Selebriti lainnya ...
Diskes Rohul Agustus 2022
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 21 September 2022
Sambangi Muslim World League, Gubri Bahas Pengembangan Quran Center
Sabtu, 20 Agustus 2022
Meriahkan HUT RI, Ribuan Warga Desa Suka Mulya Kampar Ikuti Salawat Akbar Kebangsaan
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis

Religi lainnya ...
HUT Riau 2022 - April RAPP
Indeks Berita
www www