Jumat, 26 April 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
Kelmi April 2024

CAKAP RAKYAT:
Sosial Media Marketing Communication Solusi UMKM Bangkit Pasca Covid-19
Jum'at, 02 Desember 2022 10:31 WIB
Sosial Media Marketing Communication Solusi UMKM Bangkit Pasca Covid-19

(CAKAPLAH) - Pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian nasional dan global kearah resesi ekonomi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negative atau kontraksi. Perekonomian nasioanl sendiri, baru mengalami kontraksi pada triwulan II tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi -5,3%. Salah satu sector yang sangat terpukul oleh pandemic Covid-19 adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang juga menggerek turunnya perekonomian nasional. Hal ini bisa dipahami karena UMKM mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional.

Saat ini UMKM mengalami berbagai permasalahan seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK buruh. Hal ini menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Untuk membangkitkan kembali kondisi ini diperlukannya solusi mitigasi dan pemulihan. Langkah mitigas prioritas jangkam pendek adalah dengan menciptakan stimulus pada sisi permintaan dan mendorong platform digital (online) untuk memperlas kemitraan. Upaya lainnya yaitu melalui Kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi yang dapat menunjang perbaikan mutu dan daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan system pemasaran serta lainnya (Laksana, 2020).

Salah satu kunci bagi UMKM untuk bisa bertahan pasca pandemic Covid-19 adalah dengan melakukan transformasi dan menjalankan adaptasi perubahan pasar dengan melalukan inovasi produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya dengan melakukan penguatan saluran penjualan dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital, seperti website, media sosial, gambar dan video digital, dan audio digital. Saat ini, salah satu media digital yang paling banyak yang digunakan pelaku UMKM untuk kegiatan bisnisnya adalah media sosial (Mira, Lukmanulhakim,& Ikhsan, 2022).

Beralih ke Platform digital atau Media Sosial menjadi solusi terbaik  bagi para pelaku UMKM untuk pengoptimalan pasca pandemic Covid-19. Perubahan gaya hidup masyarakat akibat diterapkannya PSBB, menjadi berberlanja secara online, sebagai peluang untuk bertahan. Selain mudah dalam pengoperasiannya, penggunaan media sosial untuk kegiatan bisnis dan pemasaran ini lebih murah karena pelaku UMKM tidak Usah bersusah payah untuk membangun dan mengembangkan dengan sendiri, selain itu, media social ini telah menjadi tren dalam komunikasi pemasaran. Para pengguna media social ini bisa dengan mudah berkomunikasi, berpartisipasi, dan menciptakan isi media secara online.

Media sosial memiliki beberapa perbedaan dengan komunikasi pemasaran lainnya, yaitu  Always on and Everywhere. Pengguna media sosial dapat mengakses kapan saja, karena selain diakses melalui computer atau smart phone. Hal tersebut yang memberikan peluang bagi para pemasar untuk dapat melakukan komunikasi pemasaran kapan saja dan dimana saja.

Dalam bisnis media sosial salah satu saluran yang mendukung komunikasi dalam memasarkan barang dagangan secara cepat dan menguntungkan dibanding dengan menjual langsung ke pasar. Penggabungan media sosial dengan pemasaran adalah untuk mendukung kinerja pemasaran seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi.

Media sosial marketing adalah sebagai sebuah proses yang memberdayakan individu dan perusahaan untuk mempromosikan website mereka, produk, atau layanan online dan melalui saluran sosial untuk berkomunikasi dengan sebuah komunitas yang jauh lebih besar yang tidak mungkin tersedia melalui saluran periklanan tradisional.

Media sosial dianggap sebagai alat promosi untuk pemasaran UMKM karena mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat, akses mudah dan cepat yang sangat efektif untuk mempromosikan produk usanya. Pemanfaatkan media sosial memberikan kemudahan dalam proses promosi dan jual beli terhadap konsumen serta dapat meminimalisir biaya.

Kotler dan Keller (2016) dalam Elisa & Endah (2022) UMKM dapat memilih 8 program marketing mix atau bauran komunikasi pemasaran untuk memastikan tujuan komunikasi pemasaran tercapai yaitu periklanan, penjualan personal (personal selling), Online Marketing, acara dan pengalaman, promosi penjualan (sales prmotion), hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan publisitas.

Picton dan Broderick (2005) yang dikutip dari Rotumiar (2020:38) Salah satu pendekatan untuk mengidentifikasi perbedaan antara media dengan respon terhadap khalayak adalah dengan menggunakan klasifikasi mode transmisi, waktu, konteks, format dan penerimaan. Masing-masing variabel memilki perbedaan kesempatan dan penggunaan.

Para pelaku usaha dapat mengemas alat pemasaran tersebut dengan seefektif mungkin kepada konsumen melalui media sosial. Selain itu, para pelaku usaha dapat mengukur efek penggunaan alat tersebut dengan cepat melalui media sosial. Dengan begitu, pelaku usaha dapat melihat keefektifan alat yang mana yang dapat dilakukan dan diterima konsumen.

Semakin banyak menggunakan jenis media sosial, maka akan mudah dikenal oleh masyarakat dari berbagai wilayah dan kalangan umur. Semakin banayk diknela oleh masyarakat, maka luas cakupan pasar UMKM akan semakin tinggi. Pesan yang dibuat dengan menarik akan menimbulkan ketertarikan pada calon konsumen untuk membeli produk tersebut sehingga hasil usaha meningkat. Semakin beragam desain pesan yang disampaikan maka semakin tinggi juga luas cakupan pasarnya. Karena produk usaha lebih dikenal dan dikonsumsi seseorang apabila Ketika dicari di media sosial mudah ditemukan dan menarik.

Menurut Jeaning Beaver dalam Tri &Dwi (2018), tolak ukur tingkat keberhasilan dan perkembangan perusahaan kecil dapat dilihat dari peningkatan omset penjualan. Peningkatan omset penjualan, pertumbuhan tenaga kerja, dan luas cakupan pasar merupakan pengukuran perkembangan usaha.

Luas cakupan pasar adalah keragaman konsumen yang mengkonsumsi produk UMKM, peningkatan tenaga kerja yaitu kenaikan jumlah orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa pada suatu perusahaan dan peningkatan omset adalah seberapa banyak kenaikan penghasilan yang didapatkan dalam waktu satu bulan.

Dengan pengggunaan pesan yang efektif dan efisien para pelaku usaha menyampikan bahwa timbal balik dari konsumennakan diperoleh dari bagaimana cara pelaku usaha berkomunikasi. Timbal balik dari konsumen dapat terlihat dari berbagai bentuk viewer dan komentar terhadap pesan pemasaran yang meningkat, peningkatan dari jumlah pembeli serta jangkauan pasar yang semakin meluas.

Karakteristik tolak ukur penggunaan media sosial pada praktik komunikasi pemasaran terlihat memberikan dampak yang signifikan baik dari segi optimalisasi pengguna media maupun peningkatan penjualan. Tolak ukur secara mode trnasmisi, waktu, konteks, format dan penerimaan.

Pemilihan media komunikasi pemasaran dilandaskan pada jenis produk yang akan dipasarkan, target sasaran, waktu pengiriman pesan, dan biaya promosi. Diperlukan pertimbangan dalam memilih media komunikasi pemasaran yang efektif.

Dengan demikian, para pelaku UMKM harus mempertimbangkan dengan baik pemilihan media yang tepat dalam mempromosikan produknya aara dapat diterima oleh masyarakat. Dengan berbagai fitur dalam melakukan promosi melalui media sosial yang bersifat statis dan dinamis yang memudahkan pelaku UMKM mempromosikan beragai produk dan kegiatan dalam bentuk aktivitas. Agar dapat mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Mislanya melalui pelatihan-pelatihan, workshop, eminar tentang teknologi dan informasi terkait marketing menggunakan media sosial.

Referensi:
Laksana, T. (November , 2020 11 ). Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi dengan Inovasi dan Teknologi. Retrieved from Lipi.go.id.: http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212
Mira V., L. A. (n.d.). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 90-92
Elisa Ayu Saffitri, E. W. (2022). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial "Instagram" Yang Dilakukan Oleh UMKM Refiza. Jurnal Usaha, 33-34
Tri Wulan, D. R. (2018). Hubungan Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro dan Kecil Kuliner Melalui Media Online Dengan Perkembangan Usaha. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 130

Penulis : Raudhah Ziyan Suarni, S.I.Kom, mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Riau
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Idulfitri 1445 Riau Petroleum
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 26 April 2024
APHI Riau Gelar Halal Bihalal dan Santuni Anak Yatim
Kamis, 25 April 2024
Plt Bupati Asmar Hadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya
Kamis, 25 April 2024
Disdik Pekanbaru Minta Sekolah yang Gelar Halal Bi Halal Tak Ganggu Jam Belajar
Rabu, 24 April 2024
Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI Pimpin Rapat Anev dan Sampaikan Pesan Atensi Kapolda Riau

Serantau lainnya ...
Minggu, 07 April 2024
Pererat Silaturahmi, Siwo PWI Riau Gelar Buka Bersama BJB dan PSSI
Kamis, 04 April 2024
5 Ide Resep Masakan Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Anak Kos!
Kamis, 04 April 2024
Rekomendasi Fashion Wanita Zaman Sekarang
Jumat, 29 Maret 2024
Pengusaha Wanita di Riau Bagi-bagi Takjil Gratis kepada Pengguna Jalan

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Rekomendasi HP Samsung Terbaik di Harga 2 Jutaan, Apa Saja?
Sabtu, 20 April 2024
7 Keunggulan Samsung Galaxy S23 Ultra, Dapatkan di Blibli
Kamis, 29 Februari 2024
Telkomsel dan ZTE Wujudkan Pengalaman Gigabit yang Andal dan Efisien
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 18 April 2024
Ini Dia Manfaat Merawat Gigi, Yuk, Kunjungi Klinik Gigi Terdekat Sekarang!
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 25 April 2024
Politeknik Pengadaan Nasional Beri Diskon 30 Persen untuk Anak ASN, TNI dan Polri
Rabu, 24 April 2024
UMRI Resmikan Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Rabu, 24 April 2024
Unilak Dukung Program Literasi Digital Sektor Pendidikan bagi Gen Z
Sabtu, 06 April 2024
Rangkaian Ramadan Ceria Umri Berakhir, 5.000 Orang Terima Manfaat

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...

Mutiara Merdeka Hotel - April 2024
Terpopuler

04

Selasa, 23 April 2024 11:29 WIB
Edarkan Sabu, Pasutri di Pekanbaru Dibui
Iklan CAKAPLAH
Foto
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Rabu, 13 Maret 2024
Kepala BKPSDM Pekanbaru Harapkan Kinerja ASN Maksimal Selama Bulan Ramadan
Jumat, 08 Maret 2024
Pemko Pekanbaru Sudah Tetapkan Jam Kerja ASN Selama Ramadan 1445 H
Rabu, 28 Februari 2024
Pemko Pekanbaru Masih Tunggu Juknis Pusat Terkait Seleksi CPNS dan PPPK
Selasa, 27 Februari 2024
Kepala BKPSDM Dampingi Pj Walikota Terima Penghargaan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Tahun 2023

Galeri Foto lainnya ...
Indeks Berita
www www