Rabu, 08 Februari 2023

Breaking News

  • DPRD Ungkap Tahun Ini Pemprov Riau Batal Bangun Sekolah Baru   ●   
  • Pilkades Serentak Bengkalis Digelar Tahun 2025   ●   
  • Karhutla Mulai Mengancam Riau, 4 Daerah sudah Terjadi Kebakaran   ●   
  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022
Bapenda dan NasDem
Polling
Jelang setahun Muflihun, S.STP, M.AP menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru, bagaimana Anda melihat kinerjanya memimpin ibukota provinsi Riau itu?


CAKAP RAKYAT:
Sosial Media Marketing Communication Solusi UMKM Bangkit Pasca Covid-19
Jum'at, 02 Desember 2022 10:31 WIB
Sosial Media Marketing Communication Solusi UMKM Bangkit Pasca Covid-19

(CAKAPLAH) - Pandemi Covid-19 telah membawa perekonomian nasional dan global kearah resesi ekonomi. Hal ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan global yang negative atau kontraksi. Perekonomian nasioanl sendiri, baru mengalami kontraksi pada triwulan II tahun 2020 dengan pertumbuhan ekonomi -5,3%. Salah satu sector yang sangat terpukul oleh pandemic Covid-19 adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang juga menggerek turunnya perekonomian nasional. Hal ini bisa dipahami karena UMKM mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian nasional.

Saat ini UMKM mengalami berbagai permasalahan seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan PHK buruh. Hal ini menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Untuk membangkitkan kembali kondisi ini diperlukannya solusi mitigasi dan pemulihan. Langkah mitigas prioritas jangkam pendek adalah dengan menciptakan stimulus pada sisi permintaan dan mendorong platform digital (online) untuk memperlas kemitraan. Upaya lainnya yaitu melalui Kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi yang dapat menunjang perbaikan mutu dan daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan system pemasaran serta lainnya (Laksana, 2020).

Salah satu kunci bagi UMKM untuk bisa bertahan pasca pandemic Covid-19 adalah dengan melakukan transformasi dan menjalankan adaptasi perubahan pasar dengan melalukan inovasi produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satunya dengan melakukan penguatan saluran penjualan dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital, seperti website, media sosial, gambar dan video digital, dan audio digital. Saat ini, salah satu media digital yang paling banyak yang digunakan pelaku UMKM untuk kegiatan bisnisnya adalah media sosial (Mira, Lukmanulhakim,& Ikhsan, 2022).

Beralih ke Platform digital atau Media Sosial menjadi solusi terbaik  bagi para pelaku UMKM untuk pengoptimalan pasca pandemic Covid-19. Perubahan gaya hidup masyarakat akibat diterapkannya PSBB, menjadi berberlanja secara online, sebagai peluang untuk bertahan. Selain mudah dalam pengoperasiannya, penggunaan media sosial untuk kegiatan bisnis dan pemasaran ini lebih murah karena pelaku UMKM tidak Usah bersusah payah untuk membangun dan mengembangkan dengan sendiri, selain itu, media social ini telah menjadi tren dalam komunikasi pemasaran. Para pengguna media social ini bisa dengan mudah berkomunikasi, berpartisipasi, dan menciptakan isi media secara online.

Media sosial memiliki beberapa perbedaan dengan komunikasi pemasaran lainnya, yaitu  Always on and Everywhere. Pengguna media sosial dapat mengakses kapan saja, karena selain diakses melalui computer atau smart phone. Hal tersebut yang memberikan peluang bagi para pemasar untuk dapat melakukan komunikasi pemasaran kapan saja dan dimana saja.

Dalam bisnis media sosial salah satu saluran yang mendukung komunikasi dalam memasarkan barang dagangan secara cepat dan menguntungkan dibanding dengan menjual langsung ke pasar. Penggabungan media sosial dengan pemasaran adalah untuk mendukung kinerja pemasaran seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi.

Media sosial marketing adalah sebagai sebuah proses yang memberdayakan individu dan perusahaan untuk mempromosikan website mereka, produk, atau layanan online dan melalui saluran sosial untuk berkomunikasi dengan sebuah komunitas yang jauh lebih besar yang tidak mungkin tersedia melalui saluran periklanan tradisional.

Media sosial dianggap sebagai alat promosi untuk pemasaran UMKM karena mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat, akses mudah dan cepat yang sangat efektif untuk mempromosikan produk usanya. Pemanfaatkan media sosial memberikan kemudahan dalam proses promosi dan jual beli terhadap konsumen serta dapat meminimalisir biaya.

Kotler dan Keller (2016) dalam Elisa & Endah (2022) UMKM dapat memilih 8 program marketing mix atau bauran komunikasi pemasaran untuk memastikan tujuan komunikasi pemasaran tercapai yaitu periklanan, penjualan personal (personal selling), Online Marketing, acara dan pengalaman, promosi penjualan (sales prmotion), hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan publisitas.

Picton dan Broderick (2005) yang dikutip dari Rotumiar (2020:38) Salah satu pendekatan untuk mengidentifikasi perbedaan antara media dengan respon terhadap khalayak adalah dengan menggunakan klasifikasi mode transmisi, waktu, konteks, format dan penerimaan. Masing-masing variabel memilki perbedaan kesempatan dan penggunaan.

Para pelaku usaha dapat mengemas alat pemasaran tersebut dengan seefektif mungkin kepada konsumen melalui media sosial. Selain itu, para pelaku usaha dapat mengukur efek penggunaan alat tersebut dengan cepat melalui media sosial. Dengan begitu, pelaku usaha dapat melihat keefektifan alat yang mana yang dapat dilakukan dan diterima konsumen.

Semakin banyak menggunakan jenis media sosial, maka akan mudah dikenal oleh masyarakat dari berbagai wilayah dan kalangan umur. Semakin banayk diknela oleh masyarakat, maka luas cakupan pasar UMKM akan semakin tinggi. Pesan yang dibuat dengan menarik akan menimbulkan ketertarikan pada calon konsumen untuk membeli produk tersebut sehingga hasil usaha meningkat. Semakin beragam desain pesan yang disampaikan maka semakin tinggi juga luas cakupan pasarnya. Karena produk usaha lebih dikenal dan dikonsumsi seseorang apabila Ketika dicari di media sosial mudah ditemukan dan menarik.

Menurut Jeaning Beaver dalam Tri &Dwi (2018), tolak ukur tingkat keberhasilan dan perkembangan perusahaan kecil dapat dilihat dari peningkatan omset penjualan. Peningkatan omset penjualan, pertumbuhan tenaga kerja, dan luas cakupan pasar merupakan pengukuran perkembangan usaha.

Luas cakupan pasar adalah keragaman konsumen yang mengkonsumsi produk UMKM, peningkatan tenaga kerja yaitu kenaikan jumlah orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa pada suatu perusahaan dan peningkatan omset adalah seberapa banyak kenaikan penghasilan yang didapatkan dalam waktu satu bulan.

Dengan pengggunaan pesan yang efektif dan efisien para pelaku usaha menyampikan bahwa timbal balik dari konsumennakan diperoleh dari bagaimana cara pelaku usaha berkomunikasi. Timbal balik dari konsumen dapat terlihat dari berbagai bentuk viewer dan komentar terhadap pesan pemasaran yang meningkat, peningkatan dari jumlah pembeli serta jangkauan pasar yang semakin meluas.

Karakteristik tolak ukur penggunaan media sosial pada praktik komunikasi pemasaran terlihat memberikan dampak yang signifikan baik dari segi optimalisasi pengguna media maupun peningkatan penjualan. Tolak ukur secara mode trnasmisi, waktu, konteks, format dan penerimaan.

Pemilihan media komunikasi pemasaran dilandaskan pada jenis produk yang akan dipasarkan, target sasaran, waktu pengiriman pesan, dan biaya promosi. Diperlukan pertimbangan dalam memilih media komunikasi pemasaran yang efektif.

Dengan demikian, para pelaku UMKM harus mempertimbangkan dengan baik pemilihan media yang tepat dalam mempromosikan produknya aara dapat diterima oleh masyarakat. Dengan berbagai fitur dalam melakukan promosi melalui media sosial yang bersifat statis dan dinamis yang memudahkan pelaku UMKM mempromosikan beragai produk dan kegiatan dalam bentuk aktivitas. Agar dapat mengikuti perkembangan teknologi dan informasi. Mislanya melalui pelatihan-pelatihan, workshop, eminar tentang teknologi dan informasi terkait marketing menggunakan media sosial.

Referensi:
Laksana, T. (November , 2020 11 ). Membangkitkan UMKM di Masa Pandemi dengan Inovasi dan Teknologi. Retrieved from Lipi.go.id.: http://lipi.go.id/siaranpress/membangkitkan-umkm-di-masa-pandemi-dengan-inovasi-dan-teknologi/22212
Mira V., L. A. (n.d.). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 90-92
Elisa Ayu Saffitri, E. W. (2022). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial "Instagram" Yang Dilakukan Oleh UMKM Refiza. Jurnal Usaha, 33-34
Tri Wulan, D. R. (2018). Hubungan Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro dan Kecil Kuliner Melalui Media Online Dengan Perkembangan Usaha. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 130

Penulis : Raudhah Ziyan Suarni, S.I.Kom, mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Riau
Editor : Yusni
Kategori : Cakap Rakyat
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Jelang setahun Muflihun, S.STP, M.AP menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru, bagaimana Anda melihat kinerjanya memimpin ibukota provinsi Riau itu?

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 08 Februari 2023
KPU Siak Tetapkan Penataan Dapil Masih Sama dengan Pemilu Sebelumnya
Rabu, 08 Februari 2023
RSUD Siak Beri Penyuluhan Gigi Berlubang ke Pasien Rawat Jalan
Rabu, 08 Februari 2023
2.200 Pengurus Bapera Se-Sumatera Bakal Ikuti Jambore Bela Negara di Riau
Rabu, 08 Februari 2023
Cegah Tindak Pidana Korupsi di Daerah, Kejati Riau Laksanakan Penerangan Hukum kepada Pemkab Rohil

Serantau lainnya ...
Sabtu, 04 Februari 2023
Melalui Sampoerna Mobile Banking, Warga Riau Berkesempatan Jadi Sultan Dadakan
Jumat, 03 Februari 2023
Cara Memotong Ayam yang Benar
Kamis, 02 Februari 2023
Diresmikan Istri Pj Walikota, Vinia Butik Marpoyan Tawarkan Produk Berkualitas Harga Terjangkau
Selasa, 31 Januari 2023
3 Zodiak Jalani Hidup Paling Beruntung Bulan Februari 2023

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Rabu, 08 Februari 2023
Fenomena ChatGPT dalam Perspektif Literasi Digital, Kawan atau Lawan?
Selasa, 31 Januari 2023
Oppo Find X6 Series Akan Punya Tiga Varian, Ini Bocorannya
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing

Tekno dan Sains lainnya ...
Sabtu, 04 Februari 2023
Bahagianya Adinda, Penyintas yang Menari "Yamko Rambe Yamko" di Acara Peringatan Hari Kanker
Selasa, 31 Januari 2023
Peringati Hari Kanker Dunia, IDI Pekanbaru akan Gelar Berbagai Kegiatan
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 08 Februari 2023
Rumah Sakit Pendidikan Unri Raih Akreditasi Tingkat Paripurna Kementerian Kesehatan
Kamis, 02 Februari 2023
Tahun 2022 Santuni Rp 2 Triliun, Jasa Raharja Sambangi Unri untuk Tekan Lakalantas di Riau
Rabu, 01 Februari 2023
UIR Penjajakan Potensi Kerjasama dengan UTP Malaysia
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Bangga Anak Riau Diterima Magang di Thailand dan Filipina

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...
Polling
Jelang setahun Muflihun, S.STP, M.AP menjabat sebagai Pj Walikota Pekanbaru, bagaimana Anda melihat kinerjanya memimpin ibukota provinsi Riau itu?


HUT Kampar 2023 - APRIL RAPP
Terpopuler
PCR 2023
Foto
HUT 6 CAKAPLAH - BPOM
Khas Hotel November 2022
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www