Kamis, 02 Februari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

Menyusuri "Green Canyon" Riau Hingga Menemukan Air Terjun Si Putri Khayangan
Jum'at, 16 Desember 2022 22:02 WIB
Menyusuri Green Canyon Riau Hingga Menemukan Air Terjun Si Putri Khayangan

(CAKAPLAH) - Siapa sangka di Riau ada salah satu destinasi wisata yang memiliki keindahan alam luar biasa mempesona? Ketika melihatnya membuat mata tak berkedip, bak menemukan harta karun tersembunyi di sebuah pulau rahasia.

Air Terjun Putri Khayangan namanya. Terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Jaraknya tak jauh dari Candi Muara Takus.

Bahkan mungkin, masyarakat daerah lain di Riau sendiri banyak belum tahu tempat 'healing' yang satu ini. Lokasinya memang belum begitu terkenal seperti Ulu Kasok "Raja Ampat" Riau yang letaknya juga di Kabupaten Kampar, namun ketika berkunjung ke sana akan merasakan nuansa baru bagi traveler.

Wartawan CAKAPLAH.COM bersama rombongan dari PWI Siak berjumlah 18 orang, menggunakan 4 unit mobil minibus tiba di lokasi sekitar pukul 13.00 WIB, Rabu (14/12/2022). Ternyata sebelum sampai ke air terjun kami harus memarkir mobil di dermaga kecil tepian Sungai Kopu. Kopu berarti Kapur dalam bahasa Ocu. Dari sini kami melanjutkan perjalanan dengan menyusuri sungai menggunakan perahu mesin yang disewakan warga setempat.

Di dermaga itu rombongan disambut oleh Koordinator Kelompok Sadar Wisata Kopu Rifting yang sekaligus Kepala Desa Tanjung, Sutomi. Ia juga menjadi tour guide kami selama perjalanan. Ada 3 unit perahu mesin dan perahu karet yang mengantarkan wisatawan menuju pintu masuk air terjun di seberang daratan.

Belum lagi sampai di tujuan utama, kami sudah tertegun melihat keindahan Sungai Kopu berwarna kehijau-hijauan dan diapit tebing nan cadas di bagian kiri dan kanan sungai, tebing ditumbuhi dengan hutan rimba yang masih perawan belum tersentuh manusia, mirip "Green Canyond" di Amerika Serikat.

Arus dan pusaran air di Sungai Kopu membuat kami bergidik di atas perahu sampan itu, salah langkah sedikit perahu bisa terbalik, pikir kami. Untungnya juru kemudi perahu sudah lihai melintasi medan di sungai itu.

Dalam perjalanan, kami disuguhkan dengan fenomena alam yang luar biasa indahnya. Terlihat tetesan air dari atas tebing mengikis bebatuan sehingga batu seperti diukir, proses itu mungkin sudah terjadi ratusan tahun lalu, atau mungkin lebih lama.

Di tengah jalan, sesekali kami bertemu dengan warga tempatan yang memburu ikan dengan tombak, ikan yang mereka dapat kemudian dibakar langsung di pinggir sungai. Seketika itu kami merasa kearifan lokalnya.

"Di sini lumayan banyak ikannya, ada baung, patin dan lainnya. Ukurannya juga besar-besar," cakap juru kemudi, Yusuf menerangkan.

Sekitar satu jam lebih sedikit kami di atas perahu mesin, tiba lah kami di tepian sungai yang banyak bebatuan, di situ pintu masuk menuju Air Terjun Putri Khayangan.

Rombongan kemudian berkumpul dan kembali mendengarkan instruksi dari Tomi, semua melepas pelampung dan helm, membawa bekal makanan untuk disantap di sekitar air terjun. Tomi menyampaikan perjalanan ke sana sedikit ekstrim, sebab air terjun itu berada di atas bukit dan akses jalannya di pinggir-pinggir tebing.

"Jangan ada yang terpisah jauh dari rombongan, karena jika terjadi sesuatu akan sulit nantinya," instruksi Tomi.

Tanpa ragu dan hati yang senang, kami serombongn memulai mendaki ke bukit itu. Benar, medan jalan sedikit berbahaya jika tidak berhati-hati, sebab kami melewati bebatuan yang berlumut sehingga tak jarang orang terpeleset.

Jalan setapak sering kami temui di sana, namun pengelola wisata sudah memasang tali pegangan di sekitar bukit agar pengunjung berpegang pada tali jika terpeleset. Kayu hutan yang besar juga jadi penghalang untuk mendaki bukit itu.

Riak-riak air mengalir sering kami jumpai di pertengahan pendakian, namun itu belum lah air terjun yang sebenarnya. Tetapi itu menunjukkan tanda sudah dekat dengan lokasi utama. Sekitar 40 menit mendaki baru lah kami bertemu Air Terjun Putri Khayangan yang dimaksud.

Lelah dan lapar terbayar melihat indah dan sejuknya pemandangan di sana. Derasnya air terjun membuat percikannya membasahi tubuh berkeringat kami.

Sesuai namanya, tempat itu memang tersembunyi di atas bukit. Jika dilihat maka terbayang lah tempat itu jadi tempat pemandian Putri Khayangan seperti yang digambarkan dalam cerita dongeng yang sering kita dengar sewaktu kecil.

Tak sabar rasanya ingin langsung nyebur di air, tetapi sebelum itu kami sepakat memilih untuk menyantap makan siang terlebih dahulu karena memang perut sudah tak lagi bersahabat dan tubuh tak lagi bertenaga.

Semua orang berbahagia sambil mandi di bawah air terjun itu, terlihat dari raut wajah dan senyum kami masing-masing. Beragam perangai yang kami buat, ada yang lompat dari atas tebing, ada yang berswafoto, ada yang hanya mandi-mandi biasa, ada yang mandi menghantamkan diri di bawah air terjun sambil berteriak dan sebagainya.

"Seru,"... itu lah kata yang terucap dari masing-masing mulut kami. Saat itu kami benar-benar merasakan sepercik surga di dunia, saking nikmatnya, sampai-sampai kami hampir lupa waktu, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.00 WIB. Saatnya rombongan kembali turun ke bawah menuju pintu masuk tadi.

Rombongan pun tiba di titik kumpul dengan selamat, saatnya kembali mendengarkan instruksi dari Tomi untuk persiapan memulai wisata air arung jeram. 3 unit perahu karet yang dibawa dari dermaga kecil sebelumnya sudah siap meluncur, kami kembali dibekali pelampung, helm dan dayung.

Kami dibagi tiga regu, satu regu atau satu perahu karet berisi 6 orang ditambah satu pemandu arung jeram. Kami kembali melewati Sungai Kopu yang berarus dan ada pusaran airnya. Awalnya kami memang was-was karena baru pertama kali, namun setelah mencoba ternyata cukup terkendali meskipun sesekali kami bertabrakan dengan bebatuan tebing dan sesama perahu dari regu lainnya.

Dari keterangan Tomi, dalam dua tahun terakhir wisata arung jeram Sungai Kopu banyak dikunjungi wisatawan lokal bahkan ada yang dari luar negeri. Arung jeram di sana cukup menegangkan dan asyik. Pengunjung biasanya datang pada akhir pekan dan hari libur.

"Sudah berjalan hampir 5 tahun kami masyarakat setempat membuat kelompok sadar wisata seperti sekarang ini. Kemudian keuntungan dari wisata ini kami gunakan untuk membangun fasilitas umum di desa," katanya.

Dijelaskannya, untuk biaya satu perahu karet dibandrol Rp1 juta, sedangkan untuk biaya perahu mesin saja tanpa rafting (arung jeram) dibandrol Rp500 ribu bisa diisi 8 penumpang.

"Banyak juga pejabat yang sudah ke sini, baik dari Pemkab Kampar maupun Pemprov Riau, kemarin janjinya pak Gubernur Syamsuar mau datang tapi belum," katanya.

Dalam pada itu, Tomi berharap banyak bantuan promosi yang dikucurkan oleh Pemkab maupun Pemprov agar wisata air Sungai Kopu ini lebih banyak mengundang perhatian wisatawan. Ia juga menginformasikan kepada kami jika ingin berkunjung timnya siap memandu dan dapat menghubunginya ke nomor telepon 0852-0068-8000.

Setelah mengarungi Sungai Kopu, akhirnya kami tiba di dermaga awal dengan selamat dan berakhirlah keseruan kami. Hari pun sudah memasuki senja saat itu, kami beserta rombongan kembali berganti pakaian dan menuju ke penginapan di Puti Island, Desa Pulau Gadang, kecamatan 13 Koto Kampar.

Puti Island merupakan home stay yang berada di sebuah pulau kecil di tengah danau buatan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kampar. Untuk sampai ke sana harus menggunakan perahu mesin, di sana terdapat pondok-pondok penginapan dan tenda-tenda kecil.

Rombongan kami menyewa 4 pondok dan diisikan 4 orang dalam satu kamar/pondok. Tiba tengah malam, kami buat acara bakar ikan patin hasil tangkapan dari pemilik penginapan. Suasananya seperti kami berkamping. Dan siangnya, kami pun berangsur pulang kembali ke rumah masing-masing.

Dari pengalaman berwisata ke sini, penulis merekomendasikan untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang disebutkan. Penulis juga berharap bisa mengulang kembali keseruan berwisata di Kampar dan mengucapkan selamat berlibur dan berakhir tahun.***

Penulis : Wahyu
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Serba Serbi, Kabupaten Kampar
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar

Heru Syahrianto


Sabtu, 17 Desember 2022 11:39 WIB
Riau banyak terdapat tempat wisata nya tapi kurang terkelola dengan baik.. Alhamdulillah saya sudah sampai di air terjunnya putri kayangan 7 Desember kemarin.. #komunitastigerpekanbaru

cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 01 Februari 2023
Inhu FC Pekanbaru Juara Piala Oxygen 2023 Wali Nagari Situjuah Batua
Rabu, 01 Februari 2023
Bupati Siak Lantik 7 Kepala UPT Disdukcapil
Rabu, 01 Februari 2023
Pro Kontra Kontestasi Pilkades di Bengkalis, Bagus Santoso Harap Semua Pihak Bijak
Rabu, 01 Februari 2023
Jalan Poros dan Penanganan Abrasi Jadi Prioritas Musrenbang Kecamatan Bengkalis

Serantau lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
3 Zodiak Jalani Hidup Paling Beruntung Bulan Februari 2023
Senin, 30 Januari 2023
Berdesain Unik, Pojok Baca RSUD Tengku Rafian Siak Juara 1 Lomba Perpustakaan
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Oppo Find X6 Series Akan Punya Tiga Varian, Ini Bocorannya
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023

Tekno dan Sains lainnya ...
Selasa, 31 Januari 2023
Peringati Hari Kanker Dunia, IDI Pekanbaru akan Gelar Berbagai Kegiatan
Senin, 30 Januari 2023
Prevalensi Stunting di Siak Naik 3 Persen, Wabup: Perlu Perhatian Serius
Senin, 30 Januari 2023
Sederhanakan Birokrasi, BKKBN Riau Terbitkan Surat Tugas Tim Kerja
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Rabu, 01 Februari 2023
UIR Penjajakan Potensi Kerjasama dengan UTP Malaysia
Selasa, 31 Januari 2023
Gubernur Syamsuar Bangga Anak Riau Diterima Magang di Thailand dan Filipina
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler
BUMD 2023
Foto
PCR 2023
Khas Hotel November 2022
Selasa, 31 Januari 2023
7 Drakor Terbaru Februari 2023, Ada The Heavenly Idol dan Taxi Driver 2
Senin, 30 Januari 2023
Sosialisasi Upaya Konservasi Gajah, Komedian Komeng dan Djarwo Kwat Kunjungi PLG Minas
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard

Selebriti lainnya ...
Nataru 2022 April.RAPP
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www