Selasa, 28 September 2021

Breaking News

  • Harga Sawit di Riau Naik Lagi, Tembus Rp2.800 Perkilogram   ●   
  • Kabar Gembira! Saudi Arabia segera Beri Izin Umrah, Jamaah Diminta Manfaatkan Fasilitas Vaksin   ●   
  • DPRD Riau Dukung Sekolah Tatap Muka Dimulai Lagi   ●   
  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!
Yamaha 28-29 September 2021

Pacu PSR Nasional, DPP APKASINDO Jalin Kemitraan Setara dengan Asian Agri
Sabtu, 14 Agustus 2021 09:15 WIB
Pacu PSR Nasional, DPP APKASINDO Jalin Kemitraan Setara dengan Asian Agri
(MoU) antara DPP APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) dengan Asian Agri Group melalui anak perusahaannya yaitu PT Inti Indosawit Subur.

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Peningkatan produktivitas lahan perkebunan kelapa sawit rakyat bukan hanya tugas pemerintah namum juga perusahaan swasta perkebunan kelapa sawit.

Meningkatnya produktivitas kelapa sawit rakyat akan menguntungkan semua pihak terkhusus dari manfaat jasa lingkungan yang di dapat dari tanaman kelapa sawit dari segi ekonomi, sosial dan ekologi.

Untuk mewujudkan produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat, telah diadakan penandatangan kerjasama (MoU) antara DPP APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) dengan Asian Agri Group melalui anak perusahaannya yaitu PT Inti Indosawit Subur.

Penandatangan ini langsung dihadiri oleh Ketua Umum dan Sekjend DPP APKASINDO, Dr cn Ir Gulat Manurung, MP.,C.APO dan Rino Afrino, ST., MM., C.APO, serta mewakili DPW APKASINDO Riau, Sekretaris Wilayah, Djono A Burhan, S.Kom., MMgt (Int.Bus), CC,CL dan Ketua Tim Percepatan PSR DPW APKASINDO Riau, Eko Jaya Siallagan, SP.,M.Si.,C.APO. Dari Pihak Asian Agri langsung dihadiri oleh Direktur Utma PT. Inti Indosawit Subur (IIS) dan Segenap Pegawai Asian Agri.

Sebelum acara penandatangan nota kesepakatan saling dukung ini, terlebih dahulu para pihak saling berdiskusi tentang kondisi industry kelapa sawit dimasa pandemic Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian secara nasional serta membicarakan mengenai pola kemitraan setara yang akan dikerjasamakan kedepannya.

Gulat Manurung, menjelaskan bahwa APKASINDO telah merangkul beberapa perusahaan besar kelapa sawit di Indonesia yang tersebar di 22 Provinsi perwakilan APKASINDO, seperti pada 7 bulan terakhir ini di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Papua Barat, Papua, Jambi, Aceh dan hari ini di Provinsi Riau.

"Semua pola kerjasama kemitraan ini kami kerjakan pada situasi sulit saat ini. Bagi kami petani sawit tidak menyerah dengan berbagai keterbatasan pada masa-masa sulit dampak pandemi Covid-19 ini. Memang pada umumnya kemitraan ini baru terjalin dengan anggota GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia), ke depannya kami akan masuk ke Perusahaan Sawit Non-GAPKI, sebab Kemitraan ini adalah amanah UU Cipta Kerja, jadi semua wajib mendukungnya," jelasnya.

Terkhusus dengan Asian Agri, memang ada yang unik, dimana Pola Kerjasama antara APKASINDO dengan Asian Agri sudah terjalin jauh sebelumnya dan terakhir ini adalah kerjasama Pembangunan Pusat Pembibitan Sawit pada Program yang dicanangkan Wakil Presiden yaitu Santripreneur Berbasis Sawit pada Oktober 2020 yang lalu, yang dicanangkan sebagai Pilot Project nya di 3 Provinsi yaitu Riau, Sumut dan Sumsel dan saat itu para Gubernur hadir langsung, termasuk Gubernur Riau Syamsuar dan Kadisbun Riau Zulfadli.

Pada program ini, DPP APKASINDO bekerjasama dengan beberapa perusahaan produsen kecambah sawit Indonesia, salah satunya yang berperan penting adalah Asian Agri.

"Ya memang chemistry dulu antara APKASINDO dengan Asian Agri, baru setelah sama-sama sepakat, baru ber MoU, jadi MoU ini bukan seperti biasanya, kami sudah bekerja terlebih dahulu,"ujar Gulat.

Jadi Pondok Pesantren melalui Himpunan Alumni Pesantren Se Provinsi Riau terlebih dahulu saling melakukan penjajakan, ketemulah Program Pembangunan Pusat Pembibitan Kelapa Sawit yang dikembangkan di beberapa Pondok Pesantren, dimulai dari Pondok Pesantren Teknologi Riau.

Pembibitan di Ponpes ini dicanangkan sebanyak 100ribu kecambah dan akan menjadi pemasok bibit sawit siap salur untuk Koperasi dan Poktan yang melakukan Replanting Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Program strategis Presiden Jokowi yang operatornya dari Program PSR ini adalah BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) dan Dirjen Perkebunan.

Jadi Ponpes akan menjadi mitra semua PSR-PSR di Riau serta provinsi lainnya dan APKASINDO Riau dalam hal ini bersama 5 Produsen Kecambah Sawit sebagai pendamping pembibitan Santripreneur yang langsung diawasi oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau.

"50% bibit siap salur sudah diorder oleh petani peserta PSR. Sesuai arahan dari KH Imam Aziz, Stafsus Wapres Bidang Penaggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah, kepada DPP APKASINDO, supaya kedepannya Program Santripreneur berbasis sawit ini juga dilaksanakan di 22 Provinsi lainnya perwakilan APKASINDO, dan kami on progress untuk itu," ujar Gulat lagi.

Rino Afrino, juga memaparkan betapa pentingnya kemitraan antara petani dengan korporasi, karena dengan kemitraan ini maka regulasi pemerintah akan berlaku.

"Ya memang demikian Permentan-nya, petani bermitra, di Pergub Tataniaga TBS juga seperti itu, makanya kami mengajak semua petani sawit di seluruh Indonesia supaya melakukan kemitraan dengan korporasi, dan pendamping kemitraan ini langsung oleh DPP APKASINDO dan 22 DPW Provinsi APKASINDO. Kemitraan bukan sebatas kemitraan pasokan TBS tapi juga PSR. Petani swadaya sangat berpotensi menjalin kemitraan dengan Korporasi seperti Asian Agri dan UU Cipta Kerja juga menggariskan demikian, yaitu 20% kebun Korporasi itu harus bermitra dengan kebun masyarakat, jadi disinilah peran APKASINDO. Banyak sekali manfaat dari kemitraan ini, terkhusus manajemen, kepastian harga TBS dan dari segi keberlanjutan (sustainibilty) yang lebih penting yang sudah wajib bagi petani di 2025," jelas dia.

Dalam hal ini, APKASINDO menawarkan Model Kemitraan Setara antara Petani dengan Korporasi, kata kunci setara disini adalah sama-sama untung dan sama-sama maju dengan system akuntable terbuka dan APKASINDO hadir ditengahnya.

"Kepada Asian Agri kami sudah memetakan sebaran petani binaan APKASINDO untuk segera di PSR kan bersama Asian Agri," tegasnya.

Omsir Samosir, Direktur Utama PT IIS, setelah melakukan MoU, menyampaikan rasa syukur karena rencana kemitraan ini sudah lama dirintis dan dimulai dengan kerjasama pembibitan dengan APKASINDO, dan hari ini bentuk saling komitmennya.

“Penandatanganan MoU Nota Kesepahaman pada hari ini merupakan wujud nyata dukungan Asian Agri dan Apkasindo untuk bersama tingkatkan produktivitas kebun sawit rakyat. Ada 4 point penting dari Nota Kesepahaman, yakni Pertama peningkatan kerjasama penyediaan bibit unggul kelapa sawit TOPAZ untuk perkebunan sawit rakyat, Kedua peningkatan kerjasama dalam pemasaran dan pendampingan yang berkaitan dengan benih unggul kelapa sawit untuk perkebunan sawit rakyat, Ketiga pelaksanaan kerjasama pembangunan penangkar bibit di wilayah yang potensial. Dan keempat yaitu peningkatan kerjasama dalam mendukung dan menyukseskan kelangsungan program peremajaan sawit rakyat berbasis kemitraan perusahaan dengan petani melalui KUD dan Poktan,” jelas Omri.

“Selain itu, Asian Agri sebagai perusahaan yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun bemitra dengan petani optimis bahwa dengan adanya nota kesepahaman ini, kedepannya petani sawit APKASINDO dapat bermitra dengan Asian Agri dan merasakan berbagai keuntungan dari pola kemitraan kami. Tentunya, kami juga berharap APKASINDO berada ditengah-tengah kemitraan yang akan di bangun,” imbuhnya menambahkan.

Penulis : Rilis
Editor : Yusni
Kategori : Ekonomi, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 28 September 2021
Letjen TNI Mar (Purn) Nono Sampono Sebut Indonesia Negara Maritim yang Kekuatan Lautnya Lemah
Senin, 20 September 2021
Wakil Ketua MPR Ingatkan Publik Tak Mengklaim Diri sebagai Kelompok Pancasilais
Senin, 13 September 2021
Kata NasDem Jika Amandemen Terbatas UUD 1945 Dilakukan, Malah Akan Buka Kontak Pandora
Kamis, 19 Agustus 2021
Tak Ingin Partainya dan MKD Dianggap Disfungsi, Junimart Pastikan Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Etik Arteria

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
Bahas SDGs kepada Parlemen Dunia, Puan Tekankan Pentingnya Global Akhiri Pandemi
Selasa, 28 September 2021
Ekonomi Ditargetkan Tumbuh 5,2 Persen di APBN 2022, Banggar DPR dan Pemerintah Sepakati Asumsi Makro
Selasa, 28 September 2021
Pemkab Pelalawan Sampaikan Ranperda APBD-P 2021
Selasa, 28 September 2021
Lakukan MoU dengan Bank Riau Kepri, Bupati Meranti Optimis Perekonomian Masyarakatnya Meningkat

Serantau lainnya ...
Senin, 20 September 2021
Kabar Gembira, Mulai Hari Ini Sudah Bisa Sarapan di Warung Koffie Batavia Lagi
Jumat, 17 September 2021
Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi untuk Masuk Bioskop
Jumat, 10 September 2021
Pemuda Pancasila Turunkan 22 Kadernya untuk Bantu Pemerintah Tangani Covid-19
Selasa, 07 September 2021
Binatang Kesepian di Jerman Pakai Aplikasi Kencan Tinder Temukan Pemilik Baru

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Sebelum Dilantik, ASN di Meranti Harus Mengikuti Psiotes
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional

Advertorial lainnya ...
Selasa, 07 September 2021
Apple Tunda Peluncuran Fitur Perlindungan Anak Gara-gara Ini...
Kamis, 26 Agustus 2021
Mau Investasi Kripto? Ini Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin dan Ethereum yang Perlu Diketahui
Selasa, 17 Agustus 2021
PT CDI Siap Koneksikan Jaringan Internet Seluruh Kecamatan di Pelalawan
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?

Tekno dan Sains lainnya ...
Minggu, 26 September 2021
Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui, Demi Menjaga Buah Hati dan Kesehatan Keluarga
Kamis, 26 Agustus 2021
Agar Paru-Paru Kuat saat Terserang Covid-19, Rajin Konsumsi 4 Bahan Makanan Ini
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Selasa, 28 September 2021
KKN, Mahasiswa UMRI Gelar Penyuluhan Pertanian untuk Dongkrak Ekonomi Warga di Masa Pandemi
Senin, 27 September 2021
Pastikan Prokes, PCR Sudah Gelar Perkuliahan Tatap Muka Terbatas
Minggu, 26 September 2021
SEF Sukses Gelar Webinar Riset Komunikasi Jilid 2
Jumat, 24 September 2021
Direktur Pascasarjana UIR Yudisium 150 Calon Wisudawan

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

HUT TNI AL 10 September 2021 - DPRD Riau
Terpopuler

01

HUT RI Ke-76 - APRIL
Foto
DPRD 1
DPRD 2
Jumat, 17 September 2021
Rizky Billar Jawab Isu Lesti Kejora Hamil Duluan, Muncul Isu Nikah Siri
Kamis, 26 Agustus 2021
Istri Buka Suara Soal Kabar Epy Kusnandar Pindah Agama
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah

Selebriti lainnya ...
DPRD 3
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Permata
Kamis, 26 Agustus 2021
Ampuh Sembuhkan Penyakit, Ini Obat yang Dianjurkan Rasulullah
Selasa, 24 Agustus 2021
Rumah Yatim Salurkan Ratusan Paket Alquran dan Kitab ke Berbagai Ponpes di Pekanbaru dan Kampar Riau
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban

Religi lainnya ...
PCR 3 Agustus 2021
Indeks Berita
HUT Riau 9 Agustus 2021 - SitiBhayangkara 2021 CAKAPLAHPelantikan Bupati Siak - Pemkab SiakUIR 2021HUT Pekanbaru ke-237Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRDIdul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www