Jumat, 27 Januari 2023

Breaking News

  • Terbukti Kolusi, Mantan Rektor UIN Suska Riau Divonis 2 Tahun 10 Bulan Penjara   ●   
  • Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Waspada!! Awal Tahun 2023 Sejumlah Daerah di Riau Ini Berpotensi Terjadi Karhutla   ●   
  • Awal 2023, Penularan HIV/AIDS di Riau Beresiko Alami Kenaikan   ●   
  • 24 Desa di Riau Masuk Kategori Desa sangat Tertinggal, Mayoritas di Kampar   ●   
  • 12.966 Wisatawan Kunjungi Siak Sepanjang Libur Nataru   ●   
  • Tiga ASN Pemprov Dipecat Tidak Hormat Sepanjang 2022   ●   
  • Proses Tahap II Mandek, Tersangka Karhutla PT BMI tak Kunjung Diadili   ●   
  • 532 Peserta Tidak Lulus Seleksi PPPK Tenaga Kesehatan Pemprov Riau   ●   
  • Jalan Rusak di Riau Capai 1.035 Km, Gubernur Akui Jadi 'PR' 2023
Bapenda dan NasDem

Israel Tempatkan Senjata Robotik Dengan Kendali Jarak Jauh di Tepi Barat
Jum'at, 18 November 2022 06:00 WIB
Israel Tempatkan Senjata Robotik Dengan Kendali Jarak Jauh di Tepi Barat
Israel menempatkan senjata robotik di dua titik rawan di wilayah pendudukan Tepi Barat. Foto: EPA-EFE/ALAA BADARNEH

(CAKAPLAH) - Israel menempatkan senjata robotik di dua titik rawan di wilayah pendudukan Tepi Barat. Senjata robotik ini dapat menembakkan gas air mata, granat kejut, dan peluru berujung spons ke pengunjuk rasa Palestina.

Senjata-senjata itu, bertengger di atas kamp pengungsi Palestina yang padat di wilayah pendudukan Tepi Barat. Senjata ini menggunakan kecerdasan buatan untuk melacak target. Israel mengatakan, teknologi senjata robotik ini dapat menyelamatkan nyawa warga Israel maupun Palestina. Tetapi para kritikus menilai, langkah ini adalah upaya Israel menuju realitas distopia. Israel berusaha menyempurnakan pendudukan terbukanya atas orang-orang Palestina dan menjauhkan tentaranya dari bahaya.

Penempatan senjata baru itu datang pada saat ketegangan meningkat di Tepi Barat. Kerusuhan di wilayah pendudukan tersebut meningkat tajam selama tahun ini. Serangan di Tepi Barat pada 2022 disebut paling mematikan sejak 2006.

Sepasang menara kembar yang masing-masing dilengkapi dengan lensa pengawas dan laras senapan, belum ini dipasang di atas menara penjaga. Kamera pengintai juga dipasang di menara yang menghadap ke kamp pengungsi Al-Aroub di Tepi Barat selatan itu.

Para saksi mata mengatakan, senjata robot itu melepaskan gas air mata atau peluru berujung spons ke arah pengunjuk rasa Palestina yang didominasi kaum muda. Pengunjuk rasa Palestina sebagian besar turun ke jalan-jalan sambil melemparkan batu dan bom molotov ke arah tentara Israel.

Sekitar sebulan yang lalu, militer juga menempatkan robot di dekat Kota Hebron, yang menjadi titik bentrokan antara warga Palestina dengan tentara Israel. Militer Israel menolak mengomentari rencana mereka untuk menyebarkan sistem senjata robotik itu di wilayah lain di Tepi Barat.

Aktivis Palestina Issa Amro mengatakan, warga Hebron khawatir senjata baru itu akan disalahgunakan atau diretas tanpa pertanggungjawaban dalam situasi yang berpotensi mematikan. Orang-orang juga membenci uji coba senjata yang dilakukan tentara Israel terhadap warga sipil.

“Kami bukan pelatihan dan simulasi untuk perusahaan Israel. Ini adalah sesuatu yang harus dihentikan," ujar Amro.

Senjata robotik itu dioperasikan dengan remote control. Dengan satu sentuhan tombol, tentara yang berada di dalam menara penjaga dapat menembak ke sasaran yang dipilih. Tentara Israel mengatakan, mereka sedang melakukan uji coba senjata robotik itu. Mereka mengeklaim melakukan uji coba dengan senjata yang tidak mematikan, seperti peluru berujung spons dan gas air mata. Warga Al-Aroub mengatakan, menara telah berulang kali menembakkan gas air mata ke arah kamp pengungsian yang terletak di lereng bukit.

“Kami tidak membuka jendela, kami tidak membuka pintu. Kami tahu untuk tidak membuka apa pun,” kata seorang penjaga toko, Hussein al-Muzyeen.

Penduduk Al-Aroub mengatakan, mesin-mesin senjata itu menyala tanpa peringatan dan sangat cepat. Seorang siswa, Kamel Abu Hishesh menggambarkan bentrokan hampir terjadi setiap malam. Tentara menyerbu kamp saat senjata otomatis menembakkan gas air mata ke atas dan ke bawah bukit.

“Itu sangat cepat, bahkan lebih cepat dari tentara,” kata Abu Hishesh, remaja berusia 19 tahun.

Senjata robot semakin banyak digunakan di seluruh dunia. Senjata yang dikendalikan dari jarak jauh seperti senjata robotik Israel di Tepi Barat telah digunakan oleh Amerika Serikat di Irak, termasuk Korea Selatan di sepanjang perbatasan dengan Korea Utara. Senjata robotik juga digunakan oleh berbagai kelompok pemberontak Suriah.

Israel, yang dikenal memiliki teknologi militer canggih, adalah salah satu produsen drone top dunia yang mampu meluncurkan rudal yang dipandu dengan presisi. Israel telah membangun pagar di sepanjang perbatasannya dengan Jalur Gaza yang dilengkapi dengan radar dan sensor bawah tanah dan bawah air.

Israel menggunakan kendaraan robot, dilengkapi dengan kamera dan senapan mesin, untuk berpatroli di perbatasan. Militer juga menguji dan menggunakan teknologi pengawasan canggih seperti pengenalan wajah dan pengumpulan data biometrik warga Palestina yang menavigasi rutinitas pendudukan, seperti mengajukan izin perjalanan ke Israel.

“Israel menggunakan teknologi sebagai sarana untuk mengendalikan penduduk sipil,” kata juru bicara kelompok hak asasi Israel B'Tselem, Dror Sadot.

Sadot mengatakan, senjata yang dianggap tidak mematikan seperti peluru spons dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan bahkan mematikan. Menara di Al-Aroub dibangun oleh Smart Shooter, sebuah perusahaan yang membuat sistem pengendalian tembakan. Sistem ini secara signifikan meningkatkan akurasi, senjata mematikan, dan kesadaran situasional senjata kecil. Perusahaan membanggakan kontrak dengan puluhan militer di seluruh dunia, termasuk Angkatan Darat AS.

Berbicara di markas besar perusahaan di Kibbutz Yagur di Israel utara, Kepala Eksekutif Smart Shooter, Michal Mor mengatakan senjata itu membutuhkan pemilihan target dan amunisi oleh manusia. Mor mengatakan, sistem senjata robotik itu meminimalkan korban dengan menjauhkan tentara dari kekerasan dan membatasi kerusakan tambahan dengan membuat tembakan lebih akurat.

Menurut Mor, di daerah padat penduduk seperti Al-Aroub, tentara dapat memantau orang-orang tertentu di tengah kerumunan. Sistem dapat menyala setelah algoritme menilai berbagai faktor seperti kecepatan angin, jarak, dan kecepatan.

Militer mengatakan perlindungan semacam itu meminimalkan risiko bagi tentara dan meningkatkan pengawasan atas aktivitas mereka. Militer juga mengatakan, teknologi tersebut memungkinkan tentara untuk menargetkan area tubuh yang “kurang sensitif” untuk meminimalkan bahaya dan menghindari penembakan orang yang lewat.

“Dengan cara ini, sistem mengurangi kemungkinan tembakan yang tidak akurat,” kata Mor.

Direktur Israel dan Palestina di Human Rights Watch, Omar Shakir, mengatakan, Israel sedang menuju ke arah dehumanisasi digital sistem senjata. Menurut Shakir, dengan menggunakan teknologi seperti itu, Israel telah menciptakan tong mesiu untuk pelanggaran hak asasi manusia.

Wakil Presiden lembaga think tank Center for a New American Security dan mantan penembak jitu Angkatan Darat AS, Paul Scharre, mengatakan, tanpa emosi dan dengan tujuan yang lebih baik, sistem otomatis berpotensi mengurangi kekerasan. Namun persoalannya adalah tidak ada norma internasional untuk "robot pembunuh".

"Ini hanya masalah waktu sebelum sistem otomatis ini diperlengkapi untuk menggunakan kekuatan yang mematikan," ujar Scharre.

Kekerasan di Tepi Barat telah melonjak selama beberapa bulan terakhir. Israel telah meningkatkan serangan penangkapan, setelah terjadi sejumlag serangan oleh warga Palestina di wilayah Israel yang menewaskan 19 orang pada musim semi lalu. Kekerasan tersebut telah menewaskan lebih dari 130 warga Palestina tahun ini. Setidaknya 10 warga Israel lainnya tewas dalam serangan baru-baru ini.

Israel mengatakan serangan itu bertujuan untuk membongkar infrastruktur militan. Militer Israel mengatakan, mereka terpaksa bertindak karena lambatnya pergerakan pasukan keamanan Palestina. Menurut warga Palestina, serangan malam ke kota-kota mereka telah melemahkan pasukan keamanan mereka sendiri dan memperketat cengkeraman Israel.

Editor : Ali
Sumber : Republika.co.id
Kategori : Internasional
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Jum'at, 23 Desember 2022 06:18 WIB
Israel Bunuh Pesepakbola Palestina di Nablus
Senin, 05 Desember 2022 06:05 WIB
Pesawat Tempur Israel Gempur Jalur Gaza
Selasa, 15 November 2022 06:23 WIB
Israel Tembak Mati Bocah Palestina
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20
Minggu, 31 Oktober 2021
Arzetti Dukung Pemerintah Sosialisasikan Bahaya BPA

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 27 Januari 2023
Siak Tuan Rumah Rakernas Pordasi 2023, Bahas Persiapan Ikut PON 2024
Jumat, 27 Januari 2023
Bentuk Saka Adhyasta Pemilu, Bawaslu Pekanbaru Koordinasi ke Kabupaten Batang
Jumat, 27 Januari 2023
Angka Kecelakaan Tinggi, Polisi: Jalan Bukan Milik Pribadi Taati Aturan
Jumat, 27 Januari 2023
PT ITA Salurkan 450 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Tebingtinggi Barat

Serantau lainnya ...
Selasa, 24 Januari 2023
Si Kembar Atlet Sepatu Roda Rohul Raih Gelar Perdana 2023
Jumat, 20 Januari 2023
Masakan Dapur Lapas Pekanbaru Resmi Bersertifikasi Halal dari MUI
Rabu, 18 Januari 2023
Royal Century Purwodadi Menjawab Hunian Impian Setiap Orang
Selasa, 06 Desember 2022
Kotak Baca Gairahkan Lagi Literasi di Pekanbaru

Gaya Hidup lainnya ...
Selasa, 08 November 2022
Festival Halloween Itaewon Tewaskan 154 Orang, Ini 4 Festival Berdarah Lainnya yang Tercatat dalam Sejarah
Senin, 05 September 2022
Merindu Wajah Indah Pekanbaru, Muflihun Optimis Raih Piala Adipura
Senin, 29 Agustus 2022
Peringatan HUT RI Ke-77 Jadi Momentum Refleksi Perjuangan Para Pendiri Bangsa
Selasa, 16 Agustus 2022
GALERI FOTO: Dalam Rangka Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau, Ribuan Masyarakat Hadiri Dzikir Akbar Bersama Ustaz Das'ad Latif

Advertorial lainnya ...
Senin, 16 Januari 2023
Asyik, Layar Samsung Galaxy Z Fold 5 Bakal Minim Kerutan
Sabtu, 14 Januari 2023
30 Anggota API BPD Riau Ikuti Kelas Digital Marketing
Rabu, 04 Januari 2023
Setahun Pasca Merger, IOH dan Twimbit Luncurkan Hasil Riset Empowering Indonesia 2023
Senin, 02 Januari 2023
Pemkab Meranti Kini Miliki Command Center yang Himpun Semua Data

Tekno dan Sains lainnya ...
Senin, 23 Januari 2023
Direktur Kemenkes Minta Layanan Kanker dan Jantung di RSUD Arifin Achmad Riau Ditingkatkan
Minggu, 01 Januari 2023
Gubri Ajak Orang Tua Awasi Anak dari Bahaya Narkoba
Selasa, 20 Desember 2022
RSJ Tampan Raih Akreditasi paripurna Bintang 5
Minggu, 11 Desember 2022
Gelar Seminar Hari Disabilitas, RSIA Zainab Berkomitmen Jadi Pusat Layanan Anak Penyandang Disabilitas

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Jumat, 20 Januari 2023
Waka DPRD Riau Hardianto Raih Gelar Magister Manajemen dari Sekolah Pascasarjana Unilak
Rabu, 18 Januari 2023
Syamsuar, Ganjar hingga Risma Hadiri Pelantikan Rektor IPB
Selasa, 17 Januari 2023
Mahasiswa IPB Goes to School ke 80 Sekolah di Riau
Sabtu, 14 Januari 2023
Sekolah Pascasarjana Unilak Gelar Seminar Nasional, Angkat Tema Hukum, Manajemen dan Lingkungan

Kampus lainnya ...
Rabu, 09 November 2022
Wijatmoko Rah Trisno Pimpin Forum CSR Provinsi Riau
Rabu, 12 Oktober 2022
BDI EMP Bersama Bakrie Amanah Salurkan Santunan Pendidikan Tahap II
Senin, 10 Oktober 2022
Wujudkan Kota Dumai Bersih, BRK Syariah Bantu Pengadaan Sarana Angkutan Sampah Lewat Program CSR
Minggu, 09 Oktober 2022
BSI dan BSI Maslahat Bantu Pembuatan Sumur Bor Yayasan Al Muslimin Dumai

CSR lainnya ...

APRIl - Imlek 2023
Terpopuler

02

PCR 2023
Foto
Khas Hotel November 2022
Nataru 2022 April.RAPP
Selasa, 10 Januari 2023
Luna Maya Buka Suara Soal Kabar Menikah dengan Gading Marten
Selasa, 06 Desember 2022
Bukan dengan Istri, Shah Rukh Khan Umrah Didampingi Bodyguard
Sabtu, 26 November 2022
Indra Prasta Simpati Gempa Cianjur, Lelang Gitar Kesayangan
Senin, 21 November 2022
Blak-blakan Nia Ramadhani kepada Merry Riana; Terjerat Kasus Narkoba Jadi Mukjizat Bagi Pernikahanku

Selebriti lainnya ...
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Jumat, 02 Desember 2022
Lima Waktu Mustajab untuk Berdoa
Jumat, 02 Desember 2022
Amalan Hari Jumat yang Disunnahkan Rasulullah
Jumat, 18 November 2022
Pegadaian Tawarkan Produk Arrum Haji, Cicilan hanya Rp22 Ribu Perhari
Senin, 31 Oktober 2022
Forum Pekanbaru Kota Bertuah Taja Peringatan Maulid Nabi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www