Kamis, 05 Agustus 2021

Breaking News

  • Pasokan Listrik untuk Blok Rokan Dipastikan Aman   ●   
  • Polda Riau Sudah Periksa Syamsuar Terkait Karikatur Gubernur Drakula   ●   
  • Kejagung Tetapkan Pelanggar PPKM Darurat Diancam 1 Tahun Penjara   ●   
  • Cegah Penyebaran Varian Delta, Masuk Riau Lewat Jalur Darat dan Laut Wajib Swab Antigen   ●   
  • Gubri: Zona Merah dan Oranye Dilarang Salat Idul Adha di Masjid   ●   
  • Ditanya Perkembangan Perkara Suap Annas Maamun di RAPBD Riau Tahun 2014-2015, KPK Bungkam   ●   
  • WNA Masuk Indonesia, PKS: Jangan Sampai Publik Mengira PPKM Darurat Hanya Lip Service!   ●   
  • Israel Tawarkan Vaksin yang Nyaris Kedaluwarsa ke Negara Lain   ●   
  • Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti, Italia Lolos ke Final   ●   
  • Sindikat Vaksin Covid Palsu Ditangkap setelah Suntikkan Air Garam ke 2.000 Warga
Yamaha 3 Agustus 2021

CAKAP RAKYAT:
SAM: Energi Baru Senayan untuk Infrastruktur Riau
Jum'at, 24 Juli 2020 19:13 WIB
SAM: Energi Baru Senayan untuk Infrastruktur Riau
Rahmad Rahim

Nama Ustadz Syahrul Aidi Maazat (SAM) tiba-tiba meroket dan menjadi tumpuan harapan bagi Provinsi Riau akhir-akhir ini. Bagaimana tidak, politisi muda Partai Keadilan Sejahtera (PKS) asal Kabupaten Kampar ini adalah Anggota DPR RI yang ditugaskan Fraksinya di Komisi V, salah satu Komisi Elite dari 11 Komisi di Senayan yang membidangi Infrastruktur, Transportasi, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika serta Pencarian dan Pertolongan. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap 12 orang Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Riau lain, yang tentunya juga berjuang di Senayan untuk kemaslahatan Riau 5 tahun ke depan sesuai dengan bidang tugasnya, maka peran SAM di Komisi V akan memberi energi baru untuk Bumi Lancang Kuning, yang harus diakui sangat miskin terutama dari kecukupan penyediaan infrastruktur, sarana transportasi, serta minimnya Desa Mandiri.

Disamping itu, barangkali juga menjadi nasib Provinsi Riau, sudah berbilang periode Wakil Rakyat Dapil Riau di DPR RI tidak pernah ditugaskan oleh Fraksinya di Komisi V, sehingga alokasi dana APBN dari tahun ke tahun untuk infrastuktur sangat minim, jauh dari yang dibutuhkan.

Adapun Kementerian/Lembaga yang menjadi mitra Komisi V adalah: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

Sejak dilantik dan diambil sumpah pada tanggal 1 Oktober 2019, kiprah Ustadz SAM mulai dirasakan oleh masyarakat Riau. Ustadz yang penuh kelembutan ini ternyata bisa tegas dan garang memperjuangkan nasib Riau pada Rapat Kerja dengan Mitra Komisi V.

Ustadz SAM juga sudah memfasilitasi pertemuan antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Komisi V DPR RI, baik pada saat Komisi V mengadakan reses ke Provinsi Riau, maupun pertemuan Pemerintah Provinsi Riau dengan Komisi V di Gedung DPR RI Senayan, pada tanggal 9 Juli 2020 yang lalu dan terakhir pertemuan Ustadz SAM dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Riau di Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau pada tanggal 21 Juli 2020.

Permasalahan Infrastruktur di Provinsi Riau

Tidak dapat dibantah bahwa Infrastruktur merupakan kunci keberhasilan bagi pembangunan sektor-sektor lainnya. Di sisi lain, Infrastruktur selalu menjadi permasalahan klasik dan utama di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia dan juga Provinsi Riau. Kondisi geografis daerah merupakan salah satu faktor penyebab lambannya Pemerintah untuk menyediakan infrastruktur yang layak bagi masyarakat, dan kondisi ini diperparah lagi dengan “tergesernya alokasi dana” untuk pembangunan infrastruktur pada Tahun 2020, akibat Dampak Covid-19. Pendanaan APBN dan sumber-sumber pendanaan lainnya tentunya sangat dibutuhkan bagi keberlanjutan pembangunan di Provinsi Riau dalam 5 tahun ke depan.

Di samping mengejar pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024, secara paralel Pemerintah Provinsi Riau juga sekaligus mengejar pencapian Visi dan Misi masyarakat Riau pada Tahun 2025 yang telah dituangkan di dalam Peraturan Daerah No.: 12 Tahun 2017 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Riau 2025-2025.

Potret infrastruktur jalan di Provinsi Riau saat ini sangat memprihatinkan. Indeks kemantapan jalan Provinsi Riau berada di posisi ke-19 se-Indonesia dan posisi ke-7 di Pulau Sumatera (Sumber : BPIW Kementerian PU, 2018).

Dari 1.336,61 Km Jalan Nasional di Provinsi Riau, hanya 748,90 Km (56,03%) berada dalam kondisi Baik, apatah lagi jalan Provinsi dan Jalan Kabupaten/Kota, yang jauh lebih memprihatinkan kondisinya. Belum lagi kondisi jembatan yang kondisinya juga banyak yang rusak dan membahayakan pengguna jalan. Untuk pelabuhan penyeberangan (Ro-Ro), dari 8 Pelabuhan Ro-Ro, hanya 6 pelabuhan yang berfungsi (dengan kondisi sedang hingga rusak berat).

Selanjutnya, dari 3 pelabuhan utama di Provinsi Riau yang berfungsi sebagai Pintu Gerbang Utama Riau (Dumai, Buton dan Kuala Enok), hanya pelabuhan Dumai yang berfungsi, sementara Pelabuhan Buton belum berfungsi optimal akibat akses jalan Nasional menuju pelabuhan belum sepenuhnya memenuhi standar Jalan Nasional, serta belum beroperasinya Kawasan Industri Buton.

Adapun Pelabuhan Kuala Enok, kendalanya juga pada jalan akses yang merupakan Jalan Nasional dan Kawasan Industri yang belum ada. Untuk pelabuhan pengumpul, pelabuhan pengumpan regional dan pelabuhan pengumpan lokal, meskipun sudah berfungsi, namun kondisi pelabuhan dan bangunan sisi daratnya juga sangat memprihatinkan.

Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, yang notabene kondisinya berada di dalam Kota Pekanbaru, juga perlu mulai direncanakan untuk direlokasi untuk jangka panjang. Semangat untuk merelokasi Bandara ini lebih kepada faktor keselamatan operasi penerbangan dan masyarakat yang berada di sekitar Bandara. Kalau ditinjau dari aspek pelayanan dan business plan, maka sesuai dengan Master Plan yang disusun oleh Kementerian Perhubungan, ultimate akan dicapai pada Tahun 2035, di saat jumlah penumpang lebih dari 9 juta orang per tahun. Untuk mengoptimalkan operasional Bandara SSK II, maka atas usulan Pemerintah Provinsi Riau, pada Tahun 2017-2018 landasan pacu (runway) sudah diperpanjang oleh PT. Angkasa Pura dari 2.240 x 45 m2 menjadi 2.600 x 45 m2.

Permasalahan infrastruktur lain yang dihadapi oleh Pemerintah Provinsi Riau adalah: terbatasnya akses air bersih dan air minum yang berasal dari air leding/perpipaan; masih rendahnya kualitas dan kuantitas Jaringan Irigasi untuk mendukung produktivitas lahan pertanian, rendahnya tingkat kepemilikan rumah layak huni bagi rumah tangga miskin, belum optimalnya penanganan kawasan dan rendahnya cakupan pelayanan infrastruktur sanitasi permukiman (limbah, sampah dan drianase). Sedangkan di Bidang Energi, rasio elektrifikasi yang belum 100% dan rendahnya persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sumber air minum baru (PDAM dan Non PDAM) serta abrasi pantai dan sungai.

Harapan Riau Ke Ustadz SAM

Mencermati miskinnya Provinsi Riau untuk pemenuhan penyediaan infrastruktur, maka Pemerintah Provinsi Riau telah menyampaikan berbagai usulan pembangunan infrastruktur yang akan didanai melalui APBN Tahun 2021 – 2024.

Beberapa usulan yang disampaikan ke Komisi V DPR RI antara lain: (1) Pembangunan dan Peningkatan Jalan/Jembatan pada ruas Jalan Nasional, terutama ruas Jalan Nasional Strategis dan Jalan Nasional menuju Pelabuhan Utama dan Kawasan Industri; (2) Pembangunan dan Pengembangan Pelabuhan Penyeberangan Ro-Ro penghubung antar pulau; (3) Pembangunan Pengaman Tebing Pantai dan Sungai; (4) Pengusulan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Jalan/Jembatan dan Irigasi; (5) Pengusulan Jalan Provinsi menjadi ruas Jalan Nasional; serta usulan lain seperti PDAM Regional, TPS Regional, Pembangunan Rumah Layak Huni, Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih, Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan dan Pedesaan, Infrastruktur Sanitasi, serta peningkatan Rasio Elektrifikasi, terutama di kawasan pedesaan.

Tentunya tidak mudah bagi Ustadz SAM seorang diri untuk memperjuangkan pemenuhan kebutuhan infrastruktur melalui APBN di Provinsi Riau, ditengah Wabah Pandemi Covid19 ini. Hampir seluruh Kementerian/Lembaga (K/L), termasuk K/L yang menjadi mitra Komisi V DPR RI melakukan rasionalisasi dalam rangka Refocussing Anggaran untuk penanganan Covid19, yang entah kapan berakhir.

Untuk memperjuangkan alokasi APBN khususnya di Bidang Infrastruktur, Ustadz SAM perlu dibekali dengan data dan perencanaan teknis yang akurat, dana pendamping dari APBD untuk Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED), justifikasi usulan yang memenuhi readiness criteria APBN.

Di samping itu, Perangkat Daerah juga perlu menindaklanjutinya dengan intensif ke Kementerian/Lembaga teknis terkait, sampai ke level perancang teknis di Kementerian/Lembaga, melakukan Koordinasi yang intensif dengan Kantor Sekretariat Presiden (KSP), Kementerian Keuangan dan Bappenas. Khusus untuk Relokasi Bandara SSK II, walaupun hal tersebut merupakan Program Jangka Panjang, hal terpenting menurut saya yang harus dilakukan adalah melakukan Relocation Study, bukan Feasibility Study, karena FS sudah pernah dilakukan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

Berdasarkan lokasi terpilih, maka selanjutnya Pemerintah Kabupaten/Kota dimana Bandara tersebut akan dipindahkan, berkewajiban membebaskan lahan untuk Pembangunan Bandara Baru. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Adapun terkait dengan sumber pendanaan untuk infrastruktur, dengan terbatasnya alokasi anggaran di Kementerian/Lembaga terkait, maka perlu diupayakan berbagai Budget Scheme lain seperti Public Private Partnership (PPP), Pembiayaan Investasi Non Angggaran Pemerintah (PINA), Availibility Payment (AP) dan SUKUK. Banyak daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Indonesia dalam 4 tahun terakhir sangat tertarik dengan skema ini. Hal ini terjadi karena Pemerintah Daerah memahami bahwa keterbatasan anggaran APBD tak dapat lagi ditutup dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Akhirul Kalam, perjuangan Ustadz SAM juga perlu mendapat dukungan dari DPRD Riau, Tokoh Masyarakat, Lembaga Adat, Insan Pers, Persatuan Masyarakat Riau di Jakarta (PMRJ) dan Private Sector. Selamat Berkarya Ustadz SAM, InshaAllah kerja keras dan ikhlas untuk Riau akan mendapat Ridho dan Berkah dari Allah SWT.

Penulis : Rahmad Rahim, Perencana Madya – Bappedalitbang Provinsi Riau
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan, Cakap Rakyat, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Senin, 02 Agustus 2021
MPR: Jika Pemerintah Dapat Bantu Kebutuhan Dasar Masyarakat Silahkan PPKM Level 4 Diperpanjang
Sabtu, 31 Juli 2021
MPR Desak Mensos Tindak Lanjuti Temuan Data Ganda Penerima Bansos
Kamis, 22 Juli 2021
MPR Desak Vaksin Dosis Ketiga untuk Nakes Dilakukan Secepatnya
Rabu, 14 Juli 2021
Darurat Covid-19, Pemerintah Telah Tetapkan PPKM Darurat MPR Minta Semua Harus Berdoa

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Senin, 12 April 2021
Terapkan Digitalisasi, Operasi PT CPI Makin Kompetitif
AMSI
Topik
Jumat, 07 Mei 2021
Dugaan Penggelapan Jual Beli Tanah, Rico Berharap Proses Hukum Tetap Berjalan
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan

CAKAPLAH TV lainnya ...
Rabu, 04 Agustus 2021
Gandeng Disnaker, Anggota DPRD Riau Ini Latih 100 Warga Rohil di Tengah Covid-19
Rabu, 04 Agustus 2021
Gugah Kesadaran Warga akan Pentingnya Prokes, Pemko Dumai Gandeng Tokoh Masyarakat
Rabu, 04 Agustus 2021
Diikuti 1.550 Karyawan dan Keluarga, PT SLS Gelar Vaksinasi Gotong Royong
Rabu, 04 Agustus 2021
Bupati Alfedri Lantik Pengurus Isori Kabupaten Siak

Serantau lainnya ...
Rabu, 21 Juli 2021
Anak Didik AMS Juarai Pemilihan Bujang Dara Pekanbaru 2021
Selasa, 13 Juli 2021
Famys Hijab, Pilihan Tepat untuk Tampil Cantik Saat Idul Adha
Jumat, 09 Juli 2021
Berkembang Pesat, Irvan Asmara Sukses Dirikan AMS Modelling School
Kamis, 08 Juli 2021
DRV Beauty Store Jadi Ikon Kosmetik di Sungai Penuh, Produknya Lengkap dan Original

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 15 Juli 2021
BEM Se-Riau: Bank Riau Kepri Merupakan BUMD Paling Produktif Se-Riau
Kamis, 31 Desember 2020
Tutup Tahun 2020 BOB PT BSP Pertamina Hulu Tajak Sumur Migas
Jumat, 28 Agustus 2020
PGN Komitmen Bangun Infrastruktur Baru Untuk Mendorong Bauran Energi Nasional
Jumat, 28 Agustus 2020
Jaga Ketahanan Listrik di Batam, PGN dan PT Energi Listrik Batam (ELB) Teken Perjanjian Jual Beli Gas

Advertorial lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Benarkah Dunia Butuh Dosis Ketiga Vaksin Covid-19?
Jumat, 02 Juli 2021
Heboh Bill Gates dan Istrinya Sebenarnya sudah Meninggal Tahun 2013 Lalu
Minggu, 09 Mei 2021
5 Smartphone Terbaru dari Oppo Tahun 2021
Senin, 03 Mei 2021
Aturan Privasi Baru WhatsApp Berlaku Kurang dari 2 Pekan Lagi

Tekno dan Sains lainnya ...
Jumat, 16 Juli 2021
Ayah Bunda, Ini 7 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Bermakna Lembut
Kamis, 17 Juni 2021
Pentingnya Menjaga Pola Hidup Untuk Kesehatan Kulit, Begini Penjelasan dr Vee Clinic
Rabu, 05 Mei 2021
Kurang Minum Air Putih saat Berbuka Bisa Bikin Berat Badan Melonjak
Selasa, 13 April 2021
Tips Sehat saat Puasa: Olahraga Ringan dan Penuhi Nutrisi

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 02 Agustus 2021
PCR Gandeng APSB Malaysia Kembangkan Aplikasi Pembelajaran Gramatikal Bahasa Arab
Selasa, 27 Juli 2021
Tingkatkan Inovasi Teknologi Terapan Bidang MKG, PCR dan BMKG Jalin Kerja Sama
Selasa, 27 Juli 2021
Tim Kukerta Balek Kampung Unri Sialang Sakti Berikan Spanduk dan Logo
Selasa, 27 Juli 2021
Kukerta Unri Desa Ujung Batu Timur Serahkan 1.000 Batang Bibit Tanaman Buah kepada Masyarakat

Kampus lainnya ...
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat
Jumat, 15 Mei 2020
BRI Salurkan Bantuan Rp 22,16 Miliar Hasil Donasi 62 Ribu Karyawan untuk Covid-19
Kamis, 23 April 2020
PT SRL dan Mitra Bagikan 17.500 Paket Sembako di Tiga Provinsi
Senin, 23 Maret 2020
PT Musim Mas Salurkan Bantuan Ternak Sapi untuk Kelompok Tani di Pelalawan

CSR lainnya ...

Permata
Terpopuler
PCR 3 Agustus 2021
Foto
Unilak 1 Juni 2021
Pelantikan Bupati Siak - Pemkab Siak
Jumat, 16 Juli 2021
Jedar Ungkap Pernah Dekat dengan Pria Ternyata Gay, Terbongkar Gara-gara...
Jumat, 02 Juli 2021
Dalang Kondang Ki Manteb Sudharsono Berpulang ke Rahmatullah
Kamis, 01 Juli 2021
Peramal Mbak You Meninggal Dunia
Kamis, 29 April 2021
7 Artis Indonesia dengan Bayaran Selangit

Selebriti lainnya ...
Bhayangkara 2021 CAKAPLAH
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
UIR 2021
Selasa, 27 Juli 2021
Sabah Ahmedi, Imam Termuda Inggris Lawan Stereotip Lewat Medsos
Jumat, 16 Juli 2021
Jangan Sampai Salah Beli, Berikut Syarat Hewan Kurban
Jumat, 02 Juli 2021
Meninggal Dunia Akibat Covid-19 Seperti Apa yang Bisa Disebut Syahid?
Senin, 14 Juni 2021
Santri Rumah Qur'an Hajjah Rohana Tak Hanya Fokus Tahfiz Tapi Juga Belajar Pokok Keislaman

Religi lainnya ...
Pelantikan Bupati Pelalawan Sukri - Nasarudin dari DPRD
Indeks Berita
Idul Fitri 1442 BRKWaisak 26 Mei 2021 - APRILPesonna Hotel Januari 2021Diskes Rohul 2021
www www