Jumat, 12 Agustus 2022

Breaking News

  • Pertama di Indonesia, Riau Buka Mall Vaksinasi dan Imunisasi   ●   
  • MA Vonis Bebas Dekan FISIP Unri Nonaktif Syafri Harto   ●   
  • Bermain di Sungai, Bocah 7 Tahun di Kuansing Tewas Tenggelam   ●   
  • Peresmian Tol Pekanbaru-Bangkinang Tunggu Jadwal Presiden   ●   
  • Kasus Covid-19 di Sekolah Naik, Diskes Riau Minta Sekolah Tidak Full Day   ●   
  • BPBD Riau Water Boombing Karhutla 25 Hektare di Rohul   ●   
  • Gagal ke Malaysia, 10 Pekerja Migran Ilegal Diserahkan ke BP2MI   ●   
  • Cabai Merah Sumbang Inflasi, Pemprov Riau akan Gelar Pasar Murah di 3 Daerah   ●   
  • Sudah 2.876 Hewan Ternak di Riau Terjangkit PMK   ●   
  • Naik Lagi, TBS Sawit Riau Sepekan ke Depan Rp 2.232,93/Kg
Yamaha 11-13 Agustus 2022
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


LAMR Kabupaten/Kota Se-Riau Dukung Perjuangan Blok Rokan
Jum'at, 19 Februari 2021 12:27 WIB
LAMR Kabupaten/Kota Se-Riau Dukung Perjuangan Blok Rokan

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Dukungan kepada Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) untuk memperoleh kepemilikan saham sebesar 39 persen di Blok Rokan terus mengalir. Kali ini, dukungan datang dari LAMR Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Pernyataan dukungan disampaikan pada pertemuan Pengurus LAMR dengan Pimpinan LAMR Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, di Balai Adat Melayu Riau.

Tidak hanya itu, para pimpinan LAMR dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau juga menandatangani Kesepakatan Bersama LAMR yang intinya menyatakan dan menyerahkan secara penuh perjuangan keikutsertaan LAMR dalam memperoleh kepemilikan saham sebanyak 39 persen wilayah kerja Blok Rokan melalui mekanisme Business to Business (B2B).

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar,  Timbalan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk H. R. Marjohan Yusuf, para Timbalan Ketua Umum DPH LAMR Datuk H. Asral Rahman, Datuk M. Nasir Penyalai, Datin Hj. Nuraini, dan Direktur Utama PT Negeri Melayu Bermarwah [Badan Usaha Milik Adat dari LAMR] Datuk Seri Muzamil, sejumlah pengurus LAMR, dan pimpinan LAMR Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Pertemuan diawali dengan penyampaian mengenai perjuangan Blok Rokan oleh Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar yang antara lain menyampaikan berita bahagia hasil Rapat Dengar Pendapat mengenai progress kelanjutan Blok Rokan Panitia Kerja (Panja) Migas Komisi VII DPR RI dengan perwakilan Pemprov Riau, LAMR, tokoh masyarakat, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dirut Pertamina, Dirut Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Presiden Direktur Chevron, di Gedung Nusantara, Selasa (9/2/2021) lalu.

Menurut Datuk Seri Syahril, Rapat Dengar Pendapat yang dipimpin Pimpinan Panja Migas DPR RI yang juga Wakil Ketua Komisi VII, Alex Noerdin diantara kesimpulannya bersedia memberikan hak investasi business to business (B2B), atas pengelolaan Blok Rokan kepada pemda Provinsi Riau melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)-nya, serta kepada Badan Usaha Milik Adat (BUMA) LAMR.

“Kesimpulan pertemuan tersebut bahwa Pemprov melalui BUMD dan LAMR melalui BUMA-nya diperkenankan untuk dapat ikut serta sebagai pemegang saham di Blok Rokan,” kata Datuk Seri Syahril.

Menurut Datuk Seri Syahril, pertemuan LAMR dengan Panja Komisi VII tersebut sangat luar biasa karena benar-benar dimuliakan oleh para wakil rakyat tersebut. Belum pernah wakil rakyat dalam menyikapi suatu persoalan bisa sepakat semuanya mendukung langkah-langkah yang dilakukan LAMR.

“Bahkan salah seorang wakil rakyat mengatakan hal ini perlu dijadikan contoh untuk kami daerah penghasil migas lainnya membuat apa yang telah diterobos LAMR,” kata Datuk Seri Syahril.

Menurut Datuk Seri Syahril, Rapat Dengar Pendapat Panja Migas Komisi VII DPR RI tersebut selain dihadiri LAMR juga hadir tokoh masyarakat Riau lainnya mantan Gubernur Riau H. Wan Abubakar, mantan Ketua Dewan Pengurus LAMR H. M. Azaly Djohan, SH, Ketua Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) Dr. drh. Chaidir, dan H. Ahmadsyah Harrofie.

“Inilah kesepakatan secara politik berskala nasional yang sudah mendapat restu dari Tuan Presiden Datuk Seri Setia Amanah Negara Joko Widodo, yang gelarnya ditabalkan di ruangan ini pada tahun 2018, dan kali ini LAMR mendapat dukungan politik dari DPR RI,” ujarnya.

Datuk Seri Syahril mengatakan sejalan dengan hal ini, jauh-jauh hari LAMR sudah mendirikan BUMA yang dipersiapkan untuk bisa mengelola Blok Rokan melalui mekanisme B2B.

“Sebagai pebisnis kita harus memiliki badan usaha, sebagai pebisnis kita harus memiliki modal, kita siap merangkul pihak ketiga untuk bersama-sama kita menjalankan bisnis ini. Saya kira tidak ada pebisnis apapun di dunia ini yang berbisnis memakai duitnya saja. Pasti dia bekerja sama kalau tidak dengan bank, maka dengan yang lain,” ujarnya.

Selain itu, sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola Blok Rokan juga sudah disiapkan. Hari ini Riau memiliki tenaga kerja hampir 95 Persen pada PT. Chevron Pacific Indonesia dan perusahaan-perusahaan mitranya.

“Walaupun mungkin mereka ada yang bukan orang Melayu, namun perjuangan ini bukan saja orang Melayu tetapi juga untuk semua puak dan suku yang mengaku sebagai orang Riau yang tinggal di Tanah Melayu Riau ini sudah berhimpun pepat bersama kita dan mengatakan LAMR sebagai rumah besar masyarakat Riau. Tetapi ingat, yang menjadi tuan rumah didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting jelaslah orang Melayu,” Datuk Seri Syahril.

Pada kesempatan tersebut, Datuk Seri Syahril juga mengatakan berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang LAMR dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) LAMR terbuka bagi LAMR untuk membuka usaha.

Datuk Seri Syahril juga menyampaikan hari ini ada yang mempertanyakan mengapa LAMR masuk ke wilayah bisnis karena dapat menggerus budaya Melayu. Datuk Seri Syahril balik bertanya budaya Melayu mana yang tergerus? Dia memberi contoh ormas Islam Muhammadiyah selain mengurus keagamaan dan pendidikan tetap boleh berbisnis dengan membentuk unit usaha Muhammadiyah. Baru-baru ini, Muhammadiyah dikabarkan berencana mendirikan Bank Syariah.

“Masa LAMR tidak boleh berbisnis? Tentu saja boleh,” kata Datuk Seri Syahril.

Sementara itu, Direktur Utama PT Melayu Riau Bermarwah Datuk Seri Muzamil mengatakan pertemuan LAMR dengan LAMR kabupaten/kota se-Provinsi Riau dimaksudkan untuk menyatukan persepsi dan langkah dalam memperjuangkan Blok Rokan yang perjalanannya sudah sangat panjang.

Datuk Seri Muzamil yang termasuk salah seorang yang hadir pada rapat dengar pendapat dengan Panja Migas Komisi VII DPR RI, 9 Februari 2021 ini mengatakan pertemuan tersebut diikuti oleh 36 orang anggota Komisi VII DPR RI baik yang menjadi anggota Panja Migas maupun yang tidak, baik yang hadir secara fisik maupun yang hadir secara virtual.

“Alhamdulillah, 36 anggota Komisi VII DPR RI mendukung LAMR untuk dapat mengelola Blok Rokan. Saya memiliki pengalaman sedikit tentang politik termasuk di legislatif. Kepentingan politik sangat sarat namun mereka bisa sepakat mendukung LAMR mendapat porsi pengelolaan Blok Rokan,” ujarnya.

Selain itu, Panja Migas Komisi VII DPR RI juga mendesak CeO Subholding Hulu PT Pertamina (Persero) dan Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) agar segera menfasilitasi diskusi Business to Business (B2B) dengan badan usaha di daerah Riau. Diantaranya dengan BUMA dari LAMR untuk berpartisipasi berinvestasi dan mengelola ladang minyak Blok Rokan.

Menurut Datuk Seri Muzamil yang juga Ketua Umum DPH LAMR Kepulauan Meranti ini, tidak ada seorangpun yang menyangsikan kemampuan orang Riau dalam mengelola Blok Rokan melainkan orang Riau sendiri.

“Kita ini sudah sangat familiar soal minyak karena sudah ratusan tahun minyak itu ada di tanah kita, tidak mungkin kita tidak dapat mengelola minyak dengan baik," cakapnya.

Datuk Seri Muzamil mengatakan Blok Migas di dunia yang produksinya seratus barel per hari diminati orang, apalagi yang produksinya masih ratusan ribu barel sehingga akan banyak yang mau membeli.

Datuk Seri Muzamil berharap komponen masyarakat Riau untuk saling mendukung dan saling bekerja sama karena perjuangan ini merupakan marwah bagi masyarakat Riau.

“Lebih baguslah kita berputih tulang daripada berputih mata. Blok Rokan ini harus kita ambil dan kelola, ini merupakan marwah orang Melayu harga diri kita. Kalau tidak sekarang, bile lagi, kalau tidak kite siape lagi,” tukasnya.

Penulis : Satria Yonela
Editor : Yusni
Kategori : Ekonomi, Pemerintahan, Riau
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?

Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Selasa, 02 November 2021
DPR Ingin Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Ciptakan Demokrasi Lebih Baik
Selasa, 02 November 2021
Terima Aspirasi PPPK Guru, DPR Desak Peserta Yang Memenuhi Passing Grade Diluluskan
Senin, 01 November 2021
Komisi III DPR Dukung Langkah Kapolri Perbaiki Institusi Polri
Senin, 01 November 2021
Pimpinan DPR Sebut Kita Bersyukur Indonesia Jabat Presidensi G20

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'
Minggu, 06 Januari 2019
Taman Marga Satwa Kasang Kulim, Kawasan Wisata Alam dan Hiburan
Minggu, 06 Januari 2019
Alam Mayang, Liburan Tak Mesti Keluar Kota

CAKAPLAH TV lainnya ...
Jumat, 12 Agustus 2022
Gubri Minta Peserta Jamnas XI Riau Promosikan Wisata dan Budaya Daerah
Kamis, 11 Agustus 2022
Melalui Program Training Safety Riding, Capella Honda - Telkom Kolaborasi dalam Keselamatan Kerja
Kamis, 11 Agustus 2022
Kemendikbud Minta LAMR Evaluasi Pantun sebagai WBTB Dunia
Kamis, 11 Agustus 2022
Diluncurkan Menko Perekonomian, Gubernur Riau sebut Buku Vaksinasi Covid-19 Tambah Wawasan Bagi Daerah

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Agustus 2022
Nasabah Unit Imambonjol Dapat Honda Brio pada Pengundian PHS BRI
Minggu, 31 Juli 2022
Hadir di Pekanbaru, HijabChic Sambut Antusiasme Fashion Kaum Hawa dengan Tema Romantis
Sabtu, 30 Juli 2022
Ingin Make Over Gaya Rambut Ala Korea atau Jepang? Yuk.. Ke Haoon Hair Dressing
Kamis, 21 Juli 2022
Armada Band akan Meriahkan Hiburan Rakyat Hari Jadi ke-65 Provinsi Riau

Gaya Hidup lainnya ...
Rabu, 10 Agustus 2022
Peringatan HUT ke-65 Riau, Momentum Perkuat Sinergi Bersatu Bangun Riau
Selasa, 26 Juli 2022
Hari Mangrove Sedunia, Gubri Tanam 200.000 Bibit Mangrove di Bengkalis
Senin, 25 Juli 2022
GALERI FOTO: Buka MTQ XL Provinsi Riau di Rohil, Gubri: Mari Syiarkan Alquran di Bumi Melayu
Jumat, 10 Juni 2022
Tutorial Mengubah Alamat Warga di Kecamatan Pemekaran, Disdukcapil Pekanbaru Beri Kemudahan

Advertorial lainnya ...
Minggu, 07 Agustus 2022
iPhone 14 Pro Ucapkan Selamat Tinggal Notch
Kamis, 04 Agustus 2022
Sukses Dihelat di Pekanbaru, STEAM Cup Sumatera Direncanakan Digelar Setiap Tahun
Selasa, 19 Juli 2022
Bengkalis Creative Network MoU dengan Meet Up Co-Working dan Founders Live
Senin, 27 Juni 2022
Fenomena Planet Sejajar Akan Terjadi Lagi 28 Juni 2022!

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 07 Juli 2022
Permudah Pasien, Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru Buka Layanan Poliklinik Sore
Rabu, 06 Juli 2022
Pemko Pekanbaru Kejar Target Angka Stunting 6 Persen di 2024, Optimis Tercapai
Minggu, 03 Juli 2022
Penyebab Keputihan Darah yang Perlu Anda Ketahui
Selasa, 28 Juni 2022
Sosialisasi Layanan Kaki Palsu RS Awal Bros, Gubri Serahkan Kaki Palsu ke Pasien

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Kamis, 11 Agustus 2022
Kukerta BK UNRI Buat Plang Nama dan Petunjuk Arah Wisata Alam Air Terjun Lubuok Nginio
Rabu, 10 Agustus 2022
Mahasiswa Kukerta Unri Serahkan Peta Desa untuk Merempan Hulu
Rabu, 10 Agustus 2022
Tim Pengabdian Masyarakat FK Unri Latih Kader Posyandu di Rupat Utara
Selasa, 09 Agustus 2022
IMM Imam Syafi'i Gelar Kajian, Ukhuwah dapat Perkuat NKRI

Kampus lainnya ...
Selasa, 07 Juni 2022
7 Perusahaan Keroyokan Bersihkan Sungai Kerumutan Sepanjang 30 Kilometer
Rabu, 01 Juni 2022
MTSN 2 Pangkalan Lesung Dapat Bangunan Baru dari PT Musim Mas
Selasa, 24 Mei 2022
Pentingnya Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Asian Agri Gelar Pelatihan Bagi UMKM Riau, Sumut, dan Jambi
Minggu, 09 Mei 2021
Ramadan Penuh Berkah, BRI Bagikan Bingkisan ke Panti Asuhan, Panti Werdha, Jurnalis dan Masyarakat

CSR lainnya ...
Polling
Pemko Pekanbaru berencana menaikkan tarif parkir tepi jalan umum September 2022. Untuk kendaraan roda dua jadi Rp 2.000 dan roda empat Rp 3.000. Bagaimana menurut Anda?


HUT Riau 2022 - April RAPP
Terpopuler
PCR 2022
Foto
Khas Agustus 2022
Diskes Rohul Agustus 2022
Minggu, 15 Mei 2022
Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima, Burjobar dan Roti Cha Milik Arya Saloka dan Ferry Ardiansyah Hadir di Pekanbaru
Jumat, 13 Mei 2022
Beredar Foto Menag Yaqut Rangkul 'Ragil Mahardika', Ansor: 1000% Editan!
Jumat, 06 Mei 2022
Cantiknya Sophia Latjuba saat Lebaran, Tetap Stylish Walau Pakai Sarung
Rabu, 27 April 2022
Dikira Mualaf, Ternyata Ini Alasan Celine Evangelista Sering Pakai Baju Muslim

Selebriti lainnya ...
HUT Riau 2022 - PT SPR
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil
Rabu, 09 Oktober 2019
Reaksi Pimpinan DPRD Siak Terkait PTPN V Buang Limbah Sembarangan

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 04 Juli 2022
FPKB Kembali Salurkan Alquran Untuk Anak - Anak Mengaji di Pekanbaru
Minggu, 26 Juni 2022
Tinjau Kelayakan Pendidikan, Gubri Sambangi Pondok Tahfidz Quran Bengkalis
Jumat, 24 Juni 2022
Peduli Masyarakat Kurang Mampu, LAZISMu Riau Launching Warung Makan 2000
Rabu, 27 April 2022
Dompet Dhuafa Volunteer Riau Gelar Puncak Serambi

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www