Selasa, 27 Februari 2024

Breaking News

  • Catatan Banjir Terparah, Bupati Zukri: Ini Harus jadi Perhatian Pemerintah Pusat   ●   
  • Jalan Sudirman Ujung Tergenang Banjir, PUPR Riau Turunkan Ekskavator Amfibi Bersihkan Parit   ●   
  • Akibat Galian IPAL, Jalan Ahmad Dahlan dan Balam Ujung Pekanbaru Ambruk   ●   
  • Berhasrat Ikut Pilgub Riau, Syamsurizal Incar Septina jadi Wakil
HUT CAKAPLAH 7 - PJ Walikota Muflihun

Pemkab Meranti Upayakan Kepulangan Ribuan TKI dari Malaysia
Kamis, 16 April 2020 17:34 WIB
Pemkab Meranti Upayakan Kepulangan Ribuan TKI dari Malaysia
Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir

MERANTI (CAKAPLAH) - Memiliki wilayah berpulau dan dekat dengan Malaysia, membuat banyak warga Kepulauan Meranti mengadu nasib di negeri jiran itu. Kondisi ini telah berlangsung sejak lama. Namun, belakangan banyak warga Meranti tak bisa pulang ke tanah air lantaran ada kebijakan Perintah Kendali Pergerakan (PKP) akibat wabah Covid-19.

Antara Riau dengan Malaysia memang mempunyai hubungan yang sangat erat. Ini terjalin sejak zaman kerajaan. Akibat hubungan lama ini, ditambah saling membutuhkan, tak sedikit warga Kota Sagu mengadu nasib ke Malaysia. Selain itu, dulu, perdagangan juga lebih banyak mengarah ke negeri jiran itu, karena memang jaraknya yang sangat dekat dengan Selatpanjang (Kepulauan Meranti). Warga Kepulauan Meranti membawa kayu dan hasil perkebuhan untuk dijual ke Malaysia, sekembalinya ke tanah air, mereka membawa sembako. Selain bahan makanan, terkadang berbelanja pakaian juga di negeri jiran itu.

Meski saat ini telah ada aturan pelarangan membawa baran dagangan ke Malaysia, tak sedikit warga Kota Sagu masih berangkat ke sana. Mereka berangkat untuk mencari rezeki sebagai pekerja kebun ataupun tukang bangunan. Meski berpisah dengan keluarga dan pulang sebulan sekali, pekerjaan itu terus dilakoni mengingat di kampung tak banyak tersedia pekerjaan sebagaimana di negeri jiran itu.

Sebelum ini, aktivitas pekerja asal Kepulauan Meranti ke Malaysia masih lancar, baik pergi maupun pulang. Namun, akibat dari wabah Virus Corona (Covid-19), pertengahan Maret 2020 silam kerajaan Malaysia membuat kebijakan Perintah Kendali Pergerakan (PKP) 2020. Sejak pemberlakuan ini, aktivitas ferri tak lagi seperti biasa. Pekerja asal Indonesia banyak memilih pulang lantaran pekerjaan banyak distop dan belum tau kapan akan dilanjutkan.

Akibat terbatasnya transportasi, banyak TKI yang sebagian besar warga Kepulauan Meranti tak bisa pulang. Selain itu, Pemprov Riau juga menutup pintu masuk dari luar negeri atas perintah Pemerinta Pusat. Mereka yang rata-rata kepala keluarga ini tertahan di Malaysia, sembari berharap bisa pulang supaya kembali berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Akibat penutupan akses itu, beberapa TKI yang masih berada di Malaysia mulai nekat kembali secara ilegal. Hal ini tentunya sangat tidak kondusif di saat pemerintah daerah berupaya mencegah penyebaran Covid-19, ada warga yang berasal dari Zona Merah masuk tanpa terdata.

Situasi inilah yang membuat pemangku kebijakan di Kepulauan Meranti mencari jalan keluar agar bisa membawa pulang para pekerja itu dari Malaysia ke tanah air.

Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi bersama wakilnya H Said Hasyim menggelar rapat dengan pihak legislatif dan instansi vertikal. Rapat koordinasi dalam rangka mencari jalan keluar untuk menjemput pulan TKI di Malaysia ini digelar di ruang Rapat DPRD Kepulauan Meranti, Jalan Dorak, Selatpanjang, Kamis (16/4/2020).

Hadir dalam rapat, Ketua DPRD Meranti Ardiansyah, Wakil Ketua DPRD H Khalid Ali, Ketua Komisi B H Muzamil, dan sejumlah legislator lainnya. Kemudian, hadir juga perwakilan Pelindo Selatpanjang, Imigrasi Selatpanjang, Bea Cukai, UPT Karantina Selatpanjang KSOP Selatpanjang dan beberapa pejabat Pemkab Kepulauan Meranti.

Keputusan yang dihasilkan dalam rapat, salah satu langkah yang akan ditempuh untuk pemulangan ribuan TKI Meranti di Malaysia adalah dengan membuka kembali jalur pelayaran Selatpanjang atau Tanjungsamak ke Batu Pahat dan Kukup Pontian. Sebelumnya, jalur ini ditutup KSOP Selatpanjang atas perintah Provinsi Riau sesuai arahan Pemerintah Pusat dengan alasan pencegahan dan pemutuan mata rantai penyebaran Covid-19.

Untuk mempercepat tujuan pemulangan lebih 6.000 warga Meranti di Malaysia ini, Bupati Irwan meminta kepada jajaran OPD terkait bersama DPRD segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat. Hal ini perlu dilakukan sebab warga yang masih terkatung-katung nasibnya di Malaysia itu ber KTP Indonesia yang wajib diperjuangkan negara.

"Di saat negara lain berusaha keras memulangkan warganya dengan dibiayai negara. Pemerintah kita justru menutup pintu masuk bagi TKI kita yang ingin pulang ke tanah air. Ini tentunya ada yang salah," jelas Bupati.

Lebih jauh diakui bupati dua periode tersebut, masalah ini sudah pernah dibicarakan dengan Gubernur Riau H Syamsuar dan Kapolda Riau. Namun, dengan pertimbangan berbagai hal masalah pembukaan pelayaran tersebut belum dapat dipenuhi, Gubri Syamsuar beralasan penutupan jalur pelayaran itu merupakan kebijakan Pemerintah Pusat.

Menurut Muzamil, dari informasi yang diperoleh DPRD Meranti, para TKIyang masih berada di Malaysia saat ini merupakan kepala keluarga yang menjadi tulang punggung. Sehingga, kepulangannya sangat dinanti-nanti istri dan anak-anak agar mereka dapat menyambung hidup selama kondisi Covid-19 ini dengan bekerja di kampung halaman.

"Dalam beberapa hari ini sudah banyak keluarga para TKI yang melapor ke kita. Mereka berharap kami mencarikan solusi agar para TKI yang masih berada di Malaysia dapat dipulangkan karena sebagian besar merupakan tulang punggung keluarga," kata Muzamil.

Muzamil berharap semua pihak terkait saling bahu membahu untuk mencarikan solusi atas masalah ini. Kata Muzamil, tentu tidak bisa dengan cara biasa, diperlukan kebijakan deskresi untuk mendesak Pemerintah Provinsi Riau dan Pusat segera membuka kembali sejumlah jalur pelayaran dari negeri Jiran. Selain itu, juga dipandang perlu dilakukan pembicaraan antara Pemerintah Malaysia dengan Indonesia.

Dari rapat, disimpulkan 3 poin sebagai solusi jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Diantaranya, solusi jangka pendek adalah mendesak Pemerintah provinsi dan pusat membuka kembali jalur pelayaran Selatpanjang dan Tanjungsamak menuju Batu Pahat Johor Baru dan Kukup Pontian Malaysia.

Solusi jangka menengah, bagaimana Pelabuhan Tanjun Samak menjadi pelabuhan Internasional yang dapat disinggahi kapal dari luar negerisehingga masyarakat yang ingin mengurus paspor untuk bekerja ke luar negeri tidak perlu susah lagi datang ke Selatpanjang. Diakui pihak Imigrasi sangat mendukung dan setuju rencana tersebut hanya saja untuk mengadakan fasilitas itu perlu diadakan ruang dan peralatan IT komunikasi pendukung. Pemkab Meranti dikatakan Bupati siap memfasilitasi hingga UPT Imigrasi Tj. Samak siap beroperasi.

"Dan untuk mengadakan fasilitas ini Pemkab. Meranti telah menyiapkan anggaran sebesar 3 Miliar lebih, kita berharap tahun ini dapat dioperasikan," ujar Bupati Irwan.

Sedangkan solusi jangka panjang agar para TKI Meranti tidak lagi mendapat diskriminasi di negara tetangga Malaysia, Bupati bersama DPRD Meranti akan mengupayakan Balai Pelatihan untuk memberikan skill kepada calon TKI sebelum diberangkatkan bekerja ke Malaysia.

Tiga poin ini akhirnya disepakati oleh semua pihak yang hadir dalam rapat siang itu. (advertorial)

Penulis : Rizal
Editor : Jef Syahrul
Kategori : Pemerintahan, Kabupaten Kepulauan Meranti
Untuk saran dan pemberian informasi kepada CAKAPLAH.com, silakan kontak ke email: redaksi@cakaplah.com
Berita Terkait
Komentar
cakaplah-mpr.jpeg
Jumat, 29 September 2023
Komisi II Usul Kementerian ATR/BPN dan KLHK Kolaborasi Selesaikan Redistribusi Tanah
Jumat, 29 September 2023
Setjen DPR Berikan Perhatian Terhadap Pensiunan Melalui P3S
Kamis, 28 September 2023
TikTok Shop Cs Dilarang, Ketua DPR Berharap Aturan Baru Ciptakan Keseimbangan Pasar Digital dan Konvensional
Kamis, 21 September 2023
Ancaman DBD Meningkat, Puan Dorong Sosialisasi Masif Tekan Risiko Kematian

MPR RI lainnya ...
Berita Pilihan
Selasa, 26 April 2022
DPRD Dukung Pemprov Riau Tindak Tegas PKS Nakal, Kalau Melanggar Cabut Izin !
Selasa, 26 April 2022
Polemik Rotasi AKD DPRD Riau, Sugeng Pranoto: Hari Kamis Paripurna
Selasa, 26 April 2022
Sikapi Turunnya Harga Sawit di Riau, Ini Upaya Gubri
Selasa, 26 April 2022
CPNS dan PPPK Baru di Rohul Dipastikan Tak Terima THR, Ini Sebabnya...
Selasa, 26 April 2022
Sambut Mudik Lebaran, HK Operasikan 2 Ruas JTTS, Termasuk Tol Pekanbaru-Bangkinang
Senin, 28 Maret 2022
Ibu Muda Ini Ditangkap Polisi Usai Simpan Narkotika di Kandang Anjing
Minggu, 27 Maret 2022
Polda Riau Tingkatkan Kasus Jembatan Selat Rengit Meranti ke Penyidikan
Selasa, 26 April 2022
PPKM Level 2 Kota Pekanbaru Berlanjut hingga 9 Mei
Selasa, 26 April 2022
Parisman: 10 Tahun Visioner yang Menenggelamkan Pekanbaru
AMSI
Topik
Selasa, 07 November 2023
Riau Terima Penghargaan Bhumandala Award 2023
Senin, 12 Desember 2022
Kapolda Riau Resmikan Kantor Pelayanan Terpadu Polres Rohil di Bagansiapiapi
Selasa, 08 Januari 2019
Penerimaan Pajak Air Tanah Pekanbaru 2018 Meningkat
Minggu, 06 Januari 2019
Mega Training 'Magnet Rezeki'

CAKAPLAH TV lainnya ...
Senin, 26 Februari 2024
Sambut Ramadan, PMI Rumbai Taja Donor Darah
Minggu, 25 Februari 2024
Siaga Jaga Logistik Pemilu, Kapolres Siak Cek Kesehatan Personel
Sabtu, 24 Februari 2024
Bincang Sehat bersama IJN, Rumah Sakit Jantung Terbesar di Asia Pasifik
Sabtu, 24 Februari 2024
GadePreneur Dukung UMKM Pekanbaru Lebih Berkembang

Serantau lainnya ...
Kamis, 04 Januari 2024
FoodPedia Tanjung Datuk Berubah Menjadi "Aurora 86 Caffee and Resto", Suasana Nongkrong Jadi Lebih Seru!
Minggu, 17 Desember 2023
7 Fashion Item wanita populer Dari 9 to 12
Selasa, 12 Desember 2023
7 Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat, Beli Pakai Promo Year End Sale Blibli Biar Makin Hemat!
Jumat, 24 November 2023
Modena Luncurkan Purifier Hood Series, Gabungan Cooker Hood dan Air Purifier Pertama di Indonesia

Gaya Hidup lainnya ...
Kamis, 02 Maret 2023
Wadah Menyalurkan Bakat, Ketua DPRD Riau Yulisman Hadiri Festival Musik Akustik di SMA Negeri 1 Pasir Penyu Inhu
Rabu, 01 Maret 2023
Rapat Paripurna, DPRD Provinsi Riau Umumkan Reses Masa Persidangan I Tahun 2023
Selasa, 28 Februari 2023
Kunjungi Kemendikbud, Komisi V DPRD Riau Bahas Persoalan PPDB
Kamis, 23 Februari 2023
Disdik Gelar Pelatihan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SD Se-Kota Pekanbaru

Advertorial lainnya ...
Selasa, 20 Februari 2024
Samsung Hadirkan Galaxy S24 Series dengan Kecerdasan Software Canggih
Jumat, 09 Februari 2024
Apple Kembangkan 2 Prototipe iPhone Lipat Bergaya Flip
Kamis, 01 Februari 2024
Samsung Buka-bukaan Soal Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+
Minggu, 28 Januari 2024
Bocoran Model Google Pixel 9 Beredar, Bentuk Mengotak seperti iPhone

Tekno dan Sains lainnya ...
Kamis, 22 Februari 2024
Pemula di Dunia Yoga? Inilah Panduan Cara Memilih Matras Yoga yang Tepat
Sabtu, 27 Januari 2024
Cegah Resistensi, Gunakan Obat Antibiotik dengan Bijak
Senin, 15 Januari 2024
14 Persiapan Penting Awal Kehamilan untuk Calon Ibunda dan Buah Hati
Minggu, 17 Desember 2023
Liburan Sekolah Makin Meriah, Ratusan Peserta Ikuti Khitanan Massal

Kesehatan dan Keluarga lainnya ...
Senin, 26 Februari 2024
Melalui Website ortu.uir.ac.id, Kini Orang Tua Bisa Pantau Aktivitas Akademik Anaknya di UIR
Sabtu, 24 Februari 2024
Wisuda XV, STIKes PMC Ajak Lulusan Beri Banyak Manfaat untuk Masyarakat
Jumat, 23 Februari 2024
Telkomsel Dukung Unri Akselerasikan Pengembangan Ekosistem Digital dan Talenta Unggulan
Kamis, 08 Februari 2024
STAI Imam Asy-Syafi'i Gandeng Lexie Edu Consultancy Tingkatkan Kemahiran Berkomunikasi Bahasa Inggris

Kampus lainnya ...
Rabu, 03 Mei 2023
Kompilasi Semarak Silaturahmi Satu HATI, CDN Bangkinang Santuni Anak Yatim
Rabu, 05 April 2023
Safari Ramadan, PT Musim Mas Salurkan Paket Sembako untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Selasa, 04 April 2023
Telkomsel Siaga Rafi Sumbagteng Salurkan CSR untuk Panti Jompo bersama Dompet Dhuafa Riau
Jumat, 03 Maret 2023
Tingkatkan Kesehatan dan Budaya Lokal, Bank Mandiri Serahkan Bantuan ke Posyandu dan Grup Rebana

CSR lainnya ...

Iklan CAKAPLAH
Terpopuler
Foto
Jumat, 09 Februari 2024
Lika-liku 7 Perjalanan Asmara Ayu Ting Ting hingga Tunangan dengan Anggota TNI
Minggu, 28 Januari 2024
Huh Yunjin Bak Sehati Dengan Han So Hee Kala Cuma Pakai Dalaman Di Trailer LE SSERAFIM
Sabtu, 27 Januari 2024
Gigi Hadid dan Bradley Cooper Tak Sungkan Perlihatkan Kemesraan
Rabu, 24 Januari 2024
Park Ji-hyun Ungkap Persiapan Membinangi Drama Terbarunya

Selebriti lainnya ...
Senin, 28 Agustus 2023
Ketua DPRD Siak Ikut Gerakan Tanam Ribuan Bibit Pohon bersama Polri
Rabu, 09 Oktober 2019
Jadi Pimpinan DPRD Siak Dari Partai PAN, Ini Sosok Fairuz
Rabu, 09 Oktober 2019
Indra Gunawan Akan Berjuang Untuk Masyarakat dan Loyal Terhadap Partai
Rabu, 09 Oktober 2019
Ternando Jadi Anggota DPRD Siak Termuda dan Suryono Terpilih Dengan Suara Terkecil

Parlementaria Siak lainnya ...
Senin, 14 Agustus 2023
Pengurus Masjid Nurul Ikhlas Kubang Minta Tunjuk Ajar ke Wagubri
Sabtu, 12 Agustus 2023
Gebyar Kandis Bersholawat Bakal Dihadiri Ribuan Jemaah NU
Senin, 31 Juli 2023
Mualaf Riau Butuh Pembinaan, Begini Caranya...
Sabtu, 29 Juli 2023
Mantan Wawako Pekanbaru, Ayat Cahyadi Turut Saksikan Pengukuhan Pengurus Masjid Al-Hamidah Rejosari

Religi lainnya ...
Indeks Berita
www www